Tuesday, February 9, 2016

Profil Sri Lanka, Negara Wisata Favorit di Asia Selatan

bendera sri lanka
Sri Lanka Flag, By. id.wikipedia.org
Sri Lanka merupakan sebuah negara pulau di Kawasan Asia Selatan tepatnya di pesisir tenggara India. Nama resmi dari Negara ini adalah Republik Sosialis Demokratik Sri Lanka. Luas wilayah negara ini hanya sekitar 65.610 km2  dengan opulasi penduduk sekitar 20.675.000 jiwa. Pulau ini juga dikenal dengan sebutan Lanka, Lankadeepa, Simoundou, Taprobane, Serendib dan Selan.  Akan tetapi sampai tahun 1972, negara ini dikenal dengan nama Ceylon, sebutan yang diberikan pada masa kolonialisme Inggris. Ibu kota Negara ini bernama Sri Jayawardenapura Kotte. Sri Lanka mendeklarasikan kemerdekaannya pada 4 Februari 1948 dan merupakan anggota negara-negara persemakmuran.

Profil Negara Sri Lanka

Nama Resmi        : Republik Sosialis Demokratik Sri Lanka
Ibukota                 : Sri Jayawardenapura Kotte
Pemeritanah         : Republik Semi-Presidensial
Luas Wilayah        : 65.610 km2 
Jumlah Penduduk : 20.675.000 jiwa.
Agama                   : Budha, Hindu, dan sebagian Kristen serta Islam
Bahasa                  : Sinhala dan Tamil
Kemerdekaan        : 4 Februari 1948
Perkapita               : $3.818/tahun.
Mata Uang             : Rupee Sri Lanka
Lagu Kebangsaan : Sri Lanka Matha

Pemerintahan Sri Lanka

Sri Lanka adalah sebuah Negara persemakmuran yang memiliki bentuk Negara Republik, Kepala pemerintahannya adalah seorang presiden yang dipilih untuk masa jabatan selama enam tahun. Kemudian Presiden mengangkat seorang perdana menteri dan anggota kabinet. Pengangkatan ini berdasarkan suara terbanyak dari hasil pemilihan umum. Negara ini menganut sistem multi partai. Sejak negara ini memperoleh kedaulatan pada tahun 1948, Partai Kemerdekaan Sri Lanka hampir selalu mendominasi pemilihan umum yang diadakan. Partai oposisinya yang paling dominan adalah United National Party.

Penduduk Sri Lanka

            Penduduk Sri Lanka saat ini diperkirakan sebanyak 20.675.000 jiwa dan terdiri atas berbagaii etnis seperti Suku Sinhala berjumlah sekitar 75% yang mayoritas beragama Budha, selanjutnya ada etnis Tamil sekitar 18% yang mayoritas beragama Hindu, dan sisanya adalah etnis beragama muslim seperti etnis Moor, Burgher, dan Wanniyala. Sebagian besar penduduk Sri Lanka beragama Buddha, sebagian Hindu dan lainya kristen dan muslim. Mayoritas penduduk Sri Lanka menggunakan bahasa Sinhala dan Tamil untuk berkomunikasi sehari-hari.

Perekonomian Sri Lanka

Perekonomian Sri Lanka bertumpu pada ekspor produk pertanian. Selain itu, negara ini juga dikenal sebagai negara pengekspor teh terbesar kedua di dunia. Komoditi ekspor lainnya adalah tekstil dan produk garmen, rempah-rempah, hasil laut, karet dan produk olahannya, kelapa dan produk olahannya serta berbagai jenis batu mulia: safir, mirah delima, berlian, zamrud, giok, biduri laut, akik, opal dan sebagainya. Di bidang industri sendiri Sri Lanka banyak menghasilkan keramik dan porselen yang juga merupakan ekspor utama dari negeri ini. Pendapatan perkapita Sri Lanka saat ini telah mencapa $3.818/tahun.

Wisata Sri Lanka

        Sri Lanka merupakan salah satu negara dengan tujuan wisata terfavorit di Asia Selatan bagi para turis. Bentuknya yang hanya berupa pulau kecil tentu membuat negaraini berlimpa akan tempat-tempat wisata yang indah. Berikut beberapa tempat wisata menarik yang ada di Si Lanka.

1. Kota Colombo
Wisata menarik di Sri Lanka, kota colombo
Kota Colombo, By. www.cruisingexcursions.com
Wisata menarik pertama yang dapat dikunjungi selama berada di Sri Lanka ialah Colombo yang merupakan kota terbesar dan metropolitan di Sri Lanka. Tidak lengkap rasanya jika berlibur ke Sri Lanka tidak mengunjungi kota ini. Kota Colombo terletak di bagian pantai barat Sri Lanka dan berbatasan dengan ibu kota Sri Jayawardenapura Kottte. Meskipun begitu Colombo juga sering disebut sebagai ibukotanya Sri Lanka karena Sri Jayawardenapura Kotte adalah sebuah kota satelit di Kolombo. 

2. Dambulla Cave Temple
Wisata menarik di Sri Lanka,Dambulla Cave Temple
Dambulla Cave Temple, By. en.wikipedia.org
Selanjutnya wisatawan dapat berkunjung ke Kuil Gua Dambulla yang terletak tidak jauh dari Kolombo dan Kandy, kuil ini merupakan kuil terbesar yang ada di Sri Lanka. Di kuil ini terdapat menara batu dan gua. Di dalam gua, wisatawan dapat menemukan patung-patung dan lukisan unik. Selain itu selama berada di daerah kuil ini wisatawan juga dapat mengunjungi Gua Raja Besar, Gua Raja Ilahi dan Biara New Besar. Jika berlibur ke Sri Lanka wajib mengunjungi tempat ini ya.

3. Pantai Negombo
Wisata menarik di Sri Lanka, pantai negombo
Pantai Negombo, By. www.agoda.com
Jika mencari suasana pantai wisatawan wajib berkunjung ke Negombo yang dikeal sebagai kota pantai Sri Lanka. Negombo hanya berjarak sekitar 37 km dari Colombo. Sementara dari Bandara Naike International Airport Negombo hanya berjarak sekitar 6 Km. Itu sebabnya, Pantai Negombo menjadi favorit wisatawan karena mudah sekali dijangkau dari bandara. Hal menarik yang dapat wisatawan lakukan di pantai ini ialah dengan berolahraga air seperti diving, cobalah untuk menyelami Kudapaduwa yang merupakan kapal karam berusia 50 tahun yang kini menjadi habitat ikan-ikan terumbu karang.

4. Polonnaruwa
Wisata menarik di Sri Lanka, Polonnaruwa
Polonnaruwa, By. en.wikipedia.org
Polonnaruwa merupakan destinasi wisata lainya yang ada di Sri Lanka letaknya berada di bagian utara negara Sri Lanka. Banyak tempat menarik yang dapat wisatawan kunjungi selama berada di tempat ini seperti Lankatilaka Temple, Royal Palace dan Thuparama. Selain itu wisatawan juga dapat menemukan toko-toko ritel, restoran dan hotel untuk sekedar berbelanja dan menginap. Polonnaruwa juga ditetapkan sebagai situs Warisan Dunia oleh UNESCO.

5. Kota Suci Kandy
Wisata menarik di Sri Lanka,Kota Suci Kandy
Kota Suci Kandy, By. www.flobamora.net
Wisataa selanjutnya di Sri Lanka ialah Kota Suci Kandy dimana Wisatawan dapat menemukan situs menarik yang berbeda seperti Kuil Tooth, Danau Kandy hingga Istana Kerajaan Kandy. Di tempat ini juga terdapat banyak hotel untuk wisatawan meginapdan restoran untuk mencari makan dan bersantai. Kota Suci Kandy juga telah ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia lainya di Sri Lanka oleh UNESCO yang berada di Lembah Kandy.

6. Taman Nasional Hikkaduwa
Wisata menarik di Sri Lanka,Nasional Hikkaduwa, sri lanka
TN. Hikkaduwa, By. jualbatikkhasbali.wordpress.com
Selain berwisata ke Kota dan Pantai wisatawan juga wajib mengunjungi The Hikkaduwa National Park selama berada di Sri Lanka, The Hikkaduwa National Park berada di bagian selatan negara ini dan merupakan salah satu situs cagar alam terkenal yang ada di Sri Lanka. Tempat ini dikenal dengan terumbu karang yang menarik karena berada di wilayah pantai. Selain itu di cagar aam ini terdapat beberapa spesies air unik seperti  cacing laut, udang dan ikan hiu blacktip karang. Pastikan wisatawan mengunjungi tempat ini selama berada di Sri Lanka.

7. Kota Tua Anuradhapura
Wisata menarik di Sri Lanka, Kota Tua Anuradhapura
Anuradhapura, By. rivanputra.wordpress.com
Nah, selama di Sri Lanka wisatawan juga dapat mengunjungi kota tua Anuradhapura yang dikenal dengan penampilan reruntuhan unik yang diawetkan. Kota tua ini berada di daerah Colombo. Selama berada di Anuradhapura wisatawan dapat mengunjungi Istana Brazen, suci Bo-pohon dan danau Nuwara. Selain itu UNESCO telah menetapkan atraksi Sigriya-sigriya di daerah ini sebagai salah satu situs warisan dunia.

8. Taman Nasional Kumana
Wisata menarik di Sri Lanka,the kumana national park, sri lanka
TN Kumana, By. www.chelceytravels.com
Kembali mengunjungi Taman Nasional, The Kumana National Park  merupakan taman nasional indah lainya yang ada di Sri Lanka dan berada di wilayah timur negara ini. Taman Nasional ini juga merupakan rumah bagi berbagai spesies satwa berbeda yang ada di Sri Lanka seperti seperti Pacific Emas Plover, Sandpiper umum , Wild Boar,  Otter Eropa dan Cat Fishing. Kota terdekat untuk mengunjungi taman ini adalah Hambantota tersebut.

9. Pinnawala Elephant Orphanage
Wisata menarik di Sri Lanka,Pinnawala Elephant Orphanage
Pinnawala Elephant Orphanage, By. www.lanka.com
The Pinnawala Elephant Orphanage berada di Kegalle merupakan salah satu tempat wisata menarik yang ada di Sri Lanka, tempat ini disebut sebagai panti asuhan gajah. Pada tahun 2008, setidaknya terdapat 84 gajah yang tinggal di panti asuhan. Panti asuhan dibuka untuk umum dan wisatawan dapat mengunjungi tempat ini setiap hari. Di tempat ini wisatawan dapat melihat banyak gajah dengan berbagai atraksinya.

10. Knuckles Mountain Range
Wisata menarik di Sri Lanka, Knuckles Mountain Range
Knuckles Mountain Range, By. www.ampersandtravel.com

Knuckles Mountain Range seperti namanya tempat ini merupakan salah satu dataran tinggi perbukitan yang ada di Sri Lanka, Knuckles Mountain Range berlokasi di sisi timur laut dari Kandy. Tempat ini merupakan hunianbagi beragam jenis flora dan fauna yang ada di negara ini. Hal menarik yang dapat wisatawan lakukan di tempat ini ialah seperti hiking, panjat tebing, dan bersepeda.

#SalamSukses
#MRioAldino
luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com
Location: Sri Lanka