Monday, April 25, 2016

10 TEMPAT WISATA MENARIK di SUMATERA BARAT


1. Air Terjun Sarasah Banyak Gariang
Hasil gambar untuk air terjun sarasah banyak gariang
Air Terjun Sarasah Banyak Gariang, By. ia.wordpress.com
Wisata Pertama yang wajib anda kunjungi ketika berlibur ke Sumatera Barat adalah AirTerjun Sarasah Banyak Gariang yang terletak di Ulu Gadut, tepatnya di kaki Bukit Sarasah, Desa Koto Baru, Kel. Limau Manis Selatan, Kec. Pauh. Air terjun ini mempunyai ketinggian sekitar 60 meter. Anda dapat merasakan sensasi segarnya mandi di air terjun ini. Menarik bukan. 

2. Danau Singkarak
Hasil gambar untuk Danau Singkarak
Danau Singkarak, by. www.pedomanwisata.com
Selanjutnya anda wajib berkunjung ke Danau Singkarak yang merupakan danau terbesar di Sumatera Barat dengan panjang sekitar 21 km. Danau Singkarak terletak di pinggir jalan raya Padang Panjang – Solok. Di sekitaran danau anda akan menemukan beberapa tempat untuk beristirahat dan bersantai serta tersedia juga berbagai fasilitas sampan, boat dan hotel yang dapat anda manfaatkan. Lebih baik lagi jika anda dapat merasakan sensasi mengelilingi danau yang indah ini menggunakan perahu-perahu yang tersedia.

3. Pantai Pemutusan
Hasil gambar untuk Pantai Pemutusan
Pantai Pemutusan, By. travel.kompas.com
Berikutnya ada wisata Pantai Pemutusan, salah satu wisata pantai favorit di Sumatera Barat. Pantai Pemutusan menawarkan panorama keindahan alam dengan pasir putih dan pantainya yang terlihat kehijauan-hijauan, Pantai Pemutusan juga terkenal dengan keindahan Terumbu Karangnya.

4. Lembah Anai
Hasil gambar untuk Lembah Anai
Lembah Anai, By. nathaniastria.blogspot.com
Wisata menarik selanjutnya adalah Lebah Anai yang merupakan salah satu destinasi wisata Padang yang wajib untuk anda kunjungi. Di lokasi lembah ini anda akan disuguhkan dengan berbagai panorama keindaha alam yang sangat memukau dan memanjakan mata anda. Lembah Anai juga merupakan salah satu maskot wisata di Sumatera barat.

5. Tapian Puti
Hasil gambar untuk Tapian Puti
Tapian Puti, By. ayokepariaman.com
Selanjutnya ada wisata pemandian Tapian Puti. Untuk dapat sampai ke Tapian Puti jalurnya melalui nagari sikabu kecamatan Lubuk Alung tepatnya di korong Sikabu Bukik. Jaraknya sekitar 40 km dari kota padang. Lokasinya bisa dijangkau dengan menggunakan kendaraan pribadi melalui pintu masuk di korong Sikabu Bukik (Nagari Sikabu) melewati jalan aspal sekitar 1,6 km hingga lahan kosong diatas bukit kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki melalui jalan setapak dan beberapa anak tangga menuju ke lokasi.Tapian Puti merupakan pemandian alam dimana airnya mengalir di atas kolam-kolam batu yang bertingkat. Dari satu kolam ke kolam lain terbentuk air terjun kecil.

6. Jembatan Siti Nurbaya
Hasil gambar untuk Jembatan Siti Nurbaya
Jembatan Siti Nurbaya, By. 45enam.com
Nah, yang satu ini merupakan wisata terfavorit lainya yang ada di kota Padang. Yaitu Jembatan siti nurbaya, jembatan dengan panjang kurang lebih 156 meter yang menghubungkan kota tua Padang dengan Taman Siti Nurbaya  . Panorama sore hari akan terasa lebih indah jika dilihat dari Jembatan ini. Nama Siti Nurbaya sendiri iambil dari nama tokoh cerita rakyat terkenal zaman dahulu.

7. Kepulauan Mentawai 
Hasil gambar untuk Kepulauan Mentawai
Kepulauan Mentawai, By. sportourism.id
Kepulauan Mentawai adalah keindahan alam lainya yang dimiliki Sumatera Barat. Kepulauan Mentawai berada sekitar 135 km dari Kota Padang dan dapat dicapai melalui jalur laut dengan kurun waktu antara 6-10 jam. Kepulauan Mentawai memilki pantai yang indah dengan hamparan pasir putihnya yang khas. Hal menarik yang dapat andalakukan disini ialah selancar (surfing) yang dapat dilakukan disekitar pulau Siberut dan Sipora.

8. Jam Gadang
Hasil gambar untuk jam gadang
Jam Gadang, By. www.sumatratour.org
Selanjutnya ada ikon kota Padang lainya yaitu Jam Gadang yang merupakan bangunan menara, beratapkan khas Minangkabau, Jam Gadang sendiri terletak di tengah kota Bukittinggi. Jam Gadang dibangun di atas bukit yang bernama Bukit Kandang Kerbau pada jaman Pemerintahan Belanda tahun 1827 oleh Contraleur (Sekretaris Kota) Rook Maker. Jam Gadang menjadi landmark dan ikon kota Bukittinggi.

9. Istana Pagaruyung
Hasil gambar untuk Istana Pagaruyung
Istana Pagaruyung, By. www.eocommunity.com
Selanjutnya ada Istana Pagaruyung yang dibangun oleh keluarga kerajaan Pagaruyung di Batusangkar dan mempunyai ciri khas Minangkabau. Istana ini terletak di Kecamatan Tanjung Emas Kabupaten Tanah Datar.Di dalam istana anda dapat menemukan barang-barang peninggalan kerajaan yang masih terpelihara dengan baik. Pagaruyung adalah lokasi kediaman Raja Minangkabau sebagai pusat pemerintahannya. Sekarang rumah gadang yang ada disana adalah replika dari Istana yang aslinya dengan lukisan di dinding luar dan atap yang menjulang berbentuk tanduk kerbau. Pastikan anda berkunjung ke tempat ini ya.

10. Bukit Langkisau
Hasil gambar untuk Bukit Langkisau
Bukit Langkisau, By. www.gulalives.com
Terakhir ada wisata Bukit Langkisau bukit ini terletak diantara Desa Salido dan Kota Painan-Pesisir Selatan dan memiliki ketinggian hingga 1.000 kaki. Di bukit ini anda dapat menikmati panorama pemandangan yang memukau ke laut lepas, kawasan bukit langkisau juga dimanfaatkan sebagai sarana olahraga terbang layang dengan lokasi pendaratan di pantai Carocok atau pantai Salido. Menarik bukan.

#SalamSukses
#MRioAldino


luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com
Location: Padang, Padang City, West Sumatra, Indonesia

0 comments: