Friday, May 27, 2016

Punya Mimpi Melakukan Perjalanan Wisata ke Nagoya, Jepang. Baca ini ya!

Nagoya
TRIP NAGOYA, By. www.kintetsu.co.jp
      Hai-hai travelerssss ZonaZeruu.com, kembali ni kita bakalan ngebahas kota-kota wisata menarik di negeri sakura Jepang setelah sebelumnya kita pernah membahas mengenai wisata di kota Nikko, Jepang. Nah, kali ini kita akan ngebahas keindahan kota Nagoya yang tak kalah memukau dari kota Nikko. Yukk, baca pembahasan admin di bawah ini.

Gimana sih Sejarah kota Nagoya ini?

Jika teman-teman ingin memahami dan mempelajari suatu hal tentu teman-teman wajib untuk mengetahui sejarahnya terlebih dahulu ya, begitu juga jika teman-teman ingin berkunjung ke suatu tempat atau kota teman-teman juga seharusnya memahami sejarah dari kota tersebut. Nah, kali ini kita akan megulik sejarah dari salah satu kota istimewa di Jepang yaitu kota Nagoya. Nagoya dari namanya diambil dari kata ‘’Nagoyaka’’ yang berarti ‘’Damai’’. Sering juga Nagoya disebut ‘’Chukyo’’ yang artinya ‘’Ibukota Tengah’’karena peranya sebagai kota utama Wilayah Chubu. Nagoya juga merupakan ibukota Prefektur Aichi, dan merupakan kota terbesar ketiga serta terpadat keempat di Negara Jepang. Kota ini juga salah satu dari pelabuhan utama yang ada di Jepang selain Tokyo, Osaka, Kobe, Chiba, Yokohama, & Kitakyushu. Salah seorang tokoh sejarah terkenal Jepang, Oda Nobunaga (1534-1582), juga berasal dan menetap di kota Nagoya ini. 

Nagoya berkembang menjadi salah satu pusat industri untuk keshogunan yang sedang berkuasa. Produksi utama kota Nagoya kala itu ialah  porselen, bubuk mesiu, kapas, & boneka mekanik karakuri. Pada saat Perang Dunia II, Nagoya adalah pusat produsen pesawat udara & alat-alat besi lainnya. Itu sebabnya, sempat dibombardir oleh kekuatan militer AS kala itu, karena banyak menyumbangkan peralatan militer berbahaya saat perang. Di Nagoya juga terdapat beberapa kuil terkenal dan spiritual seperti Kuil Atsuta yang merupakan kuil pemujaan Dewi Matahari Amaterasu.  Selain itu, masih ada Kuil Osu Kannon yaitu sebuah kuil Buddha yg berada di pusat kota. Kuil Osu Kannon awalnya dibangun pada tahun 1333 di Propinsi Owari sebelum akhirnya dipindahkan ke Nagoya oleh Tokugawa Ieyasu pada tahun 1612, berbarengan dgn dibangunnya Kastil Nagoya. 

Saat ini, Kota Nagoya terkenal dengan industri otomotifnya yang berkualitas, di mana banyak perusahaan otomotif membangun pusatnya.

Biar nggak nyasar naik transportasi apa aja sih di Nagoya?

Ketika berlibur ke suatu tempat apalagi kota besar wajib bagi teman-teman mengetahui transportasi apa aja sih yang dapat dimanfaatkan guna mempermudah rutinitas teman-teman di kota tersebut. Nah, berikut beberapa alternatif wisata yang dapat teman-teman manfaatkan di Kota Nagoya, Jepang.

1. Bandar Udara (Airport)

Bagi teman-teman yang hobby berpergian menggunakan jasa pesawat udara tentu teman-teman akan akrab dengan yang namanya airport atau bandar udara tempat dimana pesawat lepas landas dan mendarat. Di Nagoya bandar udara terdekat dengan pusat kota Nagoya ialah Chubu Centrair International Airport. Airport ini terletak sekitar 50 km dari pusat kota Nagoya. Untuk mencapai kota Nagoya dari bandar udara Chubu, teman-teman dapat menggunakan jasa kereta Meitetsu Airport Lines yang ada di sekitar bandara.

2. Transportasi umum

Nah, jika udah sampai ke kota jangan pada binggung dengan transportasi umumnya ya, inini kita kasih tau transportasi umum apa aja sih yang dapat teman-teman manfaatin selama berada di Kota Nagoya. Berbagai sarana transportasi umum tersedia di Nagoya, mulai dari bus kota, kereta,  taksi, hingga kereta bawah tanah (subway / chikatetsu).

    a. Bus Kota
Nah, pertama ada transportasi umum bus kota nih teman-teman, Seluruh jalur bus kota di Nagoya dapat digunakan dengan harga yang sama loh, yaitu 200 yen untuk sekali jalan. Seluruh kota dapat diakses dengan menggunakan bus karena di setiap jalan terdapat halte bus. Disarankan menggunakan aplikasi google maps ya biar ga nyasar karena jalur bus nya cukup ribet loh.

    b. Kereta
Selain bus kota masih ada transportasi kereta juga loh, di Nagoya setidaknyaada 2 perusahaan yang mengelola jaringan kereta api Nagoya, yaitu: JR (Japan Railways) dan Meitetsu. Untuk tiket kereta dapat dibeli di loket otomatis yang terletak dekat dengan pintu gerbang.

    c. Kereta Bawah Tanah (Subway /Chikatetsu)
Nah teman-teman, jika tadi transportasi kereta yang diggunakan berupa kereta cepat biasa, kali ini ada kereta bawah tanah nih atau biasa disebut subway. Jaringan subway di Nagoya relatif lebih nyaman dibandingkan di Tokyo. Tentu, harga yang dikenakan lebih mahal nih antara 200 – 300 yen. Tiket juga dapat dibeli di loket otomatis yang banyak tersedia di sekitar gerbang subway. Terdapat pula kartu elektronik (Manaca) yang dapat diisi ulang dengan menggunakan mesin khusus di tempat yang sama dengan loket otomatis. Kartu ini dapat digunakan untuk jaringan subway dan JR (Japan Railways).

Mau Ngapain dan Kemana aja sih di Kota Nagoya?

Jalan-jalan ke Kota Nagoya, Jepang, Mau ngapain dan kemana aja ya? Binggung nih? Nggak usah binggung teman-teman inini admin bakalan ngasih tau tempat apa sih yang tepat dan pas untuk teman-teman sambangi selama berada di kota Nagoya. Berikut pembahasannya.

1. OSU KANNON TEMPLE
Hasil gambar untuk OSU KANNON TEMPLE
OSU KANNON TEMPLE, By. www.japan-guide.com
Nah, wisata menarik pertama yang dapat teman-teman kunjungi ketika berlibur ke Kota Nagoya, Jepang ialah Kuil Osu Kanon yang merupakan kuil Budha terpopuler di kota ini. Kuil Osu Kanon didirikan pada masa Kamakura (1192 – 1333) di Prefektur Gifu yang kemudian dipindahkan oleh Tokugawa Ieyasu di tahun 1612. Kuil ini sangat disucikan loh terutama dengan keberadaan patung kayu Kannon di dalamnya. Kuil Osu Kannon sangat dekat dengan Stasiun Osu Kannon sehingga teman-teman yang memulai perjalanan dari Stasiun Nagoya dapat mengambil Jalur Subway Higashiyama dan beralih menggunakan Tsurumai Line di Fushimi Station.

2. NAGOYA CASTLE
Hasil gambar untuk NAGOYA CASTLE
NAGOYA CASTLE, By. japantourlist.com 
Jika teman-teman sudah puas berkeliling di Kuil Osu Kannon, maka teman-teman dapat lanjut ke tempat wisata bersejarah lainya ialah Nagoya Castle merupakan salah satu istana kerajaan Jepang yang terletak di kota Nagoya prefektur Aichi, Jepang. Nagoya Castle dibangun pada tahun 1612 sebagai benteng pertahanan serta merupakan satu dari tiga istana kerajaan terbaik yang dibangun oleh ileh Kato Kiyomasa dan Todo Takatora. Pada saat perang dunia ke II Nagoya Castle merupakn bangunan yang seringkali ambruk karena acap kali terkena serangan saat perang. Sekarang castle ini menjadi benteng dan tempat tinggal bagi keturunan Tokugawa.

3. JR CENTRAL TOWER
Hasil gambar untuk JR CENTRAL TOWER
JR CENTRAL TOWER, By. www.japan-guide.com
Next, masih ada JR Central Tower Nagoya nih yang merupakan wisata paling populer lainya yang ada di Kota Nagoya. Tempat ini merupakan kantor pusat sekaligus stasiun kereta api terbesar di dunia loh dengan memiliki ketinggian hingga 245 meter. Di dalam gedungnya di isi dengan berbagai macam toko, supermarket, serta hotel-hotel mewah. Bangunannya terdiri dari beberapa gedung yang dibuat menyatu. Adapun lantai paling bawah merupakan pusat perbelanjaan sekaligus stasiun JR Nagoya, sedangkan bangunan yang lebih tinggi yaitu towernya digunakan sebagai hotel Marriot Tower serta Office Tower yang terdiri dari 30 lantai. Sungguh banggunan yang super komplit ya, pastikan teman-teman berkunjung ke JR Central Tower ya ketika berlibur ke Kota Nagoya.

4. HEIWA PARK NAGOYA
Hasil gambar untuk HEIWA PARK
HEIWA PARK NAGOYA, By. www.flickriver.com
Jreng-jreng kali ini teman-teman dapat menikmati wisata alam yang sejuk dan tentram loh, Kota Nagoya juga memiliki Heiwa park sebuah taman rekreasi yang berada di dekat Nagoya University. Di Heiwa Park ini setidaknya dihuni lebih dari 2000 pohon cherry yang cantik. Heiwa Park juga menyediakan ruang yang luas untuk beragam aktifitas para pengunjung. Selain itu, terdapat tempat bermain untuk anak-anak juga loh disini. Untuk bisa sampai ke tempat ini teman-teman dapat turun dari Higashiyama Koen Station kemudian melanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 15 menit untuk mencapai Heiwa park.

5. NAGOYA CITY MUSEUM
Hasil gambar untuk NAGOYA CITY MUSEUM
NAGOYA CITY MUSEUM, By. www.japan-guide.com
Nah, belum berhenti sampai disitu Nagoya masih memiliki keistimewaan lainya loh, teman-teman juga dapat berplesir ke Nagoya City Museum nih salah satu museum terkenal di Kota Nagoya dan menjadi objek wisata terbaik bagi wisatawan. Nagoya City Museum dibangun pada tahun 1977 dan menyimpan berbagai koleksi yang berasal dari zaman paleolithic Jepang seperti benda bersejarah, karya seni kerajinan tangan, dokumen dan materi folk. Museum ini buka mulai pukul 09.300 hingga 17.00 pada hari Selasa-Minggu dan tutup pada hari Senin. Biaya masuk museum pun sekitar 200-300 yen cukup standart lah untuk menambah pengetahuan teman-teman.

6. THE TOKUGAWA ART MUSEUM
Hasil gambar untuk THE TOKUGAWA ART MUSEUM
TOKUGAWA ART MUSEUM, By, www.japan-guide.com
Selain Nagoya City Museum ternyata Kota Nagoya masih memiliki museum bersejarah lainya loh, kali ini museum yang dimaksud bukanlah museum tentang barang-barang peninggalan perang ataupun manusia purba. Museum yang dimaksud ialah The Tokugawa Art Museum yang didirikan pada  tahun 1931 oleh Yoshichika Tokugawa dan merupakan museum milik keluarga Tokugawa dan dibangun khusus guna meyimpan koleksi dari keturunan clan Owari dan Tokugawa yang dioperasikan dan diurus oleh Owari Tokugawa Reimeikai Foundation. Museum ini terletak di Shimoyashiki (di bekas senyawa ozon), Nagoya. Di museum ini terdapat lebih dari 12 ribu koleksi seni yang merupakan koleksi bersejarah dan memiliki nilai seni yang tinggi. Koleksi tersebut terdiri dari pedang, baju besi, kostum seragam Noh, topeng, pernis furnitur, keramik dari Cina, dan sebagainya. The Tokugawa Art Museum ini buka setiap hari selasa hingga minggu dan tutup setiap hari Senin. Untuk biaya masuknya, teman-teman akan dikenai sebesar 1200 yen per orang.

7. NAGASHIMA RESORT
Hasil gambar untuk nagashima resort nagoya
NAGASHIMA RESORT, By. www.jalan2kejepang.com
Berikutnya teman-teman masih ada Nagashima Resort nih salah satu resort terfavorite yang ada di Nagoya. Di sini terdapat fasilitas rekreasi yang cukup komplit loh yang terdiri dari Nagashima Spaland yang merupakan taman hiburan dan taman air beserta pusat perbelanjaan stop kontak dan taman bunga bernama Nabana no Sato. Di taman hiburannya juga terdapat wahana seperti Roller coaster raksasa sebagai daya tarik utama resor di Spaland. Selain itu juga terdapat restoran, layanan pijat, Jacuzzi, dan sauna khususnya di Nagashima Spa Yuami no Shima yang juga menawarkan tempat pemandian air panas yang terpisah antara tempat pemandian pria dan wanita. Menarik kan.

8. YAMAZAKI RIVER
Hasil gambar untuk YAMAZAKI RIVER
YAMAZAKI RIVER, By. www.tripadvisor.com
Terakhir nih teman-teman Kota Nagoya masih menyajikan suatu hal yang menarik nih yaitu Yamazaki River sebuah sungai cantik yang dipagari oleh bermacam jenis pohon sakura. Barisan pohon sakura yang luas tersebut menarik perhatian banyak orang untuk berjalan-jalan di tepian sungai ini. Yamazaki River merupakan spot yang tepat bagi teman-teman yang ingin melihat hanami. Menarik bukan.

Ke Nagoya Mau Makan apa ya?

Berwisata ke suatu tempat seperti kota wisata  Nagoya, Jepang, sangat tidak fair rasanya jika tidak mencicipi berbagai macam hidangan khas nan lezat ala kota ini. Jangan pada binggung karena laper ya, ini admin kasih beberapa hidangan lezat ala Kota Nagoya nih. Dibaca ya!

1. MISO NIKOMI
Hasil gambar untuk MISO NIKOMI
MISO NIKOMI, By. onlynativejapan.com
Hidangan yummy pertama ala Kota Nagoya ialah Miso Nikomi nih teman-teman, rasa kaldu miso merah khas yang didihkan selama berjam-jam menambahkan sensasi rasa yang lezat untuk resep andalan Nagoya yang satu ini. Selain itu, ada juga homemade udon yang ditambahkan dengan daun bawang dan ayam ditambahkan ke sup yang sehat sungguh menyajikan hidangan yang berkualitas tinggi ya. Miso Nikomi ini juga sangat terkenal hingga diluar daerah Nagoya loh. Jadi nggak sabar pengen makan kan hehe.

2. TEBASAKI
Hasil gambar untuk TEBASAKI
TEBASAKI, By. cariyuk.com
Selanjutnya lagi teman-teman masih ada Tebasaki sebuah masakan khas Nagoya yang sebenarnya tercipta karena kesalahan, saat itu ada seorang chef yang sangat putus asa karena bahan daging paha ayam yang ia pesan tak kunjung datang sehingga pemilik restoran pun terpaksa menyajikan chicken wing kepada para penggunjungnya, dan ternyata hasilnya pun diluar dugaan semua penggunjung malah suka dengan hidangan yang tak sengaja ia sajikan tersebut. Sayap ayam goreng ini sudah sangat terkenal di Nagoya bahkan di  Jepang. Oleh karena itu, pastikan teman-teman mencicipi Tebasaki ya ketika berkunjung ke Kota Nagoya.

3. HOUTOU
Hasil gambar untuk HOUTOU
HOUTOU, By. www.houtou-fudou.jp
Oke next ada hidangan Houtou yang tak kalah delicious dari Miso Nikomi, Houtu berupa Mie khas dari Yamanashi Prefecture, Houtou terdiri atas mie yang memiliki tekstur yang besar dan lebar, sayuran segar, tahu, dan diberikan kuah yang berbahan dasar labu siam. Hautou tergolong makanan yang sehat lo karena di dominasi oleh sayuran, jadi sangat cocok untuk teman-teman yang vegetarian nih.

4. OYAKODON
Hasil gambar untuk OYAKODON
OYAKODON, By. www.nic-nagoya.or.jp
Berikutnya masih ada Oyakodon nih suatu hidangan yang disajikan dengan kesederhanaan tinggi serta menjadi salah satu makanan khas nan favorit di Nagoya. Adonan Oyakodon diawali dengan paha ayam yang direbus perlahan dengan bawang, dalam saus kedelai manis pun ditambahkan telur kemudian dihidangkan dengan semangkuk nasi Jepang, ummm….yummy. pastikan mencoba hidangan lezat ini ya teman-teman.

5. UIROU
Hasil gambar untuk UIROU
UIROU, By. jpninfo.com
Terakhir masih ada hidangan lezat bernama Uirou nih teman-teman, Uirou sama seperti wagashi tradisional Jepang yang terbuat dari tepung beras dan gula, dengan tekstur lunak seperti mochi, Uirou memiliki rasa yang sangat manis. Hidangan yang satu ini cocok dinikmati dengan teh hijau Jepang, Uirou pun terdiri atas bermacam varian rasa untuk mulai dari rasa kacang merah hingga rasa pisang coklat. Sekilas makanan ini hampir mirip dengan kue lapis yang ada di Indonesia ya hehe.

Ohh iya, apa aja sih tips dalam melakukan bepergian ke luar negeri seperti ke negara Jepang?

Oke-oke jangan gusar, berikut admin berikan 2 tips atau 2 pilihan yang dapat teman-teman lakukan saat ingin berpergian ke luar negeri. Ini dia pembahasannya.

1. Pergi Sendirian ala Backpacker

Nah, cara yang pertama ini mudah-mudah susah loh teman-teman kenapa karena Bacpacker ini memang harus dilakukan oleh kalian yang benar-benar siap dan paham akan resiko yang akan kalian hadapi kedepannya. Backpaker suatu kegiatan yang mulai digemari oleh banyak orang saat ini, memang asik ketika kita dapat berkeliling dan berwisata dari satu tempat ke tempat yang lain secara mandiri tapi teman-teman benar-benar harus memperhitungkan waktu, budget, dan juga yang akan teman-teman keluarkan nantinya ya. Jangan sampai hanya karena teman-teman belum siap maka rencana liburan teman-teman batal begitu saja. Keep enjoyyyy okee :D

2. Menggunakan Jasa  Agen Travel

Cara ke-2 nih yang sangat simple, teman-teman beli paketnya dan nikmati liburannya hehe. Dengan menggunakan jasa agen travel, perjalanan teman-teman akan mudah terlaksana karena semua hal yang berkaitan dengan kegiatan teman-teman saat berwisata nantinya akan diatur secara baik dan terstruktur oleh agan wisata yang telah teman-teman gunakan. Salah satu agen wisata yang telah dikenal dan terpercaya oleh sebagian masyarakat Indonesia ialah HIS Tours&Travel selain itu teman-teman juga bisa mencari tiket penerbangan promo di HAnavi yaitu sebuah agen penyedia tiket penerbangan murah yang berkolaborasi dengan HIS, nah tadi bagi teman-teman yang ingin berlibur ke Jepang dan menikmati keindahan Kota Nagoya misalnya, HIS tentu menyediakan paket untuk itu dan tentu dengan budget yang bersahabat juga nih. Oleh karea itu, sempurnakan perjalanan teman-teman dengan memilih agen travel yang terpercaya.
Berikut Web Informasi tentang Agen HIS :

            Mungkin itu aja nih informasi yang dapat admin berikan kepada teman-teman semua kali ini, semoga impianya untuk berlibur ke Nagoya tercapai ya aminnnn hehe, thanks for read yaaa :D

Keyword : Jepang/Japan, Travel, Liburan, Wisata, Budaya, Akses (transportasi), Makanan khas, Festival, Musim Panas. HISHAnavi.


#SalamSukses

#MRioAldino

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com
Location: Nagoya, Aichi Prefecture, Japan

1 comments:

Anonymous said...

Blog yang menarik... semoga terus berkembang.... Saya ingin berbagi article tentang Kuil Todaiji di http://stenote-berkata.blogspot.com/2018/05/nara-di-kuil-todai-ji.html
Lihat juga video di youtube https://youtu.be/2i-MwzfWvs4