Thursday, February 4, 2016

Profil Negara Maladewa Surganya Wisata Laut

negara maladewa
Maladewa Flag, By. www.mapnall.com
 Maladewa merupakan sebuah sebuah negara kepulauan di Samudra Hindia yang dibentuk oleh rantai ganda dari dua puluh enam atol yang membentang ke utara dan selatan. Ia berdiri di Laut Laccadive, 402 km (250 mil) selatan-barat India. Luas negara Maladewa secara keseluruhan ialah sekitar 298 km2 dan setidaknya ada 1.192 pulau di kepulauan Maladewa, dan hanya dua ratus pulau saja yang dihuni. Ibukota negara Maladewa adalah Kota Malé, dengan populasi sekitar 341.256 jiwa, Maladewa adalah negara Asia terkecil dalam hal penduduk dan memiliki lahan yang luas . Dengan ketinggian tanah sekitar 1,5 meter di atas permukaan laut, menjadikan negara ini salah satu negara terendah di planet bumi. Titik tertinggi di negara Maladewa  adalah 2,3 meter diatas permukaan laut. Maladewa terkenal akan keindahan-keindahan destinasi wisatanya terutama wisata pantai dan pulau, banyak turis mancanegara yang senang berlibur ke negara ini. Mayoritas penduduk Maladewa beragama Islam.

Profil Negara Maladewa

Nama Resmi          : Republik Maladewa
Pemerintahan        : Republik Presidensial
Ibukota                   : Male
Luas Wilayah         : 298 km2
Jumlah Penduduk  : 341.256 jiwa
Agama Mayoritas   : Islam
Mata Uang             : Rufiyaa Maladewa
Kemerdekaan         : 26 juli 1965
Perkapita                : U$D 8.342
Lagu Kebangsaan  :  Gownee Saalam

Pemerintahan Maladewa

Kepulauan Maladewa merupakan salah satu negara dengan bentuk pemerintahan Republik Presidensial dengan Presiden sebagai kepala negaranya dan Rayyithunge Majilis sebagai dewan legislatif. Maladewa memperoleh kemerdekaannya pada tanggal 26 Juli 1965 dari koloniali Britania Raya. Maladewa juga memiliki 7 propinsi masing-masing terdiri dari divisi administrasi. Ibu kota negara ini ialah kota Male sekaligus menjadi kota terbesar di negara ini.

Penduduk Maladewa

Maladewa merupakan salah satu negara di Asia dengan jumlah penduduk terkecil, jumlah penduduk Maladewa saat ini diperkirakan sekitar 341.256  jiwa. Etnis yang tersebar di negara ini antara lain Sinhalese, DravidiaBangsa Dravida, Arab, dan Afrika berkulit hitam. Hanya ada satu etnik minoritas di negara ini, yaitu Suku Indian. Penduduk Maladewa juga dikenal dengan sebutan orang Divehi Mereka menamakan negara mereka Divehi rājje yang berarti Kerajaan Kepulauan. Secara etnografi, orang Divehi dibagi menjadi tiga kelompok yaitu kelompok utama penduduk Maldives yang menempati IhavandippuỊu (Haa Alif) hingga Haddummati (Laamu), kelompok selatan Maladewa yang mendiami tiga atol paling selatan di ekuator, dan penduduk Minicoy yang menempati pulau sepanjang 10 km dibawah administrasi India.  Mayoritas penduduk di Maladewa menganut agama islam dan menggunakan bahasa Divehi sebagai bahasa resmi dan bahasa sehari-hari.

Perekonomian Maladewa

Sudah dapat dilihat jika perekonomian Maladewa banyak bertumpu pada sektor Pariwisata karena banyaknya destinasi wisata yang menarik di negara kepulauan ini. Selain sektor pariwisata yang menjadi tulang punggung perekonomian Maladewa, kegiatan ekspor ikan tuna juga menjadi salah satu pendapatan penting negara Maladewa. Sebanyak 90% dari total produk perikanan yang diekspor oleh Maladewa merupakan produk tuna segar, tuna kering, tuna beku, tuna yang diasinkan, dan tuna kaleng. Kondisi tanah Maladewa yang kurang subur menyebabkan hasil tanam di negara ini sangat terbatas, hanya beberapa tanaman seperti kelapa, pisang, sukun, pepaya, mangga, talas,ubi, dan bawang yang dapat tumbuh di area negara ini. Hal ini juga menyebabkan sebagian besar makanan harus diimpor dari luar negeri. Sementara untuk sektor Industri, negara ini bergerak di bidang industri pembuatan kapal, kerajinan tangan, pengalengan tuna, serta produksi pipa PVC, sabun, mebel, dan produk makanan.  Pendapatan perkapita negara Maladewa mencapai U$D 8.342/tahun.

Wisata di Maladewa

            Sudah jelas jika negara Maladewa merupakan salah satu negara kepulauan terindah di dunia, dapat dibilang negara ini menyimpan segudang tempat wisata yang indah dan mempesona. Banyak turis asing yang berlibur ke negara ini, maka, apa saja tempat wisata yang ada di Maladewa? Berikut beberapa tempat wisata menarik yang ada di Kepulauan Maladewa.

1. Banana Reef
Wisata di Maladewa, banana reef maldives
Banana Reef, By. karusantravels.com
Tempat wisata menarik pertama yang ada di Maladewa ialah Banana Reef terletak di bagian utara atol Male.  Disebut Banana Reef, karena strukturnya memiliki bentuk seperti pisang yang memanjang sekitar 300 meter dari utara ke selatan. Banana Reef merupakan salah satu tempat untuk melihat keindahan kerang bawah laut di Maldives, di mana wisatawan dapat menemukan Napoleon Wrasse, Moray Eels dan Bannerfish yang langka. Selain itu tempat ini juga dikenal sebagai tempat wisata menyelam terbaik yang ada di Kepulauan Maladewa.

2. Pantai Pulau Cocoa
Wisata di Maladewa, Pantai Pulau Cocoa
Pantai Pulau Cocoa, By. alimanews.blogspot.com
Maladewa memang terkenal dengan wisata pantainya yang indah salah satunya ialah Pantai pulau Cocoa, pantai menawarkan keindahan yang  mempesona  dan eksotis dengan putihnya pasir pantai di kelilingi serta deburan ombak laut sehingga menjadikan pantai ini salah satu tujuan favorit wisatawan selama berada di Maladewa. Hal menarik yang dapat wisatawan lakukan disini ialah melakukan scuba diving yang tentu dilengkapi dengan fasilitas resort berkualitas.

3. Biyadhoo Island Resort
Wisata di Maladewa, Biyadhoo Island Resort
Biyadhoo Island Resort, By. discountmaldiveshotels.com
Wisata selanjutnya ialah Biyadhoo Island Resort merupakan salah satu wisata pulau dan pantai terkenal di Maladewa. Pulau ini dikenal sebagai salah satu tempat terbaik untuk melakukan aktivitas air seperti diving dan snorkeling di Maladewa. Setidaknya ada 35 titik menyelam yang baik yang terdapat di pulau ini.

4. Museum Nasional Maladewa
Wisata di Maladewa, Museum Nasional Maladewa
Museum Nasional Maladewa, By. panduanwisata.id
Ternyata Maladewa juga memiliki wisata sejarah yang tak kalah menariknya dengan wisata pantai dan pulau yaitu Museum Nasional Maladewa terletak di pusat ibukota Male dan diresmikan pada tanggal 26 juli 2010 ini merupakan salah satu museum yang tersisa dari Royal Palace masyarakat Male. Di  Museum ini menyimpan berbagai koleksi benda bersejarah era kerajaan Budha, dengan desain interior dinding berbentuk tulisan tangan Al-Qur’an yang terus dipertahankan hingga sekarang. Jika berminat akan wawasan sejarah wisatawan dapat mengunjungi tempat ini.

5. Istana Mulee Aage
Wisata di Maladewa, Istana Mulee Aage
Istana Mulee Aagee, By. jomlahcuti.com
Istana Mulee Aage dibangun oleh Sultan Shamsudden III pada tahun 1906 merupakan salah satu wsata sejarah lainnya yang ada di Maladewa selain Museum Nasional Maladewa. Bangunan ini memiliki warna yang khas dan berbeda dari bangunan lain sehingga mudah untuk dikenali. Ciri khas istana ini adalah atapnya yang berwarna merah dan dinding yang didominasi oleh warna biru dan putih, serta ukirannya berbentuk kipas.

6. Bluetribe Moofushi
Wisata di Maladewa, Bluetribe Moofushi
Bluetribe Moofushi, By. divescover.com
Kembali ke wisata air, terdapat tempat wisata menarik bernama Bluetribe Moofushi di Maladewa. Hal menarik yang dapat wisatawan lakukan di tempat ini ialah dengan melakukan aktivitas olahraga seperti, menyelam,  selancar angin, snorkeling, mendayung kayak, menaiki perahu berpedal, dan aktivitas lainnya. Menarik lagi di Moofushi wisatawan juga dapat melihat hiu paus, ikan pari, dan banyak ikan lainnya sehingga menambah kesan tersendiri bagi para wsatawan yang berkunjung ke tempat ini.

7. Pulau Vaadhoo
Wisata di Maladewa, Pulau Vaadhoo
Sea of Star Vaadhoo, By. www.merdeka.com
Selanjutnya ada pulau vaadho, merupakan pulau berpenduduk dengan populasi pennduduk sekitar 500 jiwa dan pulau ini juga terkenal fenomena alamnya yang indah. Pulau Vaadhoo terkenal dengan sebutan “sea of star” karena adanya phytoplankton yang memiliki sifat bioluminescene atau memancarkan sinar terang disini. Fenomena ini tidak berlangsung setiap saat maka beruntunglah bagi para wisatawan yang dapat melihat fenomena tersebut.

8. Kepulauan Vabbinfaru
Wisata di Maladewa, pulau Vabbinfaru maladewa
Vabbinfarru, By. travel.kompas.com
Selain pulau Vaadhoo yang menarik dengan fenomena sea of star nya, Maladewa masih memiliki wisata pulau yang indah dan menarik untuk dikunjungi yaitu kepulauan Vabibinfaru merupakan salah satu pulau tropis yang ada di Maladewa dan menawarkan eksotika pantai-pantai dengan pasir putihnya yang berkilau. Selain itu resort di pulau dilengkapi dengan makanan internasional yang dapat melengkapi aktivitas anda selama di pulau ini.

9. Hukuru Miskiiy
Wisata di Maladewa,  Hukuru Miskiiy
Hukuru Miskiiy, By. www.tripadvisor.com
Hukuru Miskiiy atau yang juga dikenal sebutan Old Friday Mosque merupakan masjid tertua yang ada di Maladewa. Arsitektur masjid terlihat menakjubkan, dan dinding-dinding batu karang dengan ukiran berbagai pola dan kaligrafi Arab yang benar-benar luar biasa. Tempat ini sangat cocok bagi wisatawan yang ingin mengenal Islam di Maladewa lebih jauh. Selain itu, di Hukuru Miskiiy juga terdapat makam para sultan, pahlawan, dang bangsawan asal Maladewa.

10. Utheemu Ganduvaru
Wisata di Maladewa, Utheemu Ganduvaru
Utheemu Ganduvaru, By. www.vaguthu.mv
Wisata menarik terakhir yang ada di Maladewa ialah tempat bersejarah Utheemu Ganduvaru. Disini merupakan tempat tinggal bersejarah dimana Sultan Mohamed Thankurufaan pernah tinggal. Mohamed Thankurufaan dianggap sebagai salah satu pahlawan Maladewa, dan memperoleh penghormatan tertinggi dari penduduk Maladewa atas tindakan heroiknya yang berjuang atas nama keselamatan bangsa dari penaklukan bangsa Portugis. Situs bersejarah ini terletak di Utheemu, yang merupakan sebuah pulau berpenghuni di utara Maladewa.

#SalamSukses
#MRioAldino


luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com
Location: Maldives