Tuesday, January 26, 2016

Menelusuri Keunikan Negeri Gingseng, Korea Selatan

Bendera Korea Selatan
Korsel Flag, By. pixabay.com
Republik Korea Selatan adalah sebuah negara maju di Asia setelah Jepang dengan Ibu Kotanya bernama Seoul , Negara Korea Selatan terletak di bagian selatan Semenanjung Korea. Di sebelah utara, negara ini berbatasan dengan Republik Rakyat Demokratik Korea Utara. Semenanjung Korea telah terbagi antara utara dan selatan semenjak tahun 1945. Korea Selatan merupakan negara bekas jajahan Jepang selama 45 tahun dan akhirnya berhasil memproklamasikan kemerdekaannya pada tanggal 15 Agustus 1948. Korea Selatan juga tercatat sebagai salah satu negara dengan tingkat perekonomian terbaik di Asia.

Profil Negara Korea Selatan

Nama Asli                        : Taehan Min’guk (Daenhan Min’guk)
Nama Resmi                    : Republic of Korea
Luas Wilayah                   : 98.340 km2
Ibukota                             : Kota Seoul
Pemerintahan Lokal         : 9 Provinsi dan 2 Wilayah Khusus
Jumlah Penduduk             : 53.200.491 Jiwa
Kepadatan Penduduk       : 1.800 Jiwa/km2
Agama Mayoritas              : Budha, Kristen, Atheis, lainya.
Bahasa                              : Korea (Resmi)
Lagu Kebangsaan             : Aegukka (Till Paektu Mountain Wears Away)
Mata Uang                         : Won Korsel
Perkapita                           : U$D 25,931
Hari Kemerdekaan            : 15 Agustus 1948 (Dari Jepang)

Pemerintahan Korea Selatan

Korea Selatan adalah sebuah republik demokratis. Sehingga Presiden adalah pemimpin utama di negara ini dan dibantu oleh Perdana Menteri. Badan legislatif satu rumah adalah Majelis Nasional. Anggotanya dipilih untuk masa jabatan 4 tahun melalui suara terbanyak. Semenjak berlakunya konstitusi baru 1988 di Korea Selatan masa jabatan presiden pun di pangkas dari yang awalnya 7 tahun menjadi 5 tahun saja. Selain itu Korea Selatan terbagi kedalam 9 Provinsi dan 2 wilayah khusus.

Penduduk Korea Selatan

Korea Selatan memiliki jumlah penduduk yang lumayan pandat dengan jumlah penduduk lebih dari 50 juta jiwa. Suku Bangsa asli negeri ini adalah bangsa Korea itu sendiri dengan presentase mencapai 93% , Jepang (3 %), Keturunan Tionghoa (2 %) dan Lainnya (2 %). Bahasa resmi negara ini adalah bahasa Korea, sementara mayoritas penduduk Korea Selatan beragama Buddha dengan presentase sebanyak (27%), Atheis (24%), Kristen Protestan (18 %), Kristen Katholik (6 %), Kepercayaan Asli (5 %), Gereja Orthodox (3 %), Kong Fu Chu (3 %), dan lainya sebanyak (3 %).

Perekonomian Korea Selatan

Perkapita Korea Selatan 4 tahun terakhir mencapai U$D 25,931 dengan tingkat pertumbuhan ekonominya mencapai 8,2 % Per Tahun sehingga menjadikan negara ini sebagai salah satu negara dengan tingkat perkembangan ekonomi termaju di Asia. Ekonomi Korea Selatan merupakan terbesar kedua belas berdasarkan PDBKorea Selatan juga tergabung dalam beberapa organisasi ekonomi internasional seperti G-20 ekonomi utama, WTO, APEC dan OECD. Pertumbuhan ekonominya yang sangat pesat membuat negara ini dikenal dengan sebutan Macan Asia. Ekspor Korea Selatan pun menduduki tempat kedelapan terbesar di dunia, sementara nilai impornya menduduki tempat kesepuluh terbesar di dunia. Penghasilan utama negeri ini berupa Padi, Serealia, Kedelai, Kacang Tanah, sayur-sayuran pada sektor agraris. dan menghasilkan Biji Timah, Biji Tembaga, Biji Besi, Biji Bauksit, Tungsten, Minyak, dan Batubara pada sumber daya alam dan tambang. Dan sektor yang memberikan perubahan penting pada perekonomian Korea Selatan adalah sektor Industri dan elektronik seperti Industri  Perfilman, Animasi, Elektronik, Otomotif, Ban, Panel Plasma, Ponsel, Peripheral, Komputer, Kerajinan, Kapal, Pariwisata, Alat Musik, alat-alat rumah tangga dan sebagainya
.
WISATA KOREA SELATAN

Korea Selatan identik dengan serial drama Koreanya, tapi negeri gingseng juga punya banyak tempat wisata yang menarik dan indah. Berikut destinasi wisata yang ada di Korea Selatan.

1. Pulau Nami
Nami Island, Korsel
Nami Island, By. ghiboo.com
Pulau Nami terletak di Chuncheon-si, Gangwon-do, Korea Selatan atau yang sering dikenal dengan Namiseom adalah sebuah pulau kecil yang indah dan unik di Korea Selatan. Keunikan pulau ini terlihat dari bentuknya yang merupai bulan separuh. Jarak menuju tempat pulau Nami sekitar 63 km dari pusat kota Seoul. Memang cukup jauh, akan tetapi pemandangan alam di tempat wisata ini terbilang sangat romantis dan indah. Karena pada dua sisi pulau ini, terdapat pepohonan sangat rindang, serta memiliki warna yang menawan. Tempat ini sering dijadikan sebagai tempat drama pada serial film-film Korea. Waktu yang cocok untuk mengunjungi tempat ini adalah pada musim gugur karena akan tampak dedaunan gugur yang indah sehingga menambah kesan romantis selama berada di pulau ini.

2. Namsan Seoul Tower
N Seoul Tower, Wisata Korea Selatan
N Seoul Tower, By. www.walkwithcham.com
Namsan Seoul Tower adalah sebuah menara setinggi 237 meter yang terletak di bagian Gunung Namsan, Namsan Seoul Tower merupakan salah satu tujuan wisata favorit di Korea Selatan dan termasuk sebagai salah satu ikon dari  Negeri Gingseng tersebut. Di sekitaran menara para wisatawan akan disuguhkan dengan berbagai macam toko suvenir dan restoran yang meyajikan masakan-masakan khas Korsel. Tempat ini dapat dijadikan sebagai tempat yang tepat bagi para wisatawan untuk melihat keindahan kota Seoul dari ketinggian. Dan menariknya lag di bagian puncak menara, terdapat sebuah tempat yang bernama Love Lock. Di tempat ini kita dapat mengabadikan dan menggembok rasa cinta kita terhadap pasangan dengan cara memasang gembok di sekitar pagar, lalu membuang kunci gemboknya sebagai tanda pengharapan cinta kasih akan terus bersama.

3. Kuil Bongeunsa
Kuil Bonguensa, Wisata Korea Selatan
Kuil Boguensa, By. meganusawisata.com
Kuil Bongeunsa adalah kuil Buddha yang indah dan megah, Kuil ini terletak di salah satu distrik Korea Selatan yaitu Gangnam, Seoul. Sebuah daerah yang merukan kawasan elit dengan laju pertumbuhan ekonomi begitu cepat. Kuil Bonguensa dibangun pada tahun ke-10 pemerintahan Raja Shilla Wongseong’s atau sekitar tahun 794. Untuk masuk ke kuil ini para wisatawan tidak akn dikenakan biaya apapun dalam artian gratis. Tetapi,  tetap harus mengikuti rute yang sudah ditentukan.

4. Taman Nasional Bukhansan
Taman Nasional Bukhansan, Wisata Korea Selatan
TN. Bukhansan, By.Merdeka.com
Taman Nasional Bukhansan terletak di sebelah utara sungai Han, Korea tepatnya di tengah kota Seoul memiliki luas areal sekitar 78 km. Terdapat lebih dari 1.300 spesies flora dan fauna di taman ini. Di tempat ini juga terdapat salah satu peninggalan sejarah Korea Selatan yakni Benteng Bukhansanseong, sebuah benteng yang telah berdiri lebih dari 2.000 tahun yang lalu. Selain itu, di Taman Nasional Bukhansan ini, para wisatawan juga dapat menyaksikan puluhan ngarai, puncak granit, dan aliran sungai yang jernih. Inilah tempat hiking di Seoul, sebuah tempat untuk menyaksikan pemandangan alam yang menawan dari puncak ketinggian.

5. Istana Korea Selatan
Istana Changdeokgung, Wisata korea selatan
Istana Changdeokgung, By. www.exaranda.com
Istana Korea Selatan merupakan salah satu bangunan-bangunan tua di Korea Selatan yang dibanguan pada zaman dinasti Joseon . Di Korea Selatan sendiri stidaknya terdapat 5 macam tempat grand plance atau istana yang dibangun pada zaman Dinasti Joseon. Kelima istana tersebut antara lain Gyeongbokgung, Changdeokgung, Gyeonghuigung, Changgyeonggung, dan Deoksugung. Tempat-tempat tersebut sangat popular, menarik dan indah, tempat yang sering dikunjungi oleh para wisatawan. Selain itu tempat-tempat tersebut sering kali digunakan sebagai tempat syuting drama-drama Korea.

6. Myeongdong
Myeongdong
Myeongdong, By. kiatravels.com
Korea juga punya tempat berbelanja yang unik dan terkenal, Myeongdong adalah surga belanja di Korea Selatan. Berbagai mode pakaian trend di Korea Selatan dapat kita jumpai di tempat ini. Selain pakaian, tempat ini juga dikenal sebagai pusat alat-alat kecantikan dan kosmetik di Korea Selatan. Menariknya lagi para wisatawan dapat menemukan berbagai macam menu kuliner yang menarik dan tentu saja lezat, mulai dari jajanan pinggir jalan hingga tempat makan. Myongdong sungguh tempat yang tepat untuk berburu souvenir khas negeri Gingseng.

7. Pulau Jeju
Jeju Island, Wisata Korea Selatan
Jeju Island, By. life.viva.co.id
Pulau Jeju atau yang dikenal dengan Jejudo adalah sebuah pulau terbesar yang ada di Korea Selatan. Tempat ini dapat ditempuh dengan perjalanan kurang lebih 130 km dari pantai korea Selatan. Pulau ini juga memiliki keindahan yang eksotik dan banyak yang bilang hampir sama dengan pulau Bali dan Lombok yang ada di Indonesia. Pulau ini sungguh menyuguhkan keindahan alam terbuka yang meliputi padang rumput, gunung,  sungai, tebing, air terjun dan padang bunga liar yang indah.

8. Monumen Peringatan Perang Korea
Monumen Peringatan Perang Korea, Wisata Korea Selatan
Monumen Perang Korea, By. www.initempatwisata.com
Monumen ini terletak di kawasan Yongsan-Dong dan berdiri di areal lahan seluasn 20 ribu m2, dahulunya daerah ini merupakan markas tentara Korea. Monumen ini dibangun dengan tujuan untuk mengingat masa-masa kelam dalam sejarah perang Korea, menceritakan banyak hal mengenai konflik yang terjadi di Korea pada sekitar 60 tahun yang lalu. Di tempat ini juga terdapat berbagai macam barang peninggalan perang serta peralatan militer yang jumlahnya mencapai 13 ribu item. Tempat ini sangat cocok bagi para wisatawan yang suka akan sejarah, menarinya lagi untuk mengunjungi area ini para wisatawan tidak akan dikenakan biaya sepeserpun.

9. Kota Seoul
Seoul, Korea Selatan
Kota Seoul, By. www.wijayaholiday.com
Seoul merupakan ibukota dari negara Korea Selatan, sebagian besar tempat wisata menarik korea berada di kota ini, tapi sungguh tidak lengkap rasanya jika berwisata ke Korsel tanpa mengelilingi kota ini. Seoul merupakan rumah bagi setengah warga Korea Selatan bersama dengan warga international lainya. Selain itu di tengah kota ini terdapat sebuah sungai yang terkenal di Korea Selatan yaitu Sungai Han yang indah. Seoul memiliki catatan sejarah panjang bagi peradaban Korea Selatan karena terdapat berbagai peninggalan-peninggalan yang berasal dari dinasti Joseon disini.

10. Bukchon Village
Bukchon Village, Wisata Korea Selatan
Bukchon Village, By. www.guesthouseinseoul.org
Bukchon Village tempat dimana rumah-rumah tradisional khas Korea berjajar rapi, seperti namanya Bukchon Village merupakan sebuah desa tradisonal yang masih terpelihara kelestariannya. Kawasan ini persis dikelilingi oleh tingginya bangunan-bangunan modern yang ada di kota Seoul. Bukchon Village ini terletak di antara Istana Gyeokbok, Istana Changdeok, dan Jongmyo Shrine. Askes menuju desa ini pun terbilang mudah hanya dengan menggunakan subway line 3 menuju Anguk Station, kemudian turun dari pintu 2. Sesampainya di Anguk Station, berjalan ke arah utara sejauh 300 meter untuk dapat sampai di tempat ini. Jika ingin menikmati wisata ala Korea zaman dahulu tempat ini sangat cocok untuk dikunjungi.

#SalamSukses
#MRioAldino

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com
Location: South Korea

0 comments: