Tuesday, December 29, 2015

Explore Jogjakarta Edisi ke-2

Rabu 23 Desember 2015 1 hari setelah berakhirnya UTS, saya bersama 2 orang teman saya melakukan trip ke Kota Gudeg Jogjakarta, perjalanan dari kota Depok kali ini sungguhlah berbeda banyak tenaga dan perjuangan untuk mencapai daerah istimewa tersebut karena perjalanan kali ini kita menggunakan sarana transportasi Bus Sumber Alam, perjuangan untuk memperoleh tiket bus pun tidaklah mudah, setelah antri panjang dan cukup lama di PO. Bus Sinar Jaya penantian pun berakhir kecewa karena seluruh tiket Bus menuju Jogja telah habis terjual, hampir putus asa beruntung ada seorang ibu-ibu memberikan saran kepada kita untuk mencoba mencari tiket harian ke Jogja di daerah Pal, Depok. Langsung gas motor ke Pal satu per satu PO. Bus kita Tanya tapi yg menjadi masalah sekarang adalah harga tiket begitu mahalnya karena berbarengan dengan hari libur Natal dan Tahun Baru kembali keuntungan menghampiri kami, PO. Bus terakhir yang kami tanya masih menyediakan stock tiket Bus Ekonomi menuju Jogja dengan harga Rp. 85 ribu per orang, untuk memperoleh 3 tiket tersebut kami harus berebut dan berdesakan oleh calon penumpang lainya. Oke, langsung ke perjalanan, perjalanan kita dimulai pukul 17:30 WIB, jarak tempuh Depok-Jogja yang normalnya 9 jam kita tempuh dengan waktu yg super lama dan tak masuk akal yaitu 24 jam pas, kita sampai di kota Gudeg pukul 6 sore 24 Desember 2015. Itupun Bus Sumber Alam yang kita naiki hamper terjerumus ke dalam sungai, dan melakukan 5 kali pemberentian istirahat, dan berkalkali terjebak macet sungguh perjuangan bukan. Setelah sampai di kota Jogja tepatnya di pemberhentian terakhir bus di Terminal Giwangan, Jogjakarta kita langsung di jemput oleh teman-teman kita yang ada di Jogja yang nantinya merekalah yang akan memandu kami menelusuri daerah istimewa tersebut.

Hari Pertama, Jogja tanggal 25 Desember 2015, destinasi wistata pertama kami di kota Jogja adalah wisata alam Kalibiru, Kalibiru berlokasi di daerah Kulon Progo DIY. sungguh menyuguhkan wisata alam yang menarik dan indah, memandang hamparan pepohonan dari atas bukit, m,elihat rapinya barisan bukit-bukit hijau, serta dilengkapi dengan kali yang berwarna biru terang sungguh memanjakan mata. Cukup dengan Rp. 10.000 ribu dan parker Rp. 2.000 ribu anda bisa menikmati wisata alam ini, selain itu ramai wisatawan berkunjung ke tempat ini baik wisatatawan dalam negeri maupun mancanegara. Banyak moment yang dapat kita abadikan di tempat ini selain itu tempat ini juga menyediakan wahana flying fox dan rumah pohon, Kalibiru dapat menjadi rekomendasi bagi pasangan-pasangan yang ingin mengambil foto praweding. Tapi perjuangan untuk mencapai lokasi Kalibiru cukup rumit karena track jalan yang menanjak dan berkelok, tapi hal ini bukanlah hambatan untuk menikmati wisata alam ini.

Kalibiru

Setelah menjelajahi wisata alam kalibiru saya dan ke-5 teman saya kembali ke Kota Jogja tepatnya ke kontrakan teman saya sembari menunggu malam hari karena trip kita di hari  itu belumlah selesai. Setelah menunggu dan malam pun tiba tepatnya setelah baghda Isa kita ber-6 kembali melanjutkan trip kali ini destinasi yang dituju adalah Bukit Bintang, ditempat selanjutnya ini kita tidak akan banyak menghabiskan tenaga karena kita hanya nongkrong-nongkrong dengan ditemani secangkir kopi hangat dan jagung bakar sembari menikmati pemandangan kota Jogjakarta dimalam hari yang penuh cahaya. Setelah menghabiskan waktu di Bukit Bintang kita kembali ke kontrakan dan beristirahat untuk melanjutkan trip di keesokan harinya

Bukit Bintang

Hari Kedua, Jogja 26 Desember 2015 setelah kemarin puas di Kalibiru dan Bukit Bintang perjalanan pun berlanjut, kembali dengan wisata bukit kali ini berbeda karena kita sedang mengejar Sunrise di tempat wisata Taman Buah Mangunan, Kec. Bantul dengan merogoh kocek Rp. 5000 ribu dan biaya parker Rp. 2000 ribu anda bisa memasuki kawasan wisata alam ini. Tapi sayang kita gagal mendapatkan sunrise pada pagi itu dikarenakan factor keterlambatan mencapai puncak taman buah. Gagal mengabadikan sunrise tidak membuat saya dan teman-teman saya kecewa, kembali keindahan alam Jogja membuat mata ini terpanah dan selalu berkata indahnya ciptaan tuhan.

Taman Buah Mangunan

Cukup puas di tempat ini trip pun berlanjut ke wisata Hutan Pinus Imogiri yang letaknya tidak jauh dari Taman Buah Mangunan hanya naik beberapa kilometer dari Taman Buah Mangunan. Pesona barisan pohon-pohon pinus yang rapi cukup membuat kami merasa nyaman untuk beristirahat sejenak di tempat ini. Banyak spot untuk bersantai di tempat ini seperti rumah kayu dan kursi-kursi kayu yang tersusun rapi di antara pohon-pohon pinus. Untuk memasuki kawasan hutan wisata Hutan Pinus Imogiri ini kita cukup membayar biaya untuk parker kendaraan sebesar Rp. 3000 untuk motor dan Rp. 5000 untuk mobil. Dan bagi teman-teman yang belum sempat makan sebelum mengunjungi tempat ini jangan khawatir di kawasan tempat wisata kebun buah dan hutan pinus ini banyak orang yang menjual berbagai macam jenis makanan dan kita bisa memilih dan menikmati wisata dengan ditemani cemilan-cemilan khas Jogja dan sebagainya. Oke setelah seharian di tempat ini kita memutuskan kembali ke kontrakan dan menakhiri trip pada hari itu dikarenakan cuaca yang mendung dan tidak memungkinkan.

Hutan Pinus Imogiri
Hari ketiga, Jogja 27 Desember 2015 seharusnya ini jadwal pulang tapi kita sempatkan untuk mengunjungi wisata paling terkenal di kota Jogja yaitu Tugu Pal Putih Jogja dan Jalan Malioboro meskipun udah pernah kesini tapi rasanya memang tidak lengkap jika setiap perjalanan ke Jogjakarta tidak mengunjungi tempat ini.

Tugu Pal Putih Jogja
Malioboro Street

Kita mengunjungi tempat ini pada pagi hari karena sorenya Bus telah menunggu untuk membawa kami pulang ke Kota Depok. Di Malioboro kita hanya ingin merasakan sesasi sarapan pagi dengan nasi kucing. Sungguh tidak dapat dipungkiri biaya makan dan hidup di Jogjakarta sangatlah murah dan terjamin terbukti dengan 2 bungkus nasi kucing, 1 gelas es the, 2 buah gorengan da, 1 bungkus daun lontong saya hanya mengeluarkan uang sebsar Rp. 8.500 ribu betapa tidak kenyangnya kami selama di kota ini, alternative lain untuk makan murah disini teman-teman bisa mengunjungi tempat makan yang dinamakan Burjo tempat ini bisa dijumpai di seluruh penjuru kota Jogja dengan kocek Rp. 10.00 ribu perut anda akan puas merasakan sensasi makan kenyang dan murah tapi enak di daerah istimewa ini. Tak ketinggalan  kita juga tidak lupa untuk membeli oleh-oleh khas Jogjakarta yaitu Bakpia Pathok yang dapat dijumpai ditoko-toko yg ada diseluruh sudut kota Jogjakarta.
BAkpia Pathok
Setelah puas menjelajah Jogjakarta selama 3 hari sore harinya tepat pukul 15:00 Wib saya dan 2 orang teman saya berangkat untuk balik ke Kota Depok dikarenakan pada hari senin kita sudah masuk kuliah seperti biasanya. Perjalanan kita tempuhdari terminal Jombor Jogjakarta dengan menggunakan jasa Bus Eksekutif Laju Prima. Sungguh trip yang memuaskan dan penuh pengalaman. See you next time Jogjakarta. Dan tunggu trip kami selanjutnya.

Written by. M. Rio Aldino

Student of Gunadarma University
luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com