Friday, July 27, 2018

7 Peringkat Negara Paling Aman di dunia, Negara Apa Saja?


      Berbicara tentang kedamaian, ketenangan dan keamanan, tentu setiap manusia ingin memperoleh hal itu. Apalagi bagi suatu negara, kedamaian dan ketentraman menjadi hal mutlak yang harus dimiliki demi memberikan kesejahteraan terhadap masyarakatnya. Global Peace Index tahun 2017 kembali mengeluarkan hasil survey mereka mengenai negara-negara paling aman di dunia untuk ditinggali. Berikut 7 negara paling aman di dunia berdasarkan hasil survey Global Peace Index tahun 2017, urutan berapa Indonesia? Simak artikel berikut

7. Slovenia
Hasil gambar untuk slovenia
Source : slovenia.info
Diurutan ketujuh sebagai negara paling aman untuk ditinggali di dunia ialah Slovenia, negara indah ini terletak di kawasan Eropa Tengah. Slovenia dikenal memiliki angka kriminalitas yang rendah. Selain suasana damai, para pengunjung yang hadir ke negara ini juga akan disambut oleh sikap penduduknya yang ramah tamah. Skor GPI Slovenia berjumlah 1.364.

6. Czech Republic
Hasil gambar untuk czech republic
Source : weheartit.com
Diurutan keenam ialah Republik Ceko yaitu sebuah negara kawasan Eropa yang terkurung akan daratan dimana Ceko berbatasan langsung dengan Austria, Jerman, Slowakia dan Polandia. Yang paling dikenal dari negara ini ialah keindahan arsitektur kota Praha, sehingga menjadikanya sebagai salah satu kota yang paling banyak dikunjungi di Eropa. Selain itu, diketahui juga bahwa tingkat kriminalitas di negara ini sangatlah rendah. Untuk menjamin keamanan para pendatang, pemerintah Ceko menyediakan layanan darurat yang efisien. Karena jumlah migrasi orang asing yang cukup besar ke negara ini, maka tak heran jika populasi penduduk di Republik Ceko menjadi beragam. Saat ini skor GPI Republik Ceko berjumlah 1360.

5. Denmark
Hasil gambar untuk denmark
Source : rsf.org
Diurutan kelima ialah Denmark yang sejak dulu memang sudah dikenal sebagai negara paling bahagia di dunia. Denmark memiliki sistem pendidikan yang maju dan gratis, kesetaraan jender yang kuat, sistem perawatan kesehatan tingkat lanjut, serta tingkat kesejahteraan sosial yang baik maka tak heran jika Denmark masuk kedalam salah kategori negara paling aman dan damai untuk ditinggali di dunia. Selain itu, sebagian besar penduduk Denmark terutama di kota Kopenhagen lebih suka menunggangi sepeda atau berjalan kaki untuk mencapai sekolah atau tempat kerja mereka. GPI negara Denmark berkisar di angka 1.337.

4. Austria 
Hasil gambar untuk austria
Source : alamo.co.uk
Diurutan keempat sebagai negara paling aman untuk ditinggali di dunia masih dari negara Eropa yaitu Austria, negara ini memiliki tingkat kejahatan dan pembunuhan yang sangat rendah. Austria juga dikenal sebagai salah satu negara paling bersih di dunia karena pemerintah mereka menerakan sebuah sistem undang-undang daur ulang yang ketat untuk melindungi lingkungan mereka. Negara maju ini juga memiliki standar hidup yang tinggi serta sistem transportasi yang mengagumkan. Skor GPI Austria saat ini berjumlah 1.265.

3. Portugal
Hasil gambar untuk portugal
Source : financialtribune.com
Berikutnya diurutan ketiga ada negara asal Pesepakbola terbaik dunia Cristiano Ronaldo yaitu Portugal yang menjadi salah satu negara paling damai untuk ditinggali di dunia. Negara dengan ibu kota Lisbon ini semakin menunjukan peningkatanya beberapa tahun terakhir. Beberapa konflik eksternal pun sudah mulai terselesaikan dan tingkat kriminalitas dinegara inipun terbilang rendah, selain itu terdapat juga petugas polisi dan petugas keamanan internal yang cukup untuk menjaga suasana damai negara ini. Hal lain yang menjadikan negara ini aman ialah biaya hidupnya yang rendah, peraturan pajak yang transparan, serta iklim dan penduduknya yang ramah. Skor GPI Portugal saat ini berjumlah 1.258.

2. New Zealand

Hasil gambar untuk new zealand
Source : gadventures.com
Diurutan kedua sebagai negara teraman di dunia ialah Selandia Baru, sebuah negara kepulauan di barat daya Samudera Pasifik. Negara Selandia Baru tergolong sebagai negara maju di dunia, mereka memiliki tingkat kesejahteraan sosial yang baik, penahanan yang minim serta menjalin hubungan persaudaraan yang baik dengan negara-negara tetangga. Ada juga sistem peradilan yang kuat dan independen serta banyak dilakukan kepolisian di negara ini. Negara yang aman ini juga menawarkan sistem pendidikan yang berkuakita, sistem peradilan yang sehat, serta perawatan kesehatan tingkat lanjut yang baik selain itu negara ini juga terkenal akan keindahan pariwisatanya. Saat ini skor GPI Selandia Baru berjumlah 1.241.

1. Iceland
Hasil gambar untuk iceland
Source : worldtravelguide.net

Diurutan pertama sebagai negara teraman untuk ditinggali di dunia ialah Islandia, sebuah negara Nordik yang terletak di sebelah barat laut Eropa dan sebelah utara Samudera Atlantik. Negara Islandia dikenal memiliki tingkat demokratis dan kesetaraan gender yang baik serta tingkat penahanan yang minim. Selain itu, 99% warga Islandia telah melek huruf bahkan biaya pendidikan pun gratis. Skor GPI negara Islandia sendiri berjumlah 1.111.

Dari beberapa negara paling aman di dunia tersebut dapat kita lihat jika sebagian besar negara dengan sistem keamanan dan tingkat kesejahteraan sosial yang tinggi di dunia itu berada di kawasan Eropa. Sementara itu, negara kita Indonesia masih menduduki peringkat ke-52 sebagai negara paling aman di dunia berdasarkan  Global Peace Index, tepatnya posisi Indonesia dalam GPI 2017 berada satu tingkat di bawah Prancis yang berada di urutan 51 dan berada persis di atas Timor Leste yang menukangi posisi 53. Semoga artikel ini menambah wawasan anda ya.


luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com

0 comments: