Thursday, January 28, 2016

Pesona Negeri Tirai Bambu, China

Hasil gambar untuk bendera negara china
China Flag By. uniqpost.com 
China siapa yang tidak tahu dengan negeri ini, hampir dapat dipastikan jika penduduk China tersebar rata di seluruh penjuru negara di dunia. China adalah negara dengan populasi penduduk terpadat di dunia dengan tingkat kelahiran yang selalu tinggi di setiap tahunnya serta salah satu negara terluas di dunia setelah Rusia dan Kanada. Negeri ini terletak di kawasan Asia Timur dan menganut sistem komunis selain itu negara China juga terkenal akan kemahirannya dalam menghasilkan barang-barang industri yang berkualitas, beberapa penemuan besar di China seperti kertas, mesin percetakan, mesiu, dan sebagainya. China juga terkenal akan dinasti-dinastinya pada masa lampau. Beberapa dari dinasti tersebut berlangsung selama beberapa abad. Lainnya memegang kekuasaan selama beberapa dekade. Dinasti pertama yang memerintah kerajaan bersatu China adalah Qin (awalnya dieja Ch’in, asal nama “China”), didirikan pada tahun 221 SM. Dinasti terakhir China adalah dinasti Qing yang berlangsung sekitar tahun 1644-1912.

Profil Negara China

Nama Asli                        : Zhonghua Renmin Gonghe Guo (Cuo Kuo)
Nama Resmi                    : People’s Republic of China
Luas WIlayah                   : 9.600.000 km2
Ibukota                             : Kota Praja Utama Beijing
Jumlah Penduduk            : 1,507.000.490 Jiwa (2012)
Kepala Pemerintahan      : Presiden
Pemerintah Lokal            : 22 Provinsi, 5 Daerah Otonom dan 4 Kota Praja Utama
Suku Bangsa                   : Han (90 %), Sisanya Mongol, Manchu, Korea, Tibet, dll.
Agama                            : Atheisme (35 %), Konghuchu (20 %), Budha (15 %), Kristen        Protestan (13 %), Islam (5 %), Tao,Yahudi, dll
Bahasa                              : Mandarin (Resmi), Tibet, Uighur, Mongol, dll
Lagu Kebangsaan             : The March Of The People
Mata Uang                        : Yuan (Renminbi)


Pemerintahan China

China merupakan negara dengan bentuk negara republik dimana pemerintahannya dipimpin oleh seorang presiden dengan masa jabatan 5 tahun. Badan utama perwakilan China merupakan Dewan Perwakilan Rakyat dengan 225 kursi dimana 168 darinya diisi oleh anggota hasil pemilu China. Sisanya dibagikan secara proporsional antara keseluruhan yang diterima partai (41 kursi), wilayah seberang lautan 8 kursi) dan kursi khusus penduduk asli Taiwan (8 kursi). Para anggota dewan China hanya memiliki masa jabatan selama 3 tahun. Selain itu , negara ini juga memiliki kekuasaan atas 4 cabang (Yuan) yaitu Yuan Eksekutif, Yuan Perwakilan, Yuan Kehakiman dan Yuan Pengawas. Presiden melantik anggota Yuan Eksekutif sebagai anggota kabinetnya termasuk Perdana Menteri yang bertanggungjawab terhadap polisi dan pengendalian ketertiban.

Penduduk China

Seperti telah di singgung di awal jika negara China merupakan negara dengan populasi penduduk terpadat di dunia dengan tafsiran sekitar 1,507.000.490 jiwa. sebagian besar orang China termasuk ke dalam kelompok etnis yang disebut Han. China memiliki 55 kelompok etnis lain dalam berbagai jumlah. Etnis tersebut meliputi etnis Uighur dan Zhuang yang tinggal di barat daya dan barat laut China, yang berbicara dalam bahasa Turki dan beragama Islam. Ada juga etnis Hui, yang merupajan etnis Han China Muslim; orang Tibet, yang mendiami dataran tinggi Tibet yang luas di barat; dan orang Mongol, yang tinggal di Nei Monggol (Mongolia Dalam). Sebagian besar penduduk China asli menganut agama Kong Huchu, Budha, dan Atheis. Bahasa yang digunakan di China adalah bahasa Mandarin atau bahasa China itu sendiri.

Perekonomian China

China salah satu negara dengan tingkat pertumbuhan ekonomi tercepat di dunia. Perkapita China mencapai U$D 6.094/tahun dan produk domestik bruto (PDB) melebihi 12 triliun dolar per tahun. Lebih dari 2 triliun dolar barang dan jasa buatan China diekspor ke negara-negara lain setiap tahunnya. Pendapatan ekspor China yang besar membantu ekonomi tumbuh. Di dalam negeri, China juga memiliki pasar yang sangat besar dengan lebih dari 1,3 miliar konsumen. China terkenal sebagai negeri para pedagang dan negeri industri komunis di dunia. Beberapa komoditas utama negeri tirai bambu meliputi beras, gandum, kapas, ubi, dan sayur di bidang pertanian dan perkebunan batu bara, bijih besi, mangan, timah di bidang pertambangan. Hasil industri China antara Lain Semen, pupuk, alat pertanian, lokomotif, kapal traktor, dan truk, serta alat-alat elektronik.
  
WISATA MENARIK DI CHINA

                Selain dikenal sebagai kota indutri modern dan negara berpenduduk terbanyak di dunia, ternyata China menyimpan sisi keindahan tersendiri pada sektor pariwisatanya. Berikut beberapa destinasi wisata menarik yang ada di negeri tirai bambu.

1. Beijing
tempat wisata China, kota beijing
Beijing, By. yukbackpacker.com
Beijing adalah ibu kota Negara China dengan populasi penduduk sekitar 9 juta jiwa, kota Beijing memiliki arti nama ‘’Kapital Utara’’ sehingga kota ini dianggao memberikan pengaruh besar terhadapan peradaban China. Beijing memiliki Sejarah yang sudah berusia hingga 3.000 tahun yang lalu dan masih banyak sejarah yang masih dapat dilihat hingga saat ini. Beberapa tempat wisata menarik yang dapat dikunjungi para wisatawan selama di Kota Beijing adalah Tiananmen Square, Kota Terlarang, dan Museum Nasional China.

2. Tembok Besar China
tempat wisata China,,tembok besar china
Tembok Besar China, By. travel.grivy.com
Tembok Besar China adalah wisata utama dan paling populer di negeri tirai bambu, bangunan ini didirikan dari kumpulan dinding-dinding kecil yang dibangun oleh berbagai dinasti selama bertahun-tahun di China. Pembangunan dinding ini didirikan untuk perlindungan dari invasi oleh orang-orang dari utara. Tembok Besar China ini sendiri, memiliki sejarah yang sudah berlangsung selama lebih dari 2000 tahun yang lalu, Panjang tembok ini diperkirakan sekitar 8.800 km atau setara dengan 5.500 mil, meskipun beberapa bagian telah mengalami kehancuran karena dimakan umur bangunan ini tetap meberikan kesan kemegahan bagi para pengunjungnya. Tembok raksasa China merupakan struktur bangunan buatan manusia terpanjang di dunia.

3. Air Terjun Jiulong
tempat wisata China,Air Terjun Jiulong
Air Terjun Jiulong, By. www.zonaunik.com
Air Terjun Jiulong atau sering dikenal dengan Air Terjun Sembilan Naga merupakan sebuah kompleks air terjun yang terletak di pegunungan karst yang ada di wilayah Luoping di Provinsi Yunnan.  Seperti namanya, Air Terjun Sembilan Naga mempunyai sembilan buah air terjun utama, setiap air terjun mempunyai namanya masing-masing. Air terjun yang paling terkenal  namanya adalah Air Terjun Shenlong dengan ketinggian mencapai 70 meter dan lebar 100 meter lebih. Selain pemandangan Air Terjun Sembilan Naga, di tempat ini para wisatawan juga dapat menikmati indahnya pemandangan bunga-bunga Kanola.

4. Gunung Huang
tempat wisata China,gunung huang
Gunung Huang, By. www.belajartionghoa.com
Gunung Huang merupakan salah satu tempat wisata alam terbaik yang ada di China. Pegunungan ini terletak di China bagian timur, dikenal juga sebagai Yellow Mountain. Tempat menyuguhkan sebuah pemandangan alam yang menakjubkan, sehingga cocok menjadi salah satu tujuan wisata bagi para wisatawan yang ingin berplesir ke China. Pegunungan ini semakin memberikan kesan nyaman dengan berdirinya pohon-pohon pinus yang tertata rapi serta indahnya puncak granit. Ada pula batu yang diukir pada zaman kuno, yaitu sekitar 60 langkah batu. Sungguh wisata yang memanjakan mata.

5. Kota Shanghai
tempat wisata China,kota shanghai
Kota Shanghai, By. www.tribunnews.com
Kota Shanghai terletak di Laut Cina bagian Timur tepatnya muara Sungai Yangtze, Shanghai merupakan kota terbesar dan kota yang paling berkembang di Cina. Gedung-gedung pencakar langit dan pusat perbelanjaan modern banyak terdapat di kota ini. hotel-hotel mewah dan pusat seni bergengsi yang banyak terdapat juga di kota Shanghai. Kota Shanghai dapat di bilang sebagai kota paling mewah dan glamour di China. Kota ini seakan-akan tidak pernah tidur , banyaknya aktivitas dan pertunjukan di malam hari membuat tempat ini layak menjadi kota tersibuk di China. Kota Shanghai merupakan salah satu tujuan wisata terpopuler di China selain kota Beijing dan Guangzhao.

6. Gua Mogao
tempat wisata China,gua mogao
Gua Mogao, By. www.anekawisata.com
Gua Mogao wisata populer lainya yang ada di China, Gua Mogao membentuk sebuah sistem 492 kuil 15,5 mil atau 25 km dari pusat Dunhuang. Didalam gua ini terdapat banyak sekali seni-seni kreasi Buddha yang sangat unik dan menarik, bahkan hasil seni ini telah ada sejak berabad-abad yang lalu. Awal dibangun Buddha ini yaitu pada 366 Masehi. Dulunya digunakan untuk menyimpan seni dan juga kitab suci. Saat ini tempat ini menjadi tempat wisata di China yang populer dan unik untuk dikunjung

7. Jiuzhaigou
tempat wisata China,Jiuzhaigou
Jiuzhaigou, By.  en.wikipedia.org
Jiuzhaigou adalah sebuah lembah yang indah serta dikelilingi dengan banyak air terjun, pegunungan karst yang tertutup salju, pirus dan danau berwarna hijau yang begitu jernih, dan orang bisa melihat sampai kebagian dasar danau tersebut. Jiuzhaigou juga merupakan habitat bagi panda raksasa fauna khas negeri tirai bambu, Panda Raksasa biasanya akan bersembunyi ketika banyak wisatawan yang berkunjung ke tempat ini, jadi sangat beruntung jika para wisatawan dapat berpapasan langsung dengan hewan lucu yang besar itu.

8. Istana Potala
tempat wisata China,istana potala
Istana Potala, By. www.mobgenic.com
Istana Potala terletak sekitar 130 meter diatas lembah Lhasa adalah sebuah Istana kuno di China dengan arsitektur yang sangat menarik dan menawan. Istana ini mulai dibangun pada tahun 1645. Istana Potala saat ini telah menjadi tempat wisata populer di China. Bagi yang sempat berkunjung ke anda akan merasakan sensasi ala zaman dinasti di China, menarik bukan.

9. Hongkong
tempat wisata China, hongkong
Hongkong, By. www.startupbootcamp.org
Hongkong terletak di lepas pantai tenggara China, Hong Kong adalah pusat kota dengan gedung-gedung tinggi yang berkilauan serta salah satu pusat komersial terbesar di dunia. Hongkong merupakan kota dengan perpaduan budaya Cina, pengaruh kolonial Inggris dan modern. Hongkong bukan hanya memiliki gedung-gedung pencakar langit tertinggi di dunia, akan tetapi salah satu kota Tempat wisata di China ini juga menawarkan banyak ruang hijau, pemandangan pegunungan dan juga pantai.

10. Guangzhao
tempat wisata China,belanja Guangzhou
Guangzhao, By. lifestyle.okezone.com
Jika mencari tempa belanja murah di China, Guangzhao adalah tempat yang tepat untuk dikunjungi, disini para pelancong dapat menemukan kawasan industri rumahan yang memproduksi berbagai macam kebutuhan sehari-hari. Dan di Guangzhou berdiri berbagai macam pusat gosir murah seperti grosir kaos dan pakaian, gaun dan pakaian yang sama dengan kualitas butik, sepatu, tas, jam tangan,  handphone dan sebagainya. Karena saking banyak dan luasnya, sehari saja tidak cukup untuk menjajaki seluruh pusat grosir tersebut. Mengenai harga tidak usah khawatir, di tempat ini barang-barang dijual dengan harga murah dan masih dapat di tawar.

#SalamSukses
#MRioAldino


luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com
Location: China

0 comments: