Wednesday, May 25, 2016

10 TEMPAT WISATA MENARIK di JAMBI

1. Wisata Tanggo Rajo
Hasil gambar untuk Wisata Tanggo Rajo
Tanggo Rajo, By. jalan2.com
Wisata wajib pertama yang harus anda kunjungi ketika berlibur ke Provinsi Jambi ialah Tanggo Rajo yang berada di pinggir sungai Batanghari tepatnya di depan rumah dinas Gubernur Jambi. Disini anda akan menikmati indahnya pemandangan dengan perpaduan air sungai Batanghari dan daratan, selain itu anda juga dapat menikmati langsung masakan siap saji yang banyak tersedia di lokasi wisata ini.

2. Gunung Kerinci 
Hasil gambar untuk Gunung Kerinci
Gunung Kerinci, By. sinisih.com
Selanjutnya yang istimewa dari Jambi ialah wisata Gunung Kerinci yaitu salah satu gunung api tertinggi di Indonesia yang sekelilingnya adalah hutan Taman Nasional Kerinci Seblat dan juga masuk dalam bagian dari pegunungan Bukit Barisan di Kabupaten Kerinci yang terletak di Provinsi Jambi. Disini anda akan benar-benar dibuat terpesona dengan keindahan alamnya yang menakjubkan, pastikan anda berkunjung ke tempat ini ya.

3. Danau Belibis
Hasil gambar untuk Danau Belibis
Danau Belibis, By. www.wisatamu.com
Berikutnya ada Danau Belibis yang lokasinya persis di lereng Gunung Kerinci dan memiliki hutan lebat dengan luas sekitar 2 ha. Danau ini sangatlah indah karena lokasinya yang berdekatan dengan daerah pegunungan Kerinci, sebenarnya masih ada beberapa danau besar lainya yang berada di kaki Gunung Kerinci ini tapi Danau Beibis termasuk kedalam salah satu danau terindah yang patut untuk wisatawan sambangi.

4. Taman Nasional Kerinci Seblat
Hasil gambar untuk Taman Nasional Kerinci Seblat
TN Kerinci Seblat, By. tataruangpertanahan.com
Selanjutnya lagi masih ada Taman Nasional Kerinci Seblat yang terletak dikawasan bukit barisan. Taman Nasional Kerinci Seblat ini memiliki suasana alam yang sangat terasa sehingga disini anda akan menemukan keanaekaragaman flora dan fauna serta anda dapat berkunjung ke Gunung Kerinci beserta Danau Kerinci. Tidak lupa Taman Nasional Kerinci Seblat ini juga telah ditetapkan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO.

5. Pasar Keramik Sitimang
Hasil gambar untuk Pasar Keramik Sitimang
Pasar Keramik Sitimang, By. www.pinterest.com
Nah, bagi anda pengagum seni pahatan seperti keramik pastikan anda berkunjung ke Pasar Keramik Sitimang ketika berlibur ke Jambi, Pasar ini  terletak di Jalan Sisingamangaraja, Kota Jambi. Pasar ini telah dikenal sebagai pusat penjualan keramik di Jambi sejak tahun 1980an. Di pasar ini, Anda akan banyak menemukan keramik dalam berbagai wujud seperti guci, toples, peralatan makan hingga hiasan rumah. Menarik bukan.

6. Museum Negeri Jambi
Hasil gambar untuk Museum Negeri Jambi
Museum Negeri Jambi, By. www.wisatamu.com
Wisata selanjutnya ialah wisata sejarah di Museum Negeri Jambi yang berlokasi di Jalan Urip Sumoharjo No.1 Jambi. Bentuk bangunan museum ini dirancang menyerupai Rumah Kajang Lako yang merupakan rumah adat di Jambi. Di museum ini, wisatawan akan menemukan banyak sekali koleksi benda-benda bersejarah dan bernilai seni budaya Jambi dari zaman ke zaman mulai dari anyaman khas Jambi, peralatan berburu, batik tenun dengan motif bunga khas Jambi dan sebagainya.

7. Danau Kerinci
Hasil gambar untuk Danau Kerinci
Danau kerinci, By. ransel.club
Jika tadi ada Gunung Kerinci maka ada juga Danau kerinci yang menawan, dana ini adalah danau terbesar kedua di Sumatera setelah Danau Toba dengan luas sekitar 5000 m2 dan tinggi 780 mdpl serta memiliki kedalaman sekitar +100 meter. Disini anda akan merasakan potensi wisata alam yang menakjubkan dengan keindahan yang dipancarkan oleh Danau Kerinci.

8. Candi Muaro Jambi
Hasil gambar untuk Candi Muaro Jambi
Candi Muaro Jambi, By. www.mamansoleman.net
Berikutnya lagi ada wisata candi di Jambi ialah Candi Muaro Jambi yang merupakan peninggalan Kerajaan Sriwijaya dan Melayu. Candi yang memiliki lokasi cukup luas ini awalnya ditemukan oleh S.C Crooke, seorang letnan berkebangsaan Inggris, pada tahun 1820, Kemudian Candi Muaro Jambi ini dipugar oleh pemerintah Indonesia di tahun 1975. Hingga sampai sekarang ini, terhitung ada 61 buah candi yang sebagian besar tertutup tanah. Candi Muaro Jambi juga telah ditetapkan sebagai salah satu situs warisan dunia yang wajib dilindungi oleh UNESCO.

9. Air Terjun Sigerincing
Hasil gambar untuk Air Terjun Sigerincing
Air Terjun Sigerincing, By. harianjambi.com
Jika tadi ada wisata gunung dan danau maka Jambi masih memiliki wisata air terjun yang indah, Air Terjun Sigerincing terletak di Desa Tuo, Kecamatan Lembah Mesurai, Merangin, Jambi ini memiliki keindahan potensi alam yang menawan. Ketinggian Air Terjun Sigerincing mencapai 60 meter. Tapi rute dan jarak tempuh yang harus anda capai untuk menuju air terjun ini cukuplah susah sehingga wisatawan yang berkunjung ke wisata air terjun ini masih sangat minim. Tapi setidaknya anda akan benar-benar  merasakan berwisata alam yang nyaman dan tenang disini.

10. Gentala Arasy
Hasil gambar untuk Gentala Arasy
Gerala Arsy, By. metrojambi.com
Wisata terakhir yang dapat anda kunjungi di Jambi ialah Gentala Arasy yang merupakan icon baru kota Jambi, berupa bangunan menara setinggi 85 meter yang lokasinya terletak di Kelurahan Arab Melayu di Kecamatan Pelayangan. Pada puncak bangunan Gentala Arasy terdapat jam besar yang berdiameter sekitar  3,5 meter dan rencananya akan digunakan sebagai alat penanda ibadah bagi umat muslim.  Sedangkan pada lantai basemen terdapat museum dengan koleksi benda sejarah tentang masuknya Islam ke provinsi ini. Sangat menarik bukan.

#SalamSukses
#MRioAldino


luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com
Location: Jambi, Jambi City, Jambi, Indonesia

0 comments: