Monday, February 22, 2016

10 PENYAKIT MEMATIKAN di DUNIA

ayo sehat
Healthy&Living, By. pakoles.com
Nah, setelah lama tidak membuat postingan, kembali admin membuat postingan yang bermanfaat untuk teman-teman semua. Kali ini kita saya akan mejelaskan beberapa penyakit yang paling mematikan di dunia, berikut penjelasanya.

1. Leukimia/Kanker Darah

Leukemia atau kanker darah merupakan penyakit yang terjadi pada pada sel-sel darah atau sumsum tulang yang ditandai oleh perbanyakan secara tak normal atau transformasi maligna dari sel-sel pembentuk darah di sumsum tulang dan jaringan limfoid, umumnya terjadi pada leukosit (sel darah putih) . Sel-sel normal di dalam sumsum tulang digantikan oleh sel abnormal. Sel abnormal ini keluar dari sumsum dan dapat ditemukan di dalam darah perifer atau darah tepi. Sel leukemia memengaruhi hematopoiesis atau proses pembentukan sel darah normal dan imunitas tubuh penderita.Kata leukemia berarti darah putih, karena pada penderita ditemukan banyak sel darah putih sebelum diberi terapi. Sel darah putih yang tampak banyak merupakan sel yang muda, misalnya promielosit. Jumlah yang semakin meninggi ini dapat mengganggu fungsi normal dari sel lainnya. Intinya ialah Leukimia ialah penyakit dimana penderitanya mengandung jumlah sel darah putih lebih banyak dibandingkan jumlah sel darah merahnya. Leukimia tergolong sebagai salah satu penyakit yang paling mmatikan di dunia. Makanya terus jaga kesehatan ya dan lakukanlah check up rutin ke dokter supaya mengetahui penyakit apa saja yang kita deita supaya dapat di cegah atau diobati.

2. Virus Ebola

Baru-baru ini dunia digemparkan dengan penyakit Ebola, Ebola adalah sejenis virus dari genus Ebolavirus dan familia Filoviridae. Penyakit Ebola pertama kali ditemukan di sekitaran sungai Ebola Negara Kongo. Gejal-gejala seseorang terindikasi terkena penyakit ini ialah diare, muntah, sakit badan, pendarahan dalam dan luar, serta demam. Tingkat kematian berkisar antara 80% sampai 100%.Penyakit Ebola tergolong kedalam salah satu penyakit menular dan mematikan di dunia, penyebarannya dapat melewati kontak langsung dengan cairan tubuh atau kulit. Masa inkubasinya dari 2 sampai 21 hari, umumnya antara 5 sampai 10 hari. Saat ini telah dikembangkan vaksin untuk Ebola yang 100% efektif dalam monyet, namun vaksin untuk manusia belum ditemukan. Penderita biasanya bisa langsung meninggal dalam siklus 6 hari sampai 20 hari, alias sangat cepat. Tetap waspada ya teman-teman.

3. HIV/AIDS

Human Immunodeficiency Virus atau atau lebih sering disebut HIV, adalah virus yang menyebabkan imunitas sistem tubuh terus melemah seiring dengan berjalannya waktu. Sebagai akibat menurunnya sistem kekebalan tubuh, maka penyakit paling ringan-pun dapat menjadi penyakit yang mematikan bagi penderita HIV/AIDS. Setiap tahun setidaknya 1,6 juta orang meninggal karena penyakit ini dan 2,3 juta orang diperkirakan terjangkit penyakit ini setiap tahunnya. HIV/AIDS tergolong kedalam salah satu penyakit menular dan mematikan di dunia,m penyebarannya melalui cairan tubuh orang yang terinfeksi, seperti berbagi makanan maupun hal-hal yang berhubungan dengan kontak tubuh langsung. Sampai sekarang belum ada obat yang dapat menyembuhkan penyakit ini. Jaga aktivitas ya teman-teman.

4. Penyakit Jantung Iskemik

Selanjutnya ada penyakit Jantung Iskemik yang merupakan sebuah kondisi medis dimana organ dalam tubuh tidak mendapatkan cukup darah dan oksigen. Jantung mengalami kekurangan aliran darah dan oksigen sehingga mengakibatkan nyeri dada tengah yang intensitaf rasa sakitnya berbeda-beda di setiap orang, namun kasus terburuk tetap sama yaitu gagal jantung dan kematian. Gejala umum terjangkit penyakit ini ialah keringat dingin, jantung berdebar-debar, sesak napas, mual dan muntah. Orang yang perokok, diabetes, obesitas dan tekanan darah tinggi memiliki resiko terjangkit penyakit ini. Setidaknya 7,4 juta orang meninggal setiap tahunnya karena penyakit ini. Maka dari itu mulailah pola hidup sehat ya teman-teman.

5. Flu Babi (Swine influenza)

Flu babi atau Swine influenza adalah salah satu penyakit influenza yang disebabkan oleh virus Orthomyxoviridae yang endemik pada populasi babi. Virus flu babi digolongkan sebagai Influenzavirus C atau subtipe genus Influenzavirus A.Di Amerika Serikat, hanya subtipe H1N1 lazim ditemukan di populasi babi sebelum tahun 1998. Namun sejak akhir Agusuts 1998, subtipe H3N2 telah diisolasi juga dari babi.Flu babi menginfeksi manusia tiap tahun dan biasanya ditemukan pada orang-orang yang bersentuhan dengan babi, meskipun ditemukan juga kasus-kasus penularan dari manusia ke manusia. Gejala virus termasuk demam, disorientasi, kekakuan pada sendi, muntah-muntah, dan kehilangan kesadaran yang berakhir pada kematian Flu babi diketahui disebabkan oleh virus influenza A subtipe H1N1, H1N2,H3N1, H3N2, dan H2N3. Saat ini Virus Flu Babi tergolong kedalam salah satu virus paling mematikan di dunia.

6. Kanker Paru-Paru

Banyak jenis penyakit kanker di dunia, salah satunya ialah penyakit Kanker Paru-paru salah satu penyakit paling mematikan di dunia. setidaknya terdapat 1.6 juta orang yang meninggal karena penyakit ini setiap tahunnya. Umumnya penyakit ini diderita oleh orang-orang yang merokok, semakin muda dan sering mereka merokok perharinya maka resiko kanker paru-paru semakin tinggi. Berbahaya lagi bagi orang-orang yang hanya tergolong kedalam perokok pasif atau menghisap asap rokok yang telah dikeluarkan oleh perokok aktif, penyakit ini tentu akan cepat berkembang pada perokok pasif maupun aktif. Jadi mulailah menjauhi rokok ya teman-teman, sayangi kesehatan anda.

7. Tuberkulosis (TBC)

Selanjutnya kita akan mengenal penyakit Tuberkulosis atau TBC yang merupakan penyakit akibat infeksi bakteri yang mempengaruhi paru-paru, namun dapat menyebar ke organ tubuh lainnya. Penyakit ini juga tergolong ke dalam penyakit menular dan penyakit paling mematikan di dunia. Penderita penyakit ini akan merasakan gejala-gejala seperti kelelahan, demam, hidung berair, keringat berlebihan ataupun penurunan berat badan. Maka dari itu jika terindikasi gejala-gejala tersebut, sesegera mungkin melakukan medical check up ke dokter supaya mengetahui apakah kita terindikasi penyakit ini atau tidak.

8. Tumor

Tumor merupakan salah satu penyakit paling mematikan lainya yang ada di dunia, ada berbagai macam penyakit tumor ganas yang dapat menyerang tubuh manusia seperti tumor otak, tumor kulit, dan sebagainya. Penyakit ini menyerang organ-organ penting dalam tubuh sehingga tergolong sebagai salah satu penyakit paling berbahaya di dunia, saat ini telah banyak terapi pengobatan yang telah ditemukan guna menyembuhkan penderita penyakit ini.

9. Infeksi Saluran Pernapasan

Umumnya Infeksi saluran pernapasan dibagi menjadi 2 yaitu bronkitis dan pneumonia. Para penderita penyakit ini akan mengalami kesulitan dalam pernapasan. Gejala penyakit ini pada umumnya adalah hidung yang berair, bersin, sakit kepala dan nyeri tenggorokan. Penyakit ini tidaklah mudah untuk dideteksi karenak perkembangan bakteri ataupun infeksi pada paru-paru. Setidaknya 3,46 juta orang setiap tahunnya meninggal dunia dikarenakan penyakit ini.

10. Penyakit Jantung Hipertensi

Terakhir ada penyakit jantung hipertensi, hipertensi ialah kondisi medis dimana tekanan darah menjadi tinggi, maka penyakit jantung hipertensi ini adalah penyakit yang disebabkan oleh tekanan darah tinggi. Karena tekanan pada aliran darah terlalu tinggi, maka jantung dipaksa melakukan pemompaan yang lebih kuat dan pada akhirnya menyebabkan penebalan otot jantung. Penebalan otot jantung sendiri dapat menyebabkan penyempitan katup dimana pada akhirnya mengarah ke kematian walaupun penderita masih dalam usia produktif. Selain penebalan otot jantung, penyakit jantung hipertensi juga dapat menyebabkan penyakit jantung krooner dan gagal jantung. Maka dari itu terus jaga emosi ya teman-teman agar tidak terkena penyakit hipertensi.


Itulah 10 penyakit paling mematikan di dunia, terus jaga kesehatan dan mulailah pola hidup sehat. Karena sehat merupakan harta paling penting dan tak tergantikan yang dimiliki oleh setiap insan bernyawa. Ingat di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat.
luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com
Location: Indonesia

0 comments: