Tuesday, April 19, 2016

10 TEMPAT WISATA MENARIK di JAYAPURA


1. Kepulauan Raja Ampat
Hasil gambar untuk raja ampat
Raja Ampat, By. www.indonesia.travel
Tempat wisata pertama dan paling terkenal di Jayapura ialah Kepulauan Raja Ampat. Raja Ampat terkenal dengan keindahan gugusan-gugusan pulaunya, kawasan Raja Ampat ini terdiri dari empat pulau besar yaitu Waigeo, Misool, Salawati, Batanta dan pulau-pulau kecil di sekitarnya. Raja Ampat memiliki biota laut yang beragam. Hal menarik yang dapat anda lakukan di Raja Ampat ialah menyelam untuk melihat keindahan bawah laut Raja Ampat. Untuk pemandu di tempat wisata ini adalah warga setempat yang sehari-harinya berprofesi sebagai nelayan. Menarik bukan.

2. Taman Nasional Teluk Cendrawasih
Hasil gambar untuk Taman Nasional Teluk Cendrawasih
TN Teluk Cendrawasih, By. www.triptrus.com
Selanjutnya anda dapat berkunjung ke Taman Nasional Teluk Cendrawasih yang berada dikabupaten Wondama dan Nabire, Taman nasional ini memiliki luas sekitar 1.453.500 hektar dan hampir 90% wilayahnya berupa perairan. Tidak heran jika Taman Nasioanal Teluk Cenderawasih menjadi kawasan konservasi laut terbesar dan terluas di Indonesia. Taman Nasional Teluk Cenderawasih diresmikan pada tahun 1993 oleh Kementerian Kehutanan.  Di sini, terdapat 196 jenis moluska dan 209 jenis ikan yang bisa Anda saksikan di alam bawah lautnya. Tak jarang kura-kura, penyu, hiu dan lumba-lumba juga ikut menemani Anda saat menyelam. Taman nasional ini juga menjadi pusat penelitian hiu paus atau whale shark yang dilakukan oleh pemerintah bekerjasama dengan LSM dalam dan luar negeri.

3. Danau Sentani
Hasil gambar untuk danau sentani
Danau Sentani, By. www.iberita.com
Nah, wisata selanjutnya ada Danau Sentani yang memiliki luas sekitar 9.360 hektar, danau ini merupakan danau terbesar yang ada di Papua. Terletak sekitar 50 km dari pusat kota Jayapura, Danau Sentani menawarkan keindahannyayang luar biasa. Sedikitnya ada 21 pulau yang menghiasi danau dengan ketinggian 75 meter di atas permukaan laut ini. Di sekitar danau ini ada setidaknya 24 desa yang siap anda kunjungi untuk belajar kebudayaan yang ada di Jayapura. Hal menarik yang dapat anda lakukan di danau ini ialah memancing, berenang, hingga menyatap kuliner di sekitaran danau. Lebih top lagi jika anda dapat menyaksikan festival Danau Sentani yang biasa diselenggarakan pada bulan juni di daerah ini.

4. Pulau Rumberpon
Hasil gambar untuk Pulau Rumberpon
Pulau Rumberpon, By. www.travelmatekamu.com
Belum berhenti sampai disitu, Papua masih memiliki tempat wisata menarik lainya kali ini ada Pulau Rumberpon yang berada di Teluk Wondama atau 5 jam perjalanan dengan kapal dari Manokwari. Pulau ini memiliki pantai yang disebut dengan Pantai Pasir Panjang karena memang garis pantainya sangat panjang hingga mencapai 6 km. Cobalah untuk mengunjungi hutan bakau yang ada di pesisir lain di pulau ini untuk dapat merasakan sensasi wisata yang berbeda. Selain itu, Anda juga bias berunjung ke padang alang-alang untuk dapa berjumpa dengan burung rusa yang unik.

5. Danau Paniai
Hasil gambar untuk danau paniai
Danau Paniai, By. wisatapriangan.co.id
Selain Danau Sentani wisatawan juga dapat berkunjung ke Danau Paniai yang indah. Danau ini bahkan disebut sebagai danau terindah pada Konferensi Danau Se-Dunia di India pada tanggal 30 November 2007 yang diikuti 157 negara. Danau ini berada di ketinggian 1.700 meter di atas permukaan laut dengan luas 14.500 hektar.  Fasilitas yang disediakan di tempat wisata ini cukup lengkap mulai dari pos jaga, pemandu, sewa perahu dan alat pancing, sampai warung makan di sekitar danau. Jika ingin menikmati keindahan Danau Paniai lebih lama, Anda bisa menginap di rumah warga. Waktu yang tepat untuk mengunjungi danau ini ialah dikala senja agar dapat melihat indahnya sunset di sore hari.

6. Salju Abadi Jaya Wijaya
Hasil gambar untuk Salju Abadi Jaya Wijaya
Salju Abadi Jayawijaya, By. www.bintang.com
Nah, ini merupakan wisata menarik lainya yang ada di Papua yaitu Salju Abadi yang berada di puncak gunung Jaya Wijaya Papua. Gunung ini merupakan salah satu yang tertinggi di dunia dan di Indonesia tentu saja. Ini menjadi hal yang menakjubkan, karena Indonesia merupakan salah satu Negara yang berada persis di garis katulistiwa dan beriklim tropis, tetapi memiliki salju abadi. Hal inilah yang menunjukkan bahwa Gunung jaya Wijaya sangat tinggi dan sebagai hal yang mengagumkan.

7. Lembah Baliem
Hasil gambar untuk Lembah Baliem
Lembah Beliem, By. www.acc.co.id
Selanjutnya anda dapat berwisata ke Lembah Baliem yang merupakan tempat tinggal suku Dani, Yali dan Lani yang berlokasi di sekitar Pegunungan Jayawijaya. Berada di ketinggian 1.600 meter di atas laut membuat suhu di tempat ini bisa mencapai 10-15 derajat Celcius pada malam hari. Di sini, Anda bisa melihat dan berinteraksi langsung dengan suku asli yang masih memakai koteka bagi pria dan rok rumbai bagi perempuannya. Banyak hal menarik yang dapat anda lakukan di sini mulai dari menyaksikan festival lembah beliem hingga membuat kerajinan tangan bersama suku setempat.

8. Kota diatas papan Suku Asmat
Hasil gambar untuk Kota diatas papan Suku Asmat
Suku Asmat, By. penulispro.net
Selanjutnya anda dapat berkenalan dengan salah satu suku terkenal di papua yaitu Suku Asmat. Untuk dapat berjumpa dengan Suku Asmat anda dapat berkunjung ke sebuah kota yang berada diatas papan. Kota ini berada di papan yang terbentang diatas rawa-rawa. Keunikan dari Kota diatas papan suku Amsmat ini yaitu semua aktivitas masyarakatnya dialkukan diatas papan dan berhubung terhampar di atas papan, Agats hanya memperbolehkan kendaraan ringan berbentuk motor listrik dan sepeda. Jalan raya satu-satunya di sini adalah jembatan beton sepanjang 100 meter di tengah kota. Kantor-kantor pemerintahan mengadopsi arsitektur lokal: Dihiasi ukiran dan disangga kayu. Corak yang lebih autentik bisa disaksikan di Kampung Suru dalam bentuk Jews atau rumah bujang, rumah berbentuk panjang tempat orang-orang Asmat melakukan berbagai kegiatan komuna

9. Teluk Youtefa Jayapura Papua
Hasil gambar untuk Teluk Youtefa Jayapura Papua
Teluk Youtefa, By. oldlook.indonesia.travel
Selanjutnya ada Teluk Youtefa yang menarik perhatan banyak wisatawan, wisata ini berada di jayapura dan  terhampar di wilayah garis pantai kota terletak di teluk kecil yang berada di dalam teluk Yos Sudarso. Yang menarik dari tempat wisata ini yaitu Teluk Youtefa diapit oleh dua tanjung yaitu tajung Pie dan Saweri. Selain itu dalam Taman Wisata Alam ini terdapat hutan mangrove dan beberapa hutan sagu. Terdapat pula dua aliran sungai yang bermuara pada Taman Wisata Alam Teluk Youtefa yaitu sungai Acai dan sungai Entrop dengan lebar ± 20 meter. Menarik bukan.

10. Pantai Amai
Hasil gambar untuk Pantai amai
Pantai Amai, By. jalan2.com
Terakhir ada Pantai Amai yang berada di distrik depapre dan  menarik untuk dikunjungi bagi anda yang lagi mencari suasana sunyi. Hal yang dapat anda lakukan dipantai ini ialah berenang, snorkeling dan bermain voli pantai. Selain itu di ujung pantai, ada muara sungai yang membuat air asin dan air tawar bertemu di sini. Jika ingin menginap, di Pantai Amai sudah tersedia penginapan dengan gaya rumah panggung.


#SalamSukses
#MRioAldino



luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com
Location: Jayapura, Jayapura City, Papua, Indonesia

0 comments: