Wednesday, February 10, 2016

10 BEASISWA DALAM dan LUAR NEGERI TERKENAL di INDONESIA

beasiswa dalam dan luar negeri
Beasiswa, By. upb.ac.id
            Bagi teman-teman yang ingin atau akan melanjutkan kuliah ke luar negeri dengan jalur beasiswa atau dengan biaya yang ringan. Berikut akan diberikan informasi mengenai beberapa beasiswa luar dan dalam negeri yang terkenal dan patut untuk teman-teman coba daftar. Nah, berikut ini uraiannya satu-persatu.


Nah, beasiswa favorit pertama untuk mahasiswa Indonesia apa lagi kalau bukan LPDP. Beasiswa ini diberikan langsung oleh Lembaga pengelolah dana pendidikan (LPDP) setiap tahunnya, LPDP sendiri memberikan beasiswa khusus untuk program S2,S3, beasiswa Tessis, serta beasiswa Disertasi. LPDP juga memberikan beasiswa Afirmasi, salah satu yang paling banyak diburu yaitu beasiswa Indonesia Presidential Sholarship. Beasiswa LPDP teridiri atas beasiswa dalam dan luar negeri. Pendaftaran beasiswa LPDP biasanya dibuka 4 gelombang dalam setiap tahunnya, makanya selalu check web LPDP ya biar nggak ketinggalan informasi. 


Selanjutnya ada beasiswa Fulbright yang merupakan salah satu beasiswa luar negeri dengan reputasi global. Beasiswa Pemerintah Amerika Serikat ini ditawarkan ke 155 negara dengan sekitar 7.500 beasiswa dialokasikan setiap tahunnya. Selain ditujukan bagi pelajar mancanegara, Fulbright juga disiapkan bagi warga Amerika Serikat itu sendiri. Setidaknya 294 ribu tercatat sebagai alumni penerima Fulbright. Di Indonesia, beasiswa Fulbright dikelola melalui AMINEF, lembaga yang mengurusi kerjasama pertukaran pelajar AS – Indonesia. Beasiswa Fulbright ditawarkan dalam berbagai jenis, di antaranya Fulbright Master of Science & Technology Initiative Degree Program, Fulbright-DIKTI Master’s Degree Program, Fulbright Presidential Scholarship, Fulbright-Freeport Master’s Degree Program, dan beberapa jenis lain. Kelebihan beasiswa ini dimana penerima beasiswa diberi kesempatan untuk melanjutkan kuliah di berbagai kampus ternama di AS. Peluang ini sangat terbuka bagi teman-teman mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 atau S3. Selain menanggung biaya kuliah, Fubright juga menyiapkan tunjangan buku, uang saku bulanan, tiket pesawat, dan asuransi kesehatan. Check terus infonya ya.


Berikutnya ada Beasiswa Erasmus +, beasiswa yang juga terkenal di kalangan mahasiswa/i yang ingin melanjutnkan study di benua biru Eropa. Beasiswa ini dikelola dengan dana yang besar karena melibatkan konsorsium sejumlah negara. Setidaknya ada sekitar 27 negara Eropa ikut andil dalam pemberian beasiswa ini. Pada periode 2009-2013 saja, ada 5.300 beasiswa S2 ditawarkan dan 440 beasiswa disediakan untuk studi S3. Erasmus + sendiri merupakan ajang promosi untuk memperkenalkan negara-negara di Eropa bagi masyarakat luar. Ratusan jenis beasiswa ditawarkan melalui konsorsium yang sudah dibentuk. Keuntungan yang dapat diterima ketka berhasil lolos dalam beasiswa ini ialah pihak pemberi beasiswa akan menanggung semua kebutuhan selama berkuliah mulai dari biaya kuliah di Eropa, biaya hidup, tempat tinggal, asuransi, dan biaya perjalanan.


berbicara tentang Paris, siapa yang tidak ingin berkunjung ke negara Eiffel ini apalagi sampai bisa berkuliah di negara fashion ini. Tapi jangan khawatir banyak jalan untuk menuju Paris salah satunya bagi teman-teman mahasiswa yang sedang atau akan mencari beasiswa keluar negeri beasiswa Eiffel dapat enjadi pertimbangan besar untuk dicoba. Seperti halnya DAAD, beasiswa Eiffel menawarkan kesempatan studi S2 dan S3 di sejumlah universitas di Perancis. Pelamar yang berhasil menembus beasiswa ini akan mendapatkan tunjangan bulanan 1.000 - 1.400 euro, tiket perjalanan, asuransi kesehatan, dan tunjangan akomodasi. Biaya hanya dikeluarkan ketika melakukan pendaftaran di universitas yang dituju. Sementara biaya kuliah, Pemerintah Perancis memberikan bantuan sekitar 10.000 euro, baik warga Prancis maupun asing. Biaya kuliah di Perancis sendiri terbilang murah, sehingga banyak di antara mereka yang tidak mempermasalahkan itu.


Kembali kedalam negeri, selain LPDP Indonesia masih memiliki sejumlah lembaga penyedia beasiswa terkenal sepertihalnya beasiswa yang dikeluarkan oleh Kemenristek Dikti. Beasiswa pemerintah ini diberikan bagi mahasiswa Indonesia yanh ingin berkuliah secara  Nasional maupun Internasional. Beasiswa ini dibagi menjadi dua kategori, yaitu beasiswa bagi mahasiswa berprestasi dan beasiswa bagi mahasiswa kurang mampu. Untuk lebih jelas sering-sering berkunjung ke Websitnya Dikti ya.


Nah, bagi mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikannya di Eropa terkhususnya Jerman, beasiswa DAAD dapat menjadi pertimbangan untuk diikuti. Jerman juga dikenal sebagai salah satu negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia bersama Inggris dan USA. Beasiswa ini ditawarkan bagi mahasiswa internasional dan profesional muda dari sejumlah negara berkembang di dunia , baik di kawasan Afrika, Asia, Amerika Selatan dan Tengah, serta Eropa Timur. Setiap tahun beasiswa DAAD membuka pendaftaran. Penerima beasiswa akan mendapatkan tanggungan biaya kuliah, biaya perjalanan, asuransi kesehatan, dan tunjangan lain. Setiap tahun sekitar 70.000 beasiswa diberikan.


Selain Eropa dan USA, di benua Asia juga terdapat beberapa beasiswa yang terkenal dan patut untuk dipertimbangkan salah satunya ialah Beasiswa Monbukagakusho, beasiswa yang diberikan oleh pemerintah Jepang ini dapat menjadi solusi bagi teman-teman mahasiswa yang berminat melanjutkan studi ke luar negeri terutama di negeri sakura Jepang. Setiap tahun beasiswa pemerintah Jepang ini ditawarkan melalui masing-masing kedutaan, atau berdasarkan rekomendasi universitas di Jepang semisal pertukaran mahasiswa. Beasiswa Monbukagakusho memiliki alumni hingga 92.000 yang tersebar di 160 negara. Setiap tahun ribuan mahasiswa asing kuliah di Jepang melalui beasiswa Monbukagakusho. Beasiswa Monbukagakusho menawarkan sekitar tujuh jenis beasiswa setiap tahun. Lima di antaranya, research students, teacher training students, undergraduate university students, Japanese studies students, dan college of technology students. Benefit yang didapatkan ketika lolos beasiswa ini ialah mendapatkan tanggungan biaya kuliah di Jepang, tiket pesawat PP, biaya masuk ke universitas, serta uang saku bulanan sekitar 143 ribu yen.


Bagi yang ingin melanjutkan pendidikan di negeri Kincir Angin Belanda beasiswa Netherlands Fellowship Programmes (NFP)  patut untuk dicoba. Syarat utama untuk memperoleh beasiswa ini dimana pelamar wajib pengalaman kerja sekurangnya 3 tahun. Beasiswa pemerintah Belanda diberikan kepada para profesional untuk mengambil studi di negeri orange itu, seperti kursus singkat, kuliah S2 (master), atau studi S3 (PhD). Beasiswa NFP tergolong kompetitif karena hanya di 62 negara saja beasiswa ini dubuka termasuk Indonesia, sehingga harus bersaing ketat. Bila lolos, semua tunjangan seperti biaya kuliah, biaya hidup, visa, tiket perjalanan, asuransi kesehatan, dan biaya riset akan ditanggung oleh NFP.


Australia Awards sebelumnya bernama Australian Development Scholarship (ADS) merupakan beasiswa yang dikeluarkan oleh Pemerintah Australia yang khusus ditujukan bagi negara-negara berkembang. Beasiswa Australia Awards  terbuka bagi mahasiswa asal Indonesia, Asia Timur, Afrika Utara, Timur Tengah, Amerika Latin, Pasifik, termasuk Asia Selatan dan Papua Nugini. Beasiswa Australia Awards dikelola oleh AusAID yang telah berdiri sejak 1950. Di Indonesia, beasiswa Australia Awards ditawarkan untuk level studi S2 dan S3 dengan pilihan kuliah di sejumlah universitas Australia. Keuntungan memperoleh beasiswa ini dimana penerima beasiswa akan mendapatkan tanggungan biaya kuliah, tunjangan hidup, pelatihan bahasa Inggris, asuransi kesehatan, tempat tinggal, tiket perjalanan, dan beberapa fasilitas lain. Beasiswa ini selalu dibuka setiap tahun, terus cari infonya ya.


Terakhir ada beasiswa dari National University of Singapura, Peluang beasiswa S1 NUS ini ditujukan bagi teman-teman yang telah menyelesaikan pendidikan SLTA atau saat ini duduk di bangku kelas 12 SMA/sederajat. National University of Singapore (NUS) menawarkan beasiswa S1 untuk jurusan-jurusan yang terkait dengan sains dan teknologi yang ada di kampus mereka. Beasiswa S1 di NUS tersebut dinamai Science & Technology Undergraduate Scholarship.  Secara spesifik, beasiswa S1 yang ditawarkan NUS ini hanya diperuntukkan bagi pelamar dari negara-negara Asia (di luar Singapura), sepeti Indonesia. Sasarannya adalah siswa-siswi berprestasi yang nantinya akan disaring untuk berhak mendapatkan beasiswa ini. Beasiswa S1 di NUS meliputi tanggungan biaya kuliah serta biaya wajib lainnya, tunjangan hidup per tahun sebesar S$ 6.000 (± 58 juta), S$ 200 tunjangan penyisihan satu kali, tunjangan akomodasi tahunan, dan tiket pesawat pp Indonesia – Singapura.  Check terus infonya ya, kapan lagi bisa berkuliah di Singapura gratis.

*Untuk mengetahui info dari masing-masing beasiswa lebih lanjut, silahkan klik judul dari setiap beasiswa di atas, maka akan terhubung kedalam website info bwasiswa yang sebenarnya.

#SalamSukses
#MRioAldino




luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com
Location: Indonesia

1 comments:

cekaja.com said...

terimakaish artikelnya sangat membantu :)


buat teman-teman yang sedang butuh pinjaman, untuk modal atau untuk keperluan lain sebaiknya hati-hati dalam melakukan pinjaman online ya, berikut ada informasi yang harus di ketahui seputar pinjaman online , boleh langsung di klik aja untuk tau lebih lanjut nya ya, terimakasih :)