Sunday, January 31, 2016

Profil dan Keunikan Negara Kangaroo Australia

Wisata Australia, bendera australia
Australia, By. www.tribunnews.com
Australia merupakan sebuah  benua terkecil di dunia sekaligus sebuah negara, Benua ini merupakan benua termuda di dunia. Benua Australia pertama kali ditemukan oleh beberapa penjelajah seperti William Jansz tahun 1606 yang mendarat di teluk Carpentaria. J. Cartensz tahun 1623 yang mendarat di Arhemn di pantai barat daya hingga Abel Tasman tahun 1642-1643 yang menemukan Pulau Tasmania dan Selandia Baru. Australia tergolong sebagai negara maju di dunia dengan fasilitas negara yang memadai, negara ini terbagi kedalam 6 wilayah negara bagian dan 2 territorium. Ciri utama dari negara satu benua ini adalah keunikan fauna khasnya yaitu kangaroo yang menarik banyak perhatian para pelancong yang berlibur ke Australia.

Profil Negara Australia

Luas wilayah               : 7.682.300 km persegi
Ibu kota                       : Canberra
Bentuk pemerintahan : Dominion Common Wealth (negara persemakmuran Inggris)
Hari kemerdekaan      : 1 Januari 1901
Kepala pemerintahan : Perdana Menteri
Perdana Menteri         : Kevin Rudd
Lagu kebangsaan       : Walzing Mathilda
Jumlah Penduduk      : 24.141.986 jiwa
Bahasa                       : Inggris
Agama mayoritas       : Katolik
Mata uang                  : Dolar Australia (A$)
Perkapita                    : U$D 52.454 

Pemerintahan Australia

      Australia adalah sebuah negara dengan bentuk kenegaraan monarki konstitusional kekuasaan negaranya dibagi secara federatif. Pemerintahan Australia menganut sistem parlementer dengan Ratu Elizabeth II sebagai pemimpin negara.Ratu menetap di Britania Raya, dan dia diwakili oleh Gubernur Jenderal federal yang menetap di Australia, Gubernur Jenderal tmenurut konvensi bertindak menuruti nasehat menteri-menterinya. Wilayah Australia dibagi menjadi 6 negara bagian dan 2 wilayah teritorial, beriut pembagiannya, yaitu:
Negara bagian Australia Barat, beribukota di Perth.
Negara bagian Australia Selatan, beribukota di Adelaide.
Negara bagian Queensland, beribukota di Brisbane.
Negara bagian New South Wales, beribukota di Sidney.
Negara bagian Victoria, beribukota di Melbourne.
Negara bagian Tasmania, beribukota di Hobart.
Teritorial Australia Utara, beribukota di Darwin.
Teritorial Ibukota Australia, beribukota Canberra

Penduduk Australia

Australia merupakan salah satu negara maju di dunia, jumlah penduduk yang menetap di negara tetangga Indonesia ini sekitar 24.141.986 jiwa. Daerah yang paling padat penduduknya adalah pantai timur. Sebagian besar penduduk tinggal di kota-kota besar Australia. Kota-kota penting umumnya terletak di daerah pantai. Suku asli Australia adalah suku Aborigin. Jumlah suku aborigin pun semakin berkurang hanya sekitar 20-30 % lagi itu dikarenakan deskan dari masyarakat pendatang. Suku aborigin hidup nomaden dan sering berburu, senjata yang digunakan dan terkenal adalah bumerang. Agama mayoritas di Australia adalah kristen Katolik sementara bahasa resmi negara adalah bahasa Inggris.

Perekonomian Australia

Australia adalah negara dengan pendapatan perkapita yang cukup tinggi di dunia dengan U$D 52.454 per tahun. Sebagian besar wilayah Australia bersifat kering sehingga sulit untuk aktivitas pertanian, hanya beberapa ersen saja wilayah di Australia yang dapat ditanami dengan hasil-hasil pertanian dan perkebunan. Hasil-hasil pertanian Australia meliputi gandum, tebu, jagung, dan buah-buahan. Gandum merupakan ekspor utama negara kangaroo ini. Selain itu negara ini juga memperoleh penghasilan dari bidang ternak, negara ini juga terkenal sebagai penghasil wol terbesar serta peternakan sapi dan domba. Di bidang industri sendiri Australia telah menghasilkan mesin-mesin tekstil, alat-alat elektronik, fashion, kendaraan, dan sebagainya.
  
WISATA NEGARA AUSTRALIA

Australia merupakan salah satu negara yang memiliki banyak keunikan serta keindahan alam dan kotanya. Banyak destinasi wisata Australia yang telah terkenal di dunia. Berikut beberapa tempat wisata di Australia.

1. Great Barrier Reef
Wisata Australia, Great Barrier Reef
Great Barrier Reef, By. www.sbs.com.au
Tempat wisata menarik di Australia pertama ialah Great Barrier Reef yang merupakan tempat dimana kumpulan terumbu karang terbesar dunia berada, jumlahnya kurang lebih 3.000 karang dan 900 pulau, yang membentang sepanjang 2.600 km. Karang-karang ini terletak di Laut Koral, lepas pantai Queensland timur laut Australia. Karang ini diperkirakan telah ada sejak 25 juta tahun yang lalu. Saking besarnya, Great Barrier Reef bahkan dapat dilihat dari citra luar angkasa dan menjadi struktur tunggal terbesar di dunia yang dibuat oleh organisme hidup. Struktur terumbu karang ini dibangun oleh milyaran organisme kecil, yang dikenal sebagai polip karang. Keanekaragaman jenis karang dan spesies ikan yang menghuni struktur terumbu karang ini membuat Great Barrier Reef terpilih menjadi Situs Warisan Dunia oleh UNESCO.

2. PulauTasmania
Wisata Australia,pulau tasmania
Pulau Tasmania, By. life.viva.co.id
Tasmania adalah salah satu kota terpopuler di Australia yang ditemukan oleh eorang penjelajah bernama Abel Tasman pada tahun 1642, tempat ini wajib dikunjungi oleh wisatawan yang sedang atau akan berlibur ke negara kangaroo ini. Tasmania dikenal dengan keindahan alamnya yang mempesona. Tempat wisata menarik di Tasmania adalah Wineglass Bay yaitu pantai berbentuk sabit dengan pasir putih, selain itu wisatawan juga dapat berwisata ke Gunung Wellington yang menyuguhkan panorama pemandangan Hobart dan Sungai Derwent yang indah.

3. Pulau Kangaroo
Wisata Australia,pulau kanguru di australia
Pulau Kangaroo, By. zaenalsite.wordpress.com
Seperti namana Pulau Kangaroo merupakan salah satu tempat dimana fauna khas Australia banyak ditemukan. Selain dapat bermain-main dengan hewan berkantung itu para wisatawan dapat menikmati pemandangan-pemandangan menakjubkan di Pulau Kangaroo. Tak hanya kanguru yang dapat ditemui. Fauna lainya seperti Koala, walabi, penguin, ekidna, dan berbagai burung juga dapat dijumpai di sini.

4. Air terjun MacKenzie
Wisata Australia, Air terjun MacKenzie
Air Terjun MacKenzie, By. www.merdeka.com
Jika ingin berwisata ke air terjun, MacKenzie dapat menjadi pilihan utama para wisatawan. MacKenzie mrupakan air terjun terbesar di Taman Nasional Grampians yang dihuni oleh banyak kangaroo. Air terjun ini terletak di sebuah gunung batu pasir yang memiliki ketinggian sekitar 235 km di sebelah barat kota Melbourne. Air terjun MacKenzie jatuh hanya memiliki ketinggian sekitar 30 meter, air terjun ini juga kerap mengeluarkan kabut pelangi di bawah sinar matahari. Mackenzie sendiri merupakan air terjun yang terletak di anak sungai Sungai Mackenzie di barat Victoria, yang berada pada ketinggian sekitar 350 meter di atas permukaan laut. Sungguh menyajikan wisata alam yang mempesona.

5. Pulau Fraser
Wisata Australia, pulau fraser
Pulau Fraser, By. id.wikipedia.org
Pulau Fraser yang terletak di sepanjang pantai selatan Queensland ini merupakan pulau pasir terbesar di dunia dengan panjang sekitar 123 kilometer dan lebar hingga 22 Km2. Pulau ini juga memiliki berbagai macam jenis hutan dan danau dari hutan hujan tropis, hutan eucalyptus, hutan bakau, bukit pasir, 100 danau air tawar, dan beragam satwa liar termasuk anjing Australia. Pulau Fraser juga terdaftar sebagai salah satu situs warisan dunia oleh UNESCO. Pulau ini juga termasuk kedalam pulau terbesar keenam di Australia, serta pulau terbesar di Pantai Timur Australia. Pulau Fraser juga menjadi rumah bagi sejumlah kecil spesies mamalia, serta beragam burung, reptil dan amfibi, termasuk buaya air asin. Banyak hal akan ditemukan wisatawan di tempat ini dari berwisata menyusuri hutan-hutan indah yang ada di dalamnya hingga melihat-ligat satwa liar yang unik.

6. Byron Bay
Wisata Australia, Byron Bay
Byron Bay, By. madtravelshop.com
Pantai Teluk Byron merupakan salah satu pantai indah yang ada di Benua Australia. Di pantai ini wisatawan dapat melakukan banyak hal seperti berjemur, diving, snorkeling dan sebagainya. Di sana juga terdapat banyak restoran dan tempat penginapan yang bervariasi. Pantai ini juga dihiasi dengan mercusuar serta dikelilingi oleh lumba-lumba, ikan paus dan penyu.

7. Perth
Wisata Australia, kota perth
Perth, By. ozip.com.au
Tak lengkap rasanya jika ke Australia tidak berkunjung ke Kota Perth. Banyak hal yang dapat dilakukan di kota ini mulai dari menonton festival-festival seni, bersantai di pantai, hingga berjalan-jalan di sekitaran kota. Di Perth juga terdapat banyak taman-taman yang cantik. Salah satu taman yang paling terkenal adalah Kings Park. beberapa wisata yang dapat dikunjungi ketika berlibur ke Perth adalah Swan River, Pantai Cottesloe, hingga kawasan di sepanjang teluk terpencil Pulau Rottnest.

8. Kings Canyon
Wisata Australia, kings canyon australia
Kings Canyon, By. www.travelnt.com
Kings Canyon terletak di Taman Nasional Watarrka merupakan sebuah ngarai yang memiliki kedalalaman hingga 270 meter.Hal menarik yang dapat dilakukan di tempat ini adalah menelusuri Kings Canyon hingga kedasarnya dimana wisatawan akan menemukan sebuah tempat bernama Garden of Eden dan berbagai tempat menarik lain.

9. Sydney
Wisata Australia, kota sydney australia
Kota Sydney, By. augstudy.com
Sydney merupakan kota indah selanjutnya yang dimiliki Australia. Di Sydney terdapat banyak dermaga kapal dan pantai-pantai yang indah. Waktu yang tepat untuk mengunjungi kota ini adalah ketka malam pergantian tahun dimana akan diadakan salah satu festival kembang api terbesar di dunia, langit-langit kota Sydney akan bercahaya dan indah dipandang. sementara pada hari-hari biasa, keindahan alam dan budaya di sekitar Pelabuhan Sydney dan Rocks tetap menjadi favorit bagi para wisatawan yang berlibur. Beberapa tempat wisata menarik di Sydney misalnya Bronte, Coogee, Palm Beach dan Bondi Beach.

10. Canberra
Wisata Australia, canberra australia
Canberra, By. www.motherpedia.com.au
Canberra merupakan pusat ibukota negara Australia, tidak lengkap rasanya jika berwisata ke Australia tanpa mengunjungi kota yang satu ini. Di kota ini wisatawan dapat mengunjungi Gedung Parlemen, National Gallery of Australia, Australian War Memorial, dan Questacon. Waktu yang tepat untuk mengunjungi Canberra adalah ketika  musim gugur, dimana wisatawan dapat melihat festival Ballon Fiesta, yaitu parade balon udara warna-warni indah. Balon-balon tersebut akan dilepaskan ke udara dari padang rumput di Old Parliament House, sehingga akan terlihat cantik dari langit.

11. Gippsland
Wisata Australia, gippsland lakes
Gippsland Lakes, By. adventurerace.com.au
Gippsland merupakan salah satu wisata terkenal di Australia, berwisata di Gippsland wisatawan dapat menikmati wisata ala-ala suku Aborigin. Salah satu tempat menarik yang dapat dikunjungi di Gippsland ialah Den of Nargun. Selain itu wisatawan dapat juga mempelajari kisah-kisah Dreamtime, gaya hidup tradisional, tempat penyimpanan Suku Aborigin dan dampak kedatangan orang Eropa dalam perjalanan wisata budaya Batatuk Cultural Trail. Selain itu, wisatawan juga dapat melihat jejak kaki di pasir Pantai Ninety Mile Beach yang tak berujung. Atau juga, bila memiliki waktu luang wisatawan dapat menjelajahi Gippsland Lakes yaitu perairan pedalaman terbesar di Australia.

        Selain tempat-tempat diatas masih banyak lagi tempat wisata menarik di Australia yang belum penulis sebutkan seperti Queensland, Franklin River, Red Centre, Cairns, Melbourne, Broome, dan lain-lain.

#SalamSukses

#MRioAldino
luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com
Location: Australia

0 comments: