Thursday, December 31, 2015

2016, Siapkah Kita?



Pertanyaan menarik datang untuk kita sebelum menutup tahun 2015 ini. 2016 siapkah kita? Kilas balik di tahun ini banyak hal-hal mengejutkan terjadi di tahun ini baik di pemerintahan, masyarakat, dunia hiburan dan sebagainya, semua orang setuju jika setiap tahun pasti ada memori yang membekas di hati baik itu memori indah ataupu buruk, segala tindakan dan kelakuan yang telah kita perbuat telah menciptakan suatu hasil untuk diri kita dan tentu saja mempengaruhi pola hidup kita disetiap tahunya. Tahun-tahun yang telah lewat merupakan pedoman dan sumber pembelajaran untuk diri kita dalam menjalani segala aktivitas di 2015, begitu juga ketika kita melewati tahun ini maka bukan tidak mungkin 2015 akan menjadi sumber pembelajaran dan pedoman kita sebelum kita melangkah ke tahun 2016, tahun yang akan memberikan kesan dan pengalaman baru dalam perjalanan hidup dan karir setiap orang. Lantas, hal-hal apa sajakah yang akan terjadi di 2016? Sebelum kita jalani kita tidak akan tau detailnya nanti seperti apa, akan banyak kejutan terjadi di tahun genap tersebut.
Perayaan tahun baru atau new year setiap tahun umumnya sama diseluruh penjuru dunia , hanya saja cara pengaplikasiannya saja yang berbeda. Di setiap Negara pada perayaan tahun baru tentu kita akan menemukan pertunjukan cahaya dan api yang menyala-nyala serta indah di angkasa yang biasa kita sebut dengan istilah kembang api atau pesta kembang api.


Beberapa kota dengan perayaan tahun baru yang terkenal setiap tahunnya, diantaranya adalah :

1.      Pesta Tahun Baru di Rio de Janeiro, Brazil
Di Brazil sendiri perayaan tahun baru biasa dilaksanakan secara meriah dan 1 malam penuh di kawasan pantai Copacabana yang terbentang luas di selatan kota Rio de Janeiro. Di pantai Copacabana biasanya masyarakat merayakan tahun baru dengan makan malam dan pesta hingga semalam suntuk serta bebas menari-nari hingga esok hari, rutinitas menyambut tahun baru ini dinamakan Reveillon. Pesta ini merupakan perayaan terbesar dan terunik di Brazil ketika menyambut tahun baru. Uniknya lagi pesta tahun baru ini mencampurkan dua kebudayaan berbeda, yaitu akulturasi antara budaya Afrika dan budaya local. Selain itu, para pengunjung yang ikut serta dalam perayaan pesta tahun baru tersebut diwajibkan untuk menggunakan seragam atau pakaian berwarna putih dan jangan sekali-kali menggunakan pakaian hitam, karena masyarakat Brazil menganggap jika pakaian hitam akan memberikan nasib buruk untuk tahun yang akan dijalani mendatang. Tujuan penggunaan pakaian putih adalah sebagai bentuk hormat masyarakat kepada dewi laut, Lemanja. Masyarakat setempat akan melemparkan bunga putih ke laut dan berbaring di tepi pantai untuk menghormati sang dewi laut.

2.      Pesta Tahun Baru London, Inggris
Di London, Inggris sungai Thames menjadi saksi masyarakat London dan para turis merayakan malam puncak pergantian tahun. Semua mata akan tertuju kepada London Eye salah satu wahana kincir angin raksasa di dunia dimana akan diluncurkan ribuan perpaduan kembang api menakjubkan yang siap memanjakan mata. Para pengunjung dapatn menikmati pertunjukan kembang api ini dariTower Westminster, Jembatan London dan Jembatan Blackfiars. Jika tidak sempat menonon secara langsung di tempat-tempat tersebut, pengunjung bias menikmati pertunjukan kembang api den menonton layar besar yang terdapat di Alun-alun Trafalgar dan Alun-alun Parliament. Selain itu, pada sore kota London juga menyuguhkan sebuah parade akhir tahun menarik, yang tentu saja akan mengintari seluruh pusat kota London.

3.      Pesta Tahun Baru Sydney, Australia
Jika mencari pertunjukan kembang api terbesar dan termegah di dunia, Kota Sydney, Australia menjadi salah satu rekomendasi bagi para wisatawan untuk menikmati pertunjukan-pertunjukan cahaya tersebut. Setidaknya dana sebesar lebih dari US$ 4 atau setara dengan 3,9 Miliar Rupiah digelontorkan oleh pemerintah Australia untuk kembang api dalam satu malam. Pesta kembang api diluncurkan dari Sydney Harbour Bridge dan melibatkan setidaknya 6 kapal tongkang di sekitar jembatan. Kurang lebih 30.000 efek kembang api dalam rentang waktu 12 menit akan terus menyala-nyala dan memanjakan mata, pesta kembang api dapat juga dilihat dari teluk. Tidak hanya pesta kembang api, di Australia tepatnya di Pantai Bondi para wisatawan dan penduduk sekitar dapat mengikuti pesta dansa, dan Taronga Zoo juga menawarkan pesta Malam Tahun Baru.

4.      Pesta Tahun Baru Paris, Prancis
Saat tahun baru, Paris akan melaksanaan perayaan tahun baru selama satu bulan penuh. Seluruh masyarakat paris akan melaksanakan perayaan pergantian kalender tersebut dengan berciuman, saling sapa dengan kaya ‘’Bonne Anne!’’ atau ‘’Happy New Year!’’, mengirim kartu ucapan tahun baru dan hadiah hingga 1 Februari. Selain itu, jika ingin melihat perayaan kembang api di atas menara Eiffel, pengunjung dapat menyaksikannya dari Champs Elysees. Selain dari Champs Elysees  para wisatawan juga dapat menyaksikan dariatas dengan naik ke  Montmarte. Lebih romantis lagi para pengunjung bisa merasakan sensasi berlayar bersama pasangan di atas sungai seine yang penuh cahaya.

5.      Pesta Tahun Baru New York, Amerika
New York menjadi salah satu tujuan menarik bagi para wisatawan untuk merayakan malam pergantian tahun. Times Square, New York sejak tahun 1904 selalu menjadi tempat yang meriah bagi masyarakat untuk merayakan pesta tahun baru. Saat matahari terbenam, sebuah bola raksasa bercahaya yang dikenal dengan New Year’s Eve Ball ditarik ke atas tiang One Times Square dengan ketinggian kurang lebih 23,5 meter, bola ini diturunkan tepat 60 detik sebelum pergantian tahun. Tepat waktu itu, kembang api menerangi langit Manhattan dan sekitarnya. Selain itu, para pengunjung juga akan terhibur dengan pentas music di sekitar lokasi tersebut.
Di Indonesia sendiri perayaan tahun baru juga tak lepas dari pesta kembang api. Selain itu rutinitas yang sering dilakukan anak muda dan keluarga pada malam pergantian tahun adalah dengan menggelar BBQ atau istilah umumnya ‘Bakar-bakar’, menghabiskan waktu semalam suntuk bersama kelluarga dan teman-teman seakan-akan menjadi  salah satu cara pelampiasaan bagi diri seseorang dalam rangka menutup catatan hidup di akhir tahun. 

Melirik kedepan tentang hal apa saja yang akan kita temukan di 2016, setiap manusia tentu telah mempersiapkan planning mereka secara matang, segala kesalahan dan target yang belum tercapai di 2015 diharapkan dapat terpenuhi di tahun 2016. Banyak prediksi dan ramalan yang telah bermunculan mengenai peristiwa dan hal apa saja yang akan terjadi di 2016 baik dalam lingkup karier seseorang, alam, bahkan lingkup yang lebih luas seperti Negara dan Pemerintahan. Tidak hanya itu pengaruh era globalisasi akan semakin menguat disetiap tahunnya, manusia sudah terperangkap dalam era teknologi modern sekarang ini. Banyak cara dapat dilakukan untuk mencapai tujuan hidup dengan perkembangan teknologi-teknologi modern yang semakin pesat. Kita telah menikmati segala sesuatu yang ada di dunia ini dengan Cuma-Cuma, semua pemberian tuhan YME. tapi jangan salah, semakin bertambahnnya usia dunia maka harapan hidup dan juga struktur alam, tata surya, dan bumi terkhususnnya akan semakin menua. Tetap pada jalur yang aman guna menunjang kehidupan yang lebih baik di tahun-tahun berikutnya, jadikan perayaan tahun baru sebagai tombak dan langkah awal diri kita untuk mencapai taraf hidup yang lebih baik. Mulailah mengambil peran dalam perkembangan dunia baik peran dalam lingkup pekerjaan, pelajar, pemerintahan, dan sebagainya, karena akan banyak hal penting yang menentukan kelangsungan hidup manusia dan bumi yang akan terjadi di masa mendatang. Dibutuhkan peran pemimpin yang memntingkan nasib rakyatnya di 2016, diharapkan semoga dominasi terorisme terkhususnya ISIS dapat musnah dan berakhir di 2016, diharapkan angka kriminalitas dan narkoba menurun, bahkan habis sampai ke akar-akarnya di 2016. Terciptanya komunitas masyarakat yang peduli penuh akan kebersihan lingkungan dan penjagaan terhadap alam. Dan berharap korupsi akan mudah ditumpas di 2016. Terimakasih 2015, selamat dating tahun penuh harapan 2016.

#SalamSukses
#M. Rio Aldino
luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com

0 comments: