Friday, April 22, 2016

10 TEMPAT WISATA MENARIK di KALIMANTAN TIMUR


1. Pulau Beras Basah
Hasil gambar untuk pulau beras basah
Pulau Beras Basah, By. ksmtour.com
Wisata pertama yang dapat anda kunjungi ketika berwisata ke Kalimantan Timur ialah Pulau Beras Basah yang berlokasi di Bontang, Kalimantan Timur, tepatnya di Selat Makassar. Pulau ini terkenal dengan pemandangan pasir putih dan air jernih kebiruan yang indah. Anda juga akan disambut oleh sebuah mercusuar tinggi yang sudah tak terpakai. Keindahan pulau ini tak hanya sebatas pasir putih dan panorama pantainya, keindahan alam bawah laut Pulau Beras Basah tak bisa dilewatkan. Sungguh menarik.

2. Air Terjun Tanah Merah
Hasil gambar untuk Air Terjun Tanah Merah
Air Terjun Tanah Merah, By. anekatempatwisata.com
Selanjutnya ada wisata Air Terjun Tanah Merah yang berada di Desa Purwosari, Kecamatan Samarida Utara, atau sekitar 14 km dari pusat kota Samarinda. Air yang mengalir akan terlihat jernih dan bersih, namun saat di bawah, air akan berubah menjadi keruh kemerahan. Hal ini dikarenakan tanah di sini berjenis gambut. Meskipun begitu, tempat wisata di Samarinda yang satu ini tetap banyak dikunjungi wisatawan terutama saat akhir pekan.

3. Desa Budaya Pampang
Hasil gambar untuk desa budaya pampang
Desa Budaya Pampang, By. jalan2.com
Selanjutnya anda dapat berwisata budaya ke Desa Budaya Pampang, Samarinda. Desa ini dihuni oleh suku Dayak Kenyah. Pada akhir pekan, tempat wisata ini banyak dikunjungi oleh wisatawan asing maupun lokal. Setiap hari Minggu, pada pukul 13:00 – 15:00 diadakan pertunjukan seni di lamin atau gedung pertemuan desa. Gedung ini unik karena berupa rumah adat Dayak dengan ukiran khas suku. Menariknya, pada saat sedang berlangsung pertunjukan seni, seluruh warga desa akan mengenakan pakaian adat mereka. Menarik untuk mengunjungi tempat ini.

4. Masjid Islamic Center Samarinda
Hasil gambar untuk Masjid Islamic Center Samarinda
Masjid Islamic Center, By. bppdkaltim.com
Nah, kali ini anda dapat berwisata religike Masjid Islamic Center Samarinda yang terletak di Kelurahan Teluk Lerong Ulu, Samarinda. Masjid ini dibangun pada tahun 2001 dan diresmikan pada tahun 2008. Arsitektur masjid ini terinspirasi dari Hagia Sophia di Turki, misalnya pada kubah besarnya yang bermotif. Masjid ini memiliki satu menara utama setinggi 99 meter yang disesuaikan dengan asmaul husna, dan enam menara dengan ukuran lebih pendek yang melambangkan rukun iman. Selain itu, anak tangga menuju ke lantai utama masjid berjumlah 33 buah, jumlah yang sama dengan butiran tasbih.

5. Desa Pengadan
Hasil gambar untuk suku dayak Desa Pengadan, kutai timur
Desa Pengadan, By. sukukayan.blogspot.com
Selanjutnya ada Desa Pengadan yang mayoritas penduduk aslinya suku Dayak, Desa ini berada di Kab. Kutai Kartanegara. Dalam menempuh perjalanan ke desa ini anda akan melewati sungai-sungainya yang masih bisa dijumpai buaya, orang utan, rusa, bekantan dan hewan-hewan eksotis lainnya jika tidak menimbulkan suara gaduh. Untuk dapat sampai ke desa ini anda harus menyewa perahu dengan warga setempat, pastikan budget anda cukup ya.

6. Pantai Lamaru
Hasil gambar untuk pantai lamaru balikpapan
Pantai Lamaru, By. www.tripadvisor.co.id
Kemudian anda dapat berwisata ke Pantai Lamaru sebuah objek wisata pantai di Balikpapan yang terkenal dan menawarkan suasana sunyi bagi Anda yang menginginkan tempat bersantai namun tidak ramai. Pepohonan cemara di areal pantai memberikan rasa relax yang begitu nyaman dengan suguhan panorama laut yang indah. Di pantai ini, terdapat berbagai fasilitas seperti warung-warung, toilet, dan parkir. Selain itu anda juga dapat mencoba bermain perahu sepedayang terkenal di tempat ini. untukdapat masuk, Anda harus membayar tiket masuk Pantai Lamaru sebesar Rp 2 ribu per orang. Jika Anda membawa kendaraan, maka akan dikenai tarif sebesar Rp 2.500 (roda dua), Rp 5 ribu (roda empat), dan Rp 15 ribu (bus).

7. Penangkaran Buaya Teritip
Hasil gambar untuk Penangkaran Buaya Teritip  Salah satu yang terkenal dari B
Penangkaran Buaya Teritip, By. zonalibur.com
Salah satu yang terkenal dari Balikpapan ialah Buaya, anda dapat berkunjung ke Penangkaran Buaya Teritip yang berlokasi kurang lebih 27 km dari pusat kota Balikpapan. Jumlah buaya yang ada di penangkaran ini sebanyak 3.000 ekor yang terdiri atas jenis: Buaya Muara, Buaya Supit dan Buaya Air Tawar. Koleksi buaya di penangkaran ini jauh lebih banyak daripada yang di Asam kumbang, yang merupakan obyek menarik di kota Medan. Salah satu atraksi yang menarik di sini adalah memberi makan buaya dengan seekor ayam yang dapat anda beli dengan harga 10.000 rupiah per ekor. Tempat wisata ini terbuka untuk umum setiap hari dari pukul 08.00 – 17.00.

8. Pasar Kebun Sayur
Hasil gambar untuk Pasar Kebun Sayur
Pasar Kebun Sayur, By. backpackology.me
Nah, bagi anda yang berburu hasil kerajinan tangan khas Balikpapan anda dapat berkunjung ke Pasar Kebun Sayur yang merupakan pusat kerajinan tangan, pasar ini terletak di Jl. Letjen Suprapto, Kelurahan Karang Jati, Balikpapan. Tempat ini dapat disebut juga sebagai pusat oleh-oleh Balikpapan, tempat di mana Anda dapat membawa pulang cinderamata seperti kerajinan dari batu-batu permata, manik- manik, batik motf ampik, dan kerajinan tradisional Dayak.  Pasar ini dibuka sejak pukul 8 pagi hingga 6 sore WITA. Selain itu anda juga dapat menikmati amplang kuku macan makanan khas Balikpapan di pasar ini.

9. Pantai Aquatik 
Hasil gambar untuk pantai aquatik sangatta
Pantai Aquatik, By. asarychae.wordpress.com
Selanjutnya anda dapat berkunjung ke Pantai Aquatik yang merupakan pantai favorit bagi masyarakat Sangatta untuk berlibur. Pantai ini berada di Wilayah teritorial PT KPC, perusahaan tambang batu bara milik Bakrie. Di pantai ini anda dapat memancing atau sekadar makan jagung bakar bersama kerabat, memandang ke arah Laut Makassar yang luas. Untuk dapat sampai ke pantai ini anda dapat melakukan perjalanan dari pusat Kota dengan menggunakan kendaraan umum seperti ojek atau angkot, dengan tarif ojek Rp15 ribu sementara angkot Rp3000.


10. Pulau Birah-birahan
Hasil gambar untuk Pulau Birah-birahan
Pulau Birah-birahan, By. fredyeffendy.blogspot.com

Nah, terakhir anda dapat berkunjung ke  Pulau Birah-Birahan, salah satu wisata unggulan yang ada di Kaltim. Di pulau ini anda dapat melihat secara langsun Penyu Hijau dan
migrasi Burung Putih ini. Pulau ini berjarak 15 kilometer dari Teluk Manubar, Semenanjung Sangkulirang, Sangatta. Bisa dilihat dengan mata telanjang ketika melintasi Teluk Manubar dengan kapal, apalagi kejernihan air lautnya. 8 jam perjalanan darat dari Samarinda, pergi naik bus Rp20 ribu ke Sangatta. Lanjutkan dengan naik perahu dari dermaga di Sangatta seharga Rp40 ribu per orang. 
luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com
Location: East Kalimantan, Indonesia

0 comments: