Friday, January 22, 2016

Mengintip Keindahan Negeri Tanah Emas Myanmar

Myanmar Info, By. www.frewaremini.com
Nama “Myanmar” berasal dari kata “Mya” yang artinya “zamrud/mutiara”. Negara ini dapaat disebut dengan zamrud Asia. Myanmar merupakan negara sosialis di Asia Tenggara dengan ibu kota Naypyidaw sejak november 2005, Myanmar juga tergabung ke dalam ASEAN. Negara Myanmar berbentuk republik dengan kepala negaranya seorang presiden serta kepala pemerintahannya perdana menteri. Luas negara Myanmar 678.500 km2. Jabatan lain untuk perdana menteri adalah Ketua Dewan menteri, sedangkan presiden sekaligus menjabat sebagai Ketua Dewan Negara. Badan legislatif di Myanmar dinamakan Majelis Rakyat yang dipilih langsung oleh rakyat dengan masa jabatan selama 4 tahun. Myanmar merupakan nama baru dari negara Burma yang digunakan sejak tanggal 12 Juni 1989. Nama resmi Myanmar adalah Pyidaungzu Socialist Thamada Myanmar Nuinggandaw (Republik Kesatuan Sosialis Burma). Dan satu lagi Myanmar adalah negara bekas jajahan Inggris dan memperoleh kemerdekaannya pada tanggal 4 Januari 1948.

Profil Myanmar

Nama resmi              : Pyidaungzu Myanma Naingngandaw
Ibukota                      : Naypyidaw (Sejak 7 November 2005)
Luas wilayah             : ± 676.578 km²
Jumlah penduduk     : ± 55.167.330
Kepadatan                : ± 63 jiwa/km²
Agama                      : Buddha (89%), selebihnya Islam, Kristen, Hindu, dan lainya.
Suku bangsa             : Birma (mayoritas), Karen, Shan, Rakhine, Cina, dan India
Mata uang                 : Kyat
Bahasa                      : Birma
Lagu kebangsaan     : Gba Majay Bma
Kemerdekaan           : 4 Januari 1948 (dari kekuasaan Inggris)


PENDUDUK MYANMAR

Penduduk Myanmar diperkirakan mencapai  55.167.330 jiwa menurut perhitungan terakhir pada Juli  2014. Penduduk Myanmar terdiri atas beberapa etnis. Etnis terbesar adalah orang Burma keturunan Tibet dan orang Burma yang mewarisi peradaban bangsa-bangsa Pyus dan Monyang yang jumlahnya sekitar 69% dari penduduk Myanmar. Suku bangsa lain di Myanmar adalah Shan 98,5%), Karen (6,2%), Rakhin (4,5%), Mon (2,4%), Cina (2,2%), dan Kachin(1,4%). Agama penduduk, meliputi Budha (89,4%), Kristen (4,9%), Islam (3,8%), Hindu(0,5%), kepercayaan suku (1,1%); lain-lain (0,3%). Mata pencaharian utama penduduk adalah bercocok tanam. Bahasa resmi yang digunakan oleh negara sosialis ini adalah Burma yang berkaitan dengan bahasa Tibet.  Dan juga sebagian penduduknya menggunakan bahasa Inggris.

EKONOMI MYANMAR

Dalam estimasi World Bank pada Oktober 2010 pendapatan perkapita negara Myanmar adalah sebesar U$D 1,246, berikut adalah penghasilan negara Myanmar dalam berbagai sektor perekonomian :

1. Sektor Pertanian dan Perkebunan

Myanmar merupakan salah satu negara agraris di Asia Tenggara dengan komoditas utama pertaniannya adalah padi. Hasil pertanian lain berupa teh, dihasilkan di Plato Shan, tembakau di bagian utara Myanmar, tebu di lembah Sungai Sittang, dan sayur-mayur di daerah Pantai Arakan Yoma. Dan untuk daerah kering menghasilkan gandum, jagung, kapas, dan wijen. Sementara untuk hasil perkebunan Myanmar berupa Pisang, mangga, jambu, jeruk karet kayu mangrove, kayu jati, dll.

2. Pertambangan

ternyata Myanmar juga kaya akan hasil tambangnya seperti  minyak tanah, seng, timah, nikel, emas, dan uranium. Ladang minyak bumi terbesar Myanmar terdapat di Chaok dan Yenangyaong adalahdengan menghasilkan tungsten, antemen, air raksa, batu bara, perak, mangan, dan gas alam di Chaok.

3. Perindustrian dan Perdagangan

Myanmar juga kaya akan sumber daya alamnya. Maka dari itu, industri yang berkembang merupakan industri pengolahan hasil alam. Berbagai jenis industri di Myanmar adalah industri pertambangan (timbal, seng, emas, perak, permata, minyak bumi, dan tungsten), industri pengolahan ikan, pemotongan kayu, semen, tekstil, dan berbagai barang kerajinan. Di sektor perdagangan sendiri, Myanmar juga dikenal sebagai negara pengekspor beras, kayu, barang-barang logam. Sementara untuk impor Myanmar membeli mesin-mesin, alat angkutan, barang-barang logam, kertas, pupuk, dan obat-obatan.

TEMPAT WISATA DI MYANMAR

Myanmar juga terkenal akan keindahan pariwisatanya, pendapatan negara Myanmar juga di topang dari sektor pariwisata. Bagi kalian yang ingin mengunjungi negara bekas jajahan Inggris ini, berikut beberapa tempat wisata menarik di Myanmar.

    1.  Pagoda Shwedagon
Pagoda Shwedagon, By. www.griyawisata.com
Terletak di bekas ibukota Myanmar, Yangon, pagoda dengan stupa yang berkilauan ini menyambut pengunjung kemegahan emasnya. Kontras dengan kehidupan komersil di Yangon, pagoda yang merupakan salah satu dari situs Buddha Myanmar ini memiliki interior yang menenangkan dan khusuk, cocok untuk mereka yang mencari ketenangan di kota yang ramai ini

    2.  Bagan

Bagan, By. www.wsj.com
Bagan merupakan salah satu tempat wisata yang bisa kita kunjungi ketika berpelesir ke Myanmar. Bagan merupakan tempat di mana jantung arsitektur kuno negara terletak dan merupakan ibukota dari dinasti pertama Myanmar. Lebih dari 2.00 0 kuil dan stupa yang terletak di daerah dan dapat ditemukan di sepanjang tepi timur sungai Ayeyarwady. Pagoda dapat ditemukan sebagian besar tertutup warna kemerahan dan monumen keagamaan yang dibangun lebih dari 1.500 tahun yang lalu. Kita juga dapat menikmati indahnya pemandangan bangunan-bangunan kuno tersebut melalui balon udara serta kita juga bisa menyewa kuda pedati untuk mengelilingi lokasi yang satu ini. .

    3. Danau Inle

Danau Inle, By. www.ciputranews.com
Danau Inle merupakan danau tebesar kedua di Myanmar. Danau Inle merupakan salah satu destinasi wisata terbaik yang ada di kota Myanmar. ketika mengunjungi tempat  ini kita akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang sangat indah yang bisa memanjakan anda. Waktu terbaik untuk mengunjungi danau Inle adalah sekitar bulan September dan Oktober karena kita dapat menyaksikan Hpaung Daw U Festival—festival agama Buddha yang menyoroti parade kapal tongkang emas kerajaan dan balapan dayung kaki.

    4. Putao
Putao, By. www.ampersandtravel.com
Putao merupakan situs Perang Dunia II British Fort Hertz. Putao terletak di Negara Bagian Kachin, Myanmar yang juga merupakan kota paling utara Negara Bagian Kachin. Putao memiliki anggrek yang langka tumbuh secara alami. Tempat ini sangat cocok bagi mereka yang mencintai tanaman anggrek. nama species anggrek terkenal dan langka ditempat ini disebut “Black Orchid” tumbuh di pegunungan barat dan timur Putao. Gunung tertutup salju dapat dilihat hampir sepanjang tahun di bagian tertentu dari Putao sehingga Putao disebut-sebut sebagai tempat tersejuk dan terdingin di Myanmar.

    5. Mrauk U
Mrauk U, By. www.remotelands.com
Mrauk U, adalah sebuah kota kuno yang terletak bagian Rakhine , Myanmar yang menawarkan 700 pagoda dan kuil-kuil sebagai latar belakang kehidupan pedesaan para petani dan penggembala kambing. Menurut legenda, lebih dari 6.000 kuil pernah berdiri di Mrauk U tapi kondisi cuaca yang keras dan dinasti yang jatuh telah membuat Kerajaan Rakhine menjadi reruntuhan., Mrauk U juga merupakan salah satu situs yang paling penting bagi arkeolog untuk mengamati artefak. Mrauk U terletak di Timur Kaladan Sungai dan dikelilingi oleh bukit-bukit di kedua bagian utara dan selatan.  Untuk mencapai ke Mrauk U, kita dapat  menaiki perahu sekitar 5 jam dari Sittwe mengikuti sepanjang tikungan sungai Kalatan.

    6.  Mandalay
Mandalay, By. www.griyawisata.com
Mandalay terletak antara salah satu sungai Ayeyarwaddy paling bersejarah di bagian Shan, Myanmar. Mandalay merupakan pusat prekonomian Myanmar dan dianggap sebagai pusat kebudayaan Myanmar. Budaya yang unik dari kota Mandalay adalah metode transportasi bagaimana orang memakai kendaraan . di Mandalay umumnya masyarakat menggunakan transportasi sepeda dibandingkan menggunakan angkutan umum lainya, sungguh tempat yang menonjolkan unsur kebudayaan yang berbeda.

    7. Yangon
Yangon Myanmar, By. www.letsgo-myanmar.com
Yangon merupakan ibukota negara Myanmar dan merupakan salah satu pusat kolonialisme Inggris pada abad ke-19. Shwedagon adalah pagoda yang sangat dihormati di myanmar dan merupakan tempat yang bersejarah. Menurut legenda, Pagoda Shwedagon dibangun pada masa Sang Buddha lebih dari 2.500 tahun yang lalu dan di mana peninggalan rambut suci Buddha yang diabadikan. Menjulang hingga ketinggian 326 kaki (100 meter) di atas kota, Ini adalah salah satu keajaiban dunia dan pagoda paling dihormati di Asia Tenggara.

8. Pantai Ngapali
Pantai Ngapali, By. rivanputra.wordpress.com
Pantai Ngapali memiliki pasir putih dengan pohon kelapa yang tinggi dan air yang biru kehijauan lengkap dengan pondok jerami di sepanjang garis pantai. Pantai ini merupakan pantai terbai yang ada di Myanmar.  Kita juga bisa melakukan snorkeling, bersepeda, bermain kayak, atau hanya menikmati kegiatan para nelayan. Jika kalian suka dengan wisata laut maka pantai yang satu ini menjadi salah satu destinasi yang wajib dikunjungi Ketika sedang berkunjung ke kota Myanmar karena di pantai yang satu ini akan menyuguhkan pemandangan alam yang sangat indah serta air yang sangat jernih.

9.  Bogyoke Aung San Market
Bogyoke Aung San Market, By. www.myanmarcentralpark.com
Tidak lengkap memang jika berwisata ke negara orang tanpa membawa kenang-kenangan atau oleh-oleh. Bogyoke Aung San Market adalah tempat dimana kita dapat berbelanja banyak barang-barang murah dan bagus, karena tempat ini merupakan pasar kaki lima yang cukup terkenal di Myanmar. Dan selain pergi ke tempat ini, ada juga Memoriam To The Forgotten War dan Inya Day Spa atau Yangon Zoo.

10. Golden Rock Pagoda
Golden Rock Pagoda, By. bobo.kidnesia.com
Golden Rock, dalam bahasa Myanmar dikenal sebagai Pagoda KyiteHteeYoe adalah salah satu tempat suci bagi orang-orang Myanmar. terletak di Negara Bagian Mon dan bertengger di gunung tertinggi Paunglaung. Untuk perjalanan ke pagoda KyiteHteeYoe, itu akan memakan waktu 4 jam berkendara dari Yangon, di mana ia akan melanjutkan dengan truk terbuka menanjak ke bukit pertapa. Golden Rock juga menjadi salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi selama berwisata di Myanmar karena ketika kita sedang berkunjung ke tempat yang satu ini kita akan melihat sebuah batu yang bertengger di Sehelai rambut Budha dan rambut tersebut tidak akan jatuh, sungguh pemandangan yang memukau.


#SalamSukses
#MRioAldino
luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com
Location: Myanmar (Burma)

0 comments: