Monday, February 8, 2016

Profil Negara Bhutan, Kerajaan Indah di Asia Selatan

bendera bhutan
Bendera Bhutan, By. eeigdenmark.com
 Bhutan adalah sebuah negara kerajaan yang terletak di wilayah Asia Selatan tepatnya di antara India, Cina, dan Pegunungan Himalaya. Luas wilayah negara Bhutan sekitar 38.394 km2 dengan populasi penduduk sebesar 742.737 jiwa. Nama lokal negara ini ialah Druk Yul yang berarti "Negara Naga". Gambar nagapun dapat ditemukan pada bendera negara Bhutan. Bhutan juga disebut sebagai “Shangrilla di kaki gunung Himalaya” yang 97% rakyatnya menganggap diri mereka sangat berbahagia.Bukannya kebahagiaan yang berasal dari pemuasan nafsu dunia fana, melainkan berasal dari iman dan konsep tahu-cukup.Orang Bhutan beranggapan kemiskinan yang sesungguhnya adalah apabila tak mampu beramal kepada orang lain, mereka sudah sangat puas asalkan memiliki sawah dan rumah. Bhutan merupakan negara dengan bentuk pemerintahan monarki konstitusional sejak tahun 2007.

Profil Negara Bhutan

Nama Resmi               : Kerajaan Bhutan (Druk Yul)
Ibukota                        : Kota Thimphu
Bentuk Pemerintahan : Monarki Konstitusional (sejak 2007)
Luas Wilayah              : 38.394 km2
Jumlah Penduduk       : 742.737 jiwa.
Agama Mayoritas        : Buddha Tibet
Bahasa Resmi             : Dzongkha, Bahasa Nepal di selatan
Mata Uang                   : Ngultrum
Perkapita                     : $2.730
Lagu Kebangsaan       : Druk tsendhen

Pemerintahan Bhutan

Bhutan merupakan negara dengan bentuk pemerintahannya monarki konstitusional sejak tahun 2007, kepala negaranna ialah seoang raja sedangkan kepala pemerintahannya ialah seorang perdana menteri. Legislatif di Bhutan berbentuk parlemen engan pembagian atas majelis tertinggi dan majelis terendah. Raja Bhutan saat ini bernama Jigme Khesar Namgyel Wangchuck sementara perdana menterinya bernama Tshering Tobgay.

Penduduk Bhutan

Berdasarkan perhitungan terakhir, populasi penduduk Bhutan hanya sebesar 742.737 jiwa. Beberapa etnis yang ada di negara Bhutan ialah etnis Bhurtan, Ngalop, Sharchop, dan sisanya etnis Nepal. Mayoritas penduduk Bhutan menganut agama Budha Tibet dan menggunakan bahasa Dzongkha sebagai bahasa resmi untuk berkomunikasi seharihari.

Perekonomian Bhutan

Saat ini perekonomian Bhutan mulai menuju ke arah yang baik meskipun luas wilayah negara ini tidaklah seberapa, per kapita negara Bhutan saat ini ialah U$D 2.730/tahun, salah satu negara dengan pendapatan perkapita tertinggi di kawasan Asia Selatan. Bhutan merupakan salah satu negara agraris sehingga mayorias penduduknya bekerja pada sektor pertanian, peternakan, dan kehutanan.

Wisata di Bhutan
            Sepertihalnya negara Nepal yang berdekatan dengan kwasan pegunungan Himalaya, Bhutan juga merupakan salah satu negara yang letaknya berdekatan dengan pegunungan Himalaya. Bhutan ternyata memiliki beberapa destinasi wisata yang indah dan menarik untuk dikunjungi. Nah, berikut beberapa destinasi wisata menarik yang ada di negara Bhutan.

1. Kota Thimphu
Wisata negara Bhutan, Kota Thimphu
Kota Thimphu, By. bintangmars.web.id
Jika berkunjung ke Bhutan wisatawan wajib bertandang ke ibukota Bhutan yaitu kota Thimphu. Thimphu merupakan pusat dari pemerintahan, agama, dan bisnis di Bhutan. Thimpu termasuk kota yang unik dengan arsitektur-arsitektur bangunan yang cantik dengan mencampurkan kebudayaan  modern dan kuno. Tempat menarik yang dapat wisatawan kunjungi selama berada di kota Thimphu ialah seperti Stupa Bersejarah Memorial Chorten, Traditional Medicine Institute, museum cerita rakyat, museum tekstil dan masih banyak lagi.

2. Tiger’s Nest Monastery
Wisata negara Bhutan, Tiger’s Nest Monastery
Tiger's Nest Monastery, By. www.tigersnestbhutan.com
Wisata menarik selanjutnya di Bhutan ialah Tiger’s Nest Monastery yaitu sebuah tempat pertapaan yang dibangun pada abad ke-8. Pertapaan ini dikenal sebagai salah satu temat terindah dan menakjubkan untuk melihat pemandangan alam yang ada di kerajaan Bhutan.

3. Bukit Phobjikha
Wisata negara Bhutan,  Bukit Phobjikha bhutan
Bukit Phobjikha, By. www.starhero.info
Wisata menarik selanjutya di Bhutan ialah Bukit Phobjikha yaitu sebuah bukit es yang indah dan tenang, berwisata ke tempat ini akan membawa suasana seolah-olah wisatawan kembali pada suasana masa lampau.

4. Festival Punakha
Wisata negara Bhutan, Festival Punakha
Festival Punakha, By. www.123rf.com
Nah, Bhutan juga memiliki sebuah festival unik dan sayang untuk dilewatkan jika berkunjung ke sana. Festival Punakha merupakan sebuah festival yang penuh dengan warna dan keceriaan di Bhutan. Setiap tahun, penduduk lokal dan turis bersama-sama akan merayakan kejayaan Kerajaan Bhutan saat melawan penjajah pada abad ke-17.

5. Kuil Druk Wangyal Lhakhang
Wisata negara Bhutan,  Kuil Druk Wangyal Lhakhang bhutan
Tradisi Bhutan, By. semestafakta.wordpress.com
Bhutan juga dikenal akan keindahan arsitektur kuil dan bngunanya. Salah satu kuil terindah di Bhutan ialah kuil Drukwangyal Lhakhang yang terletak di Dochu La Pass, pahatan dan arsitektur dari kuil ini sangat berbeda dari kuil-kuil lain yang ada di negeri ini. Lokasi kuil yang juga berdekatan dengan pegunungan Himalaya tentu akan menambah kesan indah pada destinasi wisata yang satu ini.

6. Museum Nasional Bhutan
Wisata negara Bhutan, Museum Nasional Bhutan
Museum Nasional Bhutan, By. www.tripadvisor.co.id
Nah, jika ke Bhutan juga jangan lupa untuk mengunjungi Museum Nasional Bhutan yang terletak di Paro Dzong. Di Museum ini wisatawan akan dibawa untuk dapat mengetahui sejarah kerajaan Bhutan secara lebih mendalam melalui topeng-topeng serta manukrip yang berumur ribuan tahun.

7. Kota Bhumtang
Wisata negara Bhutan,  Kota Bhumtang
Bhumtang, By. www.asanteholidays.com
Selama di Bhutan wisatawan juga dapat mengunjungi kota Bumthang yang memiliki pesona tersendiri diantara kota-kota lainnya yang ada di Bhutan. Wilayah Bhumtang merpakan wilayah yang paling bernuansa spiritual di Bhutan karena kota ini merupakan salah satu kota agama yang ada di Bhutan. Tempat menarik yang dapat wisatawan kunjungi di kota Bhumtang ialah Empat lembah kecil yaitu Tang, Ura, Choekhor dan Chumey ada ditempat ini, beberapa tempat suci seperti Tamshing Lhakhang, Jambay Lhakhang, Kurje Lhakhang, Jakar Dzong, Konchogsum Lhakhang, dan masih banyak lagi.

8. Lembah Haa
Wisata negara Bhutan,  Lembah Haa di bhutan
Lembah Haa, By. www.terasmamuju.com
Wisata alam cantiklanya yang ada di Bhutan ialah Lembah Haa. Di tempat ini wisatawan akan melihat pemandangan Pegunungan Himalaya yang indah , hutan rhododendron, serta masih banyak lagi.

9. Taman di Tashichho Dzong
Wisata negara Bhutan, Taman Tsalah Tashichho Dzong bhutan
Tashichho Dzong, By. segaratours.com
Wisata Selanjutnya ialah Taman Tsalah yang terletak di Tashicho Dzong merupakan salah satu destinasi wisata terbaik dan terindah yang ada di negara kerajaan ini. Tempat ini sangatlah tenang dan cocok untuk wisatawan yang ingin mencari suasana sunyi dan damai.

10. Kota Punakha
Wisata negara Bhutan, kota punakha bhutan
Punakha, By. www.tripfun.tours
Wisata menarik terakhir yang dapat wisatawan kunjungi selama di Bhutan ialah kota Punakha. Punakha merupakan salah satu kota yang tenang dan damai di Bhutan. Beberapa tempat wisatawan kunjungi selama berada di Punakha ialah seperti Chimi Lhakhang, Desa Punakha Ritsha,  Khamsum Yulley Namgyal Chorten, Sangchhen Dorji Lhuendrup Lhakhang Nunnery, Limbukha, Nalanda Buddhist College, Talo, dan pemandian air panas di Gua Koma Tsachu.


luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com
Location: Bhutan