Monday, February 1, 2016

Profil Negara Nepal, Negara Atap Langit

bendera nepal
Nepal Flag, By. gambar-anak.blogspot.com
Nepal merupakan salah satu negara kecil yang berada di kawasan pegunungan Himalaya, Asia Selatan, luas negara ini hanya sekitar 147.181 Km2. Negara nepal juga dijuluki sebagai atapnya dunia karena negara ini dikelilingi oleh beberapa pegunungan  tinggi di dunia seperti Mount Everest.  Nepal juga dikenal sebagai tanah kelahiranya Sidharta Budha Gautama tokoh paling penting dalam agama Budha,Nepal mulai mendeklaasikan dirinya sebagai sebuah Negara Republik Demokratik Federal, seiring dengan jatuhnya kekuasaan Raja Nepal terahir Raja Gyanendra shah. Mayoritas penduduk Nepal beragama Hindu dan Budha.

Profil Nepal

Luas wilayah    : 147.181 Km2
Nama resmi     :  Federal Democratic Republic of Nepal Ibukota : Kathmandu
Bahasa resmi  : Nepal (resmi) 47,8%; Maithali 12,1%; Bhojpuri 7,4%; Tharu 5,8%; Tamang 5,1%; Newar 3,6%; Magar 3,3%; Awadhi 2,4%; lainnya 10%; tidak spesifik 2,5%
Penduduk         : 30.430.267 jiwa
Agama              : Hindu 80,6%; Buddha 10,7%; Islam 4,2%; Kirant 3,6%: lainnya 0,9%
Bentuk Negara : Republik Parlementer
Mata Uang        : Rupee Nepal
Lagu Nasional  : Sayaun Thunga Phool Ka
Kemerdekaan   : 28 Mei 2008
Perkapita           : U$D 699

Pemerintahan Nepal

Nepal merupakan sebuah negara berbentuk demokrasi parlementer sejak 28 mei 2008 dengan Presiden seremonial sebagai Kepala Negara dan Perdana Menteri sebagai Kepala Pemerintahannya. Perdana Menteri saat ini memimpin pemerintahan koalisi. Pemilu terakhir Nepal diselenggarakan pada tanggal 10 April 2008 untuk legislatif 601 kursi Majelis Konstituante cum. Awalnya Nepal merupakan negara kerajaan selama 250 tahun lamannya sebelum akhirnya merubah bentuk pemerintahan menjadi republik, hingga tahun 2006 Nepal masih menjadi kerajaan Hindu tertua di dunia.

Penduduk Nepal

Nepal merupakan salah satu negara kecil di dunia, populasi penduduk nepal sekitar 30.430.267 jiwa tapi semenjak gempa bumi yang menimpa negara yang dijuluki atap langit ini pada april 2005 sedikit mengurangi populasi penduduk Nepal karena banyak yang meninggal pada saat itu. Etnis di negara ii terdiri dari Chhttri 15,5%; Brahma pegunungan 12,5%; Magar 7%; Tharu 6,6%; Tamang 5,5%; Newar 5,4%; Islam 4,2%; Kami 3,9%; Yadav 3,9%; Lainya 32,7%; tidak spesifik 2,8%.mayoritas penduduk nepal beragama Hindu, Buddha, serta ada juga Islam dan lainya. Bahasa resmi negara ini ialah bahasa Nepal, bahasa lain di negara ini seperti Maithali, Bhojpuri, Thari, dan sebagainya.

Perekonomian Nepal

Perekonomian Nepal ditopang pada sektor pertanian, mayoritas penduduk Nepal bekerja sebagai petani. Nepal merupakan negara berkembang dengan pendapatan perkapita hanya sebesar U$D 699/tahun, komoditas utama Nepal adalah padi, jagung dan gandum, sedang tanaman ekonominya adalah tebu, bahan minyak dan tembakau. Nepal juga kaya dengan sumber daya tenaga air, potensi pembangkit listrik tenaga air Nepal tercatat sebesar 83 juta kilowatt, kira-kira menempati 2,3% potensi dunia. Iklimnya Nepal sangatlah nyaman dan bersahabat sehingga banyak terdapat pemandangan alam yang indah, dengan ini Nepal memiliki sumberdaya wisata yang kaya. Selain itu Nepal juga kaya dengan warisan kebudayaan, agama dan bangunan klasik yang indah. Menariknya negara ini memiliki setidaknya 45 bandar udara meski tidak semua bertaraf internasional.

WISATA NEGARA NEPAL

    Terkenal dengan keindahan alamnya yang mempesona dengan jajaran pegunungan yang indah membuat Nepal menjadi salah satu negara yang memiliki banyak wisata menarik dan  mempesona. Berikut beberapa tempat wisata yang ada di Nepal :

1. Chitwan National Park
Wisata Nepal, Chitwan National Park
Chitwan National Park, By. thenepalpost.com
Wisata pertama yang menarik di Nepal adalah taman nasional Chitwan yang merupakan taman nasional pertama yang didirikan di Nepal pada tahun 1973 dengan luas lahan sekitar 932 kilometer dan tempat ini diberikan status sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO pada tahun 1984. Taman Nasional Chitwan terletak di daerah subtropis batin Terai dataran rendah selatan tengah Nepal di Kabupaten Chitwan. Di taman ini wisatawan juga dapat bermain-main dengah gajah, melihat satwa-satwa unik, serta dapat melakukan aktivitas menarik lainya.

2. Akash Bhairav
Wisata Nepal,Akash Bhairav
Akash Bhairav, By. www.tripadvisor.com
Akash Bairav merupakan sebuah kuil yang telah dibangun sejak abad ke-12. Kuil ini bertingkat tiga dan digunakan sebagai tempat untuk menyembah Dewa Siwa. Kuil ini juga memiliki balkon gantung, jendela berlapis emas serta pintu artistik yang terletak di jalan pasar utama yang disebut Indra Chowk. Akash Bhairav dapat menjadi rekomendasi bagi wisatawan yang ingin menikmati wisata religi dan sejarah kerajaan Hindu-Buddha.

3. Garden of Dreams
Wisata Nepal,Garden of Dreams
Garden of Dreams, By. kathmandu.im
Garden of Dreams adalah salah satu taman yang berada dalam kompleks Kaiser Mahal. Banyak hal yang dapat dilakukan oleh para wisatawan di tempat ini, dari mengelilingi taman yang luasnya sekitar 24 hektar ini hingga berfoto-foto di sekitar  paviliun neo-klasik, air mancur, furnitur taman hias, Cina Moon Gate, dan rumah burung. Kini, taman ini terbuka untuk umum, lengkap dengan berbagai restoran dan bar yang ada didalamnya.

4. Tilicho Lake
Wisata Nepal,Tilicho Lake
Tilicho Lake, By. www.aaryatravel.com
Tilicho Lake seperti namanya Lake tempat ini merupakan salah satu danau tertinggi di dunia pada ketinggian hampir 5.000 meter yang terletak di kisaran Annapurna Himalaya di distrik Manang Nepal. Tempat ini menjadi salah satu wisata populer dan terindah di Nepal karena letaknya yang berada di lingkup pegunungan Everest. Selain Tilicho masih ada danau indah lainya seperti Gosaikunda Lake dan  Rara Lake yang dapat wisatawan kunjungi.

5. Mount Everest
Wisata Nepal, Mount Everest
Mount Everest, By. en.wikipedia.org
Gunung Everest merupakan wisata utama dan paling banyak dikunjungi wisatawan selama berwisata ke Nepal. Mount Everest merupakan gunung yang memiliki puncak tertinggi di dunia. Hal menarik yang dapat dilakukan di tempat ini seperti hiking dan camping, sungguh menjadi sebuah kebanggaan tersendiri jika bisa menginjakan kaki di puncak gunung tertinggi di dunia ini.

6. Kathmandu Durbar Square
Wisata Nepal, Kathmandu Durbar Square
Kathmandu Durbar Square, By. www.naus.com.np
Kathmandu Durbar Square terletak di jantung kota Kathmandu di Basantapur,  merupakan salah satu plaza atau alun-alun yang memiliki berbagai landmark sejarah di Nepal. Sayangnya situs bersejarah yang telah diakui oleh UNESCO inipun mengalami kerusakan parah akibat gempa bumi yang telah terjadi di Nepal. Tempat ini selalu menarik perhatian pengunjung dengan istana dan kuil-kuil yang dibangun selama periode Malla. Selama berada di Kathmandu Durbar Square wisatawan dapat melihat-lihat Hanuman Dhoka Royal Palace, kursi bangsawan bersejarah, Kuil Taleju setinggi 40 meter yang megah, serta beberapa kuil lainnya.

7. Khaptad National Park
Wisata Nepal,Khaptad National Park
Khaptad National Park, By. www.flickr.com
Selain taman nasional Chitwan, Nepal masih memiliki satu lagi taman nasional yang indah dan menarik untuk dikunjungi yaitu taman nasional Khaptad yang merupakan  kawasan hutan lindung di Far Western Region di Nepal yang didirikan pada tahun 1984. Tempat ini dijadikan sebagai khawasan hutan lindung atas saran dari orang suci yang bernama Khaptad Baba. Jika berkunjung ke Nepal jangan lupa untuk mengunjungi tempat ini.

8. Asan Tole Market
Wisata Nepal, Asan Tole Market
Asan Tole Market, By. www.imnepal.com
Asan Tole Market terletak di tengah garis khayal yang menghubungkan Durbar Square dengan Durbar Marg merupakan salah satu pusat perbelanjaan penting dan salah satu tempat tersibuk di Nepal dengan beraneka macam toko-toko yang menjual rempah-rempah dan segala jenis kebutuhan dapur dan pakaian. Tempat ini dapat menjadi prioritas wisatawan untuk berburu oleh-oleh khas negara Nepal.

9. Kathmandu Town
Wisata Nepal,kota kathmandu
Kathmandu Town, By. www.mldspot.com
Kota Kathmandu merupakan ibukota negara Nepal dan merupakan pusat pemerintahan dan perekonmian Nepal. Tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke Nepal tidak menelusuri kota ini, hal-hal yang dapat wisatawan lakukan di kota ini seperti mengelilingi dan menelusuri kuil-kuil bersejarah Hindu dan Buddha yang banyak terdapat di kota ini dan kuil-kuil tersebut telah ada sejak abad ke-17 meskipaun sebagian besar dari tempat bersejarah itu telah hancur akibat gempa bumi.

10. Upper Mustang
Wisata Nepal, Upper Mustang
Upper Mustang, By. www.fundraisingtreks.com
Upper Mustang adalah salah satu wisata budaya yang unik di Nepal, tempat ini banyak di kunjungi oleh wisatawan karena budaya masyarakatnya yang dianggap unik dan menarik untuk dipelajari. Upper Mustang merupakan salah satu tempat wisata tervaforit di Nepal.

#SalamSukses
#MRioAldino 











luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com
Location: Nepal