Monday, January 25, 2016

Melirik Keunikan Negeri Tetangga Malaysia

Negara Malaysia
Malaysia Flag, By. www.ombedel.com
Malaysia adalah salah satu negara federasi yang ada di ASEAN dengan sistem pemerintahan monarki konstitusional, Malaysia juga tergabung kedalam komunitas ASEAN. Malaysia terbagi menjadi 2 wilayah negara, satu di pulau utama Malaysia di wilayah Barat dan satu lagi berada di wilayah timur tepatnya di pulau borneo Kalimantan. Pusat utama negara Malaysia adalah di Pulau utama Malaysia tempat dimana ibu kota Malaysia, Kuala Lumpur berada. Di barat, Malaysia menempati bagian selatan Semenanjung Malaya (atau Melayu/Malaka), yang juga ditempati Thailand. Di timur, wilayah Malaysia mencakup negara bagian Sabah dan Sarawak di pulau Kalimantan. Dua bagian negara Malaysia dipisahkan oleh Laut China Selatan sepanjang lebih dari 645 kilometer.

Profile Negara Malaysia

Luas wilayah                       : 330. 434 km2.
Ibu kota                               : Kualalumpur
Bentuk pemerintahan          : Kerajaan
Kepala Negara                    : Yang Dipertuan Agung
Kepala pemerintahan          : Perdana Menteri
Kepala Pemerintahan          : Datuk Seri Najib Tun Razak
Lagu kebangsaan                : Negaraku
Jumlah penduduk                : 28,3 juta jiwa
Bahasa                                 : Melayu dan Inggris
Agama mayoritas                 : Islam
Mata uang                            : Ringgit Malaysia
Hari kemerdekaan                : 31 Agustus 1957


Pemerintahan Malaysia

Malaysia merupakan negara bekas kolonialisme Inggris, Malaysia memproklamasikan kemerdekaannya pada tanggal 31 Agustus 1957.  Malaysia adalah sebuah negara dengan sistem pemerintahan monarki konstitusional. Kerajaan ini merupakan federal dari negara-negara bagian. Rajanya bergelar Yang Dipertuan Agong, yang dipilih oleh raja-raja dari negara bagian untuk masa bakti selama 5 tahun. Kepala pemerintahannya dipegang oleh sebuah kabinet yang dipimpin oleh seorang Perdana Menteri.Malaysia terdiri atas 9 kesultanan (dperintah oleh Sultan) dan 4 negara bagian (diperintah oleh Yang Dipertuan Negeri atau Gubernur).Kesultanan di Malaysia adalah : Johor, Kedah, Selangor, Kelantan, Negeri Sembilan, Pahang, Perak, Perlis dan Trengganu. Negara bagian di Malaysia adalah : Malaka, Pulau Penang, Sabah dan Serawak.

Penduduk Malaysia

Penduduk negara Malysia adalah sekitar 28, 3 juta jiwa. Sebagian besar dari 30 juta penduduk Malaysia tinggal di daerah Semenanjung Melaya, terutama di kota-kota pantai barat Malaysia. Penduduk asli Melayu membentuk kelompok etnis tunggal terbesar (50 persen), diikuti oleh etnis China (37 persen) dan India (11 persen), dan etnis lainya. Sabah dan Sarawak di Kalimantan sebagian besar dihuni oleh orang-orang Dayak dan masyarakat non-Melayu. Mayoritas penduduk Malaysia menganut agama Islam serta berkomunikasi menggunakan bahasa Melayu dan Inggris di bidang formal.

Perekonomian Malaysia

Malaysia adalah salah satu negara agraris di Asia Tenggara selain Indonesia, Thailand, dan Myanmar. Pendapatan perkapita Malaysia mencapai U$D 13.000 per tahun.  komoditas utama yang dihasilkan negara ini adalah padi, kelapa sawit, karet, kelapa, nanas, dan hasil hutan. Karet dan kelapa sawit merupakan ekspor nonmigas utama dari negara ini. Hasil hutan Malaysia berupa kayu hutan yang banyak dihasilkan di daerah Sabah. Pelabuhan ekspor kayu adalah Sandakan dan Lahad Datu, yang juga menjadi pusat industri kayu lapis. Sedanggkan untuk hasil tambang Malaysia berupa timah, bijih besi, bauksit dan minyak bumi. Timah merupakan barang tambang yang paling banyak di hasilkan Malaysia.

Wisata Negara Malaysia

Malaysia merupakan salah negara tujuan wisata favorit di Asia Tenggara, Arsitektur bangunan-bangunan yang megah menjadi salah satu daya tarik wisata negara ini. Berikut adalah beberapa wisata menarik di Malaysia.

     1. Wisata Kuala Lumpur
Wisata Kuala Lumpur, Malaysia
Kuala Lumpur, By. malaysia.panduanwisata.id
Kuala Lumpur adalah ibu kota dari Malaysia dan merupakan pusat kebudayaan negara Malaysia. Banyak hal yang akan kita temui selama berkunjung ke kota ini. Di Kuala Lumpur terdapat sebuah Menara Kembar Petronas atau Twin Tower. Dengan ketinggian 88 lantai, gedung ini merupakan bangunan kembar yang tertinggi di dunia dan juga merupakan visi dari arsitektur modern. Selain itu kita juga dapat mengunjungi berbagai tempat menarik lainya di Kuala Lumpur seperti Kuil Thean Hou,  Berjaya Times Square, mengujungi Islamic Arts Museum Malaysia, serta mengujungi manara Kuala Lumpur, Taman Burung, Merdeka Square , dan Batu Caves.

     2. Wisata Cameron Highlands
Wisata Malaysia
Cameron Highlands, By. www.lonelyplanet.com
Cameron Highlands adalah salah satu tempat wisata menarik dan paling tua di Malaysia, tempat wisata ini terletak di daerah Pegunungan Titiwangsa. Dibangun dengan konsep seperti taman Inggris yang mempesona, dataran tinggi yang bahkan erdapat sebuah perkebunan bunga yang berwarna-warni, perkebunan teh, hutan, danau, habitat satwa liar, dan fasilitas rekreasi di alam terbuka. Di sini juga terdapat Time Tunnel Gallery yang menampilkan sejarah perkembangan masyarakat Cameron. Salah satu lokasi yang terkenal di sini adalah Gunung Brinchang dan Tanah Rata. Gunung Brinchang menawarkan pemandangan dataran tinggi yang sangat menyegarkan mata. Sedangkan Mossy Forest menawarkan jungle track dimana Anda bisa menikmati sensasi menjelajah ekosistem hutan dengan pemandangan air terjun yang indah. Di sini juga terdapat lapangan golf bagi wisatawan yang bermain golf dapat memanfaatkan fasilitas ini

     3. Wisata Langkawi
Wisata Langkawi, Malaysia
Langkawi Sky Bridge, By. en.wikipedia.org
Langkawi merupakan sebuah kepulauan Terletak di lepas pantai barat laut Malaysia, Laut Andaman, danterdiri atas 140 pulau, dan hanya beberapa pulau saja yang dihuni. Pulau Langkawi merupakan pulau yang terbesar diantara pulau-pulau yang lain. Pulau Langkawi memiliki berbagai resort wisata yang menarik seperti pantai, hutan hujan tropis, dn pegunungan yang indah.  untuk dapat melihat keajaiban ekolog di tempat inii adalah dengan naik ke atas Langkawi Sky Bridge, yang membentang pada bagian atas hutan hujan. Selain itu d tempat ini juga terdapat sebuah danau air tawar yang indah, danau tersebut bernama Pregnant Maiden di danau ini para wisatawan dapat berenang dan menyejukan diri.

     4. Wisata Ipoh
Wisata Ipoh, Malaysia
Ipoh, By. tempatwisata-malaysia.blogspot.com
    Ipoh merupakan sebuah kota bekas kolonial Inggris. Ipo merupakah salah satu kota terindah yang ada di Malaysia dengan perpaduan arsitektur kuno dan modern. Di Ipoh kita dapat menelusuri keindahan Goa Kapur dan Gunung Lang selain itu di kota ini terdapat banyak tempat kuliner baik di kaki lima maupun restoran sehingga cocok bagi wisatawan yang ingin berwisata dan tentu dengan harga yang tetap terjangkau. 

     5. Wisata Jalan Jonker
Jalan Jonker, Malaysia
Jalan Jonker, By. travelblog.ticktab.com
Jalan jonker merupakan salah satu pusat perbelanjaan yang unik di Malaysia. Di tempat ini para wisatawan dapat berbelanja pernak-pernik khas Malaysia serta menemukan masakan-masakan khas negeri Malaya. Jonker seperti halnya jalan Malioboro yang ada di Jogjakarta, Indonesia. Untuk masalah harga berbelanja dan lainya dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.

6.   
Wisata Kota Kinabalu
Kota Kinabalu, Malaysia
Kinabalu, By. malaysiantourism.net

Kinabalu merupakan ibu kota dari negara sabah Malaysia, kota Kinabalu termasuk kedalam wilayah tropis karena berada di bagian pulau Borneo, Kalimantan. Terdapat banyak hutan hujan tropis disini yang sebagian besar berfungsi sebagai tempat perlindungan satwa liar dan taman nasional. Selain itu di Kinabalu kita dapat menemukan puncak gunung tertinggi di Malaysia, yaitu Gunung Kinabalu. Kota Kinabalu memiliki pusat kota kecil yang memiliki beberapa landmark dan juga observatorium dengan pamandangan yang indah. Di kota ini para wisatawan juga dapat menikmati keindahan Taman Tunku Abdul Rahman yang memiliki lima pulau kecil yang cocok untuk aktivitas snorkeling, diving, berenang dan berlayar. Ada juga wisata Desa Budaya Monsopiad yang unik, disini wisatawan dapat merasakan tradisi dan budaya suku asli Kadazan.

   
     7. Wisata Kuching
Kuching, Mallaysia
Kuching, By. www.kompasiana.com
Kuching merupakan sebuah kota penting di Malaysia, Kuching juga dinobatkan sebagai kota terbersih di Malaysia. Berlokasi tak jauh dari tepi sungai Serawak kota ini menyajikan banyak resort wisata menarik bagi pengunjungnya, jajaran hutan hujan tropis yang indah serta berbagai tempat rekreasi lainya menjadikan tempat ini sebagai salah satu tujuan wisata favorit di Malaysia. Selain itu wisatawan juga dapat berkunjung ke tempat-tempat bersejarah seperti Benteng Margherita dan Istana Astana. Di sepanjang tepi laut, wisatawan juga akan menemukan para penjual makanan, pertunjukan musikal air mancur, menara observasi, serta teater terbuka. Dan lebih lagi para pengunjung dapat mengunjungi tempat unik lainya seperti kuil bersejarah Cina, pasar, warung makan dan banyak toko-toko antik dan kerajinan di jalanan tertua Kuching.

     8. Wisata Taman Nasional Gunung Mulu
Wisata Malaysia
TN Gunung Mulu, By. www.backpackgo.net
Taman Nasional Gunung Mulu terletak di negara Malaysia bagian serawak tepatnya di antara hutan hujan tropis, sungai sejernih kristal, dan pegunungan terjal TN Gunung Mulu memiliki fitur Pinnacles, sebuah sinkronisasi batu kapur yang dikenal sebagai Taman Eden. Di sini juga terdapat dua puncak megah Gunung Mulu dan Gunung Api. Taman ini juga rumah bagi sejumlah spesies satwa liar seperti burung enggang, kelelawar, siamang, kijang dan babi berjenggot. Selain tur gua dan hiking, aktivitas populer di sini adalah canopy walk terpanjang di dunia. Taman Nasional (TN) Gunung Mulu memang terkenal akan struktur bebatuan kapurnya yang menakjubkan dengan sistem gua yang fenomenal sehingga menjadikan tempat ini salah satu wisata alam paling manakjubkan di Asia Tenggara. TN Gunung Mulu juga memiliki sistem gua terbesar sekaligus terpanjang di dunia. Salah satunya Sarawak Chamber, yang diperkirakan mampu menampung 40 pesawat Boeing 747.

     9. Wisata Miri - Malaysia
Wisata Miri, Malaysia
Miri Malaysia, By. www.ragamtempatwisata.com
Miri merupakan sebuah tempat wisata Malaysia yang berada di Pulau Kalimantan.  Di Miri para wisatawan dapat menemukan empat buah Taman Nasional, yang masing-masing mempunyai daya tarik tersendiri. Terdapat juga situs bersejarah disini seperti Gunung Mulu yang dipenuhi goa dengan formasi batu kapur yang indah, Goa-goa tersebut Merupakan sebuah tempat ditemukannya tulang-belulang manusia prasejarah, selain itu ada juga wisata Bukit Lambir yang juga memiliki wisata air terjun dan wisata menarik lainya.

    10. Wisata Pulau Penang
Pulau Penang, Malaysia
Penang Bridge, By. vovworld.vn
Penang merupakan salah satu Pulau di Malaysia dengan keindahan kotanya dan termasuk kedalam daftar negara bagian di Malaysia, Penang sering juga disebut sebagai George Town. Terletak di sepanjang jalur pelayaran dunia, kota ini memiliki beragam warna budaya, arsitektur dan juga kuliner yang lezat. Beberapa lokasi yang dapat dikunjungi selama di Penang adalah Botanic Gardens, Taman Kupu-Kupu, Bird Sanctuary, Supreme Bliss, dan pantai pasir putih Batu Ferringhi yang terletak di sepanjang pantai utara Penang. Di Penang wisatawan akan menikmati sebuah wisata ala Inggris karena disini terdapat banyak arsitektur klasik peninggalan Inggris. Yang istimewa dari Penang adalah wisata kuliner yang bervariasi dan tentu hanya dapat kita temukan di kota ini.

#SalamSukses
#MRioAldino

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com
Location: Malaysia

0 comments: