Saturday, April 16, 2016

12 Fakta Mengenai Planet MARS


Hasil gambar untuk planet mars
Mars, By. www.dkfindout.com
1. Mars adalah planet keempat terdekat dari matahari.

Mars mengorbit matahari pada jarak rata-rata 141 juta mil (sekitar 1,5 AU) dan memerlukan waktu 686,93 hari untuk mengorbit matahari.

2. Mars adalah adalah planet terestrial dengan permukaan padat.

Istilah planet terestrial digunakan untuk membedakan dengan planet gas seperti Jupiter atau Saturnus. Planet terestrial seperti Merkurius, Venus, dan Bumi memiliki permukaan yang terbentuk oleh vulkanisme, pergerakan lempeng, dan efek atmosfer seperti badai debu.

3. Mars adalah planet terbesar ketujuh di sistem tata surya.

Mars memiliki diameter separuh bumi (sekitar 4212 mil) dan memiliki sepersepuluh massa bumi. Di permukaan, gravitasi yang dimiliki planet ini sekitar sepertiga dari bumi. Kepadatan Mars berkisar 30 persen lebih kecil dari bumi (3,94 g/cm3 vs 5,52 g/cm3). Inti Mars diperkirakan mirip dengan bumi, yang sebagian besar terdiri dari zat besi dengan sejumlah kecil nikel.

4. Permukaan Mars adalah  paling mirip dengan bumi dibandingkan planet-planet lain     di sistem tata surya.

Meskipun mirip, permukaan Mars tetap menjadi tempat yang sulit untuk dihuni. Variasi suhu Mars bisa berkisar antara -225 dan +60 derajat Fahrenheit.

5. Kutub selatan yang lebih dingin

Pebedaan yang menonjol adalah eksentrisitas planet ini yang 5 kali lebih besar (0,093) daripara eksentrisitas Bumi (0,017). Karena itu, pada musim panas, planet ini memposisikan kutub selatannya berada pada jarak yang sangat jauh dari Matahari, sehingga kutub selatan lebih dingin dari kutub utaranya.

6. Mars merupakan tempat alternatif terbaik untuk dihuni selain bumi.

Mars memiliki atmosfer yang sangat tipis dengan sebagian besar terdiri dari karbon dioksida (95,3%), nitrogen (2,7%), argon (1,6%), oksigen (0,15%) dan air (0,03%). Air juga ditemukan dalam bentuk cair di planet ini.

7. Mars telah mengilhami imajinasi selama berabad-abad.

Astronom Italia, Giovanni Schiaparelli, mengamati Mars selama oposisi di tahun 1877 dan membuat catatan dari apa yang dia sebut canali atau saluran. Istilah ini disalahartikan sebagai kanal, sehingga timbul spekulasi adanya kehidupan makhluk cerdas disana. Pada tahun 1939, perusahaan teater radio Orson Welles melakukan pertunjukan berdasarkan buku HG Wells yang berjudul “War of the Worlds”.
Pementasan ini memicu kepanikan sebagian orang yang tidak menyadari hal itu hanyalah sandiwara.

8. Mars memiliki dua satelit kecil yaitu Phobos dan Deimos

Satelit pertama Mars adalah Phobos yang memiliki jarak orbit sekitar 9.000 km dan memiliki radius 11 km serta massa 1.08e16 kg. Phobos ditemukan oleh astronom Amerika, Asaph Hall, Sr, pada tahun 1877, di US Naval Observatory di Washington, DC. Satelit kedua Mars adalah Deimos yang memiliki jarak 23.000 km dari permukaan Mars dan memiliki radius 6 km serta massa 1.80e15 kg. Deimos ditemukan oleh astronom yang juga menemukan Phobos.

9. Gravitasi Mars lebih kecil dari bumi

Gravitasi di Mars hanya 3,69 m/s2, bayangkan saja dengan bumi yang gravitasinya 9,8 m/s2. Itu artinya jika kita bermain basket disana, lompatan kita akan 3x lebih lambat dibanding pemain tang berada dibumi.

10. Mars memiliki beberapa karakteristik geologi yang luar biasa.

Fitur Mars termasuk gunung berapi terbesar di tata surya, Olympus Mons (tinggi 27 km dan lebar 600 km di), gunung berapi di wilayah Tharsis utara yang begitu besar sehingga membuat Mars tidak nampak bulat, dan lembah sempit raksasa di ekuator Mars bernamaValles Marineris.

11. Mars sering dikunjungi oleh beberapa pesawat ruang angkasa.

Di tahun 2004, sepasang wahana penjelajah mendarat di Mars dan berhasil mengirimkan data dan gambar Mars. Kedua pendarat tersebut, Spirit dan Opportunity, berhasil menambah pemahaman kita tentang planet merah ini. Pada tahun 2008, Phoenix Lander mendarat di dekat kutub utara Mars dan mengirimkan berbagai data yang memberi jawaban atas berbagai pertanyaan besar tentang Mars sebelumnya.

12. Ditemukan Awan di Mars

Dua jenis awan di Mars adalah awan es basah (water ice clouds) dan dan awan es kering (dry ice clouds). Awan es basah pada umumnya berada disekitar puncak gunung. Sering terjadi badai es yang sangat dahsyat, dan dapat menutupi sebagian permukaan planet ini.



#SalamSukses
#MRioAldino
luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com
Location: Indonesia

1 comments:

cekaja.com said...

terimakaish artikelnya sangat membantu :)


buat teman-teman yang sedang butuh pinjaman, untuk modal atau untuk keperluan lain sebaiknya hati-hati dalam melakukan pinjaman online ya, berikut ada informasi yang harus di ketahui seputar pinjaman online , boleh langsung di klik aja untuk tau lebih lanjut nya ya, terimakasih :)