Tuesday, February 23, 2016

10 UNIVERSITAS TERBAIK di DUNIA


            Berbicara tentang universitas ternyata persaingan untuk memperoleh tahta sebagai universitas terbaik di dunia saat ini cukuplah ketat. Beberapa Negara di dunia terus melakukan eksperimen dan perbaikan mengenai pelaksanaan pendidikan di negaranya masing-masing. Nah, berikut ini akan di ulas 10 universitas terbaik yang ada di beberapa benua di dunia.

1. Massachusetts Institute of Technology, USA
Massachusetts Institute of Technology
MIT, By. www.thinglink.com
Universitas terbaik pertama saat ini ialah Massachusetts Institute of Technology (MIT) sebuah institusi riset swasta yang berlokasi di USA. Kampus ini memiliki 5 sekolah dari satu kolase yang mencakup setidaknya 32 departemen khusus pada sains dan penelitian teknologi. Biaya yang harus dikeluarkan untuk dapat menempuh pendidikan di universitas ini ialah sebesar USD 46,704 atau Rp607,152 Juta per tahun. MIT telah terpilih masuk kedalam Asosiasi Universitas Amerika pada 1934 dan berperan sebagai universitas riset dengan tingkat aktivitas penelitian tertinggi dunia, dana penelitian mencapai sekitar USD 718,2 juta pada tahun 2009. Bahkan pemerintah federal turut menyumbangkan sponsor penelitian terbesar, diantaranya Departemen Kesehatan dan Pelayanan Manusia, Departemen Energi, Science Fundation, hingga NASA, Departemen Pertahanan, National.

2. California Institute of Technology (Caltech), USA 
California Institute of Technology
Caltech, By. www.meetuniversity.com
Selanjutnya kembali ke negeri paman sam ada California Institute of Technology atau yang biasa dikenal dengan sebutan Caltech merupakan salah satu universitas swasta yang terbaik lainya yang ada di USA. Universitas ini berlokasi di Pasadena, California, Amerika Serikat. Caltech cukup terkemuka sebagai salah satu universitas riset selain MIT. Caltech mempertahankan penekanan kuat dalam ilmu alam dan teknik serta mengoperasikan kompleks penerbangan luar angkasa yang memimpin dunia dan dikenal dengan nama Jet Propulsion Laboratory. Kocek yang harus dikeluarkan guna menempuh pendidikan di Caltech ialah sebesar USD 45,390 atau Rp590,070 Juta per tahun.

3. Harvard University, USA
harvard university
Harvard University, By. www.detailedu.com
Belum berhenti disitu, ternyata USA memang dikenal sebagai salah satu Negara dengan kualitas pendidikan terbaik di dunia. Harvard University universitas swasta yang berada di Cambridge, Massachusetts, Amerika Serikat ini berdiri pada 8 September 1636 dengan akumulasi luas wilayah kampus sekitar 2.000 hektar dan merupakan universitas terbaik dunia lainya yang ada di Amerika Serikat. Biaya yang harus dikeluarkan untuk dapat mengenyam pendidikan di universitas ini sebesar USD 45,278 atau Rp588,641 Juta per tahun. Kampus ini memiliki 9 fakultas, di antaranya Fakultas Seni dan Sains, Fakultas Kedokteran, Harvard Divinity School, Harvard Law School, Harvard Graduate School of Education, Harvard Harvard Business School, Harvard Graduate School of Design, School of Publich Health, dan Kennedy School of Government.

4. University of Cambridge, Inggris
University of Cambridge, Inggris
University of Cambridge, By. news.okezone.com
Beralih ke ranah Britania Raya ada Cambridge University yang merupakan kampus tertua kedua di Inggris. Universitas Cambridge dikenal telah memiliki sejarah kompetisi yang lama dengan Universitas Oxford dan dipandang sebagai universitas paling elit dan bergengsi di Inggris. Cambridge juga merupakan anggota jaringan besar universitas yang berorientasi riset di Britania Raya dengan nama Grup Russel.  Kampus ini juga merupakan anggota dari Grup Coimbra yang merupakan perhimpunan universitas terkemuka di Eropa dan anggota LERU atau Liga Universitas Riset Eropa. Untuk dapat melanjutkan study di tempat ini dibutuhkan dana sebesar GBP 36,459 atau sekitar Rp774.453.295 per tahun. Pada tahun 2014, University of Cambridge juga menempati posisi kedua sebagai universitas terbaik dunia, di mana pada 2013 universitas tertua di dunia dan terbesar di Inggris, ini sebelumnya berada di peringkat tiga dunia. 

5. University of Oxford, Inggris
oxford university
University of Oxford, By. www.telegraph.co.uk
Selain Cambridge University, Inggris masih memiliki University of Oxford yang merupakan perguruan tinggi tertua di Inggris yang terletak di kota Oxford, Inggris. Universitas ini terdiri dari berbagai institusi, termasuk 38 kolese konstituen dari berbagai departemen akademik. Beberapa jurusan yang ditawarkan oleh Universitas Oxford antara lain arsitektur, bangunan dan perencanaan, bisnis dan manajemen, hukum, humaniora, ilmu komputer, dan masih banyak lagi. dana yang dibutuhkan untuk dapat melanjutkan pendidikan di universitas ini ialah sekitar GBP 21,855.00 atau sekitar Rp464.238.645 per tahun. Salah satu artis Indonesia yang terkenal melanjutkan pendidikannya disini ialah penyanyi sekaligus pemain film Maudy Ayunda.

6. Stanford University, USA
Stanford University, USA
Stanford University, By. www.stanford.edu
Selanjutnya ada Stanford University yang lagi-lagi berlokasi di negeri paman sam, USA. Stanford University terletak di tenggara San Fransisco, USA. Kampus ini dikenal sebagai salah satu kampus terbaik di Amerika Serikat bahkan dunia, dimana di kampus ini terdiri atas sekolah teknik, kedokteran, pendidikan, hukum, ilmu bumi, bisnis, sains, dan humaniora. Bahkan universitas ini mempunyai sejumlah program dan rumah sakit pendidikan. Secara konsisten, Universitas Stanford berada dalam daftar universitas terbaik dunia baik untuk hal pendidikan maupun penelitian. Biaya yang harus dikeluarkan untuk dapat mengenyam pendidikan di universitas ini ialah sebesar USD 46,320 atau Rp602,160 Juta per tahun.

7. Imperial College London, Inggris
 Imperial College London, Inggris
Imperial College London, By. kutubutara.com
Kembali ke Inggris tepatnya di kota London, kita dapat menemukan Imperial College London yang merupakan salah satu the best university yang ada di Inggris setelah Cambridge University dan Oxford University. Untuk saat ini, Imperial College London memiliki lebih dari 3.000 staf akademik dan penelitian serta terdapat sekitar 15.500 mahasiswa dari 125 negara yang berbeda .

8. National University of Singapore (NUS), Singapore
National University of Singapore (NUS)
NUS, By. webscience.org
Kali ini kita beralih ke benua Asia, Asia juga memiliki salah satu universitas terbaik di dunia yaitu National University of Singapore, yang terletak di negara Singapura. Meskipun tidak termasuk kedalam 10 universitas terbaik di dunia, NUS terkenal dengan kecanggihan teknologinya yang mumpuni sehingga dapat menjadikan universitas ini sebagai salah satu universitas era modern yang terbaik di Asia bahkan dunia. Saat ini, NUS masih berada diperingkat 25 universitas terbaik dunia.

9. Australian National University, Australia
Australian National University
ANU, By. www.abc.net.au
Selanutnya menuju benua Australia ada Austalian National University yang merupakan salah satu universitas terbaik lainya yang ada di dunia serta universitas terbaik nomor satu yang ada di benua Aistralia. Australian National University juga satu-satunya Universitas dibawah Pemerintah Parlemen Australia. Karena statusnya yang dalam naungan resmi pemerintah, maka tidak salah bila sebagian besar lulusan Australian National University adalah dari bidang politik.

10. University of Cape Town, Afrika Selatan
University of Cape Town
University of Cape Town, By. www.capetown.travel
Terakhir di benua Afrika berdiri University of Cape Town yang didirikan sejak 1 Oktober 1829, universitas terbaik di Afrika ini terkenal dengan mottonya yang berbunyi "Spes Bona" ("Good Hope"). University of Cape Town awalnya sebuah perguruan tinggi dengan fasilitas pendidikan kecil yang tumbuh secara substansial setelah tahun 1880, saat penemuan emas dan berlian di utara dan permintaan keahlian dalam pertambangan memberikan dorongan keuangan yang diperlukan untuk tumbuh. Kampus Cape Town berkembang menjadi Universitas yang benar-benar mantap  pada periode tahun 1880-1900.


#SalamSukses
#MRioAldino
luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com
Location: Indonesia

2 comments:

Mujaitun Tukiman said...

Artikel yang sangat menarik, untuk kalian mahasiswa yang butuh info mengenai Cara Menebalkan Uang Saku coba dilihat juga ya

cekaja.com said...

terimakaish artikelnya sangat membantu :)


buat teman-teman yang sedang butuh pinjaman, untuk modal atau untuk keperluan lain sebaiknya hati-hati dalam melakukan pinjaman online ya, berikut ada informasi yang harus di ketahui seputar pinjaman online , boleh langsung di klik aja untuk tau lebih lanjut nya ya, terimakasih :)