Tuesday, November 10, 2015

Dimanakah Bengkulu itu?


            Dimanakah Bengkulu? Iya itu adalah sebuah pertanyaan menjengkelkan yang sering saya terima setelah saya pergi keluar meninggalkan kota kelahiran saya tersebut. Sebegitu kecil dan tak tereksposnya bumi Rafflesia, sehingga orang-orang selalu melontarkan pertanyaan ini kepada saya. Saya hanya bisa menjawab dengan raut kesal’’ tidakah kalian belajar peta diwaktu SD, tidakah kalian belajar sejarah Bung Karno, tidakah kalian belajar darimana bunga raksasa di dunia berasal’’. Bengkulu memiliki 9 kabupaten dan 6 bahasa asli daerah. Bengkulu kaya akan warisan budaya dan sejarah, saya sering menyebut kota ini timurnya Indonesia bagian Sumatera karena kondisi iklim dan cuacanya yang panas dan arus perkembangan kota ini pun relative masih rlamban. Tapi hal ini tak menyurutkan diriku untuk terus mencintai dan mengenalkan kota ini kepada masyarakat luas.
Batas wilayah propinsi Bengkulu :
Utara
Padang
Selatan
Lampung
Barat
Samudera Hindia
Timur
Jambi dan Sumsel

            Provinsi Bengkulu di dirikan pada tanggal 18 november 1968 dan merupakan provinsi ke-26 di Indonesia. Bengkuru banyak menyimpan peristiwa sejarah, baik pada zaman kolonialisme dan masa awal kemerdekaan. Presiden pertama Indonesia Ir. Soekarno pernah diasingkan di Bengkulu dan akhirnya beliau bertemu dengan Fatmawati yang kemudian menjadi Istri Bung Karno.
Hasil gambar untuk rafflesia arnoldi
Source : majalahkartini.co.id
Provinsi Bengkulu juga memiliki salah satu flora terbesar di dunia yaitu bunga Rafflesia Arnoldi yang di temukan oleh Tn. Sir Thomas Raffles dan Dr. Arnoldi di desa Lubuk Tapi tahun 1818, bunga ini memiliki diameter kurang lebih 100 cm. karena terletak di daerah pesisir pantai dan perbukitan mayoritas penduduk di provinsi Bengkulu bermata pencarian sebagai nelayan dan petani kebun. Komoditas utama Propinsi Bengkulu adalah ikan, padi, kopi, dan teh curup. Dan satu lagi Bengkulu memiliki salah satu kebudayaan adat yang unik yaitu Tabot, budaya tabot merupakan satu kultur unik yang memadukan tradisi lokal dengan Islam Syiah secara kultural. Mengenai tempat wisata sendiri Bengkulu pun tak kalah indah dengan kota-kota lain di Indonesia baik wisata alam ataupun wisata sejarah ada di Bengkulu, berikut bebrapa tempat wisata di Provinsi Bengkulu :

Wisata Alam
Wisata Sejarah
1.    Pantai Panjang
2.    Pantai Pasir Putih
3.    Pantai Laguna
4.    Pulau Tikus
5.    Danau Tes
6.    Danau Dendam Tak Sudah
7.    Danau Tujuh Warna
8.    Bukit Kaba
9.    Tanah Lot Lais
10. Taman Hutan Hujan Tropis, dll
1.    Benteng Malborough
2. Rumah Pengasingan Bung Karno
3.    Parr and Hamilton Monuments
4.    Museum Propinsi Bengkulu, dll

Mengenai pemerintahan sendiri Propinsi Bengkulu telah 10 kali berganti Gubernur semenjak propinsi ini berdiri, Gubernur pertama propinsi Bengkulu bernama Ali Amin periode tahun 1968-1973, dan saat ini Propinsi Bengkulu di pimpin oleh Gubernur Junaidi Hamsyah. Dan Provinsi Bengkulu memiliki semboyan ‘’Sekundang setungguan seio sekato’’ yang nerarti bahwa setiap masyarakat saling bergotong royong dengan pemahaman yang sama. Dengan artikel ini saya harap masyarakat mulai mengenal Provinsi Bengkulu secara utuh serta menambah wawasan akan pengetahuan nasional.

#SalamSuksesMRioAldino


luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com

0 comments: