Saturday, May 7, 2016

10 TEMPAT WISATA MENARIK di PEKANBARU


1. Danau Buatan Lembah Sari
Hasil gambar untuk danau buatan lembah sari
Danau Buatan lembah Sari, By. www.wisatamu.com
Wisata pertama yang dapat anda kunjungi ketika berlibur ke Pekanbaru ialah Danau Buatan Lembah Sari yang berada 10 Km dari pusat kota Pekanbaru tepatnya di Desa Limbungan. Di danau ini anda dapat menyewa perahu dan sepeda air untuk sekedar mengelilingi danau dan menikmati keindahannya. Danau ini dikelilingi oleh bukit sehingga banyak pepohonan hijau yang segar sehingga cocok bagi anda yang ingin mencari wisata alam yang sehat.

2. Istana Siak Sri Indrapura
Hasil gambar untuk Istana Siak Sri Indrapura
Istana Siak Sri Indrapura, By. www.gosumatra.com
Selanjutnya anda dapat berkunjung ke salah satu situs peninggalan sejarah di Pekanbaru yaitu Istana Siak Sri Indrapura yang dibangun pada masa Kesultanan Siak tahun 1889. Bangunan ini terdiri atas dua lantai, di lantai dasar anda dapat melihat-lihat koleksi kerajaan seperti patung perunggu Ratu Wihelmina dan patung Sultan Syahrir Hasyim I dan di lantai ini juga terdapat Gendang tua yang memiliki usia 200 tahun lebih. Sedangkan Lantai dua Istana terdapat kamar yang dulunya merupakan kamar sultan dan kamar tamu, kamar-kamar tersebut sekarang dirubah menjadi tempat koleksi senjata pusaka sultan. Terdapat juga lukisan Napoleon Bonaparte yang didatangkan asli langsung dari Perancis. Menarik bukan.
3. Riau Fantasi (Labersa Water and Theme Park)
Hasil gambar untuk Riau Fantasi (Labersa Water and Theme Park)
Riau Fantasi, By. www.detakriau.com
Berikutnya anda dapat berkunjung ke Riau Fantasi atau Labersa Water and Theme Park adalah salah satu taman rekreasi terbesar di Sumatera, luasnya mencapai 6,5 hektar. Terdapat dua wahana di taman rekreasi ini, yaitu wahana permainan air yang memiliki kolam dan papan seluncur. Sementara wahana kering nya adalah berbagai permainan yang dapat menguji nyali seperti  kora-kora, sky tower, wave blaster, speedy, coaster dan sebagainya.

4. Taman Rekreasi Alam Mayang
Hasil gambar untuk Taman Rekreasi Alam Mayang
Taman Rekreasi Alam Mayang, By. www.wisatapekanbaru.com
Selanjutnya ada Taman Rekreasi Alam Mayang yang merupakan taman rekreasi yang bertemakan alam. Di tempat ini anda dapat menemui jembatan Leighton yang melintasi Sungai Siak, 3 kolam pancing, dan ada juga flying fox, outbond, sepeda air dan bola air raksasa. Taman ini juga dikelilingi oleh bukit-bukit sehingga udaranya masih sangat sejuk untuk dikunjungi. 

5. Dekranasda Pekanbaru
Hasil gambar untuk Dekranasda Pekanbaru
Dekranasda, By. www.idtempatwisata.com
Nah, bagi anda yang lagi berburu oleh-oleh khas Pekanbaru anda wajib berkunjung ke Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Deskranasda) salah satu pusat oleh-oleh khas Pekanbaru. Deskranasda berlokasi di Jalan Sisingamangaraja dan Jalan Durian, terdapat toko binaan Deskranasda yang menyediakan berbagai macam oleh-oleh di sana. Di tempatini anda dapat membeli kerajinan-kerajinan khas melayu seperti kain songket, tenun, batik, dan kerajinan tangan dari kayu khas Melayu. Harga yang ditawarkan punbervariasi sesuai budget yang anda miliki.

6. Masjid Agung An-Nur
Hasil gambar untuk Masjid Agung An-Nur
Masjid Agung An-Nur, By. almasjidy.blogspot.com
Bagi anda yang ingin berwisata Religi Masjid Agung An Nur wajib untuk anda singgahi, Masjid ini memiliki arsitektur campuran mulai dari gaya Melayu, Arab, Turki hingga India. Masjid ini biasa disebut Taj Mahal nya Pekanbaru karena rupanya yang mirip seperti Taj Mahal di India. Masjid ini memiliki 3 lantai dimana semua lantai didominasi warna hijau.

7. Desa Wisata Okura
Hasil gambar untuk Desa Wisata Okura
Desa Wisata Okura, By. www.pekanbaru.co
Selanjutnya anda dapat bersafari ke sebuah desa sebagai desa wisata yang menarik untuk dikunjungi, namanya adalah desa Okura. Desa Okura berada di pinggiran yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Pelalawanan dan Kabupaten Siak, Riau. Sebenarnya Okura ialah sebuah kelurahan tapi agar lebih bernuansa wisata makal disebutlah desa, di desa Okura juga terdapat aliran Sungai Siak yang dapat dijadikan sebagai obyek memancing bagi para wisatawan atau warga pada akhir pekan.

8. Perpustakaan Soeman H.S

Hasil gambar untuk Perpustakaan Soeman H.S
Perpustakaan Soeman H.S, By. haluannews.com
Nah berikutnya anda dapat berwisata ke Perpustakaan Soeman H.S yang unik, kenapa unik? karena bangunan perpustakaan ini terlihat sangat unik dari lua karena bentuknya yang menyerupai sebuah rehal atau papan alas untuk membaca Al Quran. Perpustakaan Soeman H.S terdiridari enam lantai dan memiliki berbagai fasilitas pendukung mulai dari mushola, kafe, kantin, ruang pertemuan sampai auditorium. Ada juga ruangan khusus untuk literatur budaya Melayu. Perpustakaan ini disebut memiliki koleksi literatur budaya Melayu terlengkap di Indonesia.

9. Air Terjun Aek Martua
Hasil gambar untuk air terjun aek martua
Air Terjun Aek Martua, By. www.beritasatu.com
Selanjutnya bagi anda yang ingin berwisata air terjun di Pekanbaru anda dapat berkunjung ke Air Terjun Aek Martua yang berada di Desa Tangun, Kecamatan Bangun Purba, Kabupaten Hulu Rokan, Provinsi Riau. Nama Aek Martua sendiri diambil dari bahasa daerah salah satu suku di Riau, yakni suku Batak Mandailing, yang berarti air bertuah. Keistimewaan air terjun ini ialah bentuknya yang tersusun atas tiga tingkatan. Setiap tingkatan mempunyai ukuran dan ketinggian yang berbeda-beda. Ketinggian tersebut berkisar antara 15 meter hingga 40 meter. Nah, menarik bukan.

10. Pasar Bawah
Hasil gambar untuk Pasar Bawah
Pasar Baru, By. disparekraf.riau.go.id
Nah, terakhir anda dapat berkunjung ke Pasar Bawah yang merupakan pasar tradisional tertua di Pekanbaru dan terdiri atas 4 lantai, Pasar ini terletak di tepi Sungai Siak dan dekat dengan pelabuhan. Arsitektur bangunan pasar ini merupakan perpaduan dari budaya Melayu dan Tionghoa. Di pasar ini, Anda juga bisa menemukan beragam camilan khas Pekanbaru seperti lempuk durian, ikan salai, dodol kedondong bahkan cokelat dan permen dari negeri tetangga. Selain itu Anda juga akan menemukan aneka keramik dari Cina, karpet dari Timur Tengah dan barang-barang elektronik secondhand dari luar negeri lainya. Pasar Bawah juga telah ditetapkan sebagai salah satu ikon yang ada di kota Pekanbaru.


luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com
Location: Pekanbaru, Pekanbaru City, Riau, Indonesia

0 comments: