Thursday, March 24, 2016

Profil Negara Inggris dengan Segala Keunikannya

Hasil gambar untuk bendera inggris
England Flag, By. ihousedecors.webcam        
       Inggris adalah sebuah negara maju di kawasan benua Eropa, Ibukota negara Inggris bernama London. Inggris adalah negara bagian terbesar dan terpadat penduduknya dari negara-negara bagian yang membentuk Persatuan Kerajaan Britania Raya dan Irlandia Utara (United Kingdom of Great Britain and Northern Ireland). Negara-negara lainnya adalah Skotlandia, Wales dan Irlandia Utara. Seringkali nama Inggris dipakai untuk menyebut keseluruhan negara ini. Saat ini Ratu Elizabeth II masih memegang kendali penuh atas negara Inggris.

Profil Negara Inggris

Nama Resmi                       : United Kingdom (England)
Luas wilayah                       : 244.046 km2
Ibu kota                               : London
Bentuk pemerintahan          : Kerajaan (Monarki)
Kepala Negara                    : Ratu Elizabeth II
Kepala pemerintahan          : Perdana Menteri
Jumlah Penduduk               : 53.013.000 juta jiwa.
Bahasa Resmi                     : Inggris
Agama mayoritas                : Protestan, Katolik
Mata uang                           : Pound Sterling
Pendapatan Perkapita        :  £ 22.907
Lagu kebangsaan               : God Save the Queen

Pemerintahan Inggris

Inggris merupakan salah negara yang berbentuk kerajaan konstitusional, maka dari itu negara ini disebut juga United Kingdom atau Britania Raya. Kepala Negara Inggris ialah Ratu Elizabeth II sementara kepala pemerintahannya ialah Perdana Menteri yang saat ini dijabat oleh David Cameron. Inggris juga terbagi atas empat negara bagian, yaitu Inggris (England), Wales, Skotlandia, dan Irlandia Utara yang terletak di Pulau Irlandia.

Penduduk Inggris

Mengenai penduduk Inggris tergolong salah satu negara dengan penduduk terpadat di kawasan Eropa terutama di dataran Britania Raya. Sensus tahun 2011 menunjukan jumlah penduduk Inggris mencapai  53.013.000 juta jiwa. Imigrasi menyebabkan Inggris dihuni oleh berbagai bangsa. Dewasa ini pemerintah menetapkan undang-undang yang membatasi jumlah imigran, karena banyaknya arus penduduk yang datang ke Inggris menimbulkan masalah, seperti masalah pengangguran, pendidikan, kekurangan perumahan, hingga masalah rasial. Agama yang dianut penduduk mayoritas di Inggris ialah Protestan dan Roma Katolik. Sementara bahasa yang digunakan dalam berkomunikasi sehari-hari ialah bahasa Inggris.

Perekonomian Inggris

Inggris merupakan salah satu negara industri terbesar di Eropa bahkan Dunia. Hasil industri utama negeri ini ialah tekstil, baja, kereta api, alat elektronik, alat pertanian, kimia dan mainan anak-anak. Industri berat terpusat di daerah penambangan bijih besi dan batubara yang disebut “the black country” dengan pusatnya Birmingham dan Sheffield. Selain di sektor Industri, perekonmian Inggris juga di topang dari sektor peternakannya yang cukup maju. Ternak yang banyak dipelihara ialah sapi, babi, domba, unggas. Hasil peternakan berupa daging, susu, telur dan wol. Selain itu Inggris juga terkenal dengan sektor perikanannya yang maju dengan pelabuhan Grimbsy, Hull, dan Great sebagai pusatnya. Saat ini pendapatan perkapita negara Inggris mencapai  £ 22.907/tahun.

Wisata di Inggris

Mengenai wisata, Inggris merupakan salah satu negara tujuan wisata terpopuler di Eropa setelah Paris. Suasana kota London yang kental dengan peradaban sejarah menambah daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang berlibur ke Inggris. Nah, berikut beberapa tempat wisata menark yang ada di Inggris.

1. Tower of London
Hasil gambar untuk tower of london
Tower of London, By. forces.tv
Wisata pertama yang wajib wisatawan kunjungi jika berlibur ke Inggris ialah Tower of London atau Menara London. Dulunya Tower of London berfungsi sebagai penjara dari 1100 ke pertengahan abad kedua puluh. Kastil ini didirikan pada musim dingin tahun 1066 sebagai bagian dari Penaklukan Norman dari Inggris dan menjabat sebagai kediaman kerajaan sebelum menjadi penjara. Tower of London konon bangunan paling berhantu di Inggris. Apapun itu tempat wisata ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.

2. Hadrian's Wall
Hasil gambar untuk Hadrian's Wall
Hadrian's Wall, By. www.theguardian.com
Jika di RRC ada tembok raksasa China,Inggris punya Tembok Hadrian. Tembok ini dibangun oleh bangsa Romawi guna melindungi bangsa koloni Britannia dari suku di Skotlandia. Tembok ini membentang 117 kilometer (73 mil) di utara Inggris dari Laut Irlandia ke Laut Utara. Konstruksi dimulai pada 122 AD setelah kunjungan oleh Kaisar Romawi Hadrian, dan sebagian besar diselesaikan dalam waktu enam tahun. Tempat ini menjadi salah satutujuan wisata terfaforit lainya yan ada di Inggris.

3. Lake District
Hasil gambar untuk Lake District
Lake District, By. en.wikipedia.org
Nah,  jika ingin berwisata dengan alam Lake District wajib untuk wisatawan kunjungi. Taman Nasional yang terletak di utara barat Inggris di county Cumbria ini merupakan  Taman Nasional terbesar di negara ini. Daya tarik utama tempat ini ialah danau dan perbukitan (gunung dan bukit) diukir oleh erosi glasial dan memberikan pemandangan yang menakjubkan.

4.The Cotswolds
Hasil gambar untuk The Cotswolds
The Costwolds, By. www.cntraveller.com
Selanjutnya wisatawan dapat berkunjung ke The Cotswolds yang mengacu pada berbagai perbukitan di selatan tengah Inggris, kisaran utama mencapai 330 meter di ketinggian pada titik tertinggi. Daerah ini terkenal dengan desa-desa yang dibangun dari batu, kota-kota bersejarah, dan rumah megah dan kebun. The Cotswolds merupakan salah satu tempat wisata terbaik yang ada di Inggris.

5. Menara Jam Big Ben
Hasil gambar untuk Menara Jam Big Ben
Big Ben Tower, By. eropa.panduanwisata.id
Jika ke London wisatawan wajib mengunjungi tempat yang satu ini Menara Jam Big Ben yang berusia 150 tahun adalah salah satu maskot utama di negara Inggris tepatnya di kota London. Nama Big Ben sebenarnya tidak merujuk ke menara jam itu sendiri, tetapi untuk 13 bel ton yang terletak di dalam menara dan mengambil nama dari orang yang pertama kali memerintahkan bel, Sir Benjamin Hall. Menara Jam Big Ben merupakan salah satu menara jam terbesar yang ada di dunia.

6. Madame Tussauds London Museum
Hasil gambar untuk Madame Tussauds London Museum
Madame Tussauds London, By. www.tripomatic.com
Inggris juga memiliki salah tempat wisata yang unik. Madame Tussauds London sebuah museum yang memamerkan patung-patung lilin,dimana patung-patung tersebut  merupakan penjelmaan dari tokoh-totoh terkenal dari seluruh dunia dan dibuat sangat mirip dengan karakter aslinya. Patung para tokoh terkenal itu diantaranya meliputi pemimpin dunia, ilmuwan, penulis, seniman, atlet, para aktor aktris legendaris, serta tidak ketinggalan dengan keluarga kerajaan Inggris.

7. Stonehenge
Hasil gambar untuk Stonehenge
Stonehenge, By. www.english-heritage.org.uk
Selanjutnya wisatawan dapat berkunjung ke salah satu situs bersejarah Stonehenge yang merupakan Salah satu tempat wisata terkenal lainya yang ada di Inggris. Stonehenge adalah salah satu situs prasejarah yang paling penting di dunia. Stonehenge di bangun oleh budaya yang tidak meninggalkan catatan tertulis di dalam sejarah, hingga begitu banyak aspek Stonehenge yang tetap diperdebatkan hingga saat ini. Bukti menunjukkan bahwa batu-batu besar yang didirikan sekitar 2500 SM. Hal ini tidak diketahui secara pasti apa tujuan Stonehenge dibangun, tetapi banyak peneliti percaya monumen itu digunakan sebagai pusat upacara atau agama. Jadi sempatkan diri kalian untuk berkunjung ke tempat ini ya.

8. London Eye
Hasil gambar untuk london eye
London Eye, By. en.wikipedia.org
London Eye Sebuah kincir raksasa yang terletak di kota London merupakan tempat wisata menarik dan populer lainya yang ada di Inggris. Terletak di Jubilee Garden, diantara Westminter Bridge dan Hungerford Bridge membuat kita bisa melihat pemandangan seluruh kota London. London Eye termasuk sebagai salah satu kincir terbesar yang pernah ada di dunia.

9. Windsor Castle
Hasil gambar untuk Windsor Castle
Windsor Castle, By. uclu.org

Windsor Castle merupakan tempat tinggal resmi Ratu Elizabeth II dan merupakan salah satu benteng tertua dan terbesar yang ada di Inggris. Pertama kali, bangunan ini di buat pada tanggal Windsor dari pemerintahan Henry II yang naik ke tahta tahun 1154. Sebagian besar benteng, termasuk sangat megah, karena bangunan ini di dalamnya terdapat Apartemen Negara, dan St Chapel Georges yang dapat dikunjungi oleh wisatawan yang sedang berlibur ke Inggris.

10. Covent Garden
Hasil gambar untuk Covent Garden
Convent Garden, By. www.visitlondon.com
Ingin berwisata kuliner Convert Garden wajib untuk wisatawan kunjungi. Convert Garden merupakan tempat wisata dimana wisatawan akan dimanjakan dengan berbagai macam hiburan dan wisata kuliner, di tempat ini juga wisatawan dapat membeli beberapa barang yang dapat dijadikan sebagai oleh-oleh saat kembali ke kampung halaman.
luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com
Location: England, UK

2 comments:

Bendera Juang said...

Profil negara Britania Raya

Unknown said...

Kak maksud dari kata DEWASA itu apa kak yg bagian penduduk Inggris kak

Makasih cuman itu aja sih