Friday, February 5, 2016

Profil Pakistan, Negara Islam nan Indah

Negara Pakistan, bendera pakistan
Pakistan Flag, By. semestafakta.wordpress.com
    Pakistan merupakan sebuah negara Islam yang berada di kawasan Asia Selatan ibukotanya bernama Islamabad, negara ini memiliki luas sekitar 803.940 Km2. Pakisatan dalam ejaan persia berarti ‘tanah yang suci’, Pakistan juga merupakan negara dengan penduduk Islam terbanyak ke-2 di dunia setelah Indonesia. Pakistan merupakan salah satu wilayah bekas pecahan kerajaan Mugal pada zama dahulu dan Pakistan juga merupakan negara bekas kolonial Inggris sebelum akhirnya memperoleh kemerdekaannya pada tangga 14 Agustus 1947.

Profil Negara Pakistan

Luas wilayah              : 803.940 km2km persegi
Ibu kota                      : Islamabad
Bentuk pemerintahan : Republik
Kepala Negara           : Presiden
Kepala pemerintahan : Perdana Menteri
Lagu kebangsaan       : Blessed be the Sacred Land
Jumlah Penduduk       : 191.275.591 jiwa.
Bahasa                       : Urdu dan Inggris
Agama mayoritas       : Islam
Mata uang                  : Rupee
Hari Kemerdekaan     : 14 Agustus 1947
Perkapita                    : U$D 1.343

Pemerintahan Pakistan

Pakistan merupakan sebuah negara berbentuk Republik Islam dan memperoleh kemerdekaanya dari Inggris pada tanggal 14 agustus 1947, kepala negara Pakistan ialah seorang presiden sementara kepala pemerintahannya ialah perdana menteri. Ibu kota negara Pakistan bernama Islamabad.

Penduduk Pakistan

Pakistan merupakan salah satu negara dengan populasi penduduk terbanyak di dunia dengan populasi penduduk mencapai 191.275.591 jiwa. Mayoritas penduduk Pakistan memeluk agama Islam dan sisanya memluk agama Hindu, Sikhs dan Kristen. Suku terbesar di Pakistan adalah Punjab, dengan 78 Juta lebih Jiwa. Mayoritas penduduk Pakistan beretnis Punjabi (provinsi Punjab); Sindhi (Sindh); ‎Pashtun (NWFP); dan Balochi(Balochistan)‎ dan bahasa pengantar yang digunakan ialah Urdu, Punjabi, Shindhi dan Pasthun.

Perekonomian Pakistan

Pakistan merupakan salah satu negara agraris di kawasan Asia Selatan, komoditas utama pertaniannya berupa beras, kapas, gula dan gandum. Hasil tambang terbesar negara ini ialah gas alam sementara untuk Industri di Pakistan belum begitu maju hanya sebagian industri kecil yang mulai bergerak maju, namun industri Pakistan telah menghasilkan tekstil, pupuk dan bahan-bahan kimia untuk diekspor. Ekspor-ekspor dilakukan melalui pelabuhan laut Karachi. Saat ini perkapita Pakistan masih berkisar di angka U$D1.343/tahun.

Wisata di Pakistan

            Pakistan bukanlah sebuah negara wisata yang terkenal, tetapi negara ini juga memiliki beberapa tempat yang indah dan menarik untuk dikunjungi terutama bagi wisatawan yang ingin mengenal Islam lebih dalam. Berikut beberapa tempat wisata yang ada di Pakistan.

1. Toli Pir
Wisata di Pakistan, Toli Pir
Toli Pir. By. mudabbirmaajid.com
Wisata menarik pertama yang ada di Pakistann ialah Toli Pir (Toli Peer) merupakan wilayah puncak bukit yang terletak di Rawalakot, Poonch Kabupaten Azad Kashmir. Tinggi Toli Pir diperkiraan sekitar 8800 kaki di atas permukaan laut. Ini adalah lokasi pegunungan tertinggi di wilayah timur laut Rawalakot, juga titik asal tiga lereng gunung yang berbeda. Ketika berwisata ke Pakistan wajib mengunjungi tempat ini.

2. Kalam, Swat
Wisata di Pakistan,  Kalam, Swat
Kalam, Swat. By. www.pakimag.com
Jika mencari wisata alam yang menakjubkan di Pakistan, Kalam, Swat ialah tujuan yang tepat. Kalam, Swat dikenal sebagai salah satu tempat air terjun, danau dan bukit-bukit hijau yang subur dan indah di Pakistan. Kalam, Swat terletak di sepanjang Sungai Swat di Lembah Swat, sekitar 270 km berkendara dari Islamabad. Sungguh menjadi salah satu tempat menarik yang harus dikunjungi wisatawan selama berada di Pakistan.

3. Masjid Faisal
Wisata di Pakistan,  Masjid Faisal
Masjid Faisal. By. en.wikipedia.org
Masid Faisal merupakan masjid terbesar di Pakistan dengan arsitektur bangunan yang unik dan indah menjadi salah satu destinasi ibadah dan wisata terpopuler di Pakistan dan masjid ini selesai dibangun pada tahun 1986. Kapasitas daya tampung masjid Faisal mencapai 10 ribu jamaah. sedangkan pada serambi mampu menampung 24 ribu, pada halaman masjid sanggup menampung 40 ribu, dan di lapangannya menampung 200 ribu jamaah. Jika dibandingkan dengan Masjid Al-haram, Masjid Faisal merupakan masjid berkapasitas terbesar ketiga di dunia. Masjid ini juga memenangkan penghargaan dari Aga Khan Architectural Award sebagai masjid terbesar dengan kubah tradisional dan lengkungan paling unik di dunia.

4. Lembah Kel
Wisata di Pakistan,  Lembah Kel
Lembah Kel. By. www.pizna.com
Kembali ke wisata alam Pakistan, Lembah Kel merupakan salah satu wisata alam berbentuk lembah yang paling menarik dan alami di wilayah Kashmir, Pakistan. Lembah Kel terletak 155 km dari Muzaffarabad di ketinggian 6.879 kaki yang merupakan tempat yang kecil tapi menarik di Neelum Loire. Jika berwisata ke Pakistan wajib mengunjungi tempat ini.

5. Shangrila Lake  
Wisata di Pakistan,  Shangrila Lake
Shangrila Lake, By. www.worldfortravel.com
Pakistan juga dikenal sebagai negara yang memiliki salah satu danau terindah di dunia yaitu Danau Shangrila yang sangat indah dengan aliran air yang jernih dan berkilauan menjadikan danau ini sebagai satu tujuan wisata favorit di Pakistan.  Danau Shangrila juga dikelilingi oleh kebun buah-buahan dan taman yang penuh bunga sehingga menambah kesan keindahan di tempat ini. Selain itu, di sekitaran danau ini juga terdapat banyak restoran, villa, cottage mewah dan dapat menjadi tempat bagi wisatawan yang ingin beristirahat.

6. Kota Karachi, Pakistan
Wisata di Pakistan,  kota karachi
Kota Karachi. By. www.asiabusinessinfo.com
Kota ini dijuluki sebagai kota pelabuhan. Karachi juga merupakan salah satu kota terbesar di Pakistan dan juga dikenal sebagai pusat perdagangan dan pusat perbankan Pakistan. Karachi sangat kental dengan sejarah Alexander dari Macedonia, karena kota ini dipercayai pernah menjadi tempat persinggahan Alexander sebelum menuju Babilonia. Selain itu selama berada di kota ini wisatawan juga dapat mengunjungi, pantai Clifton, museum nasional Pakistan dan akademi kesenian guna melihat sejarah-sejarah yang pernah terjadi di Pakistan.

7. Pantai Clifton, Karachi
Wisata di Pakistan, Pantai Clifton
Pantai Karachi. By. fiveprime.org
Ternyata Pakistan juga memiliki wisata Pantai yang  yaitu Pantai Clifton. Pantai Clifton adalah salah satu pantai cantik yang ada di Karachi. Pantai Clifton terkenal dengan keindahan sunsetnya pada sore hari. Jadi, waktu yang tepat untuk mengunjungi pantai Clifton ialah sore hari sembari menunggu matahari terbenam.

8. Taman Nasional Hingol
Wisata di Pakistan,  Taman Nasional Hingol
Taman Nasional Hingol. By. www.pizna.com
Tempat wisata menarik lainya di Pakistan ialah Taman Nasional Hingol. Taman Nasional ini didirikian pada tahun 1988 dan merupakan taman nasional terbesar yang ada di Pakistan dengan luas lahan sekitar 1.650 km². Taman ini didirikan pada tahun 1988. Banyak keindahan dan hal menakjubkan yang akan wisatawan temui selama berkunjung ke Taman Nasional ini.

9. Dataran Tinggi Deosai
Wisata di Pakistan, Dataran Tinggi Deosai
DT. Deosai, By. benny-shukaku.blogspot.com
Dataran tinggi Deosai terletak di Astore Kabupaten Gilgit-Baltistan di batas Karakorum dan Himalaya barat merupakan salah satu tempat wisata yang indah dan menakjubkan lainya yang ada di Pakistan. Di tempat ini wisatawan dapat menemukan flora dan fauna yang beragam.

10. Jembatan Telaga Borith
Wisata di Pakistan, Jembatan Telaga Borith
Jembatan Telaga Borith. By. looking-news.blogspot.com
Borith adalah suatu dusun kecil yang ada di sekitar barat laut Hussaini, suatu desa dekat Gulmit, Gojal, dibagian atas Hunza. Borith terkenal dengan jembatan tertingginya, Ketinggian jembatan ini secara sekitar 2.600 m di atas permukaan laut. Tempat ini dapat menjadi wisata yang dapat menguji adrenalin.


luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com
Location: Pakistan

1 comments:

Akhbar Sanusi said...

Islam adalah salah satu dari tujuh agama yang diakui di Belgia. Status ini membuat adanya fasilitas, juga subsidi bagi pengajaran agama tersebut di sekolah-sekolah, termasuk penyediaan guru. Meski begitu tetap saja ada komplain karena dirasakan adanya diskriminasi. Ketegangan ini terjadi karena masalah penggangguran dan kemiskinan.Mayoritas muslim Begia berasal dari Maroko dan Turki, sebagian juga berasal dari Albania. (Menjadi warganega setelah tinggal menetap tujuh tahun). Saat ini, populasi penduduk muslim di dunia diperkirakan berjumlah sekitar 1,8 miliar jiwa. Hal ini, juga sekaligus menjadikan islam sebagai agama terbesar kedua di dunia setelah Kristen. (Negara Muslim Terbanyak