Thursday, February 11, 2016

Profil Uni Emirat Arab, Negeri Kaya di Timur Tengah Asia

bendera UNI emirat arab
UEA Flag, By. id.wikipedia.org
Uni Emirat Arab sebuah negara yang terletak di kawasan Asia Barat dan merupakan salah satu negara terkaya di dunia dengan minyak sebagai penghasilan utamanya. Ibu kota negara ini bernama Abu Dhabi sementara kota terbesarnya adalah Dubai. Awalnya negara ini merupakan jajahan dari kolonial Inggris sebelum akhirnya mendeklarasikan kemerdekaannya pada 2 Desember 1971. UEA memiliki luas wilayah sekitar 83.600 km2  dengan populasi sebanyak 9.157.000 jiwa.  Uni Emirat Arab juga dikenal sebagai negara federasi dari tujuh emirat yaitu Abu Dhabi, Dubai, Ajman, Fujairah, Sharjah, Umm al-Qaiwain dan Ras al-Khaimah.

Profil Negara UEA

Nama                      : Uni Emirat Arab
Ibukota                    : Abu Dhabi
Luas Wilayah          : 83.600 km2 
Populasi Penduduk :  9.157.000 jiwa.
Pemerintahan         : Monarki Semi-Konstitusional
Bahasa                   : Arab
Agama Mayoritas   : Islam
Mata Uang              : Dirham
Perkapita                : U$D 44.770
Kemerdekaan         : 2 Desember 1971
Lagu Kebangsaan  : Ishy Bilady

Pemerintahan UEA

UEA merupakan negara dengan sistem pemerintahan monarki semi-konstitusional dengan Presiden sebagai kepala negaranya. Presiden dan Wakil Presiden dipilih oleh FSC untuk masa jabatan lima tahun, sedangkan Perdana Menteri dan Wakil Perdana Menteri ditunjuk langsung oleh Presiden. Untuk kabinet dewan menteri dicalonkan oleh Perdana Menteri dan disetujui oleh Presiden. Sistem Politik UEA ialah federasi dengan sejumlah kewenangan diserahkan kepada Pemerintah Federal dan kewenangan lainnya diserahkan pada masing-masing emirat.

Penduduk UEA

Saat ini jumlah penduduk UEA mencapai 9.157.000/jiwa. Mayoritas penduduk UEA menganut agama Islam dan lainya beragama Kristen, Hindu, dan lain sebagainya. suku mayoritas di UEA adalah suku arab itu sendiri, sementara bahasa resmi yang digunakan dinegara ini ialah bahasa Arab. Warga Negara UEA dikenal memiliki sifat toleran, berpandangan ke depan dan memiliki tradisi yang kuat. Mereka memiliki standar hidup yang tinggi, termasuk pendidikan dan pelayanan kesehatan yang berkembang dengan baik. Berbagai upaya dilakukan untuk mengembangkan sumber daya manusia, meningkatkan pemberdayaan perempuan dan penyediaan kesejahteraan sosial kepada masyarakat kurang mampu.

Perekonomian UEA

Seperti diketahui Uni Emirat Arab merupakan salah satu negara terkaya di timur tengah denganpenghasilan utama negaranya diperoleh dari minyak dan gas. Uni Emirat Arab adalah negara penghasil minyak terbesar ketiga di kawasan teluk setelah Arab Saudi dan Iran. Sejak tahun 1973, Uni Emirat Arab telah mengalami perubahan yang sangat drastis dari negara kecil yang terletak di gurun menjadi negara modern dengan taraf kehidupan yang tinggi. Saat ini perkapita UEA mencapai U$D 44.770/tahun.

WISATA UNI EMIRAT ARAB

Uni Emirat Arab dikenal sebagai negara kaya dan tentu hal ini berdampak kepada pembangunan negara di sektor pariwisata. UEA dikenal sebagai negara timur tengah yang kaya akan tempat wisata mewah dan menarik. Nah, berikut beberapa tempat wisata menarik yang ada di UEA.

1. Burj Khalifa
Wisata di UEA,  burj khalifa
Burj Khalifa, By. www.worldfortravel.com
Selanjutnya wisatawan dapat berkunjung ke Burj Khalifa sebuah arsitektur bangunan nan megah yang berada di pusat kota Dubai dan merupakan salah satu pencakar langit tertinggi di dunia dan merupakan simbol kota Dubai itu sendiri. Tinggi Burj Khalifa diperkirakan mencapai 820 meter. Bangunan ini memiliki lebih dari 160 lantai dan kini telah menjadi hunian rumah berjumlah 300 buah dan sembilan hotel serta kantor.

2. Miracle Garden
Wisata di UEA,  Miracle Garden
Miracle Garden, By. www.miraclegardendubai.net
Wisata menarik pertama yang dapat wisatawan kunjungi selama berada di Uni Emirat Arab ialah Miracle Garden yaitu sebuah taman bunga yang indah dan mempesona dengan nuansa warna-warni pelangi. Miracle Garden berlokasi di kawasan Dubailand area, Al Barsha South 3 yang jauh dari pusat kota. Salah satu credit plus untuk pemerintah Uni Emirat Arab ialah dimana mereka berhasil membuat lahan yang awalnya hanyalah berupa gurun pasir yang kuning menjadi suatu taman bunga yang indah.

3. Al Ain Zoo and Aquarium
Wisata di UEA,  Al Ain Zoo and Aquarium
Al Ain Zoo and Aquarium, By. conferences.uaeu.ac.ae
Nah, di Uni Emirat Arab wisatawan juga dapat menikmati keunikan dari Al Ain Zoo dan Aquarium yang terletak di Abu Dhabi, tempat ini merupakan salah satu kebun binatang paling populer dan terbesar di dunia.Tempat ini dibangun beberapa tahun lalu, dan dinamai menjadi hunian hewan langka dan dibuka untuk umum.

4. Burj Al Arab
Wisata di UEA, burj al arab
Burj Al Arab, By. en.wikipedia.org
Kembali ke Dubai wisatawan dapat berkunjung ke Burj Al Arab salah satu destinasi wisata terbaik yang ada di Uni Emirat Arab. Ini adalah sebuah bangunan hotel tertinggi ke-4 di dunia. Hotel ini merupakan hotel bintang tujuh dan memiliki reputasi yang sangat baik di kanca Internasional, jadi jangan heran jika wisatawan akan mengeluarkan kocek yang tidak sedikit untuk dapat menginap satu malam saja di hotel ini.

5. Sheikh Zayed Grand Mosque
Wisata di UEA,  Sheikh Zayed Grand Mosque
Sheikh Zayed Mosque, By. alluae.ae
Nah, selanjutnya wisatawan dapat berwisata rohani ke Sheikh Zayed Grand Mosque yang terletak di Abu Dhabi. Ini adalah salah satu Masjid terbesar di UEA. Masjid ini dibangun antara tahun 1996 hingga 2007 dan berdiri di area seluas 25 hektar serta memiliki kapasitas pengunjung lebih dari 30.000 orang. Selain itu wisatawan juga dapat berziarah ke makam presiden pertama UEA Sheikh Zayed Bin Sultan AI Nahyan  yang berada disekitar lokasi masjid ini.

6. Dubai Museum
Wisata di UEA, dubai museum
Dubai Museum, By. www.dubaiculture.gov.ae
Jika mencari wisata sejarah, Dubai Museum adalah salah satu museum-museum yang paling menakjubkan dan terkenal di UEA dan dapat menjadi rekomendasi bagi wisatawan yang ingin mencari wisata sejarah. Dubai Museum terletak berdekatan dengan Benteng Al Fahidi dan dibangun pada tahun 1787. Museum ini memamerkan model kuno dan monumen yang telah dikumpulkan dari seluruh dunia.

7. Naif Market
Wisata di UEA, Naif Market
Naif Market, By. destination-dubai.fr
Nah, mencari wisata belanja murah wisatawan dapat berkunjung ke Naif Market. Ada banyak kios yang menjual beraneka ragam kebutuhan sandang seperti abaya, kaftan, kain sari, minyak wangi, dan sebagainya dan tentu dengan harga yang relatif murah. Pasar ini sangat direkomendasikan bagi wisatawan yang berburu oleh-oleh khas UEA.

8. Jumeira Beach
Wisata di UEA, Jumeira Beach
Jumeira Beach, By. creativelunatics.com
UEA juga memiliki wisata pantai pasir putih yang indah yaitu Jumeirah Beach merupakan Pantai paling populer dan tempat wisata yang paling banyak dikunjungi turis di kota Dubai. Pantai yang membentang hingga 7 Km ini terbagi atas tujuh bagian Pantai dimana masing-masing pantai membentang panjang berkilo kilometer. Ada 2 Pantai yang saling menyatu di area ini masing-masing adalah Jumeirah Park dan Wild Wadi.

9. Dune Bashing
Wisata di UEA,  Dune Bashing
Dune Bashing, By. www.youtube.com
Wisata menarik lainya yang ada di UEA ialah Dune Bashing merupakan salah satu wisata yang dapat menguji adrenalin para wisatawan. Selama berada di tempat ini wisatawan dapat mencoba untuk mengendarai SUV beroda empat di Track berpasir. Dune Bashing sangat popular di Dubai, dan sangat banyak wisatawan yang berkunjung ke tempat ini guna menikmati pemandangan dan berwisata ala gurun pasir.

10. Palm Jumeirah
Wisata di UEA, Palm Jumeirah
Palm Jumeirah, By. www.e-architect.co.uk
Terakhir wisatawan dapat berkunjung ke Palm Jumeirah yang merupakan salah satu tempat wisata menarik sekaligus ikon kota Dubai. Palm Jumeirah juga merupakan sebuah pulau buatan indah yang berbentuk pohon palm serta memiliki banyak fasilitas didalamnya.Termasuk hotel-hotel yang terkenal di dunia, tempat-tempat wisata yang spektakuler, fashion mewah serta pusat perbelanjaan. Jadi sempatkan waktu kalian untuk mengunjungi tempat wisata ini ya.

#SalamSukses
#MRioAldino





luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com
Location: United Arab Emirates

0 comments: