Sunday, January 31, 2016

Profil Negara Selandia Baru dengan Keindahan Alamnya

bendera new zealand
New Zealand Flag, By. news.detik.com
Selandia Baru atau New Zealand, merupakan salah satu negara kepulauan yang terletak di Samudera Pasifik Selatan. New Zealand awalnya ditemukan oleh 2 orang penjelajah dunia masing-masing Abel Tasman pada tahun 1642 dan kapten Inggris James Cook pada tahun 1769, menurut sejarah nama New Zealand diambil dari salah satu nama rovinsi di Belanda yaitu Zeeland. Negara ini juga terdiri atas dua pulau utama dan beberapa pulau kecil di sekitarnya. Selandia Baru memiliki dua wilayah luar yaitu Tokelau dan Ross Dependency  yang berada di Antartika. Selandia Baru adalah Negara demokrasi Parlementer dan sebuah wilayah persemakmuran Britania (Commonwealth Realm) Pemerintahan otonomi khusus Niue dan Cook Islands juga termasuk kedalam asosiasi Selandia Baru, yang dapat secara mandiri mengelola kepentingan luar negeri dan pertahanan mereka. Ibukota Selandia Baru adalah Wellington, dan kota kosmopolitan utamanya adalah Auckland.

Profil Negara Selandia Baru

Luas wilayah              : 269.057 km2
Ibu kota                      : Wellington
Bentuk pemerintahan : Dominion (anggota negara persemakmuran Inggris)
Hari Nasional              : 26 September 1907
Kepala pemerintahan : Perdana Menteri
Perdana Menteri         : John Phillip Key
Lagu kebangsaan       : God Defence New Zealand
Jumlah Penduduk       : 4.619.130 jiwa
Bahasa                        : Inggris dan Maori
Agama mayoritas        : Kristen Protestan
Mata uang                   : Dollar Selandia Baru
Perkapita                     : U$D 42.017/tahun

Pemerintahan Selandia Baru

Selandia Baru atau New Zealand memiliki pemerinatahan berbentuk monarki konstitusional dengan ratu Elizabeth II sebagai pemegang kuasannya dan dalam melaksanakan tugasnya Ratu Elizabeth II diwakili oleh gubernur jenderal dan perdana menteri dalam mengawasi dan menjalankan pemerintahan negara.   Negara ini merupakan salah satu negara anggota persemakmuran Inggris semenjak James Cook dari Inggris mendarat di pulau ini.  Sejak tahun 1840 Selandia Baru resmi menjadi daerah koloni Inggris. Pada tahun 1852. Selandia Baru membentuk pemerintahan sendiri, tetapi baru merdeka penuh pada tahun 1907.

Penduduk Selandia Baru

Selandia Baru memiliki jumlah penduduk sekitar 4.619.130 jiwa dan kebanyakan dari mereka merupakan keturunan Inggris. Hampir tiga perempat dari penduduknya tinggal di Pulau Utara, dan satu-perempat tinggal di Pulau Selatan yang lebih besar. Mayoritas penduduk negara ini lebih memilih untuk tinggal di kota. Suku asli yang mendiami Selandia Baru ialah suku Maori, penduduk Maori terkenal akan kemampuannya dalam membuat seni ukir terbukti dengan ditemukannya banyak gedung-gedung di Selandia Baru bercorakan ukiran hasil karya suku Maori. Bahasa resmi negara ini ialah Inggris dan Maori, agama mayoritas Selandia Baru ialah Kristen Protestan. Saat ini kebanyakan penduduk Maori mulai hijrah ke kota dan memulai budaya baru.

Perekonomian Selandia Baru

Perekonomian Selandia Baru tergolong maju terbukti dengan pendapatan perkapitanya sebesar U$D 42.017/tahun menjadikan negara ini salah satu negara dengan tingkat perekonomian termaju di dunia. Kegiatan ekonomi utama di negeri ini ialah pertanian dan peternakan, di bidang peternakan domba dan sapi merupakan salah satu sumber pendapatan ekonomi tertinggi di negara ini, Sekitar 75% hasil-hasil ternak seperti daging, wol, mentega dan keju diekspor keluar. Selain itu bidang pertanian, kehutanan dan perkebunan juga menghasilkan  sayur-mayur, buah-buahan dan kayu. Dari pertambangan sendiri negara ini menghasilkan batubara, pasir besi hitam, minyak bumi dan gas alam. Sektor industri Selandia Baru juga tergolong maju , terbukti dengan banyaknya berdiri pabrik-pabrik industri di Selandia Baru terutama di kota-kota besar.

WISATA DI SELANDIA BARU

Selandia Baru meruapakan salah satu negara kepulauan dengan hamparan perbukitan hijau nan indah, tak heran jika negara ini memiliki banyak destinasi wisata yang menawan dan patut untuk dikunjungi. Berikut adalah destinasi wisata yang ada di New Zealand.

1. Wellington
Wisata Selandia Baru, kota wellington
Wellington, By. www.newzealand.com
Tempat wisata pertama yang harus dikunjungi ketika berplesir ke New Zealand adalah ibukotanya yaitu Wellington. Kota yang terkenal dengan julukanya Windy City atau Windy Wellington ini memiliki pemandangan berbukit yang indah, kota Wellington juga merupakan kota pelabuhan berbukit-bukit dengan campuran arsitektur kuno dan modern yang menakjubkan.  Wellington adalah pusat bisnis dan budaya yang berkembang bagi perusahaan dan penduduk yang mencintai kehidupan santai di sini. Berkunjung ke Wellington wisatawan dapat melakukan banyak kegiatan dan menikmati pemandangan-pemandangan indah.

2. Coromandel
Wisata Selandia Baru, coromandel
Coromandel, By. www.activity.co.nz
Coromandel terletak di sisi barat Semenanjung Coromandel, pantai Timur pulau Utara Selandia Baru merupakan salah satu kota pelabuhan yang ada di negara ini. Tempat ini terkenal dengan keindahan alamnya serta pantai emas murni dengan hiasan hide aways alam yang banyak serta keunikan hutan hujannya yang berkabut. Hal menari yang dapat dilakukan di tempat ini ialah dengan menjelajahi Taman Hutan Coromandel, membuat kolam spa panas sendiri dipasir Pantai Air Panas dan juga berlayar mengintari pulau-pulau dengan menggunakan jasa perahu.

3. Mount Victoria
Wisata Selandia Baru, Mount Victoria
Mount Victoria, By. www.wellingtonnz.com
Mount Victoria merupakan salah satu pegunungan atau perbukitan indah yang terdapat di New Zealand tepatnya berdekatan dengan kota Wellington, tinggi pegunungan ini hanya sekitar 196 mdpl, tentu para wisatawan akan dibuat terpukau dengan melihat keindahan kota Wellington dari atas bukit.

4. Bay of Islands
Wisata Selandia Baru, Bay of Islands
Bay of Islands, By. www.marinedirectorynz.com
Bay of Islands merupakan salah satu destinasi wisata terkenal yang ada di New Zealand, keistimewaan tempat ini adalah dengan adanya 144 pulau yang terbentang saling berjajar rapi dan indah untuk dikunjungi. Banyak hal yang dapat dilakukan di Bay of Lands, wisatawan dapat mengintari teluk-teluk yang ada disekitarnya, bermain-main di pantai, hingga melihat-lihat keindahan hayati yang ada di sekitar Bay of Islands.

5. Queenstown
Wisata Selandia Baru, Queenstown
Queenstown, By. en.wikipedia.org
Queenstown merupakan sebuha kota wisata yang berada di Otago, Selandia Baru. Tempat ini dibangun di Danau Wakatipu disekitar inlet yang disebut dengan Queenstown Bay dengan bentuknya yang menyerupai huruf Z, danau ini hasil dari prosesi glasial yang memiliki pemandangan yang begitu menakjubkan apalagi jika melihatnya dari gunung. Hal yang dapat wisatawan lakukan jika berkunjung ke tempat ini adalah dengan mencoba melakukan atraksi lompat bungy (jump sites) yang tentu saja sangat menguji adrenalin. Tempat ini sangat cocok bagi wisatawan yang ingin mencar ketenangan dan kenyamanan dalam berwisata.
  
6. Hobbiton
Wisata Selandia Baru, hobbiton selandia baru
Hobbiton, By. www.merdeka.com
Hobbiton merupakan salah satu wisata terpopuler yang ada di Selandia Baru, keaneka ragaman tanaman yang di tanam di ladang-ladang yang rapi, kebersihan dan tumbuh suburnya lingkungan, serta kehangatan dan kenyamanan rumah kecil yang menyerupai goa-goa menjadikan tempat ini sebagai salah satu tujuan wisata yang paling banyak dikunjungi turis-turis selama di New Zealand. Hobbiton juga dikenal sebagai tempat tinggal yang digunakan dalam film layar lebar Fantasy epic seperti the lord of the ring.

7. Fiordland National Park
Wisata Selandia Baru,Taman Nasional Fiordland
TN Fiordland, By. budidayabudaya.com
Taman Nasional Fiordland yang memiliki luas lebih dari 1,2 juta hektar ini didirikan pada tahun 1952. Di tempat ini wisatawan dapat menemukan banyak keajaiban dan keindahan alam berupa glester yang telah terbentuk sejak berjuta-juta tahun lalu. Milford Soound merupakan gletser yang paling terkenal di tempat ini.

8. Tekapo Lake
Wisata Selandia Baru,Tekapo Lake
Tekapo Lake, By. 4k-wallpaper.net
Tekapo Lake berlokasi dekat dengan kawasan pulau selatan selandia baru ini merupakan salah satu danau terindah yang dapat para wisatawan kunjungi. keindahan panorama pemandangan yang berasal dari dari deretan pegunungan alpen membuat tempat ini menjadi salah satu top toyrism yang ada di New Zealand. Selain itu wisatawan juga dapat melihat keindahan flora khas yang ada ditempat ini berupa keindahan bunga lupin yang cantik, yang menyerupai Bunga Levender. Selain Tekapo Lake, Selandia Baru juga masih memiliki wisata danau yang menarik untuk dikunjungi yaitu Pukaki Lake yang menakjubkan, Pukaki Lake merupakan danau terbesar di Selandia Baru.

9. Pohutu Geyser dan Rotorua
Wisata Selandia Baru,Pohutu Geyser dan Rotorua
Pohutu Geyser Rotorua, By. www.thetravelerszone.com
Rotorua adalah sebuah kota yang terletak di tepi selatan danau Rotorua, tempat ini terkenal dengan aktivitas geotermalnya. Terdapat sejumlah geyser di tempat ini, dan yang paling terkenal adalah geyser Pohutu di Whakarewarewa. Pohutu geyser merupakan salah satu fenomena alam yang menakjubkan, semburan air panas sekitar 30 meter dari perut bumi menjadi salah satu daya tarik wisata utama di tempat ini, Pohutu juga termasuk kedalam 5 besar geyser terbesar di dunia.

10. Tongariro National Park

Wisata Selandia Baru, Tongariro National Park
Tongariri National Park, By. www.newzealandphoto.info
Tongariro National Park terletak di pusat pulau utara Ne Zealand merupakan salah satu wisata budaya yang menarik untuk dikunjungi selama berlibur ke New Zealand setidaknya 28 etnis dan budaya berkumpul di taman nasional ini. Di taman nasional ini juga terdapat tiga gunung vulkanik yang masih aktif diantaranya unung Ruapehu, Ngauruhoe, dan Tongariro yang terletak di tengah taman dan menjadi daya tarik lain di tempat ini. Tongariro National Park telah ditetapkan sebagai salah satu situs warisan dunia oleh UNESCO.

#SalamSukses
#MRioAldino
luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com
Location: New Zealand

0 comments: