Wednesday, April 13, 2016

10 TEMPAT WISATA MENARIK di BANTEN


1. Taman Nasional Ujung Kulon
Hasil gambar untuk taman nasional ujung kulon
TN Ujung Kulon, By. www.triptrus.com
Wisata pertama yang wajib kalian kunjungi jika trip ke Banten ialah Taman Nasional Ujung Kulon yang berlokasi di ujung barat Pulau Jawa. Kawasan Taman Nasional Ujung Kulon tidak hanya mencakup kawasan daratan yang ada di Pulau Jawa saja, melainkan juga termasuk beberapa pulau di sekitar ujung barat Pulau Jawa. Hal menarik yang dapat wisatawan lakukan di taman nasional ini ialah seperti trekking, berkemah, dan melihat alam liar. TamanNasional ini menjadi pusat perlindungan badak bercula satu yang populasinya semakin terancam di Indonesia. Menarik untuk berkunjung ke tempat ini.

2. Kampung Suku Baduy
Hasil gambar untuk suku baduy
Kampung Baduy, By. travel.kompas.com
Nah, orang Indonesia mana yang tidak kenal dengan suku yang satu ini, Suku Baduy namanya yang bermukim di Kampung Baduy, Banten. Suku Baduy adalah suku yang masih kental adat sundanya, dan merupakan salah satu suku asli yang ada di Banten. Kampung Baduy yang berada di Kabupaten Lebak, Banten ini memiliki penduduk sekitar 8,000 jiwa dan terbagi menjadi 2 bagian suku, yaitu Baduy Dalam dan Baduy Luar. Suku Baduy Dalam adalah Suku Baduy yang menolak dunia luar, sedangkan Suku Baduy Luar adalah suku Baduy yang lebih terbuka pada dunia luar. Sedikit informasi jika ke suku Baduy dalam jangan coba-coba membawa benda-benda elektronik ya, karena suku Baduy dalam menolak keras hal-hal yang berbau kemajuan teknologi.

3. Gunung Krakatau
Hasil gambar untuk gunung krakatau
Gunung Krakatau, By. www.wisatagunung.com
Selanjutnya wisatawan dapat berkunjung ke salah satu gunung api yang masih aktif hingga saat ini. Terletak di selat sunda Gunung Krakatau adalah gunung berapi yang pernah meletus dengan hebat dan berdampak tidak hanya kepada Indonesia, namun juga ke dunia luar Sekarang ini, Gunung Krakatau adalah salah satu tempat wisata di Banten yang paling disukai pendaki gunung. Kegiatan utama dan paling favorit di sini adalah mendaki Gunung Krakatau. Konon letusan gunung inilah yang menyebabkan pulau Sumatera dan Jawa terpisah.

4. Masjid Agung Banten
Hasil gambar untuk Masjid Agung Banten
Masjid Agung Banten, By. simas.kemenag.go.id
Jika mencari wisata religi di Banten, Masjid Agung Banten dapat menjadi pilihan wisatawan untuk berwisata. Masji Agung Banten dibangun pada tahun 1569 dan merupakan sebuah peninggalan sejarah yang sangat penting. Masjid Agung Banten memiliki arsitektur bangunan yang kental dengan arsitektur zaman dahulu dan merupakan perbaduan dari berbagai macam kebudayaan yang berbeda, di antaranya budaya Hindu, China, Jawa, dan Eropa. Selain itu, wisatawan juga dapat menemukan banyak hal bersejarah di sekitar lokasi masjid ini.
  
5. Pulau Dua / Pulau Burung
Hasil gambar untuk pulau dua banten
Pulau Dua, By. www.kidnesia.com
Tempat wisata menarik lainya yang ada di Banten ialah Pulau Dua atau Pulau Burung, ini adalah cagar alam seluas 30 hektar yang berlokasi di lepas pantai Banten. Pulau ini dihuni oleh berbagai jenis burung dalam jumlah besar. Sekitar bulan April sampai dengan bulan Agustus, banyak sekali burung dari berbagai benua datang berkunjung ke Pulau Burung. Setelah musim berlalu, sebagian besar burung tersebut kembali ke tempat asalnya.

6. Pantai Anyer
Hasil gambar untuk pantai anyer
Pantai Anyer, By. www.pegipegi.com
Nah,ini adalah wisata terpopuler yang ada di Banten, Pantai Anyer adalah salah satu pantai terkenal yang ada di Banten. Pantai ini Berlokasi di Kabupatan Serang, Banten,Pantai Anyer adalah pantai yang memiliki pasir putih yang indah dan menarik. Hal menarik yang dapat dilakukan di Pantai Anyer adalah berenang, bermain pasir, bermain olahraga air, berselancar, menyelam, menikmati pemandangan pantai, hingga menyantap hidangan laut yang nikmat di pinggir pantai. Menarik bukan.

7. Rawa Dano
Hasil gambar untuk rawa dano, banten
Rawa Dano, By. ksmtour.com
Selanjutnya wisatawan dapat berkunjungke wisata alam Rawa Dano yang merupakan kawasan yang memiliki danau, rawa-rawa, dan hutan. Rawa Dano memili luas wilayah sekitar 2,500 hektar, banyak hidup berbagai jenis reptil seperti ular dan kadal di tempat ini. Menurut cerita, dulunya Rawa Dano adalah sebuah gunung berapi yang sudah tidak aktif lalu berubah menjadi sebuah danau yang di atasnya terdapat rawa-rawa.

8. Pulau Sangiang
Hasil gambar untuk Pulau Sangiang
Pulau Sangiang, By. piknikasik.com
Selain Ujung Kulon, Pulau Sangiang adalah sebuah pulau terkenal lainya yang ada di Banten, Pulau ini juga terletak di Selat Sunda, Banten. Pulau Sangiang memiliki luas wilayah sekitar 700 hektar dan dapat dicapai dengan menggunakan perahu dari Pantai Anyer selama kurang lebih 45 menit. Aktivitas menarik yang dapat dilakukan di pulau ini ialah mendaki gunung, berkemah, menyelam, memancing, berjemur di pantai, hingga menikmati sisa perang dunia berupa benteng Jepang.

9. Kota Banten Lama
Hasil gambar untuk kota banten lama
Banten Lama, By. www.bantenwisata.com
Nah, kali ini anda dapat menikmati wisata sejarah di Banten tepatnya di kota Banten Lama yang menarik untuk dikunjungi.  Ada beberapa tempat yang bisa kunjungi, di antaranya Istana Keraton Kaibon, Masjid Agung Banteng, Istana Keraton Surosowan, Benteng Speelwijk, dan Vihara Avalokitesvara.

10. Air Terjun Cihear
Hasil gambar untuk Air Terjun Cihear
Curug Cihear, By. newsmedia.co.id
Banten juga memiliki wisata air terjun yang indah, Air Terjun Cihear  yang ada di di Gunung Leutik di dalam Kawasan Gunung Halimun Salak antara Desa Cigobang dan desa Ciladaeun Kecamatan Lebak Gedong kabupaten Lebak adalah salah satu air terjun indah yang ada di Banten. Air terjun ini memiliki tinggi sekitar 25 meter. Air Terjun ini berdekatan dengan wisata Arung Jeram Sungai Ciberang, ditempuh dengan dengan jarak 5 km melalui jalur pendakian dari kampung Muhara selama 3 jam, dan 1,5 km dari Desa Cigobang dengan waktu tempuh 1 Jam perjalanan.

#SalamSukses
#MRioAldino



luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com
Location: Banten, Indonesia

0 comments: