Saturday, January 23, 2016

Melirik Negara Kepulauan nan Indah di ASEAN, Fillipina

Fillipna Flag, By. gambarbendera.blogspot.com
Filipina sebuah negara kepulauan yang ada di Asia Tenggara selain negara kita Indonesia, Fillipina juga tergabung kedalam komunitas ASEAN dimana Fillipina merupakan salah satu negara pencetus berdirinya ASEAN yang diwakili oleh Fransisco Ramos pada waktu itu. Kepulauan Fillipina terdiri sekitar 7.107 pulau yang membentang sekitar 1.850 kilometer di sepanjang tepi barat Samudra Pasifik. Tiga pulau utama Fillipina adalah Pulau Luzon, Visayas, dan Mindanao. Sebagian besar orang-orang hidup di sebelas pulau terbesar, dua di antaranya yaitu Pulau Luzon dan Pulau Mindanao- mencakup lebih dari dua pertiga dari luas daratan negara ini. Meskipun begitu, sebagian besar pulau-pulau kecil di Filipina masih tak berpenghuni. Dari sisi historisnya Filipina merupakan negara bekas jajahan Spanyol  selama kurang lebih 350 tahun dimulai sejak tahun 1521, dan selama 77 tahun setelah itu diangkat menjadi provinsi Spanyol (1821-1898). Negara ini mendapat nama Filipina setelah diperintah oleh penguasa Spanyol, Raja Felipe II. Setelah Perang Spanyol-Amerika pada tahun1898, Filipina diperintah Amerika Serikat. Fillipina kemudian menjadi sebuah persemakmuran di bawah Amerika Serikat sejak tahun1935. Periode Persemakmuran dipotong Perang Dunia II saat Filipina berada di bawah pendudukan Jepang. Filipina akhirnya memperoleh kemerdekaannya (de facto) pada 4 Juli1946.

Profile Negara Fillipina

Ibu kota                                 : Manila
Luas wilayah                          : 300.324 km persegi
Bentuk pemerintahan            : Republik
Hari kemerdekaan                 :  4 Juli 1946
Kepala negara                       : Presiden
Lagu kebangsaan                  : Lupang Hanirang
Jumlah penduduk                  : 103.775.002 Jiwa
Bahasa                                  : Inggris, Tagalog
Agama mayoritas                  : Kristen Katolik
Mata uang                             : Peso

Penduduk
Fillipina merupakan negara dengan tingkat pertumbuhan penduduk yang cukup padat di kawasan Asisa Tenggara dengan jumlah penduduk sekitar 103.775.002 Jiwa. Kebanyakan warga Filipina adalah orang Melayu-Polinesia dan berhubungan erat dengan orang-orang dari Malaysia dan Indonesia. Selain itu etnis China membentuk kelompok minoritas kecil di negara ini. Sekitar setengah penduduknya hidup di Luzon, pulau terbesar. Sekitar 70 persen tinggal di daerah pedesaan, meskipun dalam beberapa tahun terakhir banyak orang  yang telah bermigrasi ke kota-kota, terutama ke daerah metropolitan besar Metro-Manila, ibukota Filipina, di Luzon.
Pemerintahan Fillipina
Fillipina adalah negara berbentuk Republik dengan konstitusi tahun 1987, presiden adalah kepala negara sekaligus kepala pemerintahan di Fillipina. Masa jabatan presiden di Fillipina hanyalah 6 tahun. Selain itu Presiden dibantu juga oleh kabinet menteri. Untuk Legislatif terdiri atas senat dan dewan perwakilan. Pengadilan tertinggi di Fillipina, terdiri atas Ketua Mahkamah Agung dan 14 hakim asosiasi, ditunjuk oleh Presiden berdasarkan rekomendasi dari Dewan Yudisial. Pemerintah lokal menetapkan -81 provinsi, 118 kota carter, dan lebih dari 1.500 kotamadya- memiliki pejabat lokal yang dipilih oeh rakyat tetapi tetap tunduk pada pengawasan pemerintah pusat. Beberapa provinsi selatan dengan populasi Islam besar ditetapkan sebagai provinsi atau daerah otonom dan diberikan hak-hak istimewa.
Perekonomian Fillipina
Filipina memiliki pendapatan per kapita sekitar U$D 2.462 setiap tahunnya. Fillipina menjadi salah satu negara agraris di Asia Tenggara, tapi sekarang, seperti banyak negara lain, selain dari sektor pertanian banyak output mereka juga berasal dari sektor jasa. Tantangan pemerintah Fillipina adalah untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi lebih tinggi. Hal ini akan membantu menciptakan lapangan kerja bagi banyak anak muda Filipina yang ingin memasuki dunia kerja setiap tahunnya. Hal ini juga akan menekan angka kemiskinan dan pengangguran yang ada di negara Fillipina. Sekitar 40 persen warga Filipina ada di bawah garis kemiskinan. Akibatnya, banyak orang Filipina mencari pekerjaan di luar negeri, dan uang yang mereka kirim ke rumah adalah sumber pendapatan yang besar bagi negara. Selain itu sektor pariwisata Fillipina juga memberikan nilai tambah bagi perkembangan Ekonomi di Fillipina, banyaknya resort wisata yang menarik di Fillipina menjadikan negara ini sebagai salah satu tempat tujuan wisata bagi para pelancong di seluruh dunia.
WISATA NEGARA FILLIPINA

    Sebagai salah satu negara kepuluan, tidak heran jika Fillipina menyajikan sejumlah wisata menarik yang ada di dalamnya, berikut beberapa wisata menarik dan patut dikunjungi selama berpelesir ke negara bekas jajahan Spanyol ini.

1. Tubbataha Reff 
Tubbataha Reff, By. globalbalita.com
Terletak di laut Sulu sekitar 150 km arah tenggara dari Puerto Pricess City, Palawan. Tubbattaha reff menjadi salah satu wisata bawah laut unggulan yang mengesankan untuk negara Fillipina dan bagi para wisatawan dunia terkhusus bagi mereka yang familiar dengan wisata menyelam. Kurang lebih terdapat 300 lebih jenis terumbu karang dan 600 lebih spesies ikan. Di tempat ini wisatawan tidak hanya disuguhkan dengan indahnya wisata air laut tetapi mata mereka tentu akan dimanjakan dengan berbagai macam jenis flora dan fauna laut yang khas seperti lumba-lumba dan paus serta tumbuhan terumbu karang. Setidaknya ada sekitar 12 spesias lumba-lumba dan paus di tempat ini serta 600 lebih spesies ikan lain, untuk terumbu karang sendiri diperkirakan terdapat 300 lebih jenis terumbu karang di tempat ini. Tubbataha Reff juga telah dinobatkan sebagai warisan dunia UNESCO.

2. Gunung Berapi Mayon
Gunung Mayon, By. www.antaranews.com
Bosan dengan wisata laut kita dapat menikmati wisata pegunungan indah dengan mengunjungi tempat yang satu ini, adalah Gunung Berapi Mayon yang merupakan gunung api paling aktif di Fillipina. Di tempat ini para wisatawan dapat melakukan berbagai kegiatan mulai dari hiking, tracking, champing, serta bird watching. Pemandangan lain yang tidak kalah bagusnya adalah Banaue Rice Terrace yang pada dasarnya merupakan sebuah terasering tempat menanam padi dan sayuran. Selain itu pola terasering yang satu ini sungguhlah berbeda jika dibandingkan dengan pola terasering yang ada di negara lain, terasering ini tersusun sangat rapi dan indah seperti bagai sebuah anak tangga raksasa yang telah ada sejak berabad-abad silam dan merupakan hasil buatan masyarakat suku Ifugao.

3. Boracay Island 
Boracay Island, By. www.travelmint.com
Fillipina juga memiliki wisata pulau dan pantai yang indah yaitu Boracay Island, pulau kecil ini memiliki pantai yang indah. Ditambah dengan resort dan bar yang menambah daya tarik wisata di pantai ini. Tempat ini dapat menjadi rekomendasi untuk melakukan kegiatan berselancar dikarenakan ombak di pantai ini sangatlah cocok bagi para peselancar. Setiap awal tahun diadakan Internasional Fun Board Cup yaitu kompetisi selancar angin dan selancar layang di tempat ini.

4. The Chocolate Hill
The Chocolate Hill, By. buymebuddy.com
Terletak di provinsi Bohol, Filipina, The Chocoate Hill merupakan  gundukan tanah yang berselimutkan rumput-rumput hijau yang menjulang tinggi dan indah. Waktu yang tepat untuk mengunjungi tempat ini adalah pada musim kemarau sore hari dimana kita akan melihat fenomena dimana rumput-rumputnya akan berubah menjadi coklat dan disinari cahaya matahari sore sehingga akan menghasilkan sebuah pemandangan yang indah. Sampai saat ini para ahli geologi masih belum bisa untuk memecahkan teori yang ada di tempat ini

5. Vigan City
Vigan City, By. corneillenoire.wordpress.com
Kota Vigan masuk kedalam situs warisan dunia oleh UNESCO sebagai kota yang dibangun pada abad ke-16. Gaya arsitektur bangunan di kota ini merupakan perpaduan antara budaya Spanyol dan Filpina sehingga membuat kota ini menjadi salah satu kota unik yang ada di Fillipina. Terdapat sekitar 187 bangunan cagar budaya. Sampai saat ini bangunan-bangunan tersebut masih produktif sebagai restoran dan penginapan. Kota ini memang dijaga dengan baik oleh pemerintah setempat. Sungguh menampilkan pemandangan ala Eropa meskipun berada di Asia.

6. Pagudpud Beach
Pagudpud Beach, By. shoestringtravelers.com
Satu lagi pantai indah yang ada di negara ini yaitu pantai Pagudpud yang sering disebut sebagai Hawainya Filipina, sebutan yang memang  pantas untuk Pantai Pagudpud. Pantai Pagudpud berposisi menghadap ke arah barat sehingga sangat cocok bagi para wisatawan yang ingin menyaksikan pemandangan matahari tenggelam. Selain itu para wisatawan juga dapat melakukan aktivitas surfing, berenang, atau sekedar bersantai. Di Pagudpud pengunjung bisa melihat Windmills yaitu kincir angin pembangkit listrik dengan tinggi 70 meter yang berjejer di sepanjang pantai ini.

7. Mall of Asia
Mall of Asia, By. www.thousandwonders.net
Nah ini dia surganya para mereka yang suka berbelanja, Mall of Asia dibangundiatas lahan seluas 19,5 hektar dan memiliki luas lantai lebih dari 390,193 m² menjadian Mall ini sebagai Mall terbesar di Asia. Mal ini terletak di ujung southmost dari Epifanio de los Santos Avenue. Sungguh tempat ini menjadi surga bagi para wisatawan yang hobi berbelanja dan membeli souvenir.

8. Puerto Princesa Underground river
Puerto.P.U.river, By. vigattintourism.com
Selain wisata laut dan gunung, Fillipina juga memiliki wisata sungai yang indah dengan aliran airnya yang jernih yaitu Puerto Princesa Underground river menarik lagi sungai ini terletak di bawah tanah terpanjang di dunia. Untuk menuju tempat ini wisatawan harus menyeberangi gua yang tak kalah indahnya. Gua yang cantik ini sangat mengesankan. Untuk menyusuri gua ini harus menggunakan transportasi perahu, dibutuhkan waktu sekitar 45 menit untuk menyusuri sungai. Sungai ini  terpilih sebagai New 7 Wonder of Nature dan UNESCO World Heritage

9. Manila
Manila, By. vovworld.vn
Manila merupakan ibu kota Fillipina, tidak afdol memang jika berkunjung ke negara lain tanpa mengunjungi ibu kota negara tersebut. Manila adalah pusat perekonomian dan pemerintahan Fillpina, beberapa objek wisata yang dimiliki ibu kota Fillipina ini adalah Gereja Cathedral dan Santa Agustin yang bergaya kuno klasik. Di setiap koridornya dihiasi patung, lukisan dan barang-barang antik pada zamannya. Kamu tidak boleh melewatkan setiap detail karya yang indah ini. Selain itu ada juga Malacanang Palace yang merupakan istana presiden Fillipina yang dapat dikunjungi wisatawan umum, jika berminat, jauh-jauh hari harus mengirim e-mail ke Malacanang Palace dengan tujuan mengunjungi tempat ini. Lalu tunggu surat balasannya setelah itu baru diperbolehkan mnegunjunginya. Masih banyak tempat wisata yang dapat kita kunjungi di ibu kota Fillipina ini.

10. Gereja San Agustin
Gereja San Agustin, By. panduanwisata.id
Gereja San Agustinmerupakan sebuah bangunan dengan arsitektur yang indah dan menjadi tempat yang cukup populer bagi para wisatawan yang berkunjung ke Fillipina. Gereja batu ini terletak di kota Manila dan dibangun pada tahun 1589 dan gereja ini telah berhasil bertahan dari kebakaran dan gempa bumi yang sering melanda Fillipina. Ukiran yang indah serta desain interiornya yang sangat dipengaruhi oleh gaya Meksi kotentu akan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung kesini.

 #SalamSukses
#MRioAldino



luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com
Location: Philippines

0 comments: