Wednesday, January 27, 2016

Mengenal Singapura Negara Mungil yang Disegani

Bendera singapura
Singapura Flag, By. m.aktualpost.com
Singapura merupakan salah satu negara berbentuk republik di Asia Tenggara dan tergabung kedalam komunitas ASEAN, negara ini terletak di ujung selatan Semenanjung Melayu dengan luas wilayah hanya sekitar 710,2 km2. Di sebelah barat dan utara berbatasan dengan negara Malaysia di sebelah timur dan selatan dengan Selat Singapura . Negara ini terletak 137 kilometer sebelah utara dari garis khatulistiwa. Lokasi negara ini yang strategis, fasilitas infrastrukturnya yang berteknologi canggih, kebudayanya yang mempesona, serta atraksi wisatanya yang memukau membuat negara ini menjadi salah satu tujuan masyarakat dunia dalam berlibur , sekolah maupun bisnis. Pelabuhan Singapura termasuk kedalam salah satu pelabuhan tersibuk di dunia karena pelabuhan ini merupakan salah satu akses terhadap perdagangan Internasional.

Nama Resmi            : Republic of Singapore
Ibu Kota                    : Singapura
Lagu Kebangsaan     : Majulah Singapura
Etnis di Singapura     : Mandarin, Inggris, Melayu, Tamil
Agama Mayoritas      : Buddha, Islam, Hindu, Atheis, Kristen, Katolik, dan lainnya
Kemerdekaan           : 9 Agustus 1965
Luas                          : 710,2 km2
Penduduk                 : 5.076.700
Perkapita                  : U$D 52.839
Mata Uang                : Dolar Singapura (SG$)

 Pemerintahan Singapura

Bentuk pemerintahan negara Singapura adalah republik parlementer dengan Presiden sebagai kepala negaranya, dan kepala pemerintahannya adalah seorang perdana menteri. Posisi presiden adalah simbolis dan kekuasaan pemerintahan berada di tangan perdana menteri yang merupakan ketua partai politik yang memiliki kedudukan mayoritas di parlemen. Kekuasaan legislatif dipegang oleh parlemen yang anggotanya dipilih melalui pemilihan umum dengan masa jabatan selama 5 tahun. Singapura merupakan negara anggota Persemakmuran (Commanwealth) Inggris sejak 22 Desember 1965. Negara singapura pun mendeklarasikan kemerdekaannya pada tanggal 9 Agustus 1965 dan memastikan lepas dari wilayah kedaulatan Malaysia.

Penduduk di Singapura

Singapura merupakan salah satu negara yang paling padat penduduknya di Asia bahkan dunia dengan jumlah penduduk sekitar 5.076.700 juta jiwa sementara luas wilayah negara ini hanya sekitar 710,2 km2. 85% dari rakyat Singapura tinggal di rumah susun yang disediakan oleh Dewan Pengembangan Perumahan Singapura (HDB). Mayoritas penduduk Singapura beretnis Tionghoa (77,3%), etnis Melayu yang merupakan penduduk asli (14,1%), dan etnis India (7,3%), dan etnis lainnya (1,3% ). Mayoritas rakyat Singapura menganut agama Buddha (31,9%) dan Tao (21,9%). Yang menganut agama Islam hanya sekitar 14,9%, 12,9% menganut agama Kristen (3,3%) Hindu, dan lainnya (0,6%), sedangkan sisanya 14,5% adalah atheis. Untuk bahasa resmi sendiri mayoritas penduduk singapura menggunakan bahasa Inggris, Mandarin, Tamil, dan Melayu dalam berkomunikasi baik itu formal maupun informal. Tapi kebanyakan bahasa yang di gunakan di negara ini adalah bahasa pengantar bahasa inggris.

Perekonomian Singapura

Ekonominya Singapura sangat bergantung pada ekspor dan pengolahan barang impor, khususnya di bidang manufaktur yang mewakili 26% PDB Singapura tahun 2005 dan meliputi sektor elektronik, pengolahan minyak Bumi, bahan kimia, teknik mekanik dan ilmu biomedis. Tahun 2006, Singapura memproduksi sekitar 10% keluaran wafer dunia. Letak Singapura yang sangat strategis membuat sektor perdagangan dan jasa Singapura berkembang sangat cepat, bahkan terbesar di Asia Tenggara. Dengan pendapatan perkapita sebesar U$D 52.839/tahun tidak heran jika Singapura juga  dijuluki sebagai Macan Asia karena tingkat perekonomian yang begitu maju dan berkembang pesat. Negara ini juga memiliki salah satu pelabuhan tersibuk di dunia dan merupakan pusat pertukaran mata uang asing terbesar keempat di dunia setelah London, New York dan Tokyo. Komoditas utama negara Singapura pun meliputi elektronika, besi Baja, mesin-mesin dan otomotif pengolahan tembaga, Timah,Pengolahan Kelapa/Kelapa Sawit Peng, Emas, Perak, Logam Mulia, Perhiasan, Alat-alat Listrik Pengolahan Karet Kimia Dasar, dll.

WISATA NEGARA SINGAPURA

Singapura merupakan salah satu negara maju di kawasan Asia bahkan dunia, tentu banyak hal menarik yang akan kita jumpai ketika berkunjung ke negeri yang hanya sebesar kota Jakarta ini terkhususnya tempat wisata. Berikut beberapa destinasi wisata menarik yang ada di Singapura.

1. Sentosa Island
pulau sentosa, Wisata Singapura
Sentosa Island, By. www.womags.com
Pulau Sentosa berada terpisah dari negara Singapura tepatnya berdekatan dengan Pulau Batam, Indonesia. Pulau Sentosa menyajikan banyak tempat-tempat hiburan, pantai, tempat belanja, kuliner, wahana bermain golf, dan lain sebagainya. Menariknya lagi di Pulau Sentosa terdapat sebuah transprtasi keret gantung yang bisa dinikmati oleh para wisatawan. Pulau ini dapat dijelajahi dalam 1 hari saja.

2. Haw Par Villa
Haw Par Villa, Wisata singapura
Haw Par Villa, By. www.yoursingapore.com
Haw Par Villa lokasinya terletak di Pasir Panjang Road merupakan sebuah taman yang berisi banyak sekali patung-patung beraksitektur tionghoa dan tergambar banyak kebudayaan Cina. Salah satu hal unik yang dapat para wisatawan jumpai disini adalah sebuah patung Budha yang Tersenyum (Laughing Budha), Ten Courts of Hell, dan the Goddest of Mercy (Dewa Kasih Sayang).

3.  Kampong Arab / Glam
kampung arab singapura
Kampong Arab, By. duniahiburan.com
Kampon Arab Singapura terletak di daerah North Bridge Road merupakan sebuah pusat masyarakat dan kebudayaan Muslim yang ada di Singapura, dahulunya tempat ini hanyalah tempat utama bagi para penjual  kitab suci Al’Quran, songkok, sajadah, dan tekstil.Salah satu tempat wisata menarik disini adalah Mesjid Sultan (Sultan Mosque) dan Malay Heritage Centre. Selain itu, para wisatawan juga dapat melihat Bal-bal kain sifon, sutra, katun georgette dan kain-kain mewah lainnya yang ditawarkan disepanjang trotoar dengan berbagai macam jenis corak, bentuk, dan warna seperti pelangi.

4. Patung Merlion dan Esplanade
patung merlion park, Wisata Singapura
Merlion Park, By. gambarwisata.com
Salah satu tisata utama di Singapura adalah Patung Merlion Park merupakan simbol dari negara Singapura dan juga menjadi ikon Singapura. Tempat ini menjadi salah satu bukti bagi para wisatawan jika mereka pernah mengunjungi negara Singapura. Selain itu ada juga Esplanade salah satu ikon lain dari negara Singapura, Esplanade merupakan pusat kesenian di Singapura dan dibangun dengan arsitektur yang unik, yaitu menyerupai bentuk dari mata lalat. Untuk menuju tempat ini, Wisatawan dapat menggunakan MRT dan kemudian turun di stasiun Raffles Place atau City Hall. Selanjutnya hanya tinggal berjalan kaki untuk tiba di lokasi.

5. Raffles Landing Site
Raffles Landing Site, Wisata Singapura
Raffles Landing Site, By. www.e-perpustakaan.com
Sir Stamford Raffles adalah gubernur pertama di Singapura, untuk mengenang jasa nya dibuatlah sebuah replika berupa patung Raffles di Singapura. Patung Stamford Raffles berposisi menghadap ke Singapore River dan memiliki corak berwarna putih. Jika ingin melihat patung aslinya, maka dapat mengunjungi Victoria Concert Hall yang terletak sekitar 500 m dari lokasi ini. Tempat-tempat menarik di seputaran area monumen ini di antaranya adalah Clarke Quay, Masjid Omar Kampong Malaka, Kuil Tan Si Chong Su, Patung Merlion, dan Esplanade.

6. China Town
chinatown singapura, Wisata Singapura
China Town, By. anekatempatwisata.com
China Town adalah tempat wisata belanja murah yang ada di Singapura, ini adalah surganya bagi para wisatawan yang suka berebalanja, banyak oleh-oleh dan souvenir Singapura dijual murah disini. People’s Park merupakan tempat belanja paling populer di tempat ini dan tentu dengan harga yang murah. Selain wisata belanja, wisatawan juga dapat menikmati sejumlah objek wisata khas China di China Town ini. Beberapa di antaranya adalah Kuil Thian Hock Keng, Smith Street Wet Market, Pura Sri Mariamman, dan Food Street.

7. Orchard Road
Orchard Road, Wisata Singapura
Orchard Road, By. www.newsheridanadvisors.com
Orchard Road berbeda halnya dengan China Town, Orchard Road adlah tempat dimana pusat barang-barang branded banyak dipasarkan, sebuah tempat yang menyediakan ribuan produk-produk ternama dunia, khususnya yang berkenaan dengan fashion. Ada banyak merk fashion internasional terkenal di tempat ini. Untuk masalah harga sendiri, harga barang-barang tempat ini tidak terlalu mahal dan masih terjangkau dengan kantong orang-orang terkhusunya orang Indonesia. Banyak sekali orang kaya yang berasal dari Indonesia yang belanja sekitar Orchard Road. Selain itu terdapat banyak Mall terkenal disini seperti Lucky Plaza, Tangs Plaza, Wisma Atriya, Takashimaya, dan masih banyak lagi.

8. Universal Studios Singapore
universal studio singapore, Wisata Sinapura
Universal Studio Singapore, By. www.asiatravel.com
Universal Studios Singapore adalah sebuah wahana bermain yang bertemakan film-film terkenal Hollywood produksi Universal Studios, berlokasi di Pulau Sentosa, Singapura. Universal Studio Singapura merupakan wahana bermain terbesar pertama yag dibangun di Asia Tenggara. Untuk tiket masuk sendiri tergolong cukup mahal terkhusus pada hari-hari libur, harga bisa mencapai 1 juta rupiah tapi hal ini akan sepadan dengan apa yang akan didapatkan para wisatawan setelah masuk kedalamnya.

9. Bugis Street
bugis street, Wisata Singapura
Bugis Street, By. www.wisatasingapura.web.id
Bugis Street berlokasi sekitar 50 meter dari stasiun Bugis merupakan sebuah jalan yang terkenal di Singapura dengan keragaman wisata belanjanya. Seperti halnya China Town, Bugis Street menawarkan wisata belanja dengan harga murah ala jalanan. Tempat ini juga menyajikan banyak oleh-oleh atau sovenir khas Singapura selain di China Town dan Orchard Road.

10. Singapore River
Singapore River, Wisata Singapura
Singapore River, By. packages.asiatravel.com
Singapore River adalah sebuah sungai di Singapura yang mengalir dari tengah kota Singapura. Sungai ini menyajikan panorama yang indah di tengah kota yang padat. Akan lebih menarik lagi jika para wisatawan dapat menikmati wisata menyusuri sungai dengan menggunakan perahu listrik yang ada disekitarnya. Harga sewa perahu listrik dan menjelajah sungai sendiri berkisar 250,000 Rupiah.

11. Marina Bay Sands
marina bay sands, Wisata Singapura
Marina Bay Sands, By. en.wikipedia.com

Marina Bay Sands adalah sebuah pusat hiburan dan resort terpadu di Sigapura, Marina Bay Sands mulai dibuka sejak tahun 2010. Penampilan visual bangunan Marina Bay Sands sangatlah unik dengan 3 gedung utama yang dihubungkan dengan bangunan menyerupai kapal di atasnya. Banyak hal menarik yang dapat dijumpai selama berkunjung ke tempat ini dari tempat hiburan hingga restoran-restoran terkenal. Hal yang harus dicoba ketika mengunjungi tempat ini adalah dengan naik ke atas Marina Bay Sands, untuk biaya masuk sendiri sekitar 250,000 Rupiah. Marina Bay Sands juga mempertunjukan atraksi cahaya yang menarik serta indah pada malam hari. Stasiun MRT terdekat dari Marina Bay Sands adalah stasiun Marina Bay dan stasiun Promenade. 

#SalamSukses
#MRioAldino 
luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com
Location: Singapore

0 comments: