Saturday, April 9, 2016

10 TEMPAT WISATA MENARIK di ACEH (NAD)


1. Masjid Raya Baiturrahman Aceh
Hasil gambar untuk masjid raya baiturrahman
Masjid Raya Baiturrahman, By. nytraveler.net
Nah jika berkunjung ke Aceh wajib mengunjungi Masjid Raya Baiturrahman yang merupakan salah satu icon kota Banda Aceh, Masjid yang dibangun oleh Sultan Iskandar Muda tahun 1612 ini menjadi obyek wisata religi di Aceh yang ramai dikunjungi karena kemegahan dan keindahan arsitekturnya. Bangunan utama pada Masjid ini berwarna putih dengan kubah hitam besar yang dikelilingi tujuh menara. Kesan megah Masjid ini semakin terasa dengan adanya kolam besar dan juga pancuran air pada bagian depan Masjid. Masjid ini juga menjadi salah satu bangunan yang tetap kokoh kala Aceh diterpa tsunami besar 2004 silam.

2. Pantai Lhoknga
Hasil gambar untuk pantai lhoknga
Pantai Lhoknga, By. www.fotografer.net
Selanjutnya wisatawan dapat berkunjung ke Pantai Lhoknga salah satu pantai tercantik yang ada di Aceh selain Pantai Lampuuk, pantai ini berjarak sekitar 20 km dari Banda Aceh. Pantai Lhoknga memiliki pasir yang luas dan landai, cocok anda gunakan untuk berjemur atau bermain voli pantai. Di sini juga terdapat pepohonan yang rindang untuk tempat anda bersantai. Jika anda kurang puas bersantai dan berjemur, anda bisa mencoba berselancar di lautnya. karena Pantai Lhoknga memiliki ombak yang cocok untuk berselancar dengan ketinggian 1,5 - 2 meter. Jadi tuggu apa lagi.

3. Pantai Lampuuk
Hasil gambar untuk pantai lampuuk
Pantai Lampuuk, By. www.pegipegi.com
Selain Pantai Lhoknga, Aceh juga memiliki Pantai Lampuuk yang memiliki pasir putih nan indah serta tebing karang yang ada di ujung pantai, dan garis pantai sepanjang 5 km dari arah selatan ke utara. Pantai Lampuuk adalah salah satu tempat wisata yang bisa disebut Pantai Kuta di Aceh. Banyak wisatawan datang untuk menikmati keindahan wisata pantai yang satu ini. Di pantai ini wisatawan dapat melakukan berbagai kegiatan air seperti diving, snorkeling, bermain bola di air, serta berjemur.

4.Museum Tsunami Aceh
Hasil gambar untuk museum tsunami aceh
Museum Tsunami Aceh, By. maritimenews.id
Berkunjung ke Museum Tsunami Aceh dapat menjadi salah satu pilihan wisata sejarah yang tepat bagi anda yang menyukai sejarah.Tsunami tahun 2004 Tsunami menerjang Aceh dan menyisakan duka bagi warga Aceh yang telah selamat pada saat itu. Museum Tsunami ini dibangun pada tahun 2009 dan berlokasi di Jalan Sultan Iskandar Muda, Aceh. Terdapat lorong panjang ditambah dengan suara gemuruh ombak dan kucuran air di sepanjang lorong yang akan mengingatkan anda pada bencana besar tersebut. Ada banyak benda sisa bencana tsunami yang di pajang. seperti sepeda milik korban. Selain benda sisa bencana tersebut, juga ada foto korban meninggal dan cerita tentang kesaksian korban yang selamat, dan juga alat simulasi elektronik gempa bumi.

5. Danau Laut Tawar
Hasil gambar untuk danau laut tawar
Danau Laut Tawar, By. www.telusurindonesia.com
Bosan berwisata ke pantai wisatawan dapat mengunjungi Danau Laut Tawar yang berada di Dataran Tinggi Gayo, Kabupaten Aceh Tengah. Di sebelah barat danau ini terdapat kota Takengon yang merupakan ibukota dari kabupaten Aceh Tengah. Suku yang mendiami daerah tersebut adalah Suku Gayo. Menyebut danau ini dengan sebutan Danau Lut Tawar. Danau ini memiliki luas sekitar 5.472 hektar, panjang 17 km, dan lebar 3.219 km. Disebut Danau Laut Tawar karena wilayah perairan danau ini sangat luas, dan air yang ada di danau ini juga merupakan air tawar. Danau ini menjadi salah satu wisata terpopuler yang ada di Aceh.

6. Air Terjun Blang Kolam
Hasil gambar untuk Air Terjun Blang Kolam
Air Terjun Blang Kolam, By. www.bersatulah.com
Selanjutnya wisatawan dapat berkunjung ke wisata Air Terjun Blang Kolam yang berada di Desa Sidomulyo, Aceh Utara. Di tempat sini, wisatawan dapat melihat dan menikmati keindahan air terjun kembar yang memiliki tinggi sekitar 75 meter dan dikelilingi sejumlah pepohonan yang rindang. Di tempat ini banyak orang yang bermain air di sekitar air terjun, berendam di kolam tampungan air terjun, atau hanya sekedar bersantai di tepiannya saja. Jangan lupa menikmati wisata alam yang satu ini ya jika berkunjung ke Aceh.

7. Tugu Nol Kilometer Sabang
Hasil gambar untuk Tugu Nol Kilometer Sabang
Tugu Nol Kilometer, By. www.rri.co.id
Nah, jika Berkunjung ke Aceh belum lengkap rasanya apabila anda belum mengunjungi Tugu Titik Nol Kilometer Indonesia yang berjarak sekitar 30 km dari Kota Sabang Aceh. Tugu Titik Nol Kilometer Indonesia ini merupakan penanda geografis terjauh ujung barat Indonesia yang juga menjadi objek wisata. Menarik bukan ketika anda dapat mengunjungi dan berfoto-foto di titik awal NKRI ini.

8. Pulau Weh Sabang
Hasil gambar untuk pulau weh sabang aceh
Pulau Weh, By. atjeh.biz
Jika di Papua ada yang namanya Raja Ampat maka di Aceh ada wisata Pulau Weh. Pulau Weh merupakan pulan terujung yang ada di Indonesia tepatnya di Sabang, Aceh. Pulau ini terkenal dengan keindahan ekosistem alamnya terutama perairan. Jika berkunjung ke Aceh jangan lupa untuk singgah kepulau indah ini.

9. Kuala Merisi
Hasil gambar untuk kuala merisi
Kuala Merisi, By. www.travelmatekamu.com
Nah, selanjutnya wisatawan dapat berkunjung ke Kuala Merisi yang merupakan tempat yang tepat untuk menikmati keindahan pantai dengan suasana yang sepi dan tenang. Tempat wisata ini berlokasi di Desa Ketapang, Kecamatan Krueng Sabee, ini memiliki garis pantai yang panjang dengan ombak kecil yang cocok untuk bermain air di tepian. Menarik bukan.

10. Taman Nasional Gunung Leuser
Hasil gambar untuk Taman Nasional Gunung Leuser
TNGL, By. www.triptrus.com
Selain Pulau Weh, wisatawan dapat berkunjung ke Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL) yang secara administrative terletak di dua wilayah yaitu provinsi Aceh dan Sumatera Utara. Taman Nasional seluas 1.094.692 Hektar ini memiliki ekosistem asli dari pantai hingga egunungan tinggi yang diliputi oleh hutan lebat khas hujan tropis, dikelola dengan sistem zonasi yang dimanfaatkan untuk tujuan penelitian, ilmu pengetahuan, pendidikan, menunjang budidaya,pariwisata, dan rekreasi. di tempat ini wisatawan dapat berjumpa dengan beberapa satwa khas Indonesia seperti Orang Utan Sumatera.

#SalamSuksesMRioAldino


luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com
Location: Aceh, Indonesia

0 comments: