Wednesday, May 11, 2016

10 WISATA MENARIK di KALIMANTAN SELATAN

1. Pulau Kaget
Hasil gambar untuk pulau kaget
Pulau kaget, By. www.travelmatekamu.com
Wisata menarik pertama yang dapat anda kunjungi di Kalimantan Selatan ialah Pulau Kaget yang berada di wilayah Kecamatan Tabunganen, Barito Kuala, Kalimantan Selatan. Pulau Kaget adalah sebuah delta yang terletak di tengah sungai Barito, di pulau ini anda akan banyak menemukan satwa khas Kalimantan Selatan yaitu Bekantan.

2. Pasar Terapung Banjarmasin
Hasil gambar untuk Pasar Terapung Banjarmasin
Pasar Terapung Banjarmasin, By. travel.kompas.com
Selanjutnya yang paling terkenal di Banjarmasin ialah Pasar Terapung Banjarmasin yang berada di muara Sungai Barito, tepatnya di Kelurahan Kuin Utara, Banjarmasin. Pasar ini diperkirakan sudah ada sejak 400 tahun yang lalu. Barang yang dijual pun beragam mulai dari hasil kebun, makanan sampai pakaian. Menarik bukan.

3. Pantai Teluk Tamiang
Hasil gambar untuk Pantai Teluk Tamiang
Pantai Teluk Tamiang, By. www.nusantraveller.com
Berikutnya ada Pantai Teluk Tamiang yang tak kalah indah dengan pantai Batakan yang ada di Kalimantan Selatan. Lokasinya berada di Kecamatan Pulau Laut Barat, Kabupaten Kota Baru, Kalimantan Selatan. Pantai Teluk Tamiang merupakan pantai yang memiliki pasir putih serta air laut yang jernih. Banyak aktivitas yang dapat anda lakukan di pantai ini mulai dari aktivitas air atau sekedar berjalan-jalan di pinggir pantai.

4. Loksado
Hasil gambar untuk Loksado
Loksado, By. www.kaskus.co.id
Wisata menarik selanjutnya ialah Loksado yaitu sebuah Kecamatan di Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Di desa ini anda dapat menjelajahi pegunungan meratus. Dari sini anda bisa mengunjungi Air Terjun Haratai, Air Terjun Kilat Api dan  Balanting Paring atau Bamboo Rafting menyusuri sungai amandit.

5. Air Terjun Panayar
Hasil gambar untuk Air Terjun Panayar
Air Terjun Panayar, By. kidnesia.com
Selanjutnya lagi ada wisata Air Terjun Panayar yang berlokasi di Desa Artain Kecamatan Aranio. Air terjun ini merupakan salah satu air terjun indah yang ada di Kalimantan Selatan serta termasuk kedalam salah satu wisata populer yang ada di Kalimantan Selatan.

6. Jembatan Barito
Hasil gambar untuk Jembatan Barito
Jembatan Barito, By. senapati.net
Jika di Palembang ada Jembatan Ampera maka di Kalimantan Selatan ada Jembatan Barito yang berdiri megah, jembatan ini berfungsi untuk menghubungkan sisi timur dan sisi barat Sungai Barito. Panjang Jembatan Barito sekitar 1 km. menarik jika anda dapat berjalan dan 
berfoto di salah satu ikon Provinsi Kalimantan Selatan ini.

7. Museum Wasaka
Hasil gambar untuk Museum Wasaka
Museum Wasaka, By. www.trackpacking.com
Nah, berikutnya anda dapat berwisata sejarah ke salah satu museum bernama Wasaka, Wasaka sendiri ialah singkatan dari Waja Sampai Kaputing, yaitu motto perjuangan rakyat Kalimantan Selatan. Di dalam meseum anda akan melihat koleksi foto, mesin ketik, seragam perjuangan, keris hingga senjata api milik peninggalan Belanda. Selain itu bentuk museum ini menyerupai bangunan rumah adat Kalimantan Selatan.

8. Masjid Sabilal Muhtadin
Hasil gambar untuk Masjid Sabilal Muhtadin
Masjid Sabilal Muhtadin, By. www.jalanjalanyuk.com
Setelah berwisata sejarah ada baiknya anda melanjutkan untuk berwisata religi ke salah satu Masjid terbesar di Banjarmasin, yaitu Masjid Sabilal Muhtadin yang dibangun pada tahun 1981. Masjid Sabilal Muhtadin berada di tepi barat Sungai Martapura, tepatnya di Kelurahan Antasan Besar, Banjarmasin Tengah. Nama masjid ini diambil dari nama kitab yang ditulis oleh Syeikh Muhammad Arsyad Al Banjary yang merupakan ulama besar di Kalimantan Selatan. Masjid ini memiliki lima buah menara dan mampu menampung hingga lebih 14.000 orang jamaah.

9. Pantai Batakan
Hasil gambar untuk Pantai Batakan
Pantai Batakan, By. nasional.republika.co.id
Berikutnya ada Pantai Batakan yang berada di Desa Batakan, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan. Berbeda dengan pantai lainya, Pantai Bantakan memiliki pasir coklat dan banyak ditumbuhi pohon pinus. Selain itu anda juga dapat berkunjung ke sebuah pulau di tengah pantai ini, pulau tersebut bernama pulau Datu.

10. Air Panas Hantakan
Hasil gambar untuk air panas hantakan kalimantan selatan
Air Panas Hentakan, By. www.pta-palangkaraya.go.id
Terakhir anda dapat berwisata ke Air Panas Hantakan sebuah tempat pemandian air panas yang berada di Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan. Berendam di tempat ini sangat cocok bagi anda yang ingin menghilangkan penat dan lelah.



#SalamSukses
#MRioAldino
luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com
Location: Banjarmasin, Banjarmasin City, South Kalimantan, Indonesia

0 comments: