Saturday, April 16, 2016

Profil Negara Adi Daya Amerika Serikat (USA)

Hasil gambar untuk bendera amerika
USA Flag, By. pixabay.com
United States of America (USA) atau Amerika Serikat (AS) adalah salah satu negara terkaya, terbesar, dan terkuat di dunia. Dalam hal populasi, Amerika Serikat menempati urutan ketiga, setelah China dan India. Dari segi luas wilayah, AS menempati urutan keempat, setelah Federasi Rusia, Kanada, dan China. Produk domestik bruto (PDB) AS hampir dua kali lipat dari negara-negara lain. Wajar saja jika Negara ini disebut Negara adi daya atau super power.

Profil Negara USA

Ibu kota                      : Washington DC
Luas wilayah              :  9.826.675 km2
Bentuk pemerintahan : Republik Federasi
Hari kemerdekaan      : 4 Juli 1776
Kepala Negara           : Presiden
Presiden                     : Barack Obama
Jumlah Penduduk      : 321.034.350 jiwa.
Bahasa                       : Inggris, Perancis, Spanyol, Hawaii
Agama penduduk       : Protestan, Katolik
Mata uang                  : Dollar (US$)
Per Kapita                  : $54.596
Lagu kebangsaan      : The Star Spangled Banner

Pemerintahan USA

Amerika Serikat adalah suatu Negara berbentuk federasi tertua di dunia yang masih tetap bertahan hingga saat ini. AS merupakan sebuah negara republik konstitusional dan demokrasi perwakilan, "dengan kekuasaan mayoritas dibatasi oleh hak-hak minoritas yang dilindungi oleh undang-undang". Pemerintahan diatur menurut sistem pemisahan kekuasaan yang ditetapkan oleh Konstitusi Amerika Serikat – sumber hukum tertinggi negara.Kepala Negara negeri Paman Sam adalah seorang Presiden sementara di legislative Amerika memiliki yang namanya senat tinggi dan senat rendah. Amerika Serikat juga terdiri atas 50 negara bagian.

Penduduk USA

Masalah penduduk Amerika tergolong sebagai Negara dengan penduduk terbanyak ke-3 di dunia setelah China dan India. Setidaknya ada sekitar 300 juta jiwa lebih hidup menetap di negeri Paman Sam ini. Mereka mewakili hampir setiap ras, bahasa, dan bangsa dunia. Banyak bagian dari Amerika Serikat dulu dikenal dengan karakteristik berbeda.  Selama berabad-abad, kebanyakan orang Amerika bekerja di atau di sekitar daerah pertanian. Saat ini, hanya tinggal seperempat penduduk Amerika yang tinggal di daerah pedesaan. Banyak orang memilih tinggal di pinggiran kota yang bisa ditempuh dengan perjalanan selama satu jam dari kota-kota besar. Mayoritas penduduk USA menggunakan bahasa inggris untuk berkomnikasi sementara agama myoritas di Amerika adalah Kristen.

Perekonomian USA

Untuk masalah ekonomi Amerika merupakan salah satu Negara tersukses dan termaju untuk di di bidang ekonomi dunia. Hampir semua bahan tambang yang penting terdapat di Amerika Serikat, seperti minyak bumi, batubara, bijih besi, emas, perak, timah hitam, seng, mika, fosfat, uranium, tembaga dan nikel. Dari pertaniannya dapat dihasilkan kapas, gandum, beras, dan tebu. Hasil kapas mencapai sepertiga dari produksi dunia. Pertanian dilakukan secara intensif dan ekstensif, dengan menggunakan mesin-mesin modern. Produksi tanaman pangan maupun tanaman perdagangan telah melebihi kebutuhan dalam negeri, sehingga dapat diekspor. Peternakan meliputi babi, sapi perah, sapi potong, biri-biri. Industri Amerika Serikat sudah sangat maju, terutama industri besi dan baja, mesin, mobil, pesawat terbang, tekstil, kertas, bahan kimia, alat-alat listrik dan bahan makanan. Saat ini pendapatan per kapita Negara ini telah mencapai $54.596/tahun.

Wisata di Amerika Serikat

            Amerika serikat sebagai Negara termaju di dunia tentu memiliki beberapa tempat menarik untuk dikunjungi wisatawan. Nah, berikut beberapa tempat wisata menarik di Amerika Serikat :

1. Washington DC
Hasil gambar untuk washington dc
Washington DC, By. en.wikipedia.org
Tempat yang wajib anda kunjungi pertama kali jika berkunjung ke USA ialah kota Washington DC yang merupakan ibu kota dan pusat kursi dari pemerintah federal Amerika Serikat. Washington terletak di bagian timur Negara Amerika, Sebuah kota kosmopolitan yang merupakan rumah bagi banyak budaya yang beragam. Washington juga dikenal luas karena memiliki banyak lambang ikonik Negara Amerika seperti Gedung Putih, Capitol Building, Washington Monument dan Lincoln Memorial. Monumen-monumen ini semua terletak di dalam taman-taman indah yang dikenal sebagai National Mall, dan juga telah menjadi tempat wisata di Amerika Serikat yg banyak dikunjungi wisatawan.

2. Kota New York
Hasil gambar untuk new york
New York, By. www.burgessyachts.com
Nah, selanjutnyasempatkan diri anda untuk nerkunjung ke New York dimana ini adalah Kota terbesar dan terpadat di Amerika Serikat. New York sering juga disebut "kota yang tidak pernah tidur" karena selalu berdengung dengan berbagai aktivitas penduduknya . Terletak di negara bagian New York di salah satu pelabuhan alami terbesar di dunia, Kota New York terdiri dari lima bagian yang meliputi, Brooklyn, Manhattan, Queens, Staten Island dan Bronx. Di kota ini wisatawan dapat melihat hal-hal menarik seperti gedung-gedung  pencakar langit dan berbagai atraksi wisata  terkenal lainya beserta tempat dimana patung Liberty berada.

3. Niagara Waterfalls
Hasil gambar untuk niagara
Niagara Waterfalls, By. www.planetware.com
Kali ini wisatawan dapat menikmati wisata alam. Terletak di antara negara bagian New York dan provinsi Ontario, Niagara Falls adalah salah satu keajaiban alam yang paling menakjubkan di benua Amerika Utara. Air Terjun Niagara memiliki tiga air terjun jatuh yang berbeda, American Falls, Bridal Veil Falls dan Horseshoe Falls. Horseshoe Falls terletak di sisi Kanada sementara yang lain berada di New York.

4. Grand Canyon
Hasil gambar untuk grand canyon amerika serikat
Grand Canyon, By. www.flobamora.net
Nah, selanjutnya wisatawan dapat berkunjung ke salah satu tempat wisata yang telah mendunia di Amerika yaitu Grand Canyon adalah salah satu tempat wisata di Amerika Serikat yang terbaik untuk dikunjungi. Terletak di Arizona utara, Grand Canyon merupakan keajaiban alam dengan berbagai ukiran batu yang terbentuk oleh Sungai Colorado selama beberapa juta tahun. Grand Canyon bukanlah ngarai yang terdalam atau terpanjang di dunia, tetapi ukurannya yang luar biasa dan lanskap warna-warni menawarkan panorama pemandangan yang luar biasa berkesan. Menarik bukan!

5. San Francisco, California
Hasil gambar untuk san francisco
San Fransisco, By. www.sanfrancisco.travel
Selain New York dan Washington DC wisatawan dapat berkunjung ke San Frasisco, California. Setiap lingkungan di San Francisco memiliki kepribadian sendiri, dari hippie chic dari Haight Atas ke Misi grit hipster. Distrik Marina menawarkan bistro trendi dan pemandangan kartu pos yang sempurna dari Jembatan Golden Gate, sementara Noe Valley menawarkan butik kuno yang tenang. Gelombang menyapa singa laut di dermaga 39, dan sampel keju lokal serta charcuterie di Gedung Ferry. Duduk di pada sesi yoga di Dolores Park atau mengagumi Kincir Angin Belanda di seberang Ocean Beach.

6. San Juan, Puerto Rico
Hasil gambar untuk San Juan, Puerto Rico
San Juan, By. www.timeout.com
Selanjutnya ada San Juan yang terletak di bagian timur laut Puerto Rico merupakan salah satu tempat wisata favorit lainya yang ada di Amerika. Para pengunjung bisa membayangkan kehidupan pada zaman kolonial sambil menyusuri tembok kota dan mengamati bangunan-bangunan kuno yang kontras dengan suasana metropolis modern. Haluan kota ini menjorok ke Samudra Atlantik dan seluruh bagiannya di kelilingi laut. Pastikan berkunjung ke San Juan ya jika berplesir ke Amerika.

7. Lahaina, Hawaii
Hasil gambar untuk Lahaina, Hawaii
Lahaina, Hawaii, By. www.aloha-hawaii.com
Lahaina adalah bekas ibukota Hawaii dan merupakan pusat perdagangan ikan paus terbesar dunia, dan Historic District adalah National Historic Landmark. Hawaii terkenal dengan keindahan wisata pantainya, salah satu yang dapat anda kunjungi di daerah Lahaina ini ialah Ka’anapali Beach yang menawarkan panrama pemandangan patai yang indah. Hal menarik yang dapat wisatawan lakukan ditempat ini ialah seperti berkuda dan surfing di pantai.

8. Taman Nasional Yellowstone
Hasil gambar untuk Taman Nasional Yellowstone
TN Yellowstone, By. www.flobamora.net
Menarik untuk berwisata ke Amerika Serikat wisatawan dapat berkunjung ke taman nasional tertua di dunia Yellowstone, didirikan pada tanggal 1 Maret 1872 terkenal dengan terkenal akan geyser dan sumber air panasnya. Enam puluh persen geyser di dunia berada di Yellowstone. Geyser yang terkenal di dunia adalah Old Faithful. Di tempat ini juga hidup beberapa satwa dan dapat disaksikan antara lain, beruang grizzly, serigala, bison dan rusa. Banyak wisatawan mancanegara mengunjungi tempat ini untuk menyaksikan kehidupan margasatwa dan keindahan alamnya.

9. Savannah, Georgia
Hasil gambar untuk Savannah, Georgia
Savanah, By. www.kimptonhotels.com
Selanjutnya pesona Savannah yang romantis saat musim dingin bisa menjadi tujuan wisata terbaik bersama pasangan. Di tempat ini anda bisa membangun keromantisan dengan orang yang dicintai di Savannah. Selain hari weekend, musim dingin memang menjadi moment yang tepat untuk berkeliling ke kota yang kaya akan sejarah ini.

10. Salt Lake City, Utah
Hasil gambar untuk Salt Lake City, Utah
Salt Lake, By. www.totalmortgage.com

Terakhir ada Salt Lake City yang menjadi pilihan tepat jika Anda ingin melakukan aktivitas dibawah salju seperti olahraga salju. Anda dapat menyaksikan semua ornamen perkotaan yang bisa ditempuh selama setengah jam dari Pegunungan Wasatch. Di samping itu, suasana di Salt Lake City begitu bersemangat yang juga kaya seni serta budayanya. Namun, lokasi wisata ini tidak cocok kalau Anda ingin berwisata kuliner.

#SalamSukses
#MRioAldino
luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com
Location: United States