Wednesday, January 20, 2016

Hal Menarik di Negeri Seribu Candi Kamboja

Kamboja Flag, By. desiayukumalasari.blogspot.com
        Negara Kamboja secara resmi bernama Kerajaan Kamboja, adalah sebuah negara kecil di kawasan Asia Tenggara dan tergabung kedalam ASEAN sejak tahun 1998. Kamboja mendeklarasikan kemerdekaannya pada tanggal  9 Nopember 1953 (dari Prancis), luas total wilayah negara Kamboja adalah 181.035 km2. Berbatasan dengan Thailand di sebelah barat, Laos di sebelah utara, Vietnam di sebelah timur, dan Teluk Thailand di selatan. Sungai Mekong dan Danau Tonle Sap melintasi negara ini. Negara ini merupakan penerus Kekaisaran Khmer yang pernah menguasai seluruh Indochina antara abad ke-11 dan 14. Agama resmi di Kamboja adalah Buddha dengan pemeluk sekitar 95% dari total penduduk Kamboja. Ibukota dan kota terbesar Kamboja adalah Phnom Penh. Bentuk negara Kamboja adalah monarki konstitusional demokratik.

Pemerintahan Kamboja

     Kamboja pernah memiliki sejumlah pemerintah yang berbeda sepanjang sejarahnya. Sekarang, negara ini berbentuk monarki konstitusional. Di bawah Konstitusi 1993, raja adalah kepala negara dan panglima angkatan bersenjata. Kekuasaan legislatif diberikan pada Majelis Nasional terpilih. Pemerintah, yang terdiri atas kabinet menteri, dipimpin oleh seorang perdana menteri. Perdana menteri ditunjuk oleh raja dari perwakilan partai politik dengan jumlah kursi terbanyak di legislatif.

Penduduk

Kamboja merupakan negara yang berpenduduk nomor dua terkecil di Asia Tenggara dengan Penduduk Pada tahun 2004 13.363.421 jiwa. Mayoritas penduduknya beragama Budha (88,5%); Islam (2,4%); lain-lain (9,2%). Bahasa resmi yang digunakan adalah bahasa Khmer, bahasa Perancis, dan Inggris yang digunakan oleh kaum terpelajar. Satuan mata uangnya adalah Riel Kampuchea (KHR). Pertambahan penduduk 2,6% per tahun, dengan kepadatan penduduknya 74 orang/ km2. Kelompok etnis utama di Kampuchea adalah orang Khmer yang mencakup lebih dari 88% penduduk negeri ini dengan mata pencaharian utama bertani. Penduduk di Kamboja, belumlah berkembang dengan baik, mengingat situasi negeri yang belum stabil dari konflik politik yang berkepanjangan. Penduduk yang bebas buta huruf (tahun 2003) baru 45%.

Keadaan Penduduk selama Rezim Khmer Merah

        Selama empat tahun masa kekuasaan dari Khmer merah, jumlah penduduk menurun drastis menjadi hanya 6 juta jiwa, banyak dari mereka yang di bunuh bahkan dilecehkan oleh khmer merah selain itu ada juga yang kelaparan bahkan ada pula yang bermigrasi dalam jumlah yang cukup besar, terutama orang-orang dari etnik Vietnam.Kelompok penduduk yang dominan di Kamboja adalah dari etnik Khmer, sekitar 85 % dari jumlah keseluruhan penduduk kamboja. Sisanya adalah orang dari etnik Vietnam, lalu diikuti oleh orang-orang dari etnik Cina, dan sekitar 100.000 muslim Cham, serta yang terakhir adalah beberapa dari suku primitif.  Penduduk lain terdiri atas beberapa kelompok etnis Asia lain, termasuk kelompok Melayu Caham dan sukusuku bangsa primitif, yakni orang Khmer Loeu yang terdiri atas orang Jarai, Rhade, Stieng, Kui, Pear, dan Saoch.

Perekonomian Kamboja

        Sebagian besar  perekonomian Kamboja didasarkan pada sektor pertanian, Perikanan, Pertambangan, dan Manufaktur. Di sektor pertanian masyarakat umumnya menanam padi, sayuran, dan buah-buahan serta memelihara unggas pada lahan-lahan kecil untuk mereka gunakan sendiri. Komoditas utama negara ini adalah padi. Komoditas ini datang terutama dari daerah pertanian yang kaya di lembah Sungai Mekong dan cekungan Tonle Sap. Selain padi, karet juga ditanam di perkebunan besar. Ini adalah tanaman komersial terkemuka bersama kayu menjadi ekspor utama Kamboja.Di sektor lain Perikanan juga merupakan kegiatan ekonomi yang penting di Tonle Sap dan di perairan pantai. Manufaktur besar terdiri atas produksi tekstil, pengolahan produk pertanian, dan industri ringan lainnya. Beberapa fosfat dan batu permata ditambang. Tapi sumber daya mineral lain di negara ini masih harus dikembangkan, terutama bijih besi, bauksit, dan mangaan. Untuk pendapatan perkapita kamboja hanya sekitar U$D 1.080 dari data terakhir di tahun 2014.
Tempat Wisata Menarik di Kamboja

      Ternyata kamboja juga menyimpan banyak surga bagi para pecandu travelling, negeri seribu candi ini memiliki berbagai spot wisata yang menarik dan tentu tak kalah dengan berbagai wisata cantik lain yang ada di Asia bahkan Eropa, berikut beberapa tempat wisata menarik di Kamboja.

1. Angkor Wat
Angkor Wat, By. www.thousandwonders.net
Angkor Wat merupakan salah satu wisata paling populer di Kamboja, setidaknya ada sekitar 1,2 juta wisatawan dari seluruh dunia mengunjungi candi ini setiap tahunnya.  Kuil yang dibangun pada abad ke-12 oleh Raja Suryavarman II ini memiliki kuil pusat dan menara setinggi 213 meter. Kuil ini menyimbolkan Gunung Meru, sesuai dengan kepercayaan Khmer tradisional, dan dijadikan sebagai rumah dewa-dewa Hindu. Film Tomb Raider yang mengambil latar candi di kompleks Angkor Wat semakin memopulerkannya.

2Cardamom Mountain
Cardamom Mountan, By. www.fauna-flora.org
Cardamom Mountain adalah cagar alam yang ada di Kamboja. Di Asia Tenggara, Cordamom Mountain disebut sebagai padang gurun satu – satunya, serta memiliki luas wilayah sekitar 10.922.060 hektar. Terdapat ratusan flora dan fauna di Cardamom Mountain, tidak hanya itu di ditempat ini juga terdapat puluhan air terjun dan juga aliran sungai.

3. Kuil Bayon
Kuil Bayon, By.pixabay.com
Kuil Bayon adalah salah satu kuil Buddha yang terdapat pada Angkor Archeological Park di Siem Reap, Kamboja. Kuil ini terletak di pusat ibukota Jayavarman, Angkor Thom, dan dibangun sekitar akhir abad ke-12 dan awal abad ke-13 oleh Raja Jayavarman VII sebagai bagian dari ekspansi Angkor Thom besar-besarannya. Sebagai bagian dari kekayaan arsitektur Kerajaan Khmer, Kuil Bayon merupakan kuil pemerintahan terakhir yang didedikasikan kepada Sang Buddha, yang dibangun pada masa kejayaan Angkor. Kuil ini telah mengalami perubahan serta penambahan pada beberapa bagiannya, yang disesuaikan dengan ajaran agama yang dianut masing-masing raja penerusnya.Kuil Bayon memiliki lebih dari 200 pahatan wajah dari di semua sisi. Salah satu wajah yang paling terkenal adalah gambar seorang pria yang tengah tersenyum yang diyakini sebagai gambar Raja Jayavarman VII atau kombinasi dari wajah raja tersebut dan Buddha

4Kratie
Kratie, By. www.griyawisata.com
Kratie adalah kota kecil yang terletak di tepi Sungai Mekong dan didominasi oleh pasar pusat yang dikelilingi bangunan peninggalan kolonial Perancis. Meskipun bukan daerah wisata Kamboja yang sangat terkenal, banyak wisatawan yang meluangkan waktu untuk mengunjungi tempat ini. Di sini, kita dapat melihat lumba-lumba Irrawaddy langka, yang hidup di Sungai Mekong dalam jumlah yang hampir punah,  diperkirakan jumlah lumba-lumba tersebut hanya sekitar 66 hingga 88 ekor saja.

5. Banteay Srei
Banteay Srei, By. www.indochinatravelpackages.com
Banteay Srei terletak 25 km di bagian utara-timur dari kelompok utama kuil Angkor dan sering dianggap sebagai satu tempat wisata Kamboja yang terpisah. Pembangunan kuil ini diselesaikan pada tahun 967 M. Bangunan kuil sebagian besar terdiri dari batu pasir merah, media yang cocok untuk ukiran dinding dekoratif rumit yang masih jelas terlihat hingga saat ini.

6. Koh Ker
Koh Ker, By. en.wikipedia.org
Koh Ker adalah ibukota Kerajaan Khmer untuk jangka waktu yang sangat singkat, yaitu dari tahun 928-944 M. Dalam waktu singkat tersebut telah dibangun beberapa bangunan megah dan patung-patung yang luar biasa. Kompleks Candi Koh Ker terkenal dengan candi utamanya yang bernama Prasat Thom, selain candi-candi kecil atau reruntuhan batuan lainnya yang disakralkan seperti beberapa Lingga dan Yoni dalam ukuran sangat besar, tersebar tidak jauh dari Prasat Thom. Di situs ini juga terdapat sebuah kuil piramida setinggi 30 meter yang menjulang tinggi di antara rimba belantara. Satu simbol setengah manusia setengah burung diukir di blok batu bisa ditemukan di bagian atas. Koh Ker merupakan tujuan wisata Kamboja yang paling terpencil dan sulit dijangkau karena terletak di hutan yang terpencil.

7. Bokor Hill Station
Bokor Hill zStation, By. www.justgola.com
Bokor Hill Station yang berdekatan dengan Kampot dibangun pada zaman kolonial Perancis tahun 1920 dan digunakan sebagai pelarian dari panasnya Phnom Penh. sekarang, bangunan ini terasa seperti sebuah tempat berhantu. Pada Oktober 2008, jalan menuju Bokor secara resmi ditutup karena rekonstruksi yang sedang berlangsung. Akses independen tampaknya tidak mungkin meskipun ada paket hiking yang disediakan oleh agen perjalanan lokal.

8. Istana Raja dan Silver Pagoda
Silver Pagoda, By. darkcollector.blogspot.com
Tujuan wisata lainnya adalah Istana Raja Kamboja, yang letaknya di jantung kota Phnom Penh. Istana raja ini begitu menarik sebab selain bangunannya yang indah dan berbentuk khas Kamboja. Jika mengunjungi Istana raja kita juga dapat menikmati keindahan Silver Pagoda yang terletak di sisi istana. Awalnya, bangunan ini dikenal dengan nama Wat Preah Keo. Sedangkan nama Silver Pagoda mulai tenar karena lantainya yang tersusun dari 5.000 buah ubin dengan bahan dasar perak dan masing-masing ubin adalah seberat 1 kilo. Anak tangga menuju ke Silver Pagoda dibuat dari marmer yang khusus didatangkan dari Italia. Di dalam bangunan ini terdapat patung Budha yang terbuat dari emas dan dihiasi dengan 9584 berlian 25 karat dengan berat 90 kg. Bangunan ini merupakan tempat ibadah resmi bagi Raja Kamboja.

9. Thmey Market
Thmey Markey, By. www.cambodiaconsulate.ch
Thmey Market merupakan pasar yang wajib dikunjungi jika berwisata ke Kamboja. Di Thmey Market dijual berbagai macam barang, mulai dari pakaian, aneka ragam souvenir untuk oleh-oleh, batu-batu mulia, sampai sayur dan buah-buahan juga dapat di jumpai disini. Menarik lagi batik-batik Indonesia juga banyak terjual disini.

10. Sihanoukville

Tempat Wisata di Kamboja yang Paling Populer 4 - Sihanoukville
Sihanokville, By. http://detravelling.com/
Sihanoukville atau yang juga dikenal dengan Kompong Som terletak sekitar 4 jam perjalanan dari Phnom Penh ini merupakan sebuah kawasan pantai dengan pasir putih yang ada di sekitarnya. Ada beberapa pantai  yang dapat dikunjungi di kota ini, yaitu Sokha Beach, Independent Beach, Long Beach, Serendipity Beach dan Otres Beach. Masing-masing pantai menawarkan pemandangan dan keindahan yang berbeda. Suasananya yang masih sangat alami dan cukup dekat dari Phnom Penh, membuat kota ini menjadi tempat berlibur yang cukup menyenangkan.



luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com

0 comments: