Monday, June 6, 2016

10 TEMPAT WISATA MENARIK di BANGKA BELITUNG

1. Pulau Lengkuas
Hasil gambar untuk Pulau Lengkuas
Pulau Lengkuas, By. www.belitungcakrawala.com
Wisata menarik pertama yang dapat anda kunjungki ketika berlibur ke Bangka Belitung ialah Pulau Lengkuas yang identik dengan mercusuarnya yang menarik, mercusuar tersebut dibangun pada tahun 1882 dan merupakan peninggalan zaman Belanda. Di pulau ini Anda akan disuguhkan dengan pesona alam yang menawan dengan hamparan laut biru nan jernih serta formasi dari bebatuan granit yang sangat mempesona.

2. Gunung Menumbing
Hasil gambar untuk Gunung Menumbing
Gunung Munumbing, By. www.telusurindonesia.com
Selain Pulau Lengkuas, wisatawan juga dapat berkunjung ke Gunung Menumbing yang berada di daerah Mentok arah Barat Laut Bangka, dengan ketinggian 355 mdpl. Tempat ini merupakan sebuah tempat pengasingan Bung Karno dan Bung Hatta pada tahun 1948-1949 oleh Belanda di Pulau Bangka. Wisma tempat dimana sang proklamator pernah diasingkan tersebut pun masih terawat dan saat ini dijaga oleh keluarga Abdi Dalem Keraton Yogyakarta hingga generasi ke generasi yang dari awal mempunyai tanggung jawab menjaga Bug Karno dan Bung Hatta selama berada di pengasingan Bangka.

3. Pantai Tanjung Kelayang
Hasil gambar untuk Pantai Tanjung Kelayang
Pantai Tanjung Kelayang, By. kek.ekon.go.id
Wisata menarik berikutnya ialah Pantai Tanjung Kalayang yang berlokasi di sebelah utara Pulau Belitung. Ciri khas pantai ini ialah adanya Batu Kelayang yang merupakan maskot dari Sail Wakatobi – Belitung 2011. Disini Anda dapat melakukan berbagai aktivitas laut seperti diving, berenang, berjemur, memancing, hingga snorkeling. Pantai Tanjung Kelayang juga terdiri atas dua bagian, yaitu sebelah timur dengan keindahan pasir putihnya serta di sebelah barat dengan formasi bebatuan granitnya yang menawan.

4. Pantai Tanjung Tinggi
Hasil gambar untuk Pantai Tanjung Tinggi
Pantai Tanjung Tinggi, By. www.gosumatra.com
Selain Pantai Tanjung Kelayang yang terkenal tentu Bangka Belitung masih memiliki Pantai Tanjung Tinggi yang tak kalah menawan.  Pantai yang berlokasi di Pulau Belitung ini merupakan salah satu tempat syuting utama dari film Laskar Pelangi. Di pantai ini wisatawan dapat melakukan berbagai kegiatan seperti berenang, memancing, berjemur, snorkeling, bermain jetski, hingga berjelajah dengan menggunakan kano. Menarik bukan.

5. Danau Kaolin
Hasil gambar untuk danau kaolin
Danau Kaolin, By. www.rakyatbangka.com
Berikutnya ada Danau Kaolin yang menawarkan pemandangan danau biru yang menawan. Kaolin adalah salah satu kekayaan tambang yang dimiliki pulau Belitung. Keindahan tempat ini merupakan perpaduan antara air danau berwarna biru dan kaolin yang berwarna putih. Pastikan anda berkunjung ke tempat ini jika berkunjung ke Belitung.

6. Museum Kata
Hasil gambar untuk museum kata
Museum Kata, By. www.museumkataandreahirata.com
Selanjutnya masih ada Museum Kata Andrea Hirata di Babel, ini merupakan museum literatur pertama yang didirikan Indonesia. Di museum ini, Anda dapat melihat koleksi tentang film Laskar Pelangi. Wisatawan dapat menemukan berbagai karya Andrea Hirata di museum ini. Museum ini dibangun Andrea Hirata dengan tujuan untuk menginspirasi anak-anak dan remaja di desa Gantong, supaya dapat memgembangkan bakat seni yang mereka miliki.

7. Pantai Matras
Hasil gambar untuk Pantai Matras
Pantai Matras, By. www.pasirpantai.com
Nah, wisata Pantai di Bangka Belitung masih banyak loh, kali ini ada Pantai Matras yang terletak di Desa Matras, Kecamatan Sungailiat. Pantai Matras dikenal sebagai pantai terpanjang dan terluas di Bangka Belitung dengan panjang mencapai 3 km dan lebar sekitar 30 meter. Pantai Matras ini memiliki struktur landai dan luas serta memiliki pasir putih dan terdapat aliran air tawar di sekitarnya.

8. Pantai Pasir Padi
Hasil gambar untuk Pantai Pasir Padi
Pantai Pasir Padi, By. www.panoramio.com
Berikutnya masih ada Pantai Pasir Padi yang berjarak sekitar 7 km dari pusat kota Pangkalpinang. Pantai ini cukup ini karena memiliki pasir yang menyerupai butir padi sehingga dinamakan sebagai Pantai Pasir Padi. Untuk dapat mamasuki lokasi wisata ini Anda akan dikenakan harga tiket masuk Rp 10 ribu per orang. Pantai ini juga menyediakan berbagai fasilitas lengkap dari tempat makan hingga penginapan. Menarik untuk dikunjungi.

9. Museum Timah
Hasil gambar untuk Museum Timah
Museum Timah, By. drwox.com
Next, seperti diketahui jika Bangka Belitung merupakan salah satu wilayah oenghasil biji timah terbesar di Indonesia maka dari itu didirikanlah sebuah Museum Timah yang berisi tentang sejarah pertimahan yang ada di Bangka Belitung, musum ini telah berdiri sejak tahun 1958. Di museum ini Anda dapat mengenal dan belajar lebih dekat mengenai sejarah dan proses penambangan timah sampai dengan mengolah timah dengan cara modern dan tradisional lewat foto serta dokumen koleksi dari Museum Timah.

10. Menara Air Minum (Watertoren)
Hasil gambar untuk Menara Air Minum bangka
Menara Air Minum, By. mariana.my.id
Terakhir dari wisata Bangka Belitug ialah Menara Air Minum atau juga dikenal dengan sebutan watertoren, menara ini mempunyai bentuk yang mirip dengan dua tangki ukuran raksasa, tingginya mencapai 5 meter dengan diameter 8,25 meter. Ada banyak pipa besar untuk suplai air ke masyarakat dan dibatasi oleh tugu pembatas dari batuan granit sebanyak 6 buah tugu. Saat ini menara air minum telah masuk sebagai cagar budaya kota Pangkalpinang. Pembangunan watertoren ialah sebagai  salah satu wadah sumber air bersih  untuk kota Pangkalpinang.


#SalamSukses
#MRioAldino
luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com
Location: Bangka Belitung Islands, Indonesia

0 comments: