Friday, May 6, 2016

Profil Negara Jerman, Negara Penuh Sejarah di Kawasan Eropa Tengah

Hasil gambar untuk bendera negara jerman
Jerman Flag, By. id.gofreedownload.net
Jerman adalah sebuah negara maju yang berada kawasan benua Eropa bagian Tengah. Secara langsung negara ini berbatasan dengan Belanda Belgia,Luxemburg, dan Perancis di barat. Di sebelah selatan berbatasan dengan Swiss dan Austria. Dan disebelah timur berbatasan dengan Ceko dan Polandia. Serta di bagian utara berbatasan dengan negara Denmark. Ibukota negara ini bernama Berlin.

Profil Negara Jerman

Nama Resmi               : Republik Federal Jerman
Luas Wilayah              : 357.168 km2 
Bentuk Pemerintahan : Republik Federal/ Demokrasi Parlementer
Ibukota                        : Berlin
Kepala Negara            : Presiden
Kepala Pemerintahan : Kanselir
Penduduk                    : 81.083.600 jiwa
Agama                         : Katholik Roma, Protestan, Yahudi,  lain-lain.
Bahasa Resmi             : Bahasa Jerman
Mata Uang                   : Euro
Perkapita                     : $41.955/tahun
Lagu kebangsaan        : Das Lied der Deutschen
Hari Nasional               : 3 Oktober 1990 (Hari Penyatuan Jerman)

Pemerintahan Jerman

Meskipun pernah terpisah menjadi Jerman Barat dan Timur akhirnya pada tanggal 3 oktober 1990 Jerman Barat dan Jerman Timur bersatu. Setelah bersatu kembali, negara Jerman meletakkan ibu kotanya di Berlin. Saat ini negara Jerman menganut sistem pemerintahan republik parlementer dengan Presiden sebagai kepala negaranya serta Kanselir sebagai kepala pemerintahannya. Sementara di Legislatif Jerman memiliki 2 majelis, yaitu majelis tinggi dan rendah.

Penduduk Jerman

Jerman tergolong sebagai negara dengan jumlah penduduk terpadat di Eropa dengan jumlah penduduk mencapai 81.083.600 jiwa. Daerah padat di Jerman terutama terdapat di sepanjang Sungai Rhein, Sungai Elbe, Sungai Donau, dan Sungai Weser. Daerah dataran tinggi di Pegunungan Alpen berpen-duduk relatif jarang. Penduduk di Jerman terdiri atas campuran suku Teutonia, Kelt, dan bangsa Slavia. Mayoritas penduduk Jerman beragama Katolik Roma dan protestan, sementara bahasa persatuan mereka ialah bahasa Jerman.

Perekonomian Jerman

Jerman tergolong sebagai negara maju di kawasan benua Eropa dengan pendapatan perkapita $41.955/tahun. Di Jerman, sektor pertanian memiliki peran sangat penting sebagai penopang sektor perekonomian Jerman. Daerah pertanian di Jerman antara lain terdapat di daerah-daerah Pegunungan Alpen dan daerah Bavaria Utara menghasilkan padi.Sementara daerah peternakan utama terdapat di sepanjang perbatasan Belanda melalui Sungai Elbe sampai ke Schleswig-Holstein dan di kaki Pegunungan Alpen. Jerman juga dikenalsebagai negara industri di Eropa dan menghasilkan berbagai produk industri modern di dunia. 

Wisata di Negara Jerman

Jerman merupakan salah satu negara tujuan wisata terfavorit di dunia, mulai dari wisata sejarah hingga wisata alam banyak terdapat di negara ini. Nah, berikut beberapa tempat wsata menarik di Jerman.

1. Cologne Cathedral
Hasil gambar untuk Cologne Cathedral
Cologne Cathedral, By. www.cologne.de
Wisata pertama yang wajib anda kunjungi ketika berlibur ke Jerman ialah Cologne Cathedral yang merupakan katedral Gothic terbesar di Jerman. Katedral ini dibangun pada abad ke-12 tepatnya pada tahun 1248 dan memakan waktu lebih dari 600 tahun untuk menyelesaikannya. Katedral ini didedikasikan untuk orang-orang kudus Petrus dan Maria dan merupakan kursi dari Uskup Agung Katolik Cologne.

2. Brandenburg Gate 
Hasil gambar untuk Brandenburg Gate
Brandenburg Gate, By. en.wikipedia.org
Selanjutnya anda dapat berkunjung ke Bradenburg Gate salah satu ikon negara Jerman dan Kota Berlin. Dibangun pada abad ke-18 sebagai gerbang masuk kota Brandenburg an der Havel, atau yang lebih dikenal sebagai kota Brandenburg. Gerbang ini memiliki sejarah panjang sejak didirikan, khususnya dalam sejarah politik negeri Jerman. Pastikan anda berkunjung ke tempat ini ya. 

3. Heidelberg Old City
Hasil gambar untuk Heidelberg Old City
Heidelberg Old City, By. dunia-wisata.net
Berikutnya ada wisata kota tua Heidelberg yang berlokasi di lembah sungai Neckar. Selama terjadinya Perang Dunia II, kota ini merupakan tempat yang cukup aman dari serangan bom oleh sekutu. Heidelberg juga masih mempertahankan gang-gang sempit yang menjadi bagian dari sejarah kota ini. Selain gang-gang kecil, anda juga dapat berkunjung ke kastil Heidelberg yang terkenal.

4. Pegunungan Elbe Sandstone
Hasil gambar untuk Pegunungan Elbe Sandstone
Pegunungan Elbe Sandstone, By. pixabay.com
Nah, kali ini anda dapat berwisata alam di Pegunungan Elbe Sandtone, salah satu tempat yang pas bagi anda yang ingin melakukan kegiatan hiking dan climbing. Selain itu pancaran keindahan alam pegunungan Elbe semakin lengkap karena berdekatan dengan Sungai Elbe yang merupakan sungai terbesar di Jerman bagian timur. Sungai ini memiliki keindahan yang menakjubkan jika dilihat dari atas bukit.

5. Kota Lindau
Hasil gambar untuk Kota Lindau
Kota Lindau, By. id.wikipedia.org
Berikutnya ada Lindau yang merupakan kota bersejarah lainya yang ada di Jerman, Kota ini memiliki jumlah penduduk sekitar 3.000 jiwa. Kota Lindau terletak di daerah perbatasan antara Austria, Swiss dan Jerman selain itu posisi kota ini juga terletak di sebuah pulau kecil dan sebuah jembatan sebagai alat penghubung dengan pulau lain. Lindau masih menjadi tujuan wisata yang cukup terkenal di Jerman karena Lindau masih mempertahankan bangunan abad pertengahan.

6. Frauenkirche
Hasil gambar untuk Frauenkirche
Frauenkirche, By. commons.wikimedia.org
Nah, bagi anda yang ingin berwisata religi anda dapat berkunjung ke sebuah bangunan bernama Frauenkirche yang merupakan bangunan gereja bersejarah di Jerman, Gereja ini terletak di kota Dresden. Gereja ini pernah mengalami kehancuran yang sangat parah saat terjadinya Perang Dunia II. Hingga akhirnya gereja ini diperbaiki dan mulai dibuka kembali pada tahun 2005.

7. Neuschwanstein Castle
Hasil gambar untuk Neuschwanstein
Neusschwanstein castle, By. www.schloesser.bayern.de
Selanjutnya anda dapat bersafari ke Neuschwanstein castle yang berlokasi di sebuah bukit terjal di dekat Füssen di barat daya Bavaria. Kastil ini di buat oleh Raja Ludwig II dari Bavaria pada tahun 1886, Raja Ludwig telah dinyatakan gila dan ditemukan tewas beberapa hari kemudian setelah pembangunan kastil ini selesai. Neuschwanstein merupakan wisata terpopuler di jerman dan wajib untuk anda kunjungi ketika berlibur ke Jerman.

8. Rügen Cliffs
Hasil gambar untuk Rügen Cliffs
Rugen Cliffs, By. www.flickr.com
Berikutnya anda dapat berwisata ke Cliffs Rügen sebuah tebing yang  terletak di Taman Nasional Jasmund di timur laut pulau Rügen. Tebing ini menghadapi erosi konstan kapur di tebing menara tinggi di atas Laut Baltik. Tebing ini memiliki tinggi sekitar 118 meter, Königsstuhl atau kursi raja merupakan bagian yang paling megah dari tebing ini. Ini merupakan alah satu wisata terbaik lainya yang ada di Jerman.

9. Kota Dresden
Hasil gambar untuk Kota Dresden
Kota Dresden, By. eropa.panduanwisata.id
Next ada Kota Dresden yang dapat anda kunjungi selain kota Berlin. Kota ini dibelah oleh sungai Elbe dan berada tak jauh dari perbatasan Ceko dan Polandia. Wilayahnya mencapai 328,30 km² dengan kepadatan penduduk sekitar 1.490 jiwa per km². Terdapat beberapa objek wisata yang bisa dinikmati di kota yang tergolong indah ini, mulai dari pusat kota sampai ke bagian pinggiran kota Dresden yang mempesona.

10. Kota Berlin
Hasil gambar untuk Kota Berlin
Kota Berlin, By. belumtahu.com
Nah, terakhirialah Kota Berlin yang merupakan ibu kota negara Jerman sendiri. Banya hal menarik yang akan anda jumpai di kota ini mulai dari landmark kota Berlin, Brandenburger Tor atau gerbang Brandenburger. Lihatlah gerbang penuh kemegahan ini dari bagian barat. Tempat ini seperti menjadi saksi bisu atas bersatunya Jerman yang dipisahkan akibat kekalahan negeri ini saat Perang Dunia II. Tempat ini sekaligus menjadi tempat yang pas bagi anda yang ingin memulai jalan-jalan mengelilingi Kota Berlin.

#SalamSukses
#MRioAldino


luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com
Location: Germany