Saturday, January 30, 2016

10 NEGARA TERKECIL di DUNIA

1. Vatikan
10 NEGARA TERKECIL di DUNIA, negara vatikan
Vatikan, By. dennyja-world.com
Negara Terkecil di dunia selanjutnya adalah Vatikan yang berada di tengah-tengah Kota Roma Italia dengan luas wilayah sekitar 0.44 km2 dan Jumlah Penduduknya sekitar 800 jiwa. Negara kecil ini melindungi Basilika St Peter, yang merupakan pusat rohani bagi umat Katholik Roma di seluruh dunia. Pemegang kedaulatan di negara ini adalah Paus Fransiskus.

2. Sealand
10 NEGARA TERKECIL di DUNIA, negara sealand
Sealand, By. www.apakabardunia.com
Siapa yang menyangka jika sebuah tempat yang mirip seperti pusat kilang minyak dengan luas hanya sekitar 1 Kilometer dianggap sebagai sebuah negara yang merdeka. Hal ini memang benar adanya negara terkecil di dunia bernama Sealand. Berada sekitar 9,6 kilometer dari lepas pantai Suffolk, Inggris negara ini cukup membuat kontroversi di muka bumi. Negara ini hanya memiliki seluas 1,6 kilometer per segi  dulunya negara ini hanyalah sebuah pelabuhan laut Maunsell di Laut Utara 10 km pantai Suffolk pada era Perang Dunia II. Ibu kota negara ini bernama HM Fort Roughs dan tak ada rumah, sarana transportasi, bahkan wahana hiburan disana. Negara ini hanya terdiri dari dua menara beton yang terhubung oleh sebuah landasan besi beberapa kilometer dari Felixstowe, di perairan internasional. Negara ini juga belum terlalu mendapat pengakuan dari negara lain.

3. Monaco
10 NEGARA TERKECIL di DUNIA, negara monaco
Monaco, By. id.wikipedia.org
Monaco adalah sebuah negara kecil yang letaknya di dekat Nice, Perancis. Negara ini berbentuk Monarki semi konstitusional dengan pangeran sebagai kepala negarannya. Luas negara Monako hanya sekitar 2,02 km2 dan hanya memiliki penduduk 37.000 jiwa. Negara yang telah berdiri sejak abad ke-13 ini hanya memiliki satu kotamadya. Tidak ada perbedaan geografis antara Negara dan kota Monaco, meskipun tanggung jawab pemerintah dan dari kotamadya berbeda.

4. Republik Liberland
10 NEGARA TERKECIL di DUNIA, negara liberland kota
Liberland, By. m.realita.co
Liberland adalah sebuah negara berbentuk Republik di dataran Eropa yang diapit oleh dua negara, Kroasia dan Serbia. Negara Liberland mendeklarasikan kemerdekaannya pada tanggal 13 april 2015, luas negara ini hanya sekitar 7 km saja serta Ibukota Liberland bernama Liberpolis. Pendiri sekaligus presiden di negara ini bernama Vit Jelicka Tidak ada bangunan dan hanya dijubeli pepohonan dan ladang. Sesuai dengan undang-undang dasar negara ini, semua orang bisa menjadi warga negara kecuali mereka yang punya masa lalu terkait dengan kelompok komunis, Nazi, atau kelompok lain yang punya catatan kejahatan. Semboyan Liberland adalah 'Untuk Hidup dan Tetap Hidup" karena negeri ini mendedikasikan diri untuk kebebasan personal dan ekonomi bagi warganya yang dijamin konstitusi yang membatasi kekuasaan para politisi sehingga mereka tak bisa mencampuri terlalu banyak kebebasan negara Liberland, Sejauh ini sudah ada 300.000 orang dari seluruh dunia yang melamar untuk menjadi warga negara Liberland meski negeri itu belum mendapat pengakuan dari negara lain.

5. Nauru
10 NEGARA TERKECIL di DUNIA, negara nauru
Nauru, By. www.merdeka.com
Negara kecil selanjutnya ialah negara Nauruyang  luas wilayah total 21 km2. Letaknya, di Samudra Pasifik bagian selatan, persis di bawah garis khatulistiwa dan di sebelah selatan Kepulauan Marshall. Negara ini dulunnyadikelola oleh negara Australia, New Zealand, dan Britania kemudian mendeklarasikan kemerdekaannya pada tanggal 31 Januari 1968. Ibu kota negara ini adalah Yaren dan jumlah penduduknya hanya sekitar 14.014 jiwa. Negara ini dulunya dikenal sebagai salah satu negara terkaya di dunia dengan hasil Fosfat yang melimpah, tapi semenjak terjadinya eksplorasi besar-besaran terhadap Fosfat membuat jumlah Fosfat yang tersisa di negara inipun menurun drastis hingga berimbas kepada pendapatan negara yang berkurang, negara ini pun diklaim telah mengalami kebangkrutan.

6. KepulauanTuvalu
10 NEGARA TERKECIL di DUNIA, tuvalu city
Tuvalu, By. www.tourist-destinations.com
Tuvalu adalah sebuah negara kepulauan yang terletak di antara Hawaii dan Australia di Samudra Pasifik. Tetangga terdekat negara ini adalah Kiribati, Nauru, Samoa dan Fiji. Tuvalu terdiri dari empat pulau karang dan lima atol besar. Populasi penduduk di Tuvalu mencapai 11.000 membuatnya menjadi negara berdaulat ketiga terpadat di dunia, dengan Vatikan City dan memiliki penduduk lebih sedikit Nauru. Negara Tuvalu mempunyai luas sekitar 26 Km2. Tanah di Tuvalu tidak cocok untuk pertanian dan badan air yang terkurung daratan. Titik tertinggi di negara ini antara 114 pulau yang membentuk negara ini hanya setinggi 5 m di atas permukaan laut.

7. Republik San Marino
10 NEGARA TERKECIL di DUNIA, republik san marino
San Marino, By. www.beritaunik.net
San Marino merupakan sebua negara keci di dunia dengan negara berbentuk Republik, letak negara ini dikelilingi oleh Italia tepatnya di sebelah utara berbatasan dengan provinsi Rimini, daerah Emilia-Romagna dan di sebelah selatan provinsi Pesaro dan Urbino, daerah Marche. Luas negara ini hanya sekitar 61 Km2dengan pPopulasi penduduk sekitar 29.000 jiwa. San Marino adalah negara republik konstitusional tertua di dunia, dibentuk pada 3 September 301 oleh Santo Marinus dari Rab, seorang tukang batu Kristiani yang kabur pada saat persekusi agama oleh Kaisar Romawi Diocletian. Konstitusi San Marino diberlakukan pada 1600, adalah konstitusi tertua di dunia yang masih berlaku. Kota terbesar di negara ini bernama Dogana.

8. Liechtenstein
10 NEGARA TERKECIL di DUNIA, Liechtenstein
Liechtenstein, By. www.telegraph.co.uk
Liechtenstein sebuah negara kecil yang berada di benua Eropa tepatnya terletak di tepi timur Sungai Rhein di antara negara Austria dan Swiss. Ibukota negara ini bernama Vaduz dan luas negara ini sekitar 160 Km2, negara ini merupakan salah satu negara yang terkurung oleh daratan. Segala urusan luar negeri negara ini diurus oleh Swiss. Liechtenstein terkenal pula dengan jasa perbankan dan mengandalkan pendapatan dari sektor pariwisata, terutama penjualan prangko.

9. Republik Kepulauan Marshall
10 NEGARA TERKECIL di DUNIA, republik marshall
Kepulauan Marshall, By. simanja.info
Republik Kepulauan Marshall adalah sebuah Negara kepulauan yang terletak di Samudra Pasifik bagian barat, dengan luas wilayah sekitar 181 Km2. Populasi penduduk di negara ini sekitar 62.000 jiwa. Negara Kepulauan Marshall juga Berbatasan dengan Nauru dan Kiribati di sebelah selatan, Mikronesia di barat, dan Pulau Wake di utara. Republik Kepulauan Marshall sendiri didirikan pada tahun 1979.

10. Saint Kitts and Nevis
10 NEGARA TERKECIL di DUNIA, Saint Kitts dan Nevis
Saint Kitts and Nevis, By. thecaribbeancurrent.com
Federasi Saint Kitts dan Nevis adalah sebuah negara federasi dua pulau yang terletak di Kepulauan Leeward, Karibia. Negara ini merupakan negara terkecil di kawasan benua Amerika, luas negara ini sekitar 261 Km2  dengan populasi penduduk sekitar 42.626 jiwa. Pusat pemerintahan negara ini berada di Pulau Saint Kitts. Saint Kitts dan Nevis merupakan pulau-pulau pertama di Karibia yang disinggahi orang Eropa. Saint Kitts dahulu adalah rumah bagi perkampungan Inggris dan Perancis pertama di Karibia. Negara ini merupakan bekas jajahan dari Inggris dan Perancis sebelum pada akhirnya mendeklarasikan kemerdekaannya pada tahun 1983.

#SalamSukses
#MRioAldino


luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com

1 comments:

cekaja.com said...

terimakaish artikelnya sangat membantu :)


buat teman-teman yang sedang butuh pinjaman, untuk modal atau untuk keperluan lain sebaiknya hati-hati dalam melakukan pinjaman online ya, berikut ada informasi yang harus di ketahui seputar pinjaman online , boleh langsung di klik aja untuk tau lebih lanjut nya ya, terimakasih :)