Tuesday, February 2, 2016

Profil Hongkong, Pulau Industri Penuh Cahaya

bendera hongkong
Hongkong Flag, By. file-magz.com
Siapa orang Asia bahkan dunia yang tidak mengenal Hongkong, kota ini merupakan salah satu kota termaju di dunia.Hongkong (HK) merupakan wilayah administratif khusus (semacam Daerah Khusus) di Republik Rakyat China. Status itu juga dimiliki Macau, wilayah bekas jajahan Portugis. Luas wilayah Hongkong hanyalah sekitar 1,104 km2 dengan penduduk sekitar 7 Juta jiwa. Prinsip kota ini ialah “satu negara, dua sistem”, sistem politik dan ekonomi HK berbeda dengan pemerintahan China. Hongkong menerapkan sistem demokrasi-kapitalis dan menjadi salah satu pusat keuangan internasional terkemuka di dunia. Mata uangnya, Dolar Hongkong (HKD, $HK), merupakan mata uang ke-9 yang paling banyak digunakan di dunia. Sebelum diserahkan pada tahun 1997, Hongkong adalah koloni Inggrisa dan sistem hukum, mata uang, bea cukai, imigrasi, peraturan jalan, yang tetap berjalan di jalur kiri. Urusan yang ditangani oleh Beijing adalah pertahanan nasional dan hubungan diplomatik. Otonomi ini berlaku di Hongkong (minimal) untuk 50 tahun dihitung dari tahun 1997.

Profil Hongkong

Nama Kota               : Hongkong
Luas Wilayah           : 1.104 km2
Penduduk                :  7.234.800
Pemerintahan          : Daerah Administratif Khusus
Bahasa                    : Mandarin, Inggris
Agama                     : Kristen, Konghuchu, Budha, Atheis, Lainya
Perkapita                 : U$D 42.437/tahun
Mata Uang               : Dollar Hongkong
Kedaulatan              :  1 Juli 1997 

Pemerintahan Hongkong

Seperti telah disinggung di awal jika Hongkong (HK) merupakan salah satu wilayah administratif khusus di Republik Rakyat China selain Macau. Pemerintahan Hongkong dipimpin seorang Kepala Eksekutif. Kepala Ekseskutif memimpin semua urusan pemerintahan, kecuali soal Hubungan Luar Negeri dan Pertahanan Militer yang dikendalikan langsung oleh Beijing.Lembaga-lembaga pemerintahan Hongkong terdiri atas Eksekutif, Legislatif, dan Pengadilan. Eksekutif dikepalai Chief Executive yang dipilih Komite Eksekutif, lalu ditunjuk oleh Pemerintahan Rakyat Pusat (Central People’s Government). Dewan Legislatif terpilih beranggotakan 60 orang dan dipimpin langsung oleh Presiden Dewan Legislatif. Pemerintahan HK secara tradisional memainkan peran pasif dalam ekonomi, sebuah kebijakan yang dikenal dengan istilah “positive non-interventionism”. Hongkong sering disebut sebagai contoh kapitalisme laissez-faire.

Penduduk Hongkong

Hongkong merupakan salah satu kota maju di Asia meskipun hongkong adalah bagian administratif dari negara Tiongkok. Untuk populasi penduduk sendiri di Hongkong berjumlah7.234.800 jiwa. Penduduk Hongkong terdiri dari etnis China (95%) dan etnis lain (5%). Mayoritas etnis Han asal Guangzhou dan Taishan, dua kota yang bertetangga dengan Provinsi Guangdong. Bahasa resmi yang digunakan di Hongkong ialah bahasa Mandarin dan Inggris. Mayoritas penduduk Hongkong beragama Kristen, Konghuchu, Buddha, dan Atheis.

Perekonomian Hongkong

Jika berbicara tentang pembangunan ekonomi, Hongkong pantas disebut sebagai salah satu negara yang sukses dengan pembangunan ekonominnya. Hongkong dikenal sebagai negara perekonomian bebas di dunia, Hongkong menjadi tempat paling favorit bagi para pengusaha dunia untuk berinvestasi ata menanamkan modal. Bursa Efek Hongkong adalah yang terbesar ke-6 di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar dan juga terbesar kedua di Asia. Banyak perusahaan internasional dari negara-negara Asia serta Amerika Serikat dan Eropa diperdagangkan di sini. Pendapatan perkapita Hongkong mencapai U$D 42.437/tahun. Perekonomian Hongkong banyak bergerak di bidang industri dan investasi, komoditas industri utama di Hongkong berupa tekstil, elektronik, plastik, besi, kulit, pupuk, rokok, dan sebagainya. Hongkong menjadi negara industri dan pusat keuangan dunia sejak 1990-an.

WISATA DI HONGKONG

Selain terkenal dengan sebagai kota yang bebas dalam perekonomian, ternyata Hongkong juga menyimpan banyak keindahan dan keunikan. Beberapa wisatawan dunia sering memilih kota ini sebagai tempat untuk berlibur. Wisata apa saja yang ada di Hongkong? Berikut tempat wisata menarik yang ada di Hongkong.

1. Aberdeen Harbor
Wisata Hongkong, Aberdeen harbor
Aberdeen harbor, By. global-mariner.com
Wisata menarik pertama di Hongkong ialah Aberdeen Harbor terletak di ujung selatan Pulau Hongkong. Tempat ini merupakan tempat penampungan untuk memancing. Selain berwisata  memancing, wisatawab juga dapat menikmati makanan laut segar dan hidangan kanton yang lezat di sebuah restoran tiga lapis bernuansa tradisional China nan megah yang terapung di sana.

2. Repulse Bay
Wisata Hongkong,Repulse Bay
Repulse Bay, By. www.thousandwonders.net
Selain Aberdeen harbor, Hongkong juga memiliki Repulse bay terletak di bagian selatan Pulau Hongkong, Repulse Bay merupakan pantai yang paling populer di Hongkong, kenyamanan dan kebersihan pantai ini menjadi nilai plus tersendiri bagi wisata ini dimata para wisatawan yang berkunjung. Repulse Bay berbentuk seperti bulan sabit dengan hamparan pasir putih yang indah serta jernihnya air laut. Hal-hal yang dapat wisatawan lakukan disini ialah bermain air, berjemur, dan terdapat juga teluk toko rumah desainer dan supermarket untuk para wisatawan yang ingin berbelanja.

3. Hongkong Disneyland
Wisata Hongkong, Hongkong Disneyland
Hongkong Disneyland, By. 
Hongkong Disneyland sepertihalnya Universal Studio di Singapore ternyata Hongkong juga punya wahana bermain yang megah. Terletak di Pulau Lantau, menghadap Laut Cina Selatan, Hongkong Disneyland dibangun pada tahun 2005 adalah sebuah Disneyland terbaru dan termegah di Tiongkok selain  Disneyland Shanghai. Hongkong Disneyland dapat menjadi salah satu tujuan wisata yang wajib dikunjungi oleh wisatawan selama berada di Hongkong.

4. Sky100 Hongkong Observation Deck
Wisata Hongkong, sky100 Hongkong Observation Deck
Sky100 Hongkong, By. www.makemytrip.com
Jika ingin melihat pemandangan kota Hongkong secara keseluruhan wisatawan dapat berkunjung ke sky100 Hongkong Observation Deck, terletak di lantai 100 gedung tertinggi di Hongkong (International Commerce Centre (ICC)), sky100 Hongkong Observation Deck menawarkan panorama 360° Pelabuhan Victoria. Dek ini juga adalah dek observasi dalam ruangan tertinggi yang ada di Hongkong. Wisatawan dapat mencapai lantai 100 dengan menggunakan lif dalam waktu beberapa detik saja. Selain itu wisatawan juga dapat melihat pameran interaktif sejarah Hongkong di dek observasi ini.

5. Tian Tan Buddha
Wisata Hongkong, Tian Tan Buddha
Tian Tan Buddha, By. en.wikipedia.org
Tian Tan Buddha terletak di Lantau Island, Hongkong adalah patung Buddha yang sangat besar yang terbuat dari bahan perunggu dan selesai dibangun pada tahun 1993, Patung ini memiliki tinggi sekitar 34 meter. Tempat wisata di Hongkong yang satu ini juga terkenal akan keindahannya, di tempat ini juga terdapat Vihara Po Lin yang menimbulkan harmonisasi antara alam, manusia dan juga agama. Patung ini diberi nama Tian Tan karena dibagian bawahnya terdapat kuil Tian Tan di Beijing. Posisi duduk pada patung Budha tersebut melambangkan sebuah ketenangan. Sunguh menjadi salah satu tujuan wisata populer bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Hongkong.

6. Victoria Bay
Wisata Hongkong, victoria bay hong kong
Victoria Bay, By. www.isango.com
Victoria Bay merupakan pelabuhan terbesar di Cina dan salah satu aset terbesar Hongkong,Victoria Bay juga dikenal sebagai salah satu pelabuhan tersibuk di dunia selain pelabuhan Singapore. Victoria Bay menyajikan pemandangan kota Hongkong yang indah, terlebih lagi pada malam hari tempat ini akan tampak lebih mempesona dengan hiasan ratusan cahaya lampu dari gedung-gedung pencakar langit di Hongkong. Selain itu wisatawan juga dapat menikmati wisata Victoria Bay dengan menaiki kapal Ferri sembari melihat-lihat keindahan kota Hongkong dari atas kapal.

7. Victoria Peak
Wisata Hongkong,Victoria Peak
Victoria Peak, By. www.shoreexcursions.asia
Ternyata Hongkong juga punya wisata gunung yang indah,  Victoria Peak Mountain terletak di bagian barat Pulau Hongkong dengan ketinggian 552 m (1.811 kaki)merupakan gunung tertinggi di Hongkong. Di tempat ini wisatawan dapat melihat pemandangan Pulau Hongkong di Victoria Peakdari atas Tower.

8. Ladies Market
Wisata Hongkong, Ladies Market
Ladies Market, By. eatscape.com
Jika ingin berwisata belanjaan di Hongkong wisatawan tidak perlu bingung, Ladies Market dapat menjadi alternatif wisata belanja yang dapat dikunjungi oleh wisatawan. Ladies Market merupakan sebuah jalan yang terletak di antara Boundary Street dan Dundas Street di Mong Kok, Kowloon, Hongkong bagian selatan. Ladies Market juga merupakan salah satu pasar jalanan yang paling terkenal di Hongkong, di mana berbagai macam produk tersedia dan dijual murah di sini yang. Bagian utara, juga agak terkenal, memiliki pasar yang menjual ikan mas dan disebut Goldfish Street atau Goldfish Market.

9. Hongkong Museum of History
Wisata Hongkong,Hongkong Museum of History
Hongkong Museum of History, By. www.tourplus.my
Hongkong Museum of History menjadi tempat yang tepat bagi para wisatawan yang ingin berwisata sejarah, di museum ini wisatawan dapat melihat-lihat peninggalan era kolonialisme Inggris serta dapat mempelajari kebudayaan-kebudayaan Hongkong dan China.

10. Ocean Park
Wisata Hongkong, ocean park hongkong
Ocean Park, By. vizts.com
Ocean Park merupakan salah satu taman hiburan yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan yang berlibur ke Hongkong selain Hongkong Disneyland. Taman Hiburan seluas 17 hektar ini mempunyai banyak wahana dan atraksi menarik yang sayang untuk dilewatkan. Ocean Park terdiri atas dua bagian, The Waterfront dan The Summit. Wisatawan dapat berpindah antara dua lokasi ini dengan menaiki cable car atau kereta Ocean Express. Selain itu wisatawan juga dapat menikmati atraksi di Grand Aquarium dan pertunjukan lumba-lumba menarik di Ocean Theatre.

#SalamSukses
#MRioAldino


luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com
Location: Hong Kong

0 comments: