Wednesday, April 20, 2016

Profil Negara Afrika Selatan, Negeri Kaya Budaya

Hasil gambar untuk bendera negara afrika selatan
Afsel Flag, By. citizendaily.net
Afrika Selatan adalah sebuah negara di kawasan benua Afrika yang terletak di ujung selatan benua tersebut. Karena letaknyalah Afrika Selatan sering disebut Tanjung Harapan. Ibu kota Afrika Selatan ada 3 yakni Pretoria, Cape Town dan Bloemfontein yang masing– masing untuk badan eksekutif, legislatif, dan yudikatif. Afrika Selatan mulai dikenal public ketika berhasil menyelenggarakan piala dunia 2010 silam.

Profil Negara Afrika Selatan

Nama asli                  : Republiek van Suid Afrika
Luas wilayah              : 1.221.037 km2
Bentuk negara           : Republik Konstitusional
Ibukota          : Capetown (perundangan), Pretoria (Eksekutif), dan Bloemfonten (kehakiman)
Kepala pemerintahan : Presiden
Pemerintah lokal        : 4 Provinsi
Penduduk                   : 54.956.900 jiwa
Bahasa                    : Afrikaans, Inggris, Zulu, Xhosa, Swazi, Ndebele, Sotho Selatan, Sotho Utara, Tsonga, Tsawana, dan Venda
Suku bangsa             : Negro, Kulit putih (kebanyakannya orang Eropa), dan Asia
Agama                       : Reformis Belanda, Anglikan, dan Katholik
Lagu kebangsaan      : Nkosi Sikelel’i Afrika atau Die Stem van Suid-Afrika
Mata uang                  : Rand
Hari Kemerdekaan     : 31 Mei 1961 

Pemerintahan Afrika Selatan

Afrika Selatan merupakan negara berbentuk demokrasi konstitusional dengan sistem tiga tingkat dan institusi kehakiman yang bebas. Terdapat tiga peringkat yaitu nasional, wilayah dan pemerintahan lokal yang mempunyai badan legislatif serta eksekutifdengan daerah kekuasaan masing-masing. Afrika Selatan dipimpin oleh seorang presidenyang memegang dua jabatan sekaligus yaitu sebagai Kepala Negara dan juga Kepala Pemerintahan. Ia dipilih sewaktu Majelis Nasional (National Assembly) dan Majelis Provinsi-provinsi Nasional (National Council of Provinces) bergabung. Lazimnya, Presiden adalah pemimpin partai mayoritas di Parlemen.
  
Penduduk Afrika Selatan

Untuk Penduduk Afrika Selatan saat ini telah mencapai 54.956.900 jiwa dan mayoritas penduduk Afsel berkulit hitam yakni terdiri dari ras Negro Bantu, Hottentot, Bushman, dan Asia, sedang kulit putihnya hanya 21% yakni Inggris, Belanda, Jerman, dan Prancis. Bahasa resmi Afrika Selatan adalah bahasa Afrikaans, Inggris, dan Bantu. Agama yang dianut penduduknya terdiri dari agama Kristen, Hindu, Islam, dan kepercayaan tradisional. Untuk bahasa yang digunakan sehari-hari ada bahasa Afrikaans, Inggris, dan lainya.

Perekonomian Afrika Selatan

Afrika Selatan tergolong Negara maju di kawasan benua Afrika, saat ini perkapita Afsel telah mencapai $13.215 per tahun. Afrika Selatan merupakan salah satu kawasan yang mempunyai sum- ber bahan tambang terkaya di dunia, meliputi logam mulia seperti emas dan platina, logam dasar dan bahan-bahan nonlogam. Afrika Selatan memperoleh devisa dari ekspor hasil pertambangan, pertanian, dan peternakan. Ekspor utamanya adalah emas dan logam lainnya, mesin, anggur, tekstil, serta ikan. Impor utamanya adalah gandum dan ken- daraan. SDA dihasilkan Afrika Selatan: Jagung, wool, terigu, gula, tebu, tembakau, citrun, buah-buahan, emas, platina, uranium, tembaga, intan, besi, mangan, dan nikel.

Wisata Afrika Selatan

Ternyata Afrika Selatan juga menyimpan banyak tempat wisata menarik dan layak untuk dikunjungi. Nah, berikut beberapa tempat wisata yang ada di Negara Afrika Selatan dan wajib untuk anda kunjungi.

1. Robben Island
Hasil gambar untuk Robben Island
Robben Island, By. blog.flysafair.co.za
Wisata pertama yang dapat anda kunjungi ketika berlibur ke Afrika Selatan ialah Roben Island yang merupakan salah satu wisata sejarah paling terkenal di Afrika Selatan, tempat ini dulunya adalah tempat pengasingan sekaligus penjara bagi pahlawan pembebasan praktek Apartheid di Afrika selatan, yaitu nelson mandela. Menarik untuk mengunjungi tempat ini.

2. Pantai Durban
Hasil gambar untuk pantai durban
Pantai Durban, By. panduanwisata.id
Selanjutnya anda dapat berwisata ke Pantai Durban sebuah pantai  paling terkenal di Afrika selatan. Pantai ini sering juga disebut pantai keemasan. Di pantai ini wisatawan dapat berselancar karena ombaknya yang cocok untuk aktifitas selancar, Durban juga mempunyai taman bermain terbesar satu dari lima di dunia yang bernama Ushaka Marine Word. Terdapat aquarium yang berada di kapal tenggelam. Selain itu wisatawan juga dapat melihat atraksi lumba-lumba di pantai ini.

3. Table Mountain
Hasil gambar untuk Table Mountain
Table Mountain, By. www.capetown.travel
Setelah pantai anda juga dapat memanjakan mata di Table Mountain sebuah Gunung yang mempunyai permukaan yang datar seperti meja. Anda dapat mendaki dan melihat pemandangan dari atas gunung. Gunung ini telah masuk dalam daftar  New Seven Wonders. Semenjak masuk dalam daftar tersebut banyak turis yang berdatangan untuk mengunjunginya. Menarik bukan.

4. Johannesburg City
Hasil gambar untuk Johannesburg City
Johannesburg, By. www.wilrotours.co.za
Selanjutnya anda dapat berkunjung ke salah satu kota termegah di Afrika Selatan yaitu Johannesburg, Di kota ini terlihat sisi lain dari Afrika Selatan yang makmur dan maju. Kota ini penuh dengan bangunan yang modern dan mewah. Berbagai tempat wisata dapat dikunjungi di kota ini sepeti Golden Ref City adalah taman hiburan dengan nuansa kehidupan pertambangan. Selain itu anda dapat berkunjung ke Johannes Art Galerry, di galeri ini bisa melihat berbagai lukisan dari Afrika Selatan dan Eropa da nada juga Rosebank Flea sebuah tempat menjual cindera mata atau oleh-oleh khas Afrika Selatan.

5. Desa Budaya
Hasil gambar untuk desa budaya afrika selatan
Desa Budaya, By. segiempat.com
Nah, bagi anda yang ingin kenal lebih dekat dengan budaya Afrika anda dapat berkunjung ke desa budaya. Kita bisa mengenal budaya orang lain di desa ini. Di sini akan disuguhkan berbagai pertunjukan tarian, nyanyian, dan pertunjukan lainnya. Kebanyakan penduduk di desa budaya masih banyak yang menggunakan pakaian sederhana adat mereka. Pastikan anda berkunjung ke desa ini ya.

6. The Ukhahlamba Drakensberg Park
Hasil gambar untuk The Ukhahlamba Drakensberg Park
Drakensberg Park, By. www.nature-reserve.co.za 
Selanjutnya anda dapat berkunjung ke salah satu Taman yang telah masuk sebagai situs warisan dunia, taman ini bernama the Ukhahlamba Drakensberg Park. Taman ini dibagi menjadi tiga wilayah yaitu northern drakensberg, central drakensberg dan southern drakensberg. Anda dapat menikmati ruang terbuka yang memiliki padang rumput yang luas, gua-gua, tebing-tebing yang curam, hewan dan tumbuhan habitat asli dan bisa melihat lukisan yang dibuat suku San pada batu sekitar 4000 tahun yang lalu. Drakensberg memilki 300 spesies burung dan 32 endemik Arika Selatan. Berbagai kegiatan bisa dilakukan di sini seperti memancing, hiking dan bersepeda. Bahkan tiap tahunnya selalu diadakan semacam festival memancing, biker dan bersepeda di tempat wisata ini.

7. Soweto
Hasil gambar untuk soweto
Soweto, By. sowetotour.co.za
Nah, selain Desa Budaya anda juga dapat berkunjung ke Soweto sebuah tepat dimana anda dapat mengenal penduduk dan budaya Afrika Selatan lebih jauh lagi. Masyarakat disini hidup dengan sederhana. Tujuannya agar generasi berikutnya tidak lupa pada tradisinya sendiri. Maklum saja penduduk Afrika Selatan tidak hanya warga asli tetapi juga ada penduduk kulit putih yang bermigrasi dari Eropa. Selain itu, disini juga ditawarkan beberapa kerajinan tangan khas tempat ini yang dapat anda beli dan dijadikan oleh-oleh. Menarik untuk berkunjung ke tempat ini.

8. Kruger Park 
Hasil gambar untuk Kruger Park
Kruger Park, By. en.wikipedia.org
Selanjutnyapastikan anda berkunjung ke Kruger Park sebuah taman nasional terbesar di Afrika Selatan, dihuni berbagai hewan liar yang ganas dengan padang safana yang menjadi habitat mereka. Tempat ini sering jadi penelitian, pembuatan film untuk sarana edukasi dan wisata para wisatawan. Saat ingin berjalan-jalan di taman ini kamu harus bersama pemandu untuk berjaga-jaga ketika ada serangan dari hewan liar. Tidak diperkenankan berjalan sedirian tanpa pengawasan dari pemandu ya. 

9. The Cradle of the Human Kind
Hasil gambar untuk The Cradle of the Human Kind
The Cradle of the Human Kind, By. www.southafrica.net
Nah, kembali anda dapat berkunjung ke situs warisan dunia lainya yang ada di Afrika Selatan yaitu The Cradle of the Human Kind. Di tempat ini, anda dapat belajar tentang berbagai peninggalan nenek moyang manusia. selain itu anda juga akan disuguhi berbagai hasil penemuan-penemuan antropologi manusia yang disimpan di Gua Sterkfontein.

10. Garden Route
Hasil gambar untuk garden route south africa
Garden Route, By. www.momondo.com
Terakhir wisatawan dapat berkunjung ke Garden route yang menawarkan panorama pemandangan yang menakjubkan. Anda dapat bersantai-santai sambil menikmati pemandangan yang diberikan alam disini. Taman ini membentang dari Heidelberg hingga Sungai Stroms. Satu lagi tempat yang wajib dikunjungi ketika berkunjung ke tempat ini yaitu Gua Cango yang terbuat dari batu gamping. Di goa ini terlihat cekungan tanah dengan formasi melingkar yang menjulang tinggi.

#SalamSukses
#MRioAldino


luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com
Location: South Africa