Sunday, January 31, 2016

10 NEGARA TERLUAS di DUNIA

1. Rusia 
NEGARA TERLUAS DI DUNIA, bendera rusia
Rusia, By. id.wikipedia.org
Rusia adalah sebuah negara federasi yang membentang luas di Eropa bagian Timur serta di Asia bagian utara. Luas wilayah negara ini sekitar 17.075.400 km², Rusia adalah negara terluas di dunia di ikuti Cina, Amerika Serikat serta India. Penduduknya menduduki peringkat ketujuh terbanyak di dunia setelah Tiongkok, India, Amerika Serikat, Indonesia, Brasil, dan Pakistan. Ibukota Rusia adalah Moskow dan dahulu negara ini juga menjadi negara bagian terbesar Uni Soviet. Kota- kota besar di Rusia antara lain Moskow, Saint Petersburg, Nizhny Novgorod, Yekaterinburg, Samara, Omsk, Kazan, dan sebagainya.

2. Kanada 
NEGARA TERLUAS DI DUNIA, bendera kanada
Kanada, By. www.suara.com
Negara terluas di urutan kedua ialah Kanada, Kanada merupakan salah satu negara terluas di benua Amerika terkhususnya di bagian utara Amerika, luas wilayah negara Kanada mencapai sekitar 9.976.140 km2. Kanada merupakan negara federasi dari 10 provinsi dan 3 teritori dengan sistem desentralisasi, pemerintahan negara ini berbentuk monarki konstitusional. Ibukota negara Kanada adalah Ottawa, Kanada juga tergolong sebagai salah satu negara maju di benua Amerika selain Amerika Serikat tentunya.

3. Amerika Serikat (USA)
NEGARA TERLUAS DI DUNIA bendera USA
USA, By. islamindonesia.id
Amerika Serikat adalah negara terluas selanjutnya dengan total luas wilayah mencapai 9.629.091 km2 termasuk beberapa pulau kecil yang ada di sekitarnya, Amerika serikat merupakan negara maju di dunia sehingga dijuluki sebagai negara adi daya, Amerika Seikat atau yang sering dikenal dengan sebutan USA ini tergolong sebagai republik federal yang terdiri dari 50 negara bagian dan sebuah distrik federal.  48 negara bagian lainnya serta distrik federalnya terletak di Amerika Utara. Amerika Serikat berbatasan dengan Meksiko dan Teluk Meksiko di sebelah selatan, dan dengan Kanada di sebelah utara dan barat laut (eksklave Alaska). Di sebelah barat negara ini berbatasan dengan Samudra Pasifik dan di sebelah timur dengan Samudra Atlantik. Amerika Serikat juga dikenal sebagai negara yang memiliki penduduk  terbanyak di dunia setelah China dan India

4. Republik Rakyat Cina
NEGARA TERLUAS DI DUNIA, bendera china
China, By. pixabay.com
Republik Rakyat Cina adalah sebuah negara berpaham komunis terbesar di dunia, negara ini juga tergolong sebagai salah satu negara terluas di dunia setelah Rusia, USA, dan India dengan luas wilayah sekitar 9.596.960 km2, terlebih lagi China juga merupakan negara dengan penduduk terpadat di dunia dengan populasi penduduk mencapai 1,3 miliar jiwa. Negara ini juga di kenal sebagai negara industri termaju di dunia. Kota-kota penting di China mencakup Beijing, Hongkong, Shanghai, dan Guanzhao.

5. Brazil
NEGARA TERLUAS DI DUNIA, bendera brasil
Brazil, By. pixabay.com
Brazil adalah negara berbentuk republik federal dan merupakan negara paling besar di Amerika Selatan dengan luas wilayah mencapai 8.511.965 km2, negara Brazil juga dikenal sebagai negara dengan penduduk terbanyak di dunia terutama di benua Amerika. Negara ini merupakan negara paling timur di Benua Amerika dan berbatasan dengan Pegunungan Andes dan Samudra Atlantik. Brazil juga dikenal sebagai negara pengekspor kopi terbesar di dunia.

NEGARA TERLUAS DI DUNIA, bendera australia
Australia, By. pemainbintang.com
Australia merupakan salah satu negara terluas di dunia dengan luas daratan mencapai 7.686.850 km2. Negara Australia adalah negara satu benua karena penemuan awal negara ini dianggap sebagai benua dan tergolong sebagai benua termuda di dunia. Tetangga terdekat Negara Australia adalah Indonesia, Timor Leste, dan Papua Nugini di utara; Kepulauan Solomon, Vanuatu, dan Kaledonia Baru di timur-laut; dan Selandia Baru di tenggara. Penduduk asli Australia telah adalah suku Aborigin, ciri khas negara ini ialah hewan Kangaroo yang merupakan fauna khas yang banyak terdapat di negara ini.

7. India
NEGARA TERLUAS DI DUNIA, bendera india
India, By. pixabay.com
India merupakan negara berbentuk Republik India yang terletak di Benua Asia terutama di Asia bagian selatan, ibu kota negara India adalah New Delhi dan negara India termasuk kedalam salah satu negara terluas di dunia urutan ke-7 dan urutan ke-2 di benua Asia setelah China dalam skala geografis, luas wilayah India mencapai 3.287.590 km2.  India juga dikenal sebagai negara dengan populasi penduduk terpadat di dunia dengan jumlah penduduk mencapai lebih dari satu miliar jiwa. Negara ini juga berbatasan dengan berbagai negara lainya di Asia seperti Pakistan, Republik Rakyat Cina, Myanmar. Banglades, Nepal, Bhutan, dan Afganistan. Sri Lanka, Maladewa, dan Indonesia adalah negara kepulauan yang bersebelahan. India juga dikenal sebagai negara dengan pemeluk agama Hindu dan Budha terbesar di dunia.

8. Argentina
NEGARA TERLUAS DI DUNIA, bendera argentina
Argentina, By. tolololpedia.wikia.com
Negara terluas selanjutnya ialah Argentina yang merupakan sebuah negara yang berada di kawasan Amerika Latin terutama di benua Amerika bagian Selatan, posisinya berada di antara Pegunungan Andes di barat dan Samudra Atlantik di selatan. Ibu kota Argentina bernama Buenos Aires dan merupakan salah satu kota metropolitan terpadat di dunia. Luas negara Argentina mencapai 2.766.890 km2. Sebelah utara negara ini berbatasan dengan Brazl dan Uruguay di timur laut, sebelah selatan berbatasan dengan Paraguay dan Bolivia sementara di bagian barat berbatasan dengan negara Chili.

9. Kazakhstan 
NEGARA TERLUAS DI DUNIA, bendera kazakhstan
Kazakhstan, By. atjehpress.com
Kazakhstan merupakan negara terluas selanjutnya dengan luas wilayah mencapai 2.727.300 km2, Kazakastan adalah sebuah negara Antarbenua yang sebagian besar wilayah termasuk dalam kawasan Asia Tengah dan sebagian kecil lainnya termasuk dalam kawasan Eropa Timur. Kazakhstan merupakan salah satu negara pecaha dar Uni Soviet atau Rusia. Sebagian besar wilayah Kazakhstan berbatasan langsuang dengan Rusia, terutama di bagian utara dan barat.

10. Aljazair (Algeria)
NEGARA TERLUAS DI DUNIA, bendera aljazair
Aljazair, By. www.beritaempat.com
Aljazair sebuah negara yang terletak di barat-laut Afrika dengan pantai sepanjang Laut Tengah di sebelah utara, negara ini berbatasan langsung dengan Tunisia di timur laut, Libya di timur, Niger di sebelah tenggara, Mali dan Mauritania di barat laut, dan Maroko di barat. Nama Algeria berasal dari nama ibu kotanya Algiers yang berarti kepulauan. Ini mungkin merujuk kepada 4 buah pulau yang terletak berdekatan dengan Algiers. Algeria merupakan negara terbesar di benua Afrika dan negara terbesar ke-10 di dunia dengan total luas wilayah sekitar 2.381.741 km2 .

Sementara negara kita Indonesia berada di urutan ke-13 sebagai negara terluas di dunia dengan total wilayah sekitar 1.990.250 km2 dibawah Republik Demokrasi Kongo dan Saudi Arabia yang masing-masing menduduki peringkat 11 dan 12 negara terluas di dunia. Selain itu Indonesia juga dikenal sebagai negara kepulauan terluas di dunia dan penduduk terpadat nomor 4 di dunia setelah RRC, India, dan Amerika.

#SalamSukses
#MRioAldino




luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com

0 comments: