Sunday, April 24, 2016

Profil Negara Perancis sebagai Kiblat Mode Dunia

Hasil gambar untuk bendera negara perancis
Perancis Flag, By. id.aliexpress.com
Perancis adalah negara terluas di benua Eropa dengan luas wilayah mencapai 640.679 km2, negara ini berbatasan langsung dengan Selat Inggris di utara, Laut Tengah dan Spanyol di sebelah selatan, Teluk Biscaye di sebelah barat dan dengan negaraJerman, Swiss dan Italia di sebelah timur. Ibu kota negara Perancis ialah Paris, Negara ini juga tak lepas dari sebutan sebagai negara mode di dunia dan memiliki salah satu situs keajaiban dunia yaitu Menara Eifel yang terletak di pusat Kota Paris.

Profil Negara Perancis

Nama Negara             : Republik Perancis République française
Luas Wilayah              : 640.679 km2
Ibu Kota                       : Paris
Bentuk Negara            : Republik
Kepala Negara            : Presiden
Kepala Pemerintahan : Perdana Menteri
Jumlah Penduduk       : 67.012.000 jiwa
Agama                        :Katolik 90%,Protestan,Islam,Yahudi
Bahasa                       : Perancis dan Inggris
Mata Uang                  : Euro
Lagu Kebangsaan      : Allons Enfants Ela Patrie
Perkapita                    : $40.375
Peresmian Konstitusi : 4 Oktober 1958 

Pemerintahan Perancis

     Perancis adalah negara berbentuk Republik dengan Presiden sebagai kepala negaranya, masa jabatan presiden Perancis ialah 7 tahun. Selain itu, parlemen Perancis terdiri atas Majelis Nasional dan Senat. Sedangkan pemerintahan Perancis terbagi atas 96 departemen yang dikepalai oleh Prefect. Setiap departemen yang ada dibagi atas distrik (arrondissement), canton (wilayah), dan komune. Awalnya Perancis merupakan sebuah negara berbentuk monarki sebelum akhirnya berubah menjadi negara republik sejak 22 september 1792. Untuk peresmian Konstitusi Saat ini dilakukan pada tanggal 4 Oktober 1958 

Penduduk Perancis

Saat ini penduduk Perancis telah menembus angka sebesar 67.012.000 jiwa. Penduduk Prancis adalah orang Prancis dan beberapa etnis lain yang merupakan imigran dari Portugis, Maroko, Italia, dan Tunisia.  Penduduk Prancis sebagian besar menanut agama Katolik Roma, sisanya menganut agama Islam, Protestan, dan Yahudi dan bahasa persatuan negara ini adalah bahasa Prancis.

Perekonomian Perancis

Perancis merupakan negara maju di benua Eropa dengan pendapatan perkapita saat ini mencapai $40.375. beberapa sektor penopang perekonomian Perancis ialah Sektor pertanian yang dikelola secara intensif dan didukung peralatan dan mesin-mesin yang modern.  Prancis merupakan produsen anggur yang terbesar di dunia, daerahnya terdapat di Champagne dan Lembah Sungai Loire. Hasil tanaman lainnya yaitu gandum, bit gula, padi, dan buah-buahan. Sementara di sektor peternakan, binatang ternak yang dipelihara oleh penduduk Prancis antara lain lembu, biri-biri, dan babi. Daerah peternakannya terdapat di Convensus. Hasil peternakannya meliputi mentega, susu, keju, dan daging. Di sektor Industri Prancis menghasilkan pesawat terbang di Paris dan Toulouse, kapal di Marseille, besi baja, mobil, tekstil, dan elektronika di kota-kota besar Prancis. Industri Perancis berkembang pesat karena didukun dengan alat-alat teknologi yang cangih. Untuk hasil tambang utama negara mode ini adalah bijih besi di Lorraine dan batubara di Saar. Hasil tambang lainnya bauksit, timah, minyak bumi, gas alam, dan garam.

Wisata di Negara Perancis

       Perancis merupakan negara mode yang tentu memiliki banyak tempat menarik untuk dikunjungi. Perancis merupakan salah satu negara favorit untuk tujuan wisata di Eropa. Nah, berikut beberapa tempat wisata menarik di Perancis :

1. Istana Versailles
Hasil gambar untuk Istana Versailles
Istana Versailles, By. www.imaniadesain.com
Wisata menarik pertama yang wajib anda kunjungi ketika berlibur ke Perancis adalah Istana Versailles salah satu tempat wisata terkenal di Perancis, istana ini menggambarkan keadaan Perancis kala masih menjadi negara monarki. Ada banyak hal yang dapat Anda lihat di sini, mulai dari arsitektur bangunan yang menakjubkan hingga seni dan barang antik dan tentu saja taman yang sangat megah.

2. Arc de Triomphe
Hasil gambar untuk Arc de Triomphe
Arc de Triomphe, By. www.thousandwonders.net
Selanjutnya ada wisata Arc de Triomphe atau Gerbang Kemenangan yang merupakan monumen di tengah Place de l'Étoile, bertujuan untuk merayakan kemenangan Perancis dan menghormati semua yang gugur dalam pertempuran. Arc de Triomphe monumen terpopuler di Paris dan merupakan salah satu gapura terbesar dalam sejarah. Selain itu, gapura yang dibangun ini untuk memperingati kemenangan Napoleon. Selain itu masih banyak lagi yang bisa anda lihat jika kita berkunjung ke Arch de Triomphe, seperti makam seorang tentara tak dikenal, masuk ke museum di dalam Arch de Triomphe, serta naik ke puncaknya dan melihat dari atas jalan-jalan di Paris yang berpusat di Arch de Triomphe.

3. Menara Eiffel
Hasil gambar untuk menara eiffel
Menara Eiffel, By. www.nyunyu.com
Nah, ini adalah wisata terkenal di Paris dan menjadi ikon kota Paris itu sendiri adalah menaa Eiffel yang menawan. Monumen ini terdiri dari rangka besi besar yang selesai pada tahun 1889 berdasarkan desain dari insinyur Gustave Eiffel, dan merupakan salah satu landmark yang paling ikonik di dunia. Pandangan yang paling luas dapat ditemukan pada tingkat Tower 3 di 276m, yang memiliki tempat terpisah sendiri dari lantai dua. Menara Eiffel merupakan salah satu situs warisan dunia yang telah ditetapkan oleh Unesco.

4. Musee du Louvre
Hasil gambar untuk Musee du Louvre
Musee du Louvre, By. www.codart.nl
Selanjutnya ada wisata Musee du Louvre di Perancis yang dibangun pada abad ke-12. Louvre mengandung seni yang terkenal di dunia, patung dan artefak dari periode yang mencakup lebih dari 2.000 tahun sejarah. Yang jelas adalah bahwa ada begitu banyak di tempat ini anda dapat melihat banyak hal menarik yang tidak dapat anda jelajahi dalam 1 hari. Menarik bukan.

5. Grotte de Font de Gaume
Hasil gambar untuk Grotte de Font de Gaume
Grotte de Font de Gaume, By. www.arachnis.asso.fr
Wisata berikutnya adalah Grotte de Font de Gaume. Sebuah gua prasejarah di Les Eyzies, Grotte de Font de Gaume berisi serangkaian lukisan dinding yang menarik dari periode ini dan merupakan bagian dari UNESCO World Heritage dari Vézère Valley dan banyak gua-gua prasejarah. Tempat wisata di Perancis ini adalah salah satu tujuan wisata yang patut Anda Kunjungi.

6. Sungai Seine
Hasil gambar untuk Sungai Seine
Sungai Seine, By. nationalgeographic.co.id
Sungai Seine merupakan salah satu sungai indah yang ada di kota Paris dan merupakan tujuan wisata terbaik bagi anda yang berlibur ke Perancis. Nah di Sungai Seine ini anda dapat berwisata menggunakan kapal layar yang menawarkan gaya berwisata yang berbeda, di kapal layar juga tersedia menu hidangan siang dan malam yang lezat. Kelebihan berwisata dengan menggunakan kapal layar adalah kita dapat melihat lebih jelas tempat-tempat wisata di siang hari. Namun jika Anda ingin mendapatkan keromantisan total, sebaiknya pilihlah malam hari. Berlayar dalam kapal dengan cahaya bulan yang terpantul di permukaan sungai Seine, dan cahaya lampu-lampu yang yang menjadikan dekor dari kota Paris.

7. Mont Saint-Michel
Hasil gambar untuk Mont Saint-Michel
Mont Saint-Michel, By. en.wikipedia.org
Nah, bagi anda yang suka belajar sejarah anda wajib berkunjung ke Mont Saint-Michel sebuah kota abad pertengahan yang bertengger di atas singkapan berbatu yang sangat mengesankan di Normandi.  Mont Saint-Michel adalah salah satu wisata favorit di Perancis dan berisi, antara lain, biara Romawi yang mengesankan, gereja abad pertengahan serta benteng bersejarah. 

8. Dune du Pilat
Hasil gambar untuk Dune du Pilat
Dune du Pilat, By. www.lefigaro.fr
Dune du Pilat sebuah Gunung pasir tertinggi di Eropa yang berlokasi sekitar satu jam dari kota Bordeaux. Jika berkunjung ke tempat ini, Anda akan mendapatkan oleh-oleh berupa pasir emas di kaus kaki yang tak bisa hilang selama berhari-hari. Gunung pasir ini juga bisa dijadikan arena bermain ski bagi anda para pecinta olahraga ski.

9. Jembatan Archevêché
Hasil gambar untuk Jembatan Archevêché
Jembatan Archeveche, By. www.suara.com
Wisata terpopuler selanjutnya di Perancis ialah Jembatan Archevêché tempat dimana Gembok cinta berada. Gembok cinta ini digantungkan terkunci oleh dua sejoli yang kasmaran. Tujuannya ialah agar cinta mereka terkunci abadi. Di gembok yang terpasang, kita bisa melihat nama yang tertulis, unik memang memercayakan sebuah gembok untuk kelanggengan hubungan percintaan. Berhubung jembatan kuno Arts dan Archevêché ini sangat dijaga kelestariannya, pemerintah sedang mencari jalan keluarnya untuk memindahkan gembok tersebut.

10. Cap Ferret 

Hasil gambar untuk Cap Ferret
Cap Ferret, By. www.villaducapferret.com
Terakhir ada Cap Ferret, Semenanjung indah yang berlokasi di dekat pantai Bordeaux. Disini Anda dapat bersantai di pantai yang tenang, berselancar, memancing atau berenang. Sebagian besar hotel disini berbintang dua, tetapi disini juga ada beberapa tempat berkemah untuk anda para pecinta alam.

#SalamSukses
#MRioAldino
luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com
Location: Paris, France