Wednesday, February 3, 2016

7 KEPALA NEGARA DENGAN GAJI TERENDAH di DUNIA

Sejatinya seorang pemimpin ialah mereka yang berani tampil paling awal ketika anggotanya memperoleh goncangan atau masalah, hal itu tentu terjadi pada pemimpin-pemimpin negara di dunia ini. Presiden, Perdana Menteri, Raja, bahkan Sultan pun memiliki tugas berat dalam menjaga kestabilan suatu negara, tentu mereka juga mendapat balasan atas pengabdian yang mereka berikan untuk negara yaitu berupa gaji. Tapi apa jadinya jika mereka hanya memperoleh gaji rendah sementara tugas yang mereka emban sangatlah berat? Nah, berikut merupakan gaji kepala negara terendah di dunia.

1. Paus Fransiskus-Vatikan
Kepala Negara Dengan Gaji Terendah di Dunia, paus fransiskus
Paus Fransiskus, By. www.akuomk.com
Paus Francis dikenal sebagai pemimpin Katolik dan Vatikan, secara teknis Paus bukanlah presiden. Paus Francis merupakan penguasa mutlak di Kota Vatikan, negara terkecil di dunia dan ia juga sebagai kepala Gereja Katolik Roma dan Uskup Roma.  Paus Francis tidak digaji sepeserpun ia mengklaim bahwa ia hidup untuk gereja bukan untuk uang.

2. Hamid Karzai- Afghanistan
Kepala Negara Dengan Gaji Terendah di Dunia,Hamid Karzai
Hamid Karzai, By. www.telegraph.co.uk
Kepala Negara dengan gaji terendah di posisis kedua adalah Hamid Karzai, pria yang lahir pada tahun 1957 ini berasal dari keluarga politik, ayahnya adalah Wakil Ketua Parlemen pada 1960, kakeknya adalah Wakil Ketua Senat pada 1920 dan pamannya adalah wakil Afghanistan di PBB pada era 1960-an. Karzai merupakan lulusan ilmu politik di Universitas Himachal Pradesh di India dan memperoleh gelar master. Ada beberapa kontroversi mengenai gaji Karzai, seperti pada 2010, dilaporkan dia secara resmi menerima gaji US$525 per bulan.

3. Jose Mujica – Uruguay
Kepala Negara Dengan Gaji Terendah di Dunia,Jose Mujica
Jose Mujica, By. www.popularresistance.org
Di posisi ke-3 sebagai kepala negara dengan gaji terendah ialah Presiden Uruguay Jose Mujica, ia hanya menerima gaji sekitar US$ 15.000 atau sekitar Rp 204 kuta per tahun. Mujica dikenal sebagai salah satu pemimpin paling dermawan di dunia. Gajinya yang sebenarnya adalah US$ 144 ribu atau sekitar Rp 1,9 miliar, tapi dia mendonasikan 90 persen dari gajinya itu untuk disumbangkan. Mujica juga dikenal sebagai Presiden paling miskin di dunia, dia tidak punya rekening bank hanya memiliki utang yang sangat sedikit. Jose Mujica hidup di rumah sederhana dipenuhi kebun dan bunga bersama istrinya. Kendaraan kesayangan yang ia tunggangi hanya mobil Volkswagen (VW) tahun 1987. Dan kendaraan resminya sebagai Presiden adalah Chevrolet Corsa yang disebutnya, ‘Mobil Kepresidenan’. Dalam menjalankan tugas pun presiden ini hanya memakai pakaian yang sederhana tanpa jas yang melambangkan karakter seorang presiden.

4. Macky Sal – Presiden Senegal
Kepala Negara Dengan Gaji Terendah di Dunia, Macky Sall senegal
Macky Sall, By. www.africatopsuccess.com
Macky Sall merupakan Presiden Senegal, ia telah menjabat sebagai Presiden sejak April 2012. Pria 53 tahun ini tumbuh dari keluarga miskin. Dia menjadi Perdana Menteri Senegal sejak 2004 hingga 2007, dan dia juga pernah menjabat sebagasi Walikota Fatick selama dua periode. Fatick adalah kampung halaman Micky Sall. Dalam sethaun, Sall mendapatkan bayaran US$ 15.600 atau setara Rp 213 juta. Gaji bulanannya sebagai Presiden senegal saat ini hanyalah U$D 1.300, lebih tinggi dibanding dua Presiden terdahulunya tyakni Abdou Diouf dan Abdoulaye Wade yang hnaya mendapatkan US$ 867.

5. Beji Caid Essebsi – Tunisia
Kepala Negara Dengan Gaji Terendah di Dunia, Beji Caid Essebsi
Beji Caid Essebsi, By. www.amipnewsonline.org
Beji Caid Essebsi adalah Presiden negara Tunisia, ia menjabat sejak 2014. Gaji Presiden Tunisia yang dijabat Beji saat ini adalah sekitar US$ 1.350 per bulan atau US$ 16.000 per tahun, setara dengan Rp 218 juta. Hal ini terjadi semenjak kepemimpinan presiden sebelumnya yaitu Moncef Marzouki, ia menyatakan keputusannya untuk memangkas 2/3 gajinya di 2014. Marzouki akhirnya hanya mendapatkan gaji US$ 12.000 dari bayaran kotor US$ 19.000. Moncef beropini jika negara harus menjadi contoh untuk menangani memburuknya situasi keuangan negara. Dia telah memerintahkan pengurangan biaya kepresidenan.

6. Xi Jinping- China
Kepala Negara Dengan Gaji Terendah di Dunia, Xi Jinping
Xi Jinping, By. www.telegraph.co.uk
Buktinya Presiden China Xi Jinping menduduki peringkat ke-6 sebagai Kepala Negara yang mendapatkan gaji terendah, pendapatan Xi Jinping hanya sebesar U$D 22.300 atau sekitar Rp 304,5 juta per tahun. Padahal China merupakan salah satu negara dengan tingkat perekonomian dan industri terbesar di dunia, ternyata hal itu tidak menjamin jika pemimpin negarannya akan memperoleh gaji yang besar. Meski sudah mengalami kenaikan, gaji sang Presiden dinilai masih rendah dibanding rekan-rekannya di negara lain. Gaji bulanan Xi naik dari U$D 1.120 menjadi US$ 1.854 sebagai hasil dari kebijakan kenaikan gaji.

7. Pranab Mukherjee – India
Kepala Negara Dengan Gaji Terendah di Dunia, Pranab Mukherjee
Pranab Mukherjee, By. indilens.com
Di posisi ke7 sebagai kepala negara bergaji rendah ialah Presiden India yaitu Pranab Mukherjee. Dalam setahun, Mukherjee hanya mendapatkan gaji sebesar US$ 28.800 atau sekitar Rp 393 juta (kurs Rp 13.657 per dolar). Per bulan, Presiden ini mendapatkan Rp 32,7 juta, dan termasuk salah satu yang terendah di dunia. Akan tetapi, Mukherjee tinggal di sebuah bangunan mewah yakni Rasahtrapathi Bhavan, sebuah gedung besar dengan 340 kamar. Dia juga punya 200 staf untuk merawat gedungnya tersebut.

Untuk gaji Presiden negeri kita sendiri Indonesia dimana saat ini Bapak Presiden kita dijabat oleh Ir. H. Jokowidodo hanya memperoleh pendapatan sebesar Rp. 62.496.800 per bulan. Kita berharap berapapun gaji yang diperoleh oleh pemimpin-pemimpin negara tersebut tidak menjadi ganjalan bagi mereka dalam menunaikan tugas negara. Semoga pemimpin-pemimpin dunia tersebut selalu dapat menjalankan tugas mereka dengan sebaik mungkin demi kesejahteraan rakyat dan kebaikan negara mereka masing-masing.



luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com

0 comments: