Saturday, January 30, 2016

Profil dan Keunikan Negara Papua Nugini (Papua New Guinea)

bendera papua nugini
Papua Nugini Flag. By. pixabay.com
Papua Nugini (Papua New Guinea) adalah sebuah negara yang terletak di barat daya Samudra Pasifik dan di bagian utara benua Australia serta berbatasan langsung dengan Propinsi Jayapura, Indonesia, negara ini juga tergabung kedalam Oceania. Negara ini meliputi bagian timur pulau New Guinea yang sangat besar dan pulau-pulau yang lebih kecil. Bagian barat, yang disebut Papua Barat atau Papua (dulu Irian Jaya). Negara yang pernah menjajah Papua Nugini adalah Inggris, yang kemudian pada tahun 1906 menyerahkan kepada Australia sampai saat pemberian kemerdekaan tahun 1975. Negara ini termasuk anggota Persemakmuran dan Ratu Elizabeth sebagai kepala negaranya. Papua Nugini juga meliputi Kepulauan Bismarck, Kepulauan Trobriand, Kepulauan D’Entrecasteaux, dan Kepulauan Louisiade. Negara ini juga memiliki 2 daerah otonom yaitu Kepulauan Buka dan Bougainville di utara.

Profil Papua Nugini

Luas wilayah              : 461,691 km persegi
Ibu kota                      : Port Moresby
Bentuk pemerintahan : Dominion Commont wealth
Hari kemerdekaan      : 16 September 1975
Perdana Menteri         : Peter O’Neill
Lagu kebangsaan       : O Arise All You Sons
Jumlah Penduduk       : 7,014 juta (2011) jiwa
Bahasa                        : Inggris, Pidgin dan Hiri Motu
Agama mayoritas         : Katolik dan Kristen Protestan
Mata uang                    : Kina
Pendapatan perkapita  : U$D 2.108

Pemerintahan Papua Nugini

Papua Nugini adalah sebuah negara dengan pemerintahannya berbentuk monarki konstitusional/Dominion common wealth dengan demokrasi parlementer yang mengakui Ratu Elizabeth II sebagai kepala negaranya. Dia diwakili oleh seorang Gubernur Jenderal yang dicalonkan oleh parlemen dan ditunjuk oleh kepala negara. Gubernur Jenderal memiliki masa tugas selama 6 tahun saja. Parlemen Nasional  Papua Nugini memiliki 109 anggota. Setelah pemilu legislatif, pemimpin partai mayoritas atau koalisi biasanya ditunjuk menjadi perdana menteri oleh Gubernur Jenderal. Negara ini mendeklarasikan kemerdekaannya pada tanggal 16 september 1975 dari Australia.

Penduduk

Papua Nugini terkenal sebagai negara yang punya banyak keanekaragaman di dalamnya selain Indonesia tentunya, setidaknya untuk bahasa sendiri negara ini memiliki kurang lebih 850 bahasa daerah yang digunakan bersama-sama termasuk bahasa Inggris. Penduduk di negara Papua Nugini kurang lebih berjumlah 7 juta jiwa. dengan berbagai bahasa digunakan bersama-sama. Orang Papua Nugini yang tinggal di wilayah Pasifik secara budaya diidentifikasi sebagai orang Melanesia. Sebagian besar orang tinggal di desa-desa, tetapi mereka yang pindah ke kota-kota semakin meningkat. Desa-desa seringkali kecil dan terkadang terisolasi oleh pegunungan. Sebagian besar penduduk desa adalah petani yang menanam makanan untuk diri mereka sendiri dan keluarganya. Agama mayoritas di negara ini ialah katolik dan protestan. Selain itu sedikit dari penduduk di negara ini juga masih bersifat kanibal, jadi jika berkunjung kesini masih harus berhati-hati ya.

Perekonomian Papua Nugini

Perekonomian negara Papua Nugini umumnya bertumpu pada sektor agraris dengan Komoditas utama pertanian Papua Nugini adalah sagu, ubi dan talas, padi, kacang dan buah mete. Dari hasil perkebunan dapat mengekspor cokelat, kopi, kelapa dan karet. Sementara untuk hasil tambang sendiri negara ini banyak menghasilkan tembaga. Pendapatan perkapita Papua Nugini diperkirakan U$D2.108 setiap tahunnya.

Tempat Wisata di Papua Nugini

Meskipun jarang dijamah oleh wisatawan ternyata Papua Nugini juga memiliki beberapa tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Berikut tempat wisata yang ada di Papua Nugini.

1. Port Moresby
Wisata Papua Nugini, port moresby
Port Moeresby. edu-geography.com
Jika berkunjung ke Papua Nugini hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan mengunjungi Port Moresby yang merupakan ibu kota dari negara Papua Nugini dan terletak di pesisir teluk Papua, kota ini adalah kota terbesar sekaligus pusat ritel dan pemerintahan di negara Papua Nugini. Kota Port Moresby berpenduduk sekitar 259.908 jiwa. Port Moresby didirikan oleh Kapten pasukan Inggris yang bernama John Moresby pada tahun 1873 sebagai sebuah pos pemerikasaan pinggir pantai. Di kota ini setidaknya para wisatawan akan melihat beberapa bangunan bekas kolonialisme ingris zaman dulu. Selain itu wisatawan juga dapat mengunjungi Museum Nasional dan Galeri Seni. Beruntung lagi jika bisa menyaksikan Festival Tahunan Port Moresby dan Festival Hiri Moale yang diadakan setiap tahun di kota ini.

2. Kota Lae
Wisata Papua Nugini, kota lae png
Kota Lae, By. www.skyscrapercity.com
Lae adalah sebuah kota yang terletak di teluk Huon Papua Nugini. Kota ini adalah kota terbesar kedua di Papua Nugini setelah Port Moresby dengan populasi sekitar 120.000 jiwa. Berkunjung ke Lae para wisatawan dapat mengunjungi sungai Markham salah satu sungai yang ada di Papua Nugini. Kota ini adalah ibukota dari provinsi Morobe dan dianggap sebagai pusat perindustrian di Papua Nugini. Selain itu wisatawan juga dapat berkunjung kesalah satu  pelabuhan kargo terbesar di Papua Nugini untuk sekedar melihat-lihat aktivitas industri di negara ini. Lae juga merupakan tempat beradanya Universitas Teknologi Papua Nugini.

3. Pantai Vanimo
Wisata Papua Nugini, pantai vanimo png
Pantai Vanimo, By. www.panoramio.com
Papua Nugini juga memiliki wisata pantai yang terkenal yaitu Vamino yang merupakan pantai di bagian utara Papua Nugini yang sekarang menjadi tempat favorit bagi peselancar. Pantainya memiliki ombak yang sangta besar dan indah. 

4. Rondon Ridge
Wisata Papua Nugini, rondon ridge png
Rondon Ridge, By. www.audleytravel.com
Rondon Ridge berposisi menghadap ke Gunung Hagen merupakan tempat dimana sebuah mata air mengalir. Mata air  tersebut terletak di antara kebun sayur kuno dan hutan di dataran tinggi. Tempat ini dibangun oleh anggota suku Melpa dari bahan-bahan tradisional, seperti kayu kwila, rumput tenun, dan batu sungai. Rondon Ridge merupakan salah satu tempat yang sering berkabut di Papua Nugini karena daerahnya yang berada di area dataran tinggi.

5. Pulau Bougainville
Wisata Papua Nugini,Pulau Bougainville
Pulau Boungainvile, By. www.radioaustralia.net.au
Tertarik wisatawan dapat mengunjungi salah satu daerah kepulauan di Papua Nugini yaitu Pulau Bougainville yang merupakan pulau utama dari Daerah Otonom Bougainville Papua Nugini. Wilayah ini juga dikenal sebagai Provinsi Bougainville atau Solomon Utara. Populasi penduduk di pulau ini hanya sekitar 175.160 jiwa. Meskipun Pulau Bougainville secara geografis merupakan bagian dari Kepulauan Solomon namun merupakan provinsi terpisah.

6. Gunung Ibu
Wisata Papua Nugini, gunung ibu papua nugini
Gunung Ibu, By. www.wikiwand.com
Papua Nugini juga memiliki wisata gunung, Gunung Ibu adalah wisata gunung yang paling terkenal di Papua Nugini tentu bukan dengan pegunungan-pegunungan hijau yang biasa dijumpai ya, Gunung Ibu merupakan gunung berapi yang masih terbilang aktif di Papua Nugini sehingga masih sering terdengar suara gemuruh dari gunung ini. Jika beruntung, para wisatawan dapat melihat larva cair yang mengalir langsung dari puncak gunung tersebut.

7. Sungai Oro Fjord
Wisata Papua Nugini, oro fjord papua nugini
Sungai Oro Fjord, By. travel.tempo.co
Oro fjord terletak di pantai tenggara Papua Nugini, Oro Fjord merupakan sungai sepanjang 150 m yang mengalir ke laut. Tempat ini biasa dijadikan sebagai tujuan wisata budaya bagi para wisatawan karena disekitaran Oro Fjord mereka dapat melihat langsung keunikan dari suku-suku asli di Papua Nugini serta dapat berinteraksi langsung dengan mereka. lokasi ini sudah dialiri oleh listrik dengan sistem hidro elektrik.

8. Long Island dan Lake Wisdom
Long Island dan Lake Wisdom, Wisata Papua Nugini,
Long Island, By. www.pinterest.com
Long Island salah satu tujuan wisata menarik yang dapat dikunjungi selama berada di negara tetangga Indonesia ini. Long Island sendiri memiliki destinasi wisata berupa terumbu karang yang indah di sekitar pantainya serta hutan hujan tropis yang masih alami dan belum terlalu terjamah oleh manusia. Long Island merupakan pulau yang sangat unik, karena jika dilihat dari atas, pulau ini  tampak seperti bolong ditengah. Lobang ditengah tersebut adalah bentuk dari danau yang membentang seluas 10 X 12,5 km, danau di beri nama Lake Wisdom oleh masyarakat setempat.

9. Sungai Sepik
Wisata Papua Nugini, sungai sepik papua nugini
Sungai Sepik, By. carapedia.com

Sungai Sepik adalah sungai terpanjang di Papua Nugini, yaitu dengan panjang sekitar 1.226 km, sungai ini mengalir di dataran rendah. Masyarakat setempat sering melakukan perburuan di sungai ini. Tempat ini juga dapat menjadi rekomendasi bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Papua Nugini.

#SalamSukses
#MRioAldino
luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com
Location: Papua New Guinea