Sunday, January 24, 2016

Mengenal Sisi Lain dari Negeri Gajah Putih, Thailand

Bendera Thailand
By. blogabstrakku.blogspot.com
Thailand adalah salah satu negara kerajaan di Asia Tenggara selain Malaysia dan Brunei Darussalam dan tergabung ke dalam komunitas ASEAN, Ibu kota negara Thailand bernama Bangkok. Luas negara Thailand hanya sekitar 514.000 km2 dengan populasi penduduk sekitar 67,01 juta jiwa. Selama ratusan tahun, Thailand dikenal sebagai Siam. Negara ini berubah nama pada tahun 1939 ke Thailand, yang berarti “Tanah Orang-orang Merdeka.” Nama ini cocok karena Thailand adalah satu-satunya negara Asia Tenggara yang tidak pernah di jajah oleh banga manapun. Julukan negara thailand adalah Gajah Putih.
PROFILE NEGARA THAILAND
Ibu kota                                : Bangkok
Luas wilayah                        : ± 514.000 km2
Bentuk pemerintahan          : Kerajaan
Kepala Negara                    : Raja
Kepala Pemerintahan          : Perdana menteri
Raja saat ini                         : Bhumibol Adulyadej
Perdana menteri                  : Abhisit Vejjajiva
Lagu kebangsaan                : Pleng Chard Thai
Jumlah penduduk (2013)     : 67,01 juta jiwa
Perkapita                              :U$D 8.643 tahun 2012 menurut bank dunia.
Bahasa                                 : Thai (Siam)
Agama mayoritas                 : Buddha
Mata uang                            : Baht
Kemerdekaan                       : Tidak pernah dijajah

Pemerintahan Thailand

Thailand adalah salah satu negara yang menganut sistem pemerintahan monarki konstitusional di dunia. Kepala negara Thailand adalah seorang Raja tetapi pemerintahan sehari-hari tetap dikendalikan oleh seorang perdana menteri. Raja Thailand saat ini adalah Bhumibol Adulyadej (Rama IX), yang menduduki takhta sejak tahun 1946. Raja Thailand termasuk kedalam jajaran pemimpin negara yang telah lama berkuasa, untuk perdana menteri Thailand sendiri bernama Abhisit Vejjajiva. Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Thailand dipilih oleh rakyat secara demokrasi dengan masa jabatan 4 tahun. Perdana menteri, yang merupakan kepala pemerintahan, harus menjadi anggota DPR terlebih dahulu sebelum akhirnya dipilih oleh badan itu. Lembaga legislatif Thailand adalah Majelis Nasional yang terdiri atas dua kamar, Senat dan Dewan Perwakilan Rakyat. Senator, sebelumnya ditunjuk oleh raja, telah dipilih sejak tahun 2000 untuk masa jabatan 6 tahun.

Penduduk Thailand

Thailand termasuk kedalam negara dengan populasi penduduk terbanyak di ASEAN dengan populasi penduduk mencapai 67,01 juta jiwa. Sebagian besar orang Thailand adalah anggota kelompok etnis Thai/Lao. Mereka diyakini merupakan keturunan dari orang-orang yang bermigrasi dari China selatan dan tenggara pada tahun 500-an Masehi. Ada juga orang-orang keturunan China, India, Melayu, Khmer (Kamboja), dan Vietnam. Sejumlah kecil kelompok etnis lain juga terdapat di Thailand. Sebagian besar dari penduduk Thailand tinggal daerah perkotaan. Sementara lainnya tinggal di perdesaan. Rumah desa tradisional dibangun dari kayu atau bambu. Atapnya terbuat dari rumbia atau seng. Mayoritas penduduk thailand beragama Buddha dan berkomunikasi dengan bahasa resmi Thai.

Perekonomian Thailand

Dalam sektor perekonomian, Thailand merupakan salah satu negara ASEAN  yang bergantung pada sektor agraris dengan beras dan karet sebagai komoditas utamanya. Selain itu sektor perkebunan Thailand juga menghasilkan kelapa, sutera, kapas, lada. Untuk hasil tambang sendiri Thailand banyak menghasilkan biji timah. Timah bersama beras dan karet merupakan ekspor utama dari negara Thailand. Hasil tambang lainnya: seng, mangan, wolfram, tembaga, dan bijih besi yang jumlahnya tidak sedikit. Selain itu, Pariwisata juga termasuk penghasil devisa yang cukup besar di Thailand, banyaknya destinasi wisata menarik di Thailand menjadikan negara ini cukup populer sebagai tujuan wisata para turis asing. Lebih lagi orang-orang Thailand juga dikenal ramah dan mudah bergaul meskipun masih ada sedikit yang nakal. Untuk pendapata perkapita Thailand sebesar US$ 8.643/tahun (2012 menurut bank dunia).

WISATA MENARIK DI THAILAND

Thailand dikenal sebagai salah satu negara yang mempunyai panorama wisata yang indah di dunia terutama di dataran Asia. Berikut adalah tempat-tempat wisata terbaik yang ada di Thailand.

1. Chiang Rai
Chiang Rai, Wisata Thailand
Chiang Rai, By. www.touchchiangmai.com
Chiang Rai berada di Utara negara Thailan tepatnya berada di kawasan pegunungan Thailand. Chiang Rai merupakan salah sato kota kecil di Thailand yang sejuk serta memiliki banyak tempat wisata menarik, menariknya lagi di Chiang Rai kita masih bisa menemukan kebudayaan-kebudayaan asli  dari negeri gajah putih ini baik berupa kuliner maupun belanjaan. Objek wisata yang cukup terkenal di Chiang Rai adalah  Kuil Putih, satu-satunya candi buatan yang ada di Thailand dengan kebun botani yang mencolok. Masih banyak lagi wisata menarik yang akan kita temukan selama berkunjung ke Chiang Rai.

2. Lonely Beach,Koh Chang
Lonely Beach, Koh Chang, Wisata Thailand
Lonely Beach, By. www.koh-chang.bangkok.com
Koh Chang merupakan pulau terbesar kedua di Thailand setelah Phuket, Koh Cang juga terdaftar sebagai taman nasional yang ada di Thailand, salah satu wisata menarik di pulau ini adalah lonely beach yang dapat ditempuh dari dermaga yang ada di kota Trat. Lonely beach salah satu pantai yang masih asri dan indah di Thailand sehingga dapat memberikan nuansa damai untuk para wisatawan.

3. Krabi Island
Krabi Island, Wisata Thailand
Krabi, By. foundtheworld.com
Krabi merupakan sebuah provinsi yang terletak di sepanjang pantai laut Andaman di Thailand Selatan. Di Krabi para wisatawan dapat menemukan berbagai macam jenis pantai berpasir putih, air laut yang jernih serta terumbu karang yang luas, di Krabi juga terdapat gua-gua dan air terjun yang indah serta pulau-pulau kecil yang menawan. Beberapa wisata yang ada di Krabi seperti Green Lake, Ao Nang, dan Khao Khanap Nam.

4. Kuil Patung Emas Buddha (Ton Gold Budha) Bangkok
Kuil Patung emas Buddha, Wisata Thailand
Ton Gold Buddha, By. forum.judi.ml
Kuil Patung Emas Buddha terletak di daerah China Town, lokasinya berada di ujung Jalan Yaowarat Pecinan, dekat Stasiun Kereta Api Hualampong. Kuil Patung Emas Buddha ini merupakan salah satu tempat wisata terkenal di Bangkok, patung Buddhanya yang besar, dan terbuat dari lapisan emas serta  memiliki bobot seberat 5.5 ton menjadi salah satu daya tarik bagi para wisatawan yang berkunjung ke Bangkok. Ada riwayat historis yang dimiliki oleh patung Buddha ini. Di masa lampau ketika Thailand hendak dijajah bangsa asing, patung emas Buddha ini dilapisi tanah liat agar tidak dicuri. Akibatnya, bahkan hampir semua masyarakat Thailand modern tidak mengetahui isi di dalam patung tersebut. Tatkala akan dipindahkan, patung emas Buddha secara tidak sengaja terjatuh dan pecah, dan akhirnya terlihatlah wujud penampakan asli patung emas Buddha .

5. The Grand Palace
The Grand Palace, Wisata Thailand
The Grand Palace, By. www.britannica.com
The Grand Palace adalah salah satu wisata utama yang harus dikunjungi wisatawan selama berada di Thailand.  Bangunan The Grand Palace memiliki ruang bawah tanah berupa labirin aula kerajaan, kuil dan peninggalan-peninggalan kuno. Bangunan yang paling berharga di sini adalah Phra Kaeo Wat, kuil Buddha Emerald. Menurut beberapa sumber, di dalam candi ini terdapat peninggalan sepotong tulang atau rambut dari Buddha sendiri. Sungguh menjadi salah satu wisata menarik di Thailand.

6. Pattaya
Pattaya, Wisata Thailand
Pattaya, By. www.pattayalife.com
Pattaya berlokasi di sepanjang Teluk Thailand. Pattaya memiliki  sebuah pantai yang sangat populer di Asia Tenggara. Hanmparan pasir putih nan indah menjadi daya tarik tersendiri dari pantai ini, selain itu di Pattaya terdapat banyak tempat penginapan atau hotel yang terjangkau bagi para wisatawan yang ingin menginap. Ada sejumlah pasar dan pusat belanja. Banyak pula restoran terjangkau yang dapat di temukan di Pattaya dengan menyajikan hidangan makanan lezat khas negeri gajah putih.

7. Nong Nooch Tropical Botanical Garden
Nong Nooch Tropical Botani Garden, Wisata Thailand
Nong Noch Garden, By. en.wikipedia.org
Nong Nooch Tropical Botanical Garden adalah salah satu taman wisata yang cukup populer di Thailand. Lokasinya berada di kilometer 163 di Sukhumvit Road, Chonburi Province, Thailand. Tempat ini mudah di temukan karena dapat dicapai menggunakan bus, taksi atau transportasi darat pribadi. Disisni wisatawan dapat meneliti satwa liar, mengikuti upacara keagamaan, demonstrasi seni bela diri, pijat, pertunjukan gajah, dll. Terdapat pula restoran, kebun binatang kecil serta sebuah hotel dengan kolam renang dan rumah sewa ciri khas Thailand.

 8. Kota Bangkok
Kota Bangkok, Wisata Thailand
Bangkok, By. acara-event.com
Tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke Thailand tanpa mampir terlebih dahulu ke ibu kota negara ini. Bangkok merupakan ibukota dari negara Thailand, meskipun hampir sama dengan kondisi ibu kota Jakarta tapi Bangkok punya warna tersendiri bagi para wisatawan. Di Bangkok wisatawan dapat menemukan berbagai macam candi beserta kuil-kuil megah yang ada di sepanjang kota dan tentu dengan arsitektur bangunan yang indah

9. China Town Bangkok
China Town Bangkok, Wisata Thailand
China Town Bangkok, By. www.alyonatravels.com
China Town merupakan salah satu kawasan kampung cina yang ada di Bangkok. Kawasan ini juga terkenal sebagai pusat belanja dan kuliner yang ada di Bangkok. Tempat wisata Bangkok yang satu ini memang dikenal sebagai salah satu destinasi wisata belanja di Thailand yang menjual barang-barang dengan harga terjangkau. Terlebih lagi para wisatawan tidak harus menggunakan bahasa Thailand ataupun Mandarin dalam melakukan transaksi belanja. Bahasa Inggris dapat menjadi bahasa pengantar yang ba karena rata-rata penjual di tempat ini fasih dalam berbahasa Inggris.

10. Kota Tua Sukhothai
Kota Tua Sukhotai, Wisata Thailand
Kota Tua Sukhothai, By. fineartamerica.com
Kota Tua Sukhothai adalah tempat wisata yang cukup menarik di Thailand, tempat ini sangat cocok bagi mereka yang senang akan sejarah dan fotografi karena terdapat banyak spot foto yang indah dan menarik di sini. Reruntuhan kota tua ini masih berdiri kokoh dan telah tercatat sebagai salah satu situs warisan dunia oleh UNESCO. Kota Tua Sukhothai memiliki bangunan-bangunan dengan arsitektur kuno yang menarik.

#SalamSukses
#MRioAldino



luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com
Location: Thailand

0 comments: