Thursday, February 4, 2016

10 Negara Terpanas di Dunia


       Apa jadinya jika suatu negara mengalami dan memperoleh suhu terpanasnya, tentu hal itu akan menimbulkan rasa tidak nyaman bagi para penduduknya. lantas negara apa saja yang pernah bahkan dicap sebagai negara terpanas di dunia. Beikut akan dijelaskan 10 negara terpanas di dunia.

1. IRAN
negara terpanas di dunia,  gurun luth, iran
Gurun Luth, By. www.republika.co.id
Negara terpanas di dunia pertama ialah Iran. Negara yang dipimpin yang memiliki hubungan kurang harmonis dengan Amerika ini memiliki sebuah gurun pasir bernama Luth yang suhunya sangatatlah ekstrim. Parahnya lagi beberapa bagian dari negara Iran tercatat pernah mengalami kenaikan suhu hingga 71o Celcius.

2. LIBYA
negara terpanas di dunia,  negara libya
Negara Libya, By. anisavitri.wordpress.com
Libya merupakan negara terpanas di dunia selanjutnya sekaligus negara terbesar ke-4 di benua Afrika, tidak heran jika Libya disebut negara terpanas di dunia karena terletak di area garis khatulistiwa. Negara ini menjadi salah satu negara penyokong gurun pasir terbesar di dunia, keadaan gurun pasir pun sangatlah tandus dan gersang. Bahkan, suhu yang terbaca di ibukota Libya, Tripoli, bisa mencapai angka 30o Celcius saat musim panas tiba. Di Libya, angin sering disebut dengan istilah Ghibli sehingga dapat menaikkan suhu dari 40 hingga 50 derajat Celcius.

3. ETHIOPIA
negara terpanas di dunia, ethiopia gurun
Ethiopia, By. www.athba.net
Ethiopia merupakan negara terpanas di dunia selanjutnya dengan suhu yang pernah mencapai 63o Celcius. Ethiopia memiliki sebuah gurun bernama Danakil Depression yang luasnya mencapai lebih dari 100 meter di bawah permukaan laut. Gurun tersebut memiliki kondisi cuaca yang sangat ekstrim karena di sana dapat diemukan gelombang panas yang tak pernah luput dari tremor bumi.

4. ALJAZAIR
negara terpanas di dunia, aljazair city
Aljazair, By.en.wikipedia.org
Kembali di negara Timur Tengah yaitu negara Aljazair, merupakan salah satu negara yang tercatat memiliki suhu terpanas di dunia dengan tingkat suhu mencapai lebih dari 50o celcius. Meskipun negara ini sedang berada dalam musim dingin, suhunya  masih bisa berada di atas rata-rata.

5. ARAB SAUDI
negara terpanas di dunia,  ARAB SAUDI gurun
Arab Saudi, By. jambi.tribunnews.com
Ternyata Ara Saudi negerinnya para nabi juga tercatat sebagai salah satu negara terpanas di dunia, Arab Saudi pernah mengalami kondisi terpanasnya pada tahun 2010. Saat itu, wilayah Jeddah mengalami kenaikan suhu yang sangat tinggi, yaitu sekitar 52o Celcius. Suhu dan gelombang panas yang muncul tersebut juga disertai dengan badai pasir yang menyebabkan pemerintah Arab Saudi terpaksa harus memadamkan listrik utama yang terletak di 8 pembangkit listrik Saudi.

6. AMERIKA SERIKAT
negara terpanas di dunia,  death valley california
Death Valley, By. nice-cool-pics.com
Siapa sangka jika Amerika Serikat juga termasuk kedalam salah satu daftar negara terpanas di dunia. Di negeri paman Sam ini Suhu dapat mencapai 48o Celcius pada musim panas terutama di beberapa bagian seperti Death Valley dan California. Kedua wilayah ini memiliki padang pasir tandus yang rata-rata hujannya hanya mencapai 5 cm/tahun.

7. INDIA
negara terpanas di dunia,  gelombang panas india
Gelombang Panas India, By. cikalnews.com
Dalam beberapa priode terakhir India mengalami musim-musim terpanasnya. Di India sering sekali terjadi gelombang panas, Pada tahun 2003 gelombang panas menewaskan sedikitnya 1.065 orang di bagian Selatan India. Kejadian pun kembali terulang pada tahun 2010 dimana gelombang panas yang melanda negara tempat Taj Mahal ini beradapun menimbulkan permasalahan besar bagi perekonomian india di sebelah barat laut sehingga menyebabkan negara ini ketergantungan dengan kapas. 

8. THAILAND
negara terpanas di dunia,  thailand musim panas
Bangkok, By. www.danish56.blogspot.com
Thailand merupakan salah satu negara di Asia Tenggara, negara gajah putih ini memiliki iklim hangat dan tropis yang dipengaruhi oleh angin musim tahunan. Musim panas di Thailand terjadi antara bulan April dan Mei. Di Ibu Kota Thailand, Bangkok telah tercatat sebagai salah satu kota dengan suhu tinggi dan ekstrim yang mana suhunya dapat menembus angka ebih dari 500 Celcius pada musim panas.

9. IRAK
negara terpanas di dunia,  iraq basra
Iraq, By. www.theodora.com
Irak sebuah negara yag berada di Timur Tengah lainya yang memiliki cuaca yang ekstrim. Irak pernah mengalami suhu terpanasnya pada tahun 2010. Merkuri telah mencapai 520 ◦ C di Basra pada tanggal 14 Juni. Negara ini biasanya mengalami musim panas yang kering dan musim dingin yang basah. Kadar hujan di Sebagian besar negara Irak sekitar 10 inci per tahun. 

10. CHILI
negara terpanas di dunia, chili negara
Chili, By. www.pemuda-riau.com
Selain Amerika Serikat, negara di benua Amerika lainya yang memiliki cuaca terpanas ialah negara Chili. Sepertiga dari negara Chili kering dan panas sepanjang tahun. Negara itu sendiri terletak di dalam 3 zona iklim: tropis, subtropis dan sedang. Rekor pernah tercatat pada tahun 2010 di negara ini dimana pada daerah pesisir negara ini mengalami suhu yang dingin sementara di bagian utara mengalami suhu yang panas.

#SalamSukses
#MRioAldino


luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com

0 comments: