Wednesday, February 10, 2016

15 TEMPAT WISATA MENARIK di ARAB SAUDI


            Arab Saudi dikenal sebagai tempat suci karena di mulai dari sinilah peradaban Islam berkembang. Arab Saudi juga dikenal sebagai negerinya para nabi, karena di negeri inilah para nabi dilahirkan. Semua hal itu juga tak lepas dari keindahan dan kemegahan negeri minyak tersebut, banyak perkembangan sejarah yang bermula dari kota ini. Nah, kali ini akan diuraikan beberapa tempat wisata menarik yang ada di negeri para nabi Arab Saudi.

1. Al-Masjid An-Nabawi
Wisata di Saudi Arabia, Al-Masjid An-Nabawi
Al-Masjid An-Nabawi, By. www.toptenscentral.com
Wisata menarik pertama yang dapat dikunjungi selama berada di Arab Saudi ialah Al-Masjid an-Nabawi yang terletak di Madinah. Al-Masjid An-Nabawi merupakan salah satu simbol yang paling penting dari Agama Islam terutama di Arab Saudi dan merupakan tempat suci ke-2 di dunia. Al-Masjid an-Nabawi di Arab Saudi dibangun oleh Nabi sendiri, dan dibesarkan hingga perawakannya yang sekarang, oleh penguasa Islam setelahnya. Jika berkunjung ke Saudi Arabia pasti akan mengunjungi tempat ini terutama yang sedang atau akan menunaikan ibadah haji dan umrah.

2. Kota Kuno Al-Ula
Wisata di Saudi Arabia,kota kuno al-ula
Kota Kuno Al-Ula, By. primbondonit.blogspot.com
Selanjutnya ada Al-Ula yang merupakan salah satu tempat wisata paling menarik untuk dikunjungi Suadi Arabia. Al-Ula di Arab Saudi terletak di suatu tempat antara Al Madinah dan Tabuk di wilayah tengah dari Arab Saudi. AL-Ula adalah sebuah situs kuno yang dahulunya pernah menjadi pusat perdagangan di negara Saudi. Situs ini diperkirakan sudah berumur lebih dari 2.000 tahun.

3. Jabal Magnet
Wisata di Saudi Arabia, jabal magnet
Jabal Magnet, By. www.republika.co.id
Wisata menarik selanjutnya di Arab Saudi yaitu Jabal Magnet atau yang sering dikenal sebagai Lembah Jin merupakan sebuah lembah yang menjadi lokasi wisaya menarik dan unik yang ada di Saudi Arabia. Fenomena yang terkenal dari lokasi ini adalah adanya pertentangan gravitasi atau terjadinya gaya tarik menarik. Jabal Magnet berada di luar daerah haram sehingga bebas untuk dikunjungi warga non muslim. Kawasan perbukitan ini diyakini memiliki daya dorong. Penasaran dengan lokasi ini cobalah untuk berkunjung ke tempat ini dan rasakan sensasinya.

4. Padang Arafah
Wisata di Saudi Arabia, padang arafah
Padang Arafah, By. al-fath.id
Padang Arafah merupakan salah satu tempat suci umat Islam yang ada di Saudi Arabia. Tempat ini digambarkan sebagaimana replika dari padang Masyar saat manusia dibangkitkan dari kubur nanti. Padang Arafah juga merupakan tempat yang sangat penting bagi umat yang sedang melaksanakan ibadah Haji, karena Arafah merupakan tempat untuk melakukan salah satu rukun haji yaitu Wukuf.

5. Dataran Tinggi Najd
Wisata di Saudi Arabia,dataran tinggi najd
Najd, By. looklex.com
Tempat wisata yang satu ini adalah salah satu tempat wisata yang sangat banyak dikunjungi oleh para wisatawan selama berada di  Arab Saudi, di tempat ini wisatawan dapat berjumpa dan berkenalan dengan suku asli Arab yaitu suku Baduy yang masih suka tinggal berpindah-pindah. Najd juga merupakan sebuah dataran tinggi dengan ketinggian 762 hingga 1.525 meter yang terletak di Riyadh.

6. Jannat Al-Baqi
Wisata di Saudi Arabia,Jannat Al-Baqi
Jannat Al-Baqi, By. www.duas.org
Jannat al-Baqi adalah sebuah tanah pemakaman yang sangat bersejarah bagi umat Islam terutama yang berada di Saudi Arabia karena berisi sisa-sisa banyak kerabat dan teman-teman dari nabi Muhammad termasuk ibu mertua dan kakeknya  yang dikubur disana. Setidaknya ada sekitar 7 ribu sahabat nabi Muhammad SAW yang dikubur disini.

7. Masjid Jawatha
Wisata di Saudi Arabia,Masjid Jawatha, arab saudi
Masjid Jawatha, By. www.starhero.info
Masjid Jawatha terletak di Al Khilabiyah dibangun pada abad ke-7 ini merupakan salah satu Masjid terkenal yang ada di Saudi Arabia. Masjid ini dibangun oleh suku yang dikenal dengan nama Bani Abdul Qais yang menghuni daerah tersebut pada periode awal Islam. Wisatawan harus menempuh perjalanan sekitar jarak 12 kilometer Utara timur dari Hofuf sebelum akhirnya sampai ke tempat ini. Masjid ini sangat direkomendasikan bagi wisatawan yang ingin melakukan wisata Islami.

8. Masjidil Haram
Wisata di Saudi Arabia, masjidil haram
Masjidil Haram, By. sp.beritasatu.com
Nah, ini merupakan wisata utama yang harus wisatawan kunjungi selama berada di negeri para nabi. Selain menjadi lokasi untuk melakukan ibadah haji dan umrah, Masjidil Haram juga merupakan daya tarik tertentu bagi wisatawan dunia. Masjid ini berada di Kota Mekkah dikenal sebagai tempat tersuci bagi umat Islam. Masjid ini dibangun mengelilingi Ka’bah yang menjadi arah kiblat bagi umat Islam di seluruh dunia dalam mengerjakan ibadah salat. Masjid ini juga dikenal sebagai masjid terbesar di dunia. Berjuta-juta umat muslim datang ke masjid ini untuk beribadah setiap tahunnya. Menurut sebuah hadits, apabila seorang Muslim melakukan satu kali salat di masjid ini, maka pahalanya setara dengan melakukan 100.000 salat di masjid lain sungguh luar biasa.

9. Madain Saleh
Wisata di Saudi Arabia,madain saleh
Madain Saleh, By. theculturetrip.com
Madain Saleh tempat yang pernah menjadi sebagai penghubung perdagangan antara Arab Selatan dan Petra merupakan salah satu pusat peradaban Arab. Medain Saleh di Arab Saudi adalah sebuah kota kuno tempat dihiasi dengan reruntuhan dinding, menara dan juga rumah-rumah. Tempat ini juga dikenal sebagai tempat yang indah dan kaya akan sejarah. Jika berkunjung ke Arab Saudi jangan melewatkan untuk berkunjung ke Madain Saleh.

10. Gunung Uhud
Wisata di Saudi Arabia, gunung uhud
Gunung Uhud, By. metroterkini.com
Selain Madain Saleh yang kaya akan nilai sejarah, Gunung Uhud di Arab Saudi adalah salah satu situs bersejarah lainya dan merupakan tempat saksi pertempuran Uhud terjadi. Gunung Uhud membentang dari Timur ke barat dan memiliki kemiringan ke arah utara dan mencakup total tujuh kilometer panjangnya dan tiga kilometer napas. Tempat ini terkenal akan keindahan dan keeksotisan strukturnya.

11. Situs Ukiran Batu Shuwaymus
Wisata di Saudi Arabia, Shuwaymus, arab saudi
Shuwaymus, By. www.starhero.info
Shuwaymus merupakan Carving Site Batu di Arab Saudi yang baru-baru ini ditemukan. Ini merupakan seni batu ukir yang unik dan memberitahu kita tentang rupa-rupa hewan di masa awal. Tempat ini telah menjadi rumah bagi orang-orang Neolitik, Ukiran ini juga memiliki pesan yang dapat disampaikan kepada para wisatawan yang bekunjung jika negara tidak selalu gurun dan telah mengalami banyak perubahan iklim.

12. Kota Mekkah
Wisata di Saudi Arabia, kota mekkah
Kota Mekkah, By. biayaumroh.org
Jika berkunjung ke Arab Saudi wisatawan pasti akan mengunjungi Kota Mekkah, Kota ini memiliki daya tarik tersendiri di Arab Saudi, bukan hanya karena tempat utama dalam pelaksanaan ibadah haji dan umroh. Kota ini dikenal sebagai kota kelahiran Islam dan para nabi, Mekkah juga memiliki sejumlah objek wisata religi yang sangat menarik. Nilai sejarahnya yang tinggi dan berdimensi religius menjadi nilai tersendiri bagi sejumlah objek wisata di kota kelahiran Nabi Muhammad Saw ini. Selain itu wisatawan dapat berkunjung ke Mecca Royal Hotel Clock Tower, salah satu jam terbesar di dunia.

13. Gua Hira
Wisata di Saudi Arabia, gua hira
Gua Hira, By. duniatimteng.com
Selain tempat wisata di atas masih ada Gua Hira yang merupakan salah satu objek wisata utama yang ada di Arab Saudi. Gua Hira terletak di Jabal Nur, sekitar dua mil dari Makkahh juga merupakan tempat di mana Nabi Muhammad SAW pertama menerima wahyu dari Allah melalui Malaikat Jibril. Gua yang terletak pada tebing menanjak yang agak curam  ini juga merupakan tempat menyendiri Nabi Muhammad dari masyarakat yang pada saat itu masih belum mengenal Allah. Jika berplesir ke Mekkah pastikan berkunjung ke tempat ini.

14. Tayma
Wisata di Saudi Arabia, tayma
Tayma, By. nabataea.net
Wisata menarik lainya yang ada di Saudi Arabia ialah Tayma yang terletak di bagian timur laut dari Arab Saudi. Catatan sejarah menunjukkan bahwa tempat ini telah menjadi permukiman Yahudi makmur, terdiri dari bangunan-bangunan megah serta banyak sumur dan sumber mata air lainnya. Pada abad ke-7 SM, Tayma di Arab Saudi telah menjadi tempat yang sangat terkenal dan namanya telah disebutkan dalam isi Perjanjian Lama dalam kitab Yeremia.

15. Pasar Bab Mekkah
Wisata di Saudi Arabia,Pasar Bab Mekkah
Pasar Bab Mekkah, By. www.eramuslim.com

Nah, inilah yang ditunggu-tunggu oleh wisatwan jika berkunjung ke suatu negara yaitu tempat belanja oleh-oleh. Selama berada di negeri para nabi ini wisatawan dapat berkunjung ke pasar Bab Mekkah untuk membeli suvenir dan oleh-oleh khas Mekkah untuk dibawa pulang. Pasar tradisional ini berlokasi di Suhaifa dan dibuka setiap pagi kemudian tutup saat menjelang Dzuhur. Pasar ini merupakan salah satu lokasi favorit para wisatawan karena barang-barang yang dijual lengkap dan terbilang murah apabila dibandingkan dengan pasar atau pusat perbelanjaan lainya di kota Mekkah.

#SalamSukses
#MRioAldino
luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com
Location: Saudi Arabia

0 comments: