Tuesday, January 19, 2016

Timor Leste, Negeri kecil tapi Istimewa


Timor-Leste Flag, By. suciptoardi.wordpress.com
Timor leste adalah sebuah negara kecil yang berada di daratan Asia tepatnya Asia Tenggara, Negara Timor Leste dengan ibukotanya bernama Dili ini sebenarnya punya  banyak memori dan ikatan emosional  dengan NKRI, kenapa begitu? Sebelum menjadi sebuah negara, Timor Leste adalah salah satu wilayah bagian dari NKRI, bergabung dengan Indonesia sebagai provinsi ke-27 pada tanggal 28 November 1975 sebelum akhirnya memeisahkan diri dari wilayah NKRI pada 1999 dan kemudian mendeklarasikan kemerdekaanya pada 20 Mei 2002. Sedikit cerita sejarah mengenai terbentuknaya negara ini adalah saat tepat pada tanggal 4 September 1999 di Dili dan di PBB hasil jajak pendapat masyarakat Timor Timur tentang pilihan untuk menerima otonomi khusus atau berpisah dengan NKRI diumumkan. Dan akhirnya, 78,5 persen penduduk menolak otonomi khusus dan memilih untuk memisahkan diri dari NKRI. Sejak itulah, isu disentegrasi bangsa menjadi suatu persoalan yang tidak bisa dinomorduakan sebab bukan tidak mungkin muncul “kecemburuan” dari daerah lain yang merasa dirinya kaya dan mampu mengurus daerahnya sendiri memilih memisahkan diri juga dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Sebelumnya saat masih bersama NKRI negara ini bernama Timor-Timur dan semenjak memproklamasikan kemerdekaannya sebagai suatu negara nama Timor-Timur dihilangkan dan diubah menjadi Timor-Leste. Saat ini Timor Leste dipimpin oleh seorang Presiden, jabatan Presiden Timor Leste saat ini diduduki oleh Taur Matan Ruak, sementara perdana menteri Timor Leste saat ini adalah seorang bernama Rui Maria de Araujo. Timor Leste juga terdiri atas 13 distrik wilayah, diantaralainya adalah :

·         Aileu
·         Ainaro
·         Baucau
·         Bobonaro
·         Cova-Lima (Suai)
·         Dili
·         Ermera
·         Lautem (Lospalos)
·         Liquica
·         Manatuto
·         Manufahi (Same)
·         Oecussi-Ambeno (Pante Makasar)
·         Viqueque (Cabira-Oan)
Timor Leste juga memiliki 2 bahasa resmi yaitu Bahasa Tetun dan Bahasa Portugis. Selain itu dalam konstitusi disebutkan pula bahwa Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia dijadikan bahasa kerja. Mata uang negara ini adalah Dollar Amerika Serikat (U$D), luas wilayah negara Timor Leste hanya sekitar 15.410 km2 dengan jumlah penduduk kurang lebih 1.212.107 jiwa.


SUMBER PENGHASILAN TIMOR LESTE

Timor Leste juga memiliki berbagai macam sumber daya dan kekayaan alam yang melimpah dari hasil pertanian utama negara ini adalah kopi, jagung, dan kentang. Hasil tambangnya meliputi emas, perak, dan marmer. Timor Leste juga memiliki potensi minyak bumi di Celah Timor atau sering dikenal dengan istilah Timor Gap. Namun, eksploitasi belum dapat dilakukan secara mandiri, karena masih terbatasnya sarana dan prasaran. Eksploitasi dilakukan oleh australia dengan pembagian hasil. Selain digunakan untuk memperoleh devisa negara dari hasil bumi untuk menunjang pembangunan, sumber daya alam yang dimiliki Timor Leste dapat menjadi modal tawar menawar dengan negara lain untuk memberikan bantuan kepada Timor Leste dalam berbagai bentuk dan dalam bebrapa tahun terakhir pendapatan per kapita Timor Leste adalah sekitar $3.330 .

WISATA ALA NEGERI TIMOR

Ini adalah bagian yang ditunggu-tunggu dalam setiap pembahasan di artikel saya, karena kenapa? Setiap orang selalu punya cara untuk membuat diri mereka selalu merasa nyaman yaitu dengan cara berwisata. Ternyata Timor Leste bukan hanya sekedar negara kecil bekas NKRI, Timor Leste juga memendam banyak potensi wisata yang indah dan menarik yang patut untuk dikunjungi selama berpelesirke negeri ini. Berikut destinasi wisata menarik yang ada di Timor Leste.


1. Pulau Jaco Timor Leste
Pulau Jaco, By. thejournay.com

Jaco adalah nama dari sebuah pulau kecil di Timor Leste. Letaknya berada di ujung paling timur dari pulau Timor. Secara politik, Jaco merupakan bagian dari wilayah Tutuala di dalam distrik Lautém, Timor Leste. Pulau ini terpisah dengan jarak yang kecil dari pulau utamaTimor, sehingga cukup dijangkau dengan alat transportasi air yang kecil seperti kapal kecil. Luas pulau ini adalah sekitar 10 kilometer kuadrat dan tidak berpenghuni. Pulau ini dianggap suci oleh masyarakat lokal dan memasuki wilayah pulau ini dianggap illegal. Sekarang ini, para wisatawan boleh dibawa ke pulau Jaco oleh nelayan untuk berenang dan kegiatan penyelaman. Beberapa burung lokal yang ada disini adalah Dusky Cuckoo-dove dan Fawn-breasted Whistler. Jaco merupakan bagian dari Taman Nasional Nino Konis Santana.

 2. Kota Dili
Kota Dili By. newsandfeaturesonindonesia.blogspot.com
Dili merupakan ibukota negara Timor Leste. Selain menjadi ibukota negara, Kota Dili juga menjadi kota terbesar di Timor Leste. Kota Dili berada di Pulau Timor yang berbatasan langsung dengan provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia, lebih tepatnya berada di pesisir utara Pulau Timor. Di sebelah selatan berbatasan dengan Australia yang dipisahkan oleh Laut Timor. Budaya di kota ini banyak dipengaruhi oleh budaya Portugis sehingga kita dapat berwisata ala-ala bangsa portugis di kota ini.

3.      Patung Kristus Raja
Patung Kristus Raja, By. katirioase.blogspot.com
Patung Kristus Raja (Kristus Rei) yang terletak di Bukit Fatucama sebelah timur Kota Dili, merupakan objek wisata rohani populer di Timor Leste. Setiap Sabtu dan Minggu serta hari-hari libur, kawasan ini menjadi serbuan warga Dili untuk melepas kepenatan. Bukan saja warga lokal, namun warga asing juga datang untuk menikmati pemandangan alam, sekaligus sebagai sumber inspirasi rohani.

4. Gunung Ramelau
Gunung Ramelau, By. timorlesteview.blogspot.com

Gunung Ramelau adalah sebuah Gunung yang terletak di negara Timor Leste, Gunung yang memiliki ketinggian 2963 meter, atau setara dengan 9721 kaki ini berada di wilayah Asia Tenggara.  Apabila anda memiliki cukup uang serta keberanian yang cukup anda bisa mengunjungi Gunung Ramelau di Timor-Leste sebagai tujuan pendakian  pendakian maupun sekedar menikmati pemandangan alamnya. Gunung Ramelau merupakan salah satu gunung terindah di Timor Leste bahkan di Asia Tenggara.

.      5.      Patung Paus Yohanes Paulus II
Patung Paus Yohanes Paulus II, By. guthjer.wordpress.com 
     Patung Paus Yohanes Paulus II adalah sebuah patung yang dibangun di atas bukit Taci-Tolu arah barat kota Dili Timor-Leste. Patung ini dibangun pada tahun 2007 atas prakarsa pemerintah untuk mengenang kunjungan Paus Yohanes Paulus II ke Timor-Leste pada tanggal 12 Oktober 1989.

      6.   Kota Lama Baucau
Kota Lama Baucau, By. aldosadys93.wordpress.com
Pada masa Portugis, Kota Baucau disebut sebagai Vila Salazar sesuai dengan nama diktator Portugis yang menguasai Baucau yang bernama Antonio de Oliviera Salazar. Dulunya, Kota Baucau merupakan pusat aktivitas dari pemerintahan Portugis pada amasa itu.
Di tempat ini anda dapat menjumpai beberapa bangunan dengan arsitektur-arsitektur kolonial pada masa Portugis, seperti pasar (o mercadu) dan hotel (Pousada). Baucau juga merupakan kota terbesar ke-2 di Timor Leste setelah Dili.

 

7.       Santa Cruz

Santa Cruz, By. www.escapeartistes.com
Santa Cruz, di sini anda dapat menjumpai makam para pejuang Fretilin (Frente Revolucion ria de Timor-Leste Independente ) yang dalam bahasa Portugis adalah sebuah gerakan pertahanan yang berjuang untuk kemerdekaan Timor Timur. pemakaman Santa Cruz ini adalah saksi bagi rakyat Timor Leste dalam meraih kemerdekaannya.

8.      Pantai Pasir Putih
Pantai Pasir Putih, By. winnymarlina.com
Tidak jauh dari Patung Kristus Raja, terdapat sebuah pantai yang bernama pantai pasir putih. Pantai ini dinamakan pantai pasir putih karena pasirnya yang berwarna putih kemilau. Lokasinya pun tak jauh dari patung Kristus Raja (Cristo Rei). Sama halnya dengan destinasi lainnya, pantai pasir putih ini paling ramai dikunjungi pada waktu sore hari dan pada saat musim libur natal dan tahun baru. Di pantai ini kita dapat menikmati keindahan pantai serta bermain ombak dan mandi di pinggiran pantai.



luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com

0 comments: