Saturday, February 6, 2016

Profil Bangladesh, Negara Unik di Asia Selatan

bendera bangladesh
Bangladesh Flag, By. nscdc.wikia.com
Bangladesh secara harfiah berarti ‘’Negara bengali’’ merupakan sebuah negara Republik di kawasan Asia Selatan yang berbatasan langsung dengan negara India di sebelah timur laut, Myanmar di tenggara dan Teluk Benggala di selatan. Bersama-sama dengan Benggala Barat di India, Bangladesh terdiri dari kawasan etnik dan linguistik Bengali.  Luas wilayah negara ini sekitar 147.570 km2 dengan jumlah penduduk sekitar 156.594.962, Ibukota negara Bangladesh ialah Dhaka. Bangladesh merupakan salah satu negara yang terpadat penduduknya di dunia. Luas wilayahnya kira-kira sebesar Pulau Jawa, Madura dan Bali yang digabung menjadi satu. Bangladesh mendeklarasikan kemerdekaannya pada tanggal 26 Maret 1971  dan dinyatakan bebas secara resmi pada tanggal 16 Desember 1971.

Profil Negara Bangladesh

Luas wilayah              : 147.570 km2
Ibu kota                      : Dhaka
Bentuk pemerintahan : Republik
Kepala Negara           : Presiden
Kepala pemerintahan : Perdana Menteri
Jumlah Penduduk       : 156.594.962 jiwa
Bahasa Resmi            : Bengali, Inggris
Agama mayoritas        : Islam, Hindu
Mata uang                   : Taka
Perkapita                     : U$D 1.171/tahun
Hari Kemerdekaan      : 16 Desember 1971
Lagu kebangsaan       : Amar Sonor Bangla

Pemerintahan Bangladesh

Bangladesh merupakan negara dengan bentuk pemerintahan Republik Parlementer dengan Presiden sebagai kepala negara serta Perdana Menteri sebagai kepala pemerintahannya. Presiden dipilih oleh badan legislatif setiap 5 tahun sekali dan memiliki kekuasaan yang normanya terbatas. Perdana mentri dipilih  melalui upacara pemilihan oleh presiden serta harus menjadi anggota parlemen dan mendapat kepercayaan mayoritas anggota parlemen. Konstitusi Bangladesh ditulis pada 1972 dan telah mengalami 14 amandemen. Hukum lainnya berlaku di Negara itu dibuat oleh parlemen yang merupakan turunan dari konstitusi.

Penduduk Bangladesh

Bangladesh juga dikenal sebagai negara yang padat populasinya, Jumlah populasi penduduk Bangladesh saat ini sekitar 156.594.962 jiwa. Kelompok etnis mayoritas di negara Bangladesh adalah suku Bengali (98% dari populasi).[Sisanya merupakan migran Bihari dan kelompok suku asli.  Mayoritas penduduk Bangladesh beragama Islam dan menggunakan bahasa nasionalnya bahasa Bengali untuk berkomunikasi sehari-hari, namun bahasa Inggris juga digunakan masyarakat.

Perekonomian Bangladesh

Selain Pakistan dan India, Bangladesh juga merupakan salah satu negara di kawasan Asia Selatan yang perekonomiannya bertumpu pada sektor agraris/pertanian dengan komoditas utamanya jute, teh dan kulit. Sementara untuk sektor industri, hasil-hasil yang dapat diekspor berupa jute, tekstil dan pupuk. Kegiatan ekspor-impor Bangladesh dilakukan melalui pelabuhan laut Chittagong. Bangladesh merupakan negara yang masih berkembang dan untuk saat ini pendapatan perkapita Bangladesh hanya sekitar U$D 1.171/tahun.

Wisata di Bangladesh

            Untuk pariwisata sendiri Bangladesh memang bukanlah negeri wisata, tapi di negara ini juga memiliki beberapa tempat menarik untuk dikunjungi selama berplesir ke negara ini. Berikut beberapa tempat wisata yang ada di Bangladesh.

1. Kota Dhaka
Wisata Bangladesh, kota dhaka
Dhaka, By. ptjoni.blogspot.com
Jika berkunjung ke Bangladesh pastikan mengunjungi ibukotannya kota Dhaka sekaligus sebagai kota terbesar di Bangladesh. Meski dikenal sebagai salah satu kota terpadat dan macet di dunia banyak hal yang dapat wisatawan lakukan di tempat ini seperti mengunjungi istana pink, old hindu street, bahkan menikmati minuman khas Dhaka yaitu minuman Cha.

2. Sundarbans River
Wisata Bangladesh,  Sundarbans River
Sundarbans River, By. www.hobopage.com
Wisata menarik pertama di Bangladesh ialah sungai Sundarbans, sungai ini merupakan salah satu destinasi wisata terpopuler di Bangladesh. Hal menarik yang dapat wisatawan lakukan di sungai ini ialah menyusuri sungai Sundarbans dengan menyewa perahu yang ada di sekitar sungai. Berwisata ke sungai ini cocok dilakukan pada sore hari agar dapat melihat indahnya matahari terbenam dari sungai ini.

3. Rose Garden
Wisata Bangladesh,  rose garden bangladesh
Rose Garden, By. www.skyscrapercity.com
Rose Garden sebuah bangunan unik yang beradadi kota Dhaka merupakan salah satu tujuan wisata menarik lainya yang ada di negara Bangladesh. Seilas bangunan yang menterupai masjid ini terkenal akan gaya arsitekturnya yang barat klasik serta dipadukan dengan arsitektur modern. Tempat ini wajib dikunjungi oleh wisatawan yang sedang berada di kota Dhaka, Bangladesh.

4. Nafakhum Waterfall
Wisata Bangladesh, Nafakhum Waterfall, bangladesh
Nafakhum Waterfall, By. bdtrek.blogspot.com
Mencari wisata air terjun di Bangladesh wisatawan dapat mengunjungi wisata air terjun Nafakhum yang disebut-sebut sebagai air terjun terindah di Bangladesh. Untuk dapat mencapai tempat ini, dibutuhkan waktu sekitar 3 jam dari Remakri, menggunakan kapal melewati sungai Sangu. Hal menarik yang akan wisatawan jumpai di air terjun ini ialah wisatawan dapat melihat ikan terbang yang hidup di gua, di bawah air terjun. Selain itu, wisatawan juga dapat berenang santai di kolam alami yang ada di sekitaran area air terjun ini.
  
5. Gulshan Lake Park
Wisata Bangladesh, Gulshan Lake Park
Gulshan Lake Bangladesh, By. defence.pk
Gulshan lake park merupakan wisata menari lainya yang dapat wisatawan kunjungi selama berada di Bangladesh. Gulshan lake park merupakan sebuah taman yang terkenal di Bangladesh dengan keindahan danaunya yang dapat menyejukan hati. Jika mencari tempat wisata yang enang dan nyaman, taman ini sangat direkomendasikan untuk dikunjungi oleh para wisatawan.

6. Kebun Teh Srimangal
Wisata Bangladesh,  Kebun Teh Srimangal bangladesh
Kebun Teh Srimangal, By. pictigar.com
Kebun teh Srimangal yang terletak di daerah Sylhet merupakan salah satu area menakjubkan lainya yang ada di Bangladesh. Di tempat ni wisatawan akan menemukan bermil-mil tanaman teh  yang tumbuh menghiasi dataran perbukitan. Setidaknya ada sekitar 150 kebun teh di area perbukitan ini, dan termasuk kedalam tiga terbesar di dunia yang berada di Srimangal.

7. Cox Bazar Beach
Wisata Bangladesh, Cox Bazar Beach
Cox Bazar beach, By. en.wikipedia.org
Bangladesh juga memiliki wisata pantai yang populer, pantai Cox Bazar atau Cox Bazar beach merupakan salah satu pantai yang memiliki keindahan dengan pasir putih serta deburan ombak yang besar dan menawan. Jika ke Bangladesh jangan lupa untuk mengunjungi pantai indah yang satu ini.

8. Taman Nasional Lawachara
Wisata Bangladesh,  Taman Nasional Lawachara bangladesh
TN Lawachara, By. life.viva.co.id
Taman nasional Lawachara merupakan kawasan hutan hujan tropis yang ada di Bangladesh. Taman nasional ini juga terkenal sebagai tempat tinggal berbagai jenis primata dan Hoolock Gibbon. Saat ini, populasi Hoolock Gibbon hanya tersisa sebanyak 60 dan mayoritas hidup di Taman Nasional Lawachara ini. Lawachara juga menjadi lokasi eksplorasi minyak dan Gas oleh Chevron yang hingga saat ini masih menimbulkan kontroversi.Taman Nasional Lawachara merupakan salah satu destinasi wisata yang indah dan menarik untuk dikunjungi selama berkunjung ke Bangladesh.

9. Old Hindu Street
Wisata Bangladesh, Old Hindu street, Bangladesh
Old Hindu Street, By. nijhoom.com
Old Hindu street atau pasar tua merupakan pusat komunitas pemeluk Hindu terbesar di kota Dhaka dan tempat ini sudah berusia sekitar 3 abad. Hal menarik yang dapat wisatawan temui disini ialah Shankaria Bazaaryang dipenuhi dengan ornamen dan warna yang kental akan budaya. Disini wisatawan juga dapat menemukan toko-toko tua yang sudah berusia 300 tahun.

10. Lalbagh Fort
Wisata Bangladesh, Lalbagh Fort
Lalbagh Fort, By. en.wikipedia.org

Wisata lainya yang dapat dikunjungi selama berada di Bangladesh ialah Benteng Lalbagh atau Lalbagh Fort. Benteng ini terletak di kota Dhaka, ibu kota Bangladesh. Benteng Lalbagh ini merupakan salah satu peninggalan zaman kolonial di Bangladesh dan merupakan benteng yang tadinya dibangun untuk membuat kompleks Mughal Palace Fortress pada abad ke-17.  Benteng ini termasuk kedalam salah satu benteng terindah yang ada di dunia.

#SalamSukses
#MRioAldino
luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com
Location: Bangladesh

0 comments: