Sunday, July 29, 2018

Bikin Pusing, Inilah 7 Bahasa Paling Rumit di Dunia, Bahasa Apa Saja?


      Bahasa adalah salah satu sarana manusia di dalam berkomunikasi dan berinteraksi baik itu bahasa verbal maupun bahasa non verbal. Dapat di bayangkan betapa sulitnya situasi manusia untuk berkomunikasi jika tanpa adanya bahasa. Ada banyak macam jenis bahasa di dunia, beda daerah beda juga bahasanya. Untuk dapat mempelajari suatu bahasa secara fasih tentu bukanlah perkara yang mudah dan instan, ada proses belajar keras yang mengiringinya. Berikut adalah 7 bahasa paling rumit di dunia versi Zona Zeruu Media!

7. Bahasa Tagalog (Filipina)
Image result for huruf bahasa tagalog
Source : id.wikipedia.org
Nah, salah satu bahasa tersulit untuk dipelajari di dunia ialah Bahasa Tagalog yaitu bahasa yang digunakan oleh hampir seperempat dari jumlah populasi di Filipina.  Yang membuat bahasa ini sulit untuk dipelajari ialah struktur tata bahasa dan kalimatnya yang terbilang rumit.

6. Bahasa Arab (Timur Tengah dan Afrika Utara)

Image result for bahasa arab
Source : slideshare.net
Selanjutnya ada Bahasa Arab yang tergolong sebagai salah satu bahasa tertua di dunia, Bahasa ini digunakan dari Timur Tengah hingga Afrika Utara. Orang Indonesia pun lumayan banyak yang mengusai bahasa ini baik dari hasil belajar di pondok pesantren ataupun keturunan. Di Indonesia juga ada banyak perguruan tinggi yang membuka jurusan Bahasa Arab.

5. Bahasa Thai (Thailand)
Image result for huruf thai
Source : japanesian.id
Berikutnya masih dari negara kawasan Asia Tenggara, Bahasa Thailand tergolong salah satu bahasa yang cukup sulit dipelajari di dunia. Dari total 46 kata saja terdapat 5 intonasi nada yaitu sedang, tinggi, rendah, menaik dan menurun. Walaupun tidak semua kata memiliki 5 intonasi nada namun minimal memiliki 1 intonasi nada. Nah, hal tersulit dari bahasa Thailand ialah pada penulisan hurufnya, sebagian besar orang yang belajar bahasa Thailand hanya mempelajari pengucapan keseharian dan kosakatanya sedangkan untuk penulisannya tidak dipelajari sama sekali. Bahasa Thailand sendiri memiliki simbol-simbol huruf tersendiri yang juga harus dikuasai jika ingin mempelajari nahasa ini.

4. Bahasa Mandarin (China)
Image result for bahasa mandarin
Source : pintarmandarin.com
Bahasa tersulit selanjutnya ialah Bahasa Mandarin yang digunakan sekitar seperlima total penduduk dunia. Beberapa negara yang mengunakan bahasa Mandarin sebagai bahasa komunikasi sehari-hari di negaranya ialah Republik Rakyat China (RRC), Republik Cina (Taiwan) dan Singapura. Bahasa cina tentu memiliki huruf-huruf tersendiri yang juga harus dipelajari jika ingin menguasai bahasa ini. Sepertihalnya Bahasa Arab, di Indonesia, juga banyak orang yang menguasai bahasa Mandarin khususnya keturunan Tionghua.

3. Bahasa Gaelic (Skotlandia)
Image result for huruf gaelic
Source : wikiwand.com
Selanjutnya dari dataran Eropa ada Bahasa Gaelic Skotlandia yang juga sulit untuk dipelajari. Bahasa ini juga dikenal dengan sebutan Scottish Gaelic, bahasa ini merupakan bahasa Celtic yang digunakan oleh penduduk asli Skotlandia. Bahasa Gaelic merupakan salah satu cabang bahasa Goidelic dan dikembangkan di luar Bahasa Irlandia Tengah, seperti Manx dan Irlandia Modern.

2. Bahasa Sansekerta (Hindu/India)
Image result for huruf sansekerta
Source : amazine.co
Nah, yang satu ini memang terbilang paling rumit ialah Nahasa Sansekerta yang dianggap sebagai bahasa liturgi utama Hindu, Jainisme dan Buddhisme, Sansekerta merupakan dialek dari bahasa Indo Arya Tua yang berasal dari Proto-Indo-Iran dan Proto-Indo-Eropa. Bahasa Sanskerta juga merupakan bahasa yang kaya dan kerap menghiasi teks drama, puisi serta teks filosofis. Disamping itu, bahasa ini juga salah satu dari 22 bahasa di luar bahasa resmi yang diakui di India.

1. Bahasa Yunani (Yunani)
Image result for huruf yunani
Source : maswaone.wordpress.com
Terakhir ada bahasa Yunani yang tergolong sebagai salah satu bahasa tertua di dunia, tahukah Anda bahwa terdapat setidaknya 30% kosakata bahasa inggris yang sebenarnya berasal dari bahasa klasik yunani. Bahasa yunani memiliki bahasa yang menunjukkan karakterstik gender secara tersendiri seperti untuk perempuan, pria dan netral.  Bahasa yunani juga memiliki huruf alphabet yang berbeda dari bahasa-bahasa lainya.

Nah, itulah penjelasan mengenai 7 bahasa paling rumit di dunia versi Zona Zeruu Media, gimana zooner semoga bermanfaat ya..

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com

1 comments:

cekaja.com said...

terimakaish artikelnya sangat membantu :)


buat teman-teman yang sedang butuh pinjaman, untuk modal atau untuk keperluan lain sebaiknya hati-hati dalam melakukan pinjaman online ya, berikut ada informasi yang harus di ketahui seputar pinjaman online , boleh langsung di klik aja untuk tau lebih lanjut nya ya, terimakasih :)