Tuesday, May 17, 2016

10 WISATA MENARIK di PALEMBANG


1. Jembatan Ampera
Hasil gambar untuk jembatan ampera
Jembatan Ampera, By. tekooo.com
Wisata wajib pertama yang harus anda kunjungi ketika berwisata ke Palembang, Sumatera Selatan ialah ikon kotanya yaitu Jembatan Ampera yang berdiri megah di atas Sungai Musi. Jembatan Ampera memiliki panjang total 224 meter dan tinggi menara 63 meter. Jembatan ini dibangun pada April 1962, Jembatan ini merupakan penghubung antara daerah hulu dan hilir kota Palembang. Selain menikmati keindahan jembatan amera, anda juga dapat berwisata menyusuri sungai musi yang ada di bawahnya.

2. Masjid Agung Palembang
Hasil gambar untuk Masjid Agung Palembang
Masjid Agung, By. grandmalakaethicalhotel.com
Berikutnya anda dapat berwisata religi ke Masjid Agung Palembang yang terletak di Jalan K.H. Faqih Usman, Masjid Agung Palembang memiliki luas hingga 5.520 meter. Arsitektur dari Masjid ini bergaya Cina pada kubahnya dan bergaya Eropa pada elemen lainnya. Masjid ini dibangun pada pemerintahan Sultan Mahmud Badaruddin I dari tahun 1738 - 1748 dan mengalami 6 kali renovasi yang luas awalnya hanya 1.080 meter persegi menjadi 5,520 meter persegi.

3. Gunung Dempo
Hasil gambar untuk Gunung Dempo
Gunung Dempo, By. travel.grivy.com
Selanjutnya ada wisata alam Gunung Dempo yang merupakan sebuah gunung terkenal di Sumatera Selatan, tepatnya berada di kab. Pagar Alam. Gunung ini memiliki ketinggian hingga 3,195 meter, dan memiliki kawasan hutan Dipterokarp Bukit hutan Montane serta Hutan Ericaceous atau yang disebut hutan gunung. Anda juga dapat menikmati keindahan kebun teh di kaki Gunung Dempo ini.

4. Air Terjun Curup Maung
Hasil gambar untuk air terjun curup maung lahat
Air Terjun Curup Maung, By. southsumatratourism.com
Selain Gunung Dempo, anda juga dapat berkunjung ke wisata alam menarik lainya yaitu air terjun Curup maung sebuah air terjun yang baru dikenal masyarakat Sumsel. Lokasi Air Terjun ini berada di kab. Lahat dan medan yang harus ditempuh untuk mencapai air terjun nan indah ini cukuplah rumit. Lokasi curup maung yang jauh menjadikan curup maung belum terlalu ramai pengunjung sehingga keasriannya masih sangat terjaga.

5. Bukit Siguntang
Hasil gambar untuk Bukit Siguntang
Bukit Siguntang, By. infopalembang.id
Berikutya wisatawan dapat bersafari ke Bukit Siguntang yaitu sebuah tempat bersejarah di Kota Palembang. Sepanjang mata memandang hanya terlihat sejumlah pohon rindang, kursi dan gazebo yang dibangun di sekeliling Bukit Siguntang. Kesan angker akan terasa saat menuju ke puncak bukit karena Anda akan melihat sebuah makam pertama yaitu makam dari Panglima Tuan DjungDjungan dari 7 makam yang terdapat di Bukit Siguntang.

6. Rumah Limas
Hasil gambar untuk Rumah Limas
Rumah Limas, By. www.gosumatra.com
Nah, selanjutnya anda dapat berkunjung ke Rumah Limas yang merupakan rumah tradisional khas Sumatera Selatan dengan segi arsitektur berbentuk panggung dan berbahan kayu, disebut Rumah Limas karena memiliki bentuk yang berupa limasan. Rumah Limas memiliki luas yang cukup besar dan seringkali di pakai untuk tempat hajatan atau acara adat. Bahan beberapa material Rumah Limas seperti lantai, dinding, serta pintu menggunakan bahan dari kayu tembesu.

7. Goa Putri
Hasil gambar untuk goa putri palembang
Gua Putri, By. www.indonesia.travel
Berikutnya anda dapat berkunjung ke Goa Putri yang berlokasi di Desa Padang Bindu, Baturaja. Untuk dapat mencapai lokasi Goa Putri anda harus menempuh waktu sekitar 5-6 jam perjalanan dari pusat kota Palembang. Wisata Goa Putri cukup terkenal di Sumatera Selatan karena bentuk goa nya yang unik. Menarik untuk anda kunjungi.

8. Pulau Kemaro
Hasil gambar untuk Pulau Kemaro
Pulau Kemaro, by. panduanwisata.id
Nah, kali ini ada Pulau Kemaro salah satu wisata paling populer di Kota Palembang. Pulau Kemaro terletak di daerah hilir Sungai Musi. Jarak tempuh waktu sekitar setengah jam dengan menyewa perahu tradisional ataupun perahu cepat di dekat jembatan Ampera. Di Pulau ini terdapat vihara yang banyak didatangi oleh umat Buddha untuk berdoa dan berziarah. Selain itu, anda juga akan menemukan sebuah makam, makam ini merupakan makam dari seorang putri Palembang. Konon cerita rakyat, putri ini menikah dengan anak raja dari China dengan mas kawin berupa 9 guci emas, tetapi pada akhirnya pasangan tersebut melemparkan dirinya ke sungai dan tenggelam.

9. Sungai Musi
Hasil gambar untuk sungai musi
Sungai Musi, By. www.republika.co.id
Selanjutnya yang istimewa dari kota Pempek ialah wisata Sungai Musi sebuah sungai terpanjang di Sumatera yang panjangnya mencapai 750 km. banyak hal yang dapat anda lakukan di sekitaran sungai ini, mulai dari berbelanja di pasar terapung hingga berkunjung ke sebuah benteng bersejarah yang letaknya tak jauh dari sungai ini, benteng tersebut bernama Benteng Koto Besak.

10. Jakabaring Sport Center

Hasil gambar untuk stadion jakabaring terbaru
Jakabaring Stadium, By. www.kaskus.co.id
Terakhir anda dapat berkunjung ke Jakabaring Sport Center yaitu sebuah kawasan olahraga lengkap di kota Palembang, Sport Center Jakabaring ini dibangun untuk mensukseskan Sea Games yang beberapa tahun lalu diselenggarakan di kota Palembang. Selain itu di kawasan ini juga berdiri sebuah stadion megah Gelora Jakabaring yang merupakan markas salah satu klub raksasa sepakbola Indonesia Sriwijaya FC.
luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com
Location: Palembang, Palembang City, South Sumatra, Indonesia

0 comments: